peluang karir dalam bidang keuangan

Keuangan menjadi salah satu bidang yang paling dinamis dan menjanjikan sebagai profesi saat ini. Peluang karir dalam bidang keuangan tidak hanya menawarkan kompensasi yang menarik tetapi juga kesempatan untuk berkembang dalam berbagai peran yang berbeda.

Apakah kamu seorang mahasiswa yang mempertimbangkan jalan karir di dunia keuangan atau seseorang yang ingin beralih ke bidang ini? Tampaknya bisa banget kamu mencoba peluang tersebut.

Terlebih jika kamu memiliki skill manajemen keuangan yang baik cocok banget berkarir di sini. Untuk itu, berikut ini beberapa peluang karir dalam bidang keuangan yang bisa kamu coba. Simak di bawah ini!

BACA JUGA: Akuntansi atau Accounting: Pengertian, Jenis & Manfaatnya

1. Konsultan keuangan

Wolters Kluwer

Pada dasarnya tugas seorang konsultan keuangan adalah memberikan masukan pada klien terkait dengan perencanaan atau pengelolaan keuangan, kebutuhan keuangan, manajemen pajak dan lainnya. Konsultan keuangan hendaknya dapat membantu kliennya dalam merencanakan anggaran keuangan masa depan, baik dalam bentuk tabungan, investasi, polis asuransi, atau dana pensiun.

Para konsultan keuangan ini dituntut untuk bisa memberikan saran terbaiknya bagi klien. Dengan kemajuan teknologi saat ini, pekerjaan sebagai konsultan keuangan dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan klien berkonsultasi dengan konsultannya. Berkarir sebagai konsultan jasa keuangan dapat dilakukan dengan bergabung di sebuah perusahaan jasa konsultan atau menjalankannya sendiri.

Agar menjadi seorang konsultan yang andal, kamu harus membekali diri dengan keterampilan dan keahlian yang memadai. Semakin andal kamu dalam memberikan masukan atau memecahkan masalah klien, maka tingkat kepercayaan klien kepada kamu akan semakin tinggi.

Untuk itu gelar sarjana di bidang keuangan atau administrasi mutlak dimiliki. Jika kamu memiliki sertifikasi pelatihan dan jam terbang yang tinggi, maka bisa jadi added value kamu. Mengingat pekerjaan ini membutuhkan keahlian yang spesifik dalam perencanaan keuangan.

2. Manajer keuangan

Pengertian ekspansi bisnis adalah
Unsplash

Salah satu prospek kerja manajemen keuangan yang paling menggiurkan adalah menjadi seorang manajer keuangan. Semua perusahaan tentu saja membutuhkan sistem manajemen keuangan yang baik agar bisa berjalan dengan lancar. Berbekal pengetahuan yang sudah didapat di bangku kuliah tentang manajemen keuangan, kamu bisa menangani penyusunan perencanaan umum keuangan perusahaan agar pemasukan dan pengeluarannya lancar.

Untuk bisa melakukan hal ini, sebagai seorang manajer keuangan kamu harus memiliki kemampuan analisis dan evaluasi yang baik. Tidak hanya bergelut di divisi finansial, seorang manajemen keuangan juga harus bekerja sama dengan manajer lainnya untuk mencegah kerugian perusahaan khususnya dari aspek keuangan.

3. Staf Pembukuan dan audit

perbedaan kpi dan okr
Pexels

Seseorang staf pembukuan bertugas untuk memeriksa transaksi keuangan, mencatat transaksi dengan akurat, dan membuat laporan keuangannya. Profesi sebagai staf pembukuan memiliki cakupan yang lebih luas seperti menangani rekening perusahaan, menyelesaikan laporan keuangan dan laporan manajemen secara akurat. 

Untuk audit lingkup pekerjaannya adalah memastikan penggunaan kode yang sesuai dalam laporan keuangan. Tentunya, ini bisa menjadi peluang karir dalam bidang keuangan yang menjanjikan.

4. Akuntan

Axiom Law

Seorang akuntan merupakan orang yang memiliki keahlian di bidang akuntansi yang cocok bekerja di sebuah perusahaan, baik keuangan, industri, atau akuntan pemerintahan. Adapun tugas seorang akuntan publik adalah melakukan audit, akuntansi, konsultan manajemen atau pajak.

