Festival Musik Tong-Tong Sumenep yang Tak Lekang Waktu

Festival Tong-Tong Sumenep adalah salah satu pagelaran musik tradisional khas Madura. Acara ini menjadi agenda Pemerintah Madura untuk melestarikan budaya dan seni musik tradisional agar tak tergerus zaman.

Apalagi di tengah makin menjamurnya musik modern, keberadaan Festival Tong-Tong Sumenep memang memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kalau Sedulur tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang musik dan festival Tong-Tong Sumenep. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

BACA JUGA: Makam Sunan Gresik: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Mengenal Musik Tong-Tong Sumenep

tong-tong sumenep
Pemkab Sumenep/Festival TongTong Sumenep

Sebelum menikmati serunya Festival Musik Tong-Tong di Sumenep, tentu Sedulur harus tahu terlebih dahulu tentang musik tradisional ini ya. Musik tong-tong merupakan permainan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu atau kayu berbentuk kentungan.

Tong-tong sendiri memiliki banyak jenis ukuran mulai dari besar hingga kecil. Dimana setiap ukuran ini akan menghasilkan nada dan bunyi yang bervariasi. Setiap pukulan atau ketukan yang tercipta dari tong-tong akan menghasilkan bunyi-bunyian yang menarik.

Namun, tong-tong tak hanya dimainkan secara tunggal saja. Alat musik ini juga bisa dikombinasikan dengan beberapa alat tradisional seperti gendang, peking, jidur, suling, dan gong. Bahkan beberapa alat musik modern seperti gitar, saxofon dan drum juga bisa berpadu manis dengan tong-tong

Musik tong-tong Sumenep sendiri termasuk sebagai salah satu warisan budaya yang memiliki ikatan kental di masyarakat Madura. Apalagi tong-tong sering dijadikan sebagai alat komunikasi dan pengingat waktu di masa lalu. Sampai sekarang pun, alat musik tong-tong juga masih dipergunakan khususnya saat bulan Ramadhan tiba.

Festival Tong-Tong Sumenep

Pemerintah Kabupaten Madura sendiri melihat musik tong-tong sebagai salah satu budaya yang patut untuk terus dilestarikan dan dijaga. Apalagi musik ini memang memiliki ikatan yang erat dengan kultur masyarakat Madura.

Agar permainan musik tong-tong semakin bisa dieksplor dan menarik hari wisatawan, terciptalah Festival Tong-Tong Sumenep yang dipergunakan untuk mementaskan pagelaran musik tong-tong secara luas.

Festival Tong-Tong Sumenep juga memiliki konsep yang unik. Dimana acara akan digelar secara parade, sehingga masyarakat bisa menikmati 40 grup musik tong-tong yang memainkan puluhan musik tradisional Madura dan musik modern yang sudah disesuaikan.

Pemerintah sendiri rencananya akan menggelar acara festival musik ini sebanyak empat kali dalam setahun. Dan acara tersebut sudah diadakan sejak tahun 2023 tepatnya pada 4 Agustus dan 5 Agustus lalu.

Harga Tiket dan Cara Pesan

Festival Musik Tong-Tong merupakan agenda resmi pemerintah Sumenep. Sehingga acara ini diadakan secara gratis untuk umum. Sedulur sendiri tidak perlu memesan tiket, karena acara ini bisa langsung dihadiri langsung.

Lokasi Festival Tong-Tong

Lokasi Festival Tong-Tong sendiri berada di area Rumah Dinas Bupati Sumenep. Namun, untuk rute parade musik biasanya bisa sangat bervariatif dan selalu dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman.

Tips Menikmati Festival Tong-Tong

tong-tong sumenep
Pemkab Sumenep/Festival TongTong Sumenep

Ada beberapa tips yang bisa Sedulur coba ketika ingin hadir ke festival budaya satu ini. Apa saja? Berikut diantaranya:

  • Hindari berdesakan

Cara lain yang bisa Sedulur lakukan agar tetap aman di tengah kerumunan adalah menghindari kerumunan, sehingga Sedulur tidak akan berdesak-desakan. Akan tetapi memang karena satu dan lain hal, kerumunan dan keramaian tidak mungkin dihindarkan.

Biasanya penonton akan berdesak-desakan di akses keluar dari tempat acara ketika seluruh rangkaian acara telah selesai. Agar tak terjebak di tengah kerumunan yang saling berdesak-desakan itu, Sedulur bisa menghindari tempat yang menuju akses keluar tempat berlangsungnya acara.

Pilihlah tempat yang lebih longgar, jangan langsung keluar ketika acara baru selesai. Dengan begitu Sedulur bisa terhindar dari desak-desakan yang bisa membahayakan Sedulur.

  • Bergerak secukupnya

Ketika datang ke festival musik apalagi musisi yang tampil adalah musisi idola, Sedulur pasti akan bernyanyi dan mengekspresikan diri dengan cara berjingkrak atau berjoget bebas.

Namun, ketika Sedulur berjingkrak dan berjoget ini bisa saja gerakan Sedulur menyenggol dan mengenai orang lain, sehingga orang lain yang terkena gerakan Sedulur bisa saja merasa tak nyaman dan terganggu. Bahkan di situasi tertentu bisa saja malah menyulut emosi orang lain.

Jadi, usahakan ketika berjingkrak dan berjoget, lakukan secukupnya. Jangan sampai gerakan yang Sedulur lakukan mengganggu dan mengenai orang lain.

  • Siap sedia air minum

Hal yang tak kalah penting saat datang ke festival musik adalah jangan sampai mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Dengan tetap rutin minum, Sedulur akan bisa menjaga cairan dalam tubuh Sedulur dan meningkatkan kadar oksigen di otak sehingga Sedulur tak akan dehidrasi dan kelelahan.

Sedulur bisa mencoba membawa Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk menikmati berbagai macam jenis acara festival kesenian. Pirlo juga tak hanya menyegarkan tapi juga bisa membuat cairan di dalam tubuh kembali seperti sediakala.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp