web penulis lepas

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Termasuk dalam hal mendapatkan penghasilan, karena terdapat beberapa web penulis lepas dan web lain yang bisa Sedulur manfaat kan untuk mendapatkan penghasilan.

Bukan hanya mendapatkan penghasilan, Sedulur juga bisa manfaatkan untuk mengembangkan kemampuan, terutama di bidang penulisan. Lantas apa saja rekomendasi web penulis lepas yang bisa jadi pilihan Sedulur? Yuk mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Ini Gaji Penulis Novel Digital dan Cetak yang Perlu Kamu Tahu!

1. Basabasi.co

Freepik

Web penulis lepas pertama yaitu Basabasi.co. Website ini membuka kesempatan bagi Sedulur yang gemar menulis karya sastra seperti cerpen, puisi atau tajalli, Sedulurbisa menulis di website freelance Indonesia ini. Namun jika Sedulurberniat mengirimkannya ada beberapa syarat seperti berikut :

  • Tulisan yang belum pernah di kirim atau di publish di mana pun, termasuk media sosial pribadi.
  • Menggunakan font Times New Roman (12), spasi (1,5), format doc, margin ( 4 atas, 3 bawah, 4 kiri dan 3 kanan)
  • Kirimkan langsung di website tersebut. Apabila dalam waktu 2 bulan pengiriman tidak ada kabar lebih lanjut, maka otomatis naskah yang di kirimkan tidak lolos seleksi.

Gaji yang di tawarkan terbilang lumayan, itu pun tergantung jenis nya. Jika Sedulurmengirimkan cerpen maka Sedulurakan dapat Rp.300 ribu, Puisi Rp.250.000, Essay Rp. 300 ribu, Rehal Buku (resensi) : Rp. 100 ribu dan Artikel ringan Rp. 100 ribu.

2. Freelance IDN Times

Web penulis lepas selanjutnya yaitu IDN Times. Ini merupakan salah satu web freelance terbaik di Indonesia yang telah diluncurkan sejak dari tahun 2017. Website ini terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi penulis artikel digital, temanya pun bebas memilih tergantung apa yang Sedulursuka.

Jika tulisan Sedulurbagus dan lolos seleksi maka Sedulurakan langsung mendapatkan bayarannya. Namun ada beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  • Menulis Topik yang cocok bagi Sedulurberdasarkan kategori yang tersedia di IDN Times ( news, tech, hype, business, travel, life, health, sport dan lain-lainnya).
  • Terdapat dua kategori untuk penulisan artikel di website freelance indonesia ini, yakni listicle (berupa poin-poin) dan artikel narasi.
  • Upah yang di tawarkan menggunakan sistem views. Jika artikel Sedulursudah mendapatkan 100 views berarti Sedulurmendapatkan satu point.

Jika Seduluringin menukarkan dengan uang maka Sedulurharus punya minimal 500 poin. Misalkan jika Sedulursudah punya 150.000 views maka Sedulurmendapatkan 1500 poin, itu berarti Sedulurbisa tukarkan dengan uang Rp. 150. 000.

3. ServiceScape

Rekomendasi kedua yaitu ServiceScape. Web freelance Indonesia dikhususkan untuk penulisan lepas, editorial, dan pekerjaan terjemahan. Platform ini membantu pekerja lepas membangun profil dan mempromosikannya ke basis data klien yang berkembang.

Di web penulis lepas ini, jenis pekerjaan yang diterima yaitu penulisan akademik, penerjemahan dokumen, penyuntingan naskah. Kelebihannya web ini yaitu struktur harga khusus, opsi penjadwalan yang fleksibel, komunikasi yang efektif. Perlu Sedulur ketahui bahwa di web ini persentase komisi tinggi dan bidang keahlian terbatas.

4. Remotivi

Sedulur teratik menulis dengan topik media informasi? Web penulis lepas Remotivi bisa jadi pilihan Sedulur. di website ini menjelaskan menerima tulisan lepas dari berbagai kalangan terhadap isu media, khususnya media Indonesia.

Tapi tulisan yang Sedulurkirim bukanlah tulisan yang “asal” saja. Tulisan tersebut harus terdengar argumentatif serta sistematis dan ilmiah. Selain itu dapat di pertanggungjawabkan tulisannya.  Walau begitu gaya penulisan Sedulurbisa sesuaikan dengan kepribadian Sedulurasalkan memang argumentatif dan lainnya.

Jika Sedulurtertarik, Sedulurbisa langsung kirimkan tulisan Sedulurke redaksi@remotivi.or.id  dan tunggu hingga lima hari. Jika tidak ada kabar kemungkinan besar tulisan Sedulurtidak lolos seleksi.  Sebenarnya remotivi tidak menyebutkan pasti gaji freelance penulisnya. Hanya saja ada informasi bahwa Remotivi bisa memberikan fee mulai dari Rp. 350 ribu hingga 1,5 juta untuk tulisan 800 hingga 2000 kata.