Profesi sebagai akuntan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bagian, yaitu akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik. Simak penjelasannya masing-masing di bawah ini:

  • Akuntan publik

Umumnya dikenal sebagai akuntan eksternal di mana mereka tidak terikat perusahaan tertentu dan memberikan jasanya dengan pembayaran tertentu. Lingkup kerja akuntan publik meliputi pemeriksaan terhadap jasa keuangan, penyusunan sistem manajemen atau konsultasi manajemen.

Akuntan publik ini biasanya mendirikan kantor akuntan secara pribadi setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari Kantor Departemen Keuangan.

  • Akuntan intern

Merupakan akuntan yang bekerja pada perusahaan secara independen yang juga disebut dengan akuntan manajemen atau perusahaan.

Tugas yang dilakukan oleh akuntan intern mencakup sistem akuntansi, membuat laporan keuangan untuk pimpinan perusahaan, menyusun anggaran keuangan dan menangani permasalahan pajak.

  • Akuntan pemerintah

Akuntan pemerintah adalah orang yang bekerja di dalam lembaga pemerintahan. Biasanya mereka bekerja di kantor Badan Pengawas Keuangan (BPK), atau lembaga keuangan lainnya.

  • Akuntan pendidik

Tugas sebagai akuntan pendidik adalah bertanggung jawab pada pendidikan akuntansi, penelitian dan pengembangan akuntansi. Selain itu, mereka biasanya juga berprofesi sebagai dosen atau pengajar di sekolah menengah atau perguruan tinggi.

Untuk menjadi seorang akuntan, maka kamu harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan Akuntansi. Mengikuti sertifikasi untuk mendapatkan pengalaman kerja akan menjadi nilai tambah bagi kamu yang ingin berkarir di bidang keuangan.

5. Pegawai asuransi

peluang karir dalam bidang keuangan
Knit

Dengan ilmu perencanaan dan pengelolaan keuangan, kamu juga bisa bekerja di perusahaan asuransi. Tapi, jangan remehkan pekerjaan yang satu ini. Menjadi pegawai atau agen asuransi tidak mudah, lho.

Bahkan, jika ingin menjadi agen asuransi yang andal, kamu perlu mengambil beberapa sertifikasi tambahan, seperti Ahli Asuransi Kerugian (AAIK), Ajun Ahli Asuransi Jiwa (AAAIJ), Certificate Indonesia Insurance Brokers (CIIB), dan lainnya.

Pasalnya, agen asuransi tak hanya menawarkan produk asuransi kepada calon konsumen. Akan tetapi, agen asuransi juga harus cermat dalam proses pembuatan kesepakatan jaminan dengan konsumen, pencairan asuransi, dan lain-lain.

BACA JUGA: Bantu Akuntansi Usaha, Begini Rumus Pembulatan Excel Angka Desimal!

Keahlian yang Dibutuhkan di Bidang Keuangan

Coursera

Dikarenakan ada banyak peran dan posisi di bidang keuangan, maka keterampilan yang diperlukan pun pasti beragam. Namun tetap ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki ketika menggeluti bidang keuangan. Seperti kemampuan analitis dan keterampilan interpersonal yang sangat baik dan pemahaman yang tajam tentang teknologi industri.

Tapi selain itu, sebagai seseorang yang mengelola keuangan sebuah instansi, maka siapa pun yang menjadi seorang profesional keuangan memang memikul tanggung jawab yang besar. Sehingga memiliki karakter yang dapat dipercaya dan mampu tampil baik di bawah tekanan menjadi sangat penting.

Tak hanya itu, umumnya seseorang yang bekerja di bidang ini biasanya yang memiliki gelar dari jurusan akuntansi, manajemen keuangan, dan jurusan lain yang relevan. Namun bagi kamu yang ingin berkarir di bidang ini, kamu bisa mempelajari beberapa ilmu di bawah ini.