5. Writer Access

Jika Sedulur ingin menjadi seorang penulis lepas (freelance writer), Writer Access bisa menjadi platform yang tepat. Situs ini memiliki berbagai macam pekerjaan terkait menulis termasuk artikel online, studi kasus, laporan ilmiah dan lainnya.

Jenis pekerjaan di web penulis lepas ini, menawarkan penerjemahan, penulisan, content strategist dengan kelebihan web ini memiliki tool untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan dengan kekurangan jenis pekerjaan terbatas.

BACA JUGA: Cara Menulis Daftar Pustaka Website yang Benar & Contohnya

6. FlexJobs

website loker terbaik
Medium

FlexJobs tidak hanya sebatas menyediakan platform untuk pekerjaan lepas, tetapi juga mendorong semua orang untuk mencoba jalur karier ini. Selain itu, situs website ini juga mengumpulkan pekerjaan dari seluruh dunia.

Dalam web penulis lepas ini terdapat jenis pekerjaan yang tersedia yaitu penulisan, pemasaran konten, transkripsi dengan kelebihan bebas dari penipuan, jaminan uang kembali 30 hari, dukungan yang unggul. Perlu Sedulur ketahui juga bahwa kekurangan dari web ini yaitu beberapa pekerjaan premium bisa ditemukan di luar platform.

7. Kontenesia

Kontensia adalah salah satu website freelance Indonesia yang menyediakan jasa penulisan profesional. Misalkan copywriting, content writer, seo dan lainnya. Maka tidak heran klien pada website ini rata-rata berasal dari perusahaan startup, marketplace, agensi, pemilik bisnis UMK bahkan perusahaan besar berbasis nasional dan internasional.

Sampai sekarang sudah ada ratusan freelance writer yang bergabung serta banyak perusahaan startup yang sudah percaya dengan jasa dari Kontenesia. Tentu saja penulis yang di minta mengedepankan kualitas dan melalui proses editing yang ketat.

8. Mongabay

Mongabay juga salah satu website freelance Indonesia yang bertemakan lingkungan. Mulai dari flora, fauna serta konflik satwa di Indonesia. Website ini tidak hanya terfokus pada tulisan bertemakan hutan, tapi juga informasi mengenai berbagai masalah lingkungan.

Website ini juga terbiasa untuk siapa saja yang ingin menjadi penulis lepas berbasisi lingkungan. Jika Sedulursudah menulisnnya maka Sedulurakan mendapatkan gaji yang layak.

9. Journalism Jobs

Website freelance Indonesia ini adalah salah satu website bagi Seduluryang ingin menulis bidang jurnalistik. Seperti content writer.  Tapi ternyata Sedulurjuga bisa menulis iklan, mengedit, copywriting dan pekerjaan jurnalistik lainnya.

Para penulis di journalism jobs bisa bekerja secara remote. Namun ada beberapa juga yang di minta bekerja sesuai dengan lokasi yang telah di tentukan. Honornya sendiri para penulis bisa mendapatkan pembayarannya sesuai dengan kliennya masing-masing.

10. Indeed

Web penulis lepas selanjutnya yaitu Indeed yang dapat Sedulur manfaatkan untuk platform menulis online. Indeed sendiri adalah layanan gratis bagi para pencari kerja untuk mengunggah CV dan melamar pekerjaan secara langsung.

Tak hanya bagi para pencari kerja saja tetapi memfasilitasi perusahaan atau klien yang ingin membagikan informasi lowongan kerja. Kelebihan dari Indeed ini yaitu lowongan kerja yang diinformasikan bersumber dari perusahaan-perusahaan yang sudah kredibel.

11. ProZ

Tips bikin caption
Unsplash

Jika punya pengalaman atau bahkan sudah profesional di bidang bahasa, seperti penerjemahan, subtitling, atau penulisan, cobalah mencari pekerjaan freelance online di ProZ.

Situs ini merupakan database yang sangat lengkap untuk pekerjaan online di bidang bahasa, serta memiliki forum untuk saling berdiskusi seputar bahasa, misalnya untuk menemukan arti yang paling tepat saat Sedulur menjumpai kesulitan dalam menerjemahkan sebuah kata.

Jenis pekerjaan dari web freelance penulis ini yaitu tentu saja penulisan, penerjemahan, penulisan, berkaitan di bidang bahasa dengan kelebihan salah satu yang terbesar untuk penerjemah. Namun kekurangannya persaingan yang sangat ketat, terkadang fee sangat ditekan

12. Translators Cafe

Sama seperti ProZ, situs freelancer Translators Cafe juga fokus pada bidang penerjemahan dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan seorang linguist. Ada banyak pekerjaan yang diposting di website ini setiap harinya, dari perusahaan-perusahaan ternama maupun project manager yang sedang menjari penerjemah.

Jenis pekerjaan di web penulisan ini yaitu pekerjaan seputar penulisan, penerjemahan, linguist, dan terkait bahasa. Kelebihan paling populer setelah ProZ, banyak job yang ditawarkan dan kekurangan tampilan yang kurang modern.

BACA JUGA: Ini Gaji Penulis Novel Digital dan Cetak yang Perlu Kamu Tahu!

Website Freelance Lainnya

web penulis lepas
Unsplash

Selain rekomendasi web penulis lepas di atas, bagi Sedulur yang memiliki bakal lain di luar bidang penulisan. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi website freelance yang bisa Sedulur jadikan rekomendasi untuk mendapatkan penghasilan. Yuk kita simak!

1. Sribulancer

Rekomendasi website lain yaitu Sribulancer. Di web freelance Indonesia ini, Sedulur bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan. Seperti Freelancer Indonesia, Sribulancer juga merupakan salah satu yang terbesar dalam daftar situs freelance Indonesia.

  • Jenis pekerjaan: Hampir semua, lebih sesuai pasar Indonesia
  • Kelebihan: Menyediakan pembayaran via transfer bank

2. Sribu

Sribu masih berada di bawah naungan Sribulancer. Bedanya, situs freelancer Indonesia ini lebih eksklusif untuk pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan desain. Jika Sedulur memang sudah punya keahlian di bidang desain, baik itu desain logo, kemasan produk, maupun desain grafis secara umum, web freelance Indonesia ini bisa jadi pilihan yang tepat.

  • Jenis pekerjaan: Khusus di bidang desain
  • Kelebihan: Lebih disesuaikan untuk pasar Indonesia

3. Fiverr

Freelancer di website ini bisa menunjukkan proyek yang telah diselesaikannya agar calon pemberi kerja bisa memilih dengan mudah siapa pun yang menarik perhatiannya. Dengan fitur ini, calon pengguna jasa pun tidak perlu mengontak freelancer satu per satu.

  • Jenis pekerjaan: digital marketing, pengembangan web, media sosial
  • Kelebihan: kategori beragam, pendaftaran gratis, kursus online
  • Kekurangan: biaya komisi tinggi, proses pembayaran lama

4. Upwork

website loker terbaik
Better Up

Upwork memberikan berbagai tool untuk mendukung perjalanan karier freelance Sedulur, seperti ruang kolaboratif, pembuat invoice bawaan, dan proses rekrutmen yang transparan. Sedulur juga bisa bekerja untuk berbagai klien terkenal seperti Microsoft, Airbnb, Dropbox, dan lainnya.

Bagi siapa pun yang mendambakan fleksibilitas dalam pekerjaannya tentu patut mencoba website freelance yang satu ini.

  • Jenis pekerjaan: pemasaran merek, pemrograman, desain website
  • Kelebihan: perlindungan pembayaran, klien yang kredibel, proyek berbasis anggaran
  • Kekurangan: proses seleksi yang lama, biaya layanan yang tinggi

5. Projects

Projects juga merupakan salah satu situs freelancer Indonesia yang paling besar. Jasa yang ditawarkan di sini kebanyakan meliputi hal-hal seputar teknologi, seperti 3D modeling dan animasi, data mining dan data entry, marketing dan social media, dan lain sebagainya.

  • Jenis pekerjaan: Kebanyakan bidang teknologi
  • Kelebihan: Salah satu yang terbesar di Indonesia, banyak job yang ditawarkan

6. Fastwork

Situs freelancer untuk cari kerja online ini awalnya didirikan di New York pada tahun 2015 dan memfokuskan areanya di pasar Asia Tenggara. Fastwork masuk ke Indonesia pada tahun 2018, dan hanya setahun setelahnya, mereka sudah berhasil memperoleh lebih dari 50.000 user terdaftar dengan ribuan transaksi setiap bulannya.

  • Jenis pekerjaan: Umumnya berkaitan dengan teknologi
  • Kelebihan: Penggunaannya mudah, antarmuka yang simpel dan clean

7. Guru

web penulis lepas
Entrepreneur

Setelah mendaftar pada platform ini, Sedulur akan menjadi bagian dari 3 juta freelancer di seluruh penjuru dunia yang mencari berbagai macam pekerjaan seperti web development, menulis, arsitektur dan lainnya.

  • Jenis pekerjaan: pemasaran, pemrograman, administrasi
  • Kelebihan: pembayaran aman, daftar pekerjaan yang disesuaikan, keanggotaan gratis
  • Kekurangan: berpotensi terdapat klien palsu

Nah itulah daftar web penulis lepas yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk mendapatkan penghasilan sekaligus mengasah kemampuan menulis Sedulur. Dilengkapi juga dengan beberapa website yang bisa Sedulur gunakan bagi Sedulur yang memiliki kemampuan di bidang lain selain kepenulisan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, ya!