1. Wawasan akuntansi

Keterampilan akuntansi mencakup pengetahuan yang diperlukan untuk mencatat transaksi akuntansi. Selain itu dibutuhkan pula pemahaman mengenai peraturan akuntansi yang berlaku, hingga menyiapkan laporan keuangan dan anggaran secara langsung, tergantung pada posisi dan profesi kamu. Beberapa contoh kemampuan akuntansi yang perlu kamu kuasai seperti di bawah ini:

  • Prinsip-prinsip akuntansi
  • Standar akuntansi
  • Teknik dalam akuntansi
  • Perhitungan dalam bidang akuntansi
  • Manajemen arus kas
  • Jurnal umum
  • Pajak
  • Neraca saldo
  • Laporan keuangan

2. Berpikir analitis

Berpikir analitis juga merupakan kemampuan yang wajib kamu miliki ketika memilih profesi di bidang keuangan. Kemampuan berpikir analitis memiliki arti mampu melihat situasi secara tepat dan akurat, memahami cara kerjanya, menafsirkan artinya, dan kemudian menghasilkan respons yang bijaksana dan cerdas.

Contoh dari keterampilan ini seperti analisis data, analisis keuangan, perencanaan keuangan, analisis risiko, penyelesaian masalah, perencanaan strategis, hingga pengambilan sebuah keputusan.

3. Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi merupakan sebuah keterampilan yang sebenarnya harus dimiliki oleh hampir seluruh profesi di bidang apa pun, termasuk keuangan. Berkarir di bidang keuangan tak hanya berkutat dengan angka dan bagaimana cara menganalisis data keuangan.

Namun juga mampu membangun kepercayaan ketika berhubungan dengan orang-orang di sekitar kamu. Kemampuan berkomunikasi juga tak hanya dibangun melalui pembicaraan saja, namun menulis atau menyampaikan sesuatu melalui tulisan juga merupakan bagian yang tak kalah penting dan wajib untuk kamu kuasai.

4. Penguasaan teknologi

Keberadaan teknologi akan sangat membantu kamu dalam mengelola semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan di bidang keuangan. Namun yang perlu kamu pastikan adalah harus selalu cepat beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Beberapa teknologi yang umum digunakan dalam bidang keuangan seperti:

  • Microsoft Excel
  • Spreadsheet
  • Software atau aplikasi akuntansi keuangan

BACA JUGA: Cara Menjadi Business Analyst Pemula Indonesia

Keuntungan Bekerja di Bidang Keuangan

peluang karir dalam bidang keuangan
On The Map

Salah satu bidang pekerjaan yang banyak diminati adalah karir di bidang keuangan. Hal ini tidak terlepas dari besarnya kebutuhan pasar yang banyak membutuhkan tenaga-tenaga terampil di bidang keuangan, baik dalam skala usaha ataupun jasa konsultasi.

Selain kebutuhan yang tinggi akan tenaga ahli di bidang ini, ternyata ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh ketika terjun untuk menggeluti profesi di bidang keuangan. Berikut di antaranya:

  • Memiliki potensi penghasilan yang tinggi dan jenjang karir yang jelas. Pasalnya jenjang karir akan terus meningkat dan berdampak pada kenaikan pendapatan.
  • Memiliki karir di bidang keuangan sangat dinamis dan fleksibel. Jadi tidak membuat kamu berdiam diri.
  • Penuh tantangan untuk mengembangkan diri karena menuntut kamu untuk terus memutar otak.
  • Harus berpikir secara intelektual dan mampu beradaptasi secara cepat pada setiap perubahan.
  • Memiliki banyak pilihan karir dan profesi di bidang keuangan sesuai dengan spesialisasi yang kamu kuasai.

Itulah tadi berbagai peluang karir dalam bidang keuangan sekaligus keterampilan yang dibutuhkan dan keuntungan yang didapatkan. Cukup banyak ‘kan prospek kerja di bidang keuangan?

Jadi jangan khawatir jika bidang ini merupakan profesi yang sedang atau akan kamu tempuh, pasalnya peluangnya sangat luas. Kamu pun memiliki kesempatan yang mengembangkan diri dan mendapatkan pendapatan yang lebih.

Tapi tentu saja untuk mendapatkannya kamu harus bekerja keras dan banyak berusaha. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu ya. Salam sukses untuk kamu semua!