jenis konten yang selalu laris

Saat ini dunia konten berkembang sangat pesat. Bahkan perkembangan yang cepat itu membuat persaingan konten begitu sengit di antara content creator. Namun, ada beberapa jenis konten yang selalu laris dan banyak diminati Youtuber.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa Youtube menjadi wadah yang paling banyak digunakan untuk menghubungkan para content creator dengan masyarakat luas. Namun tidak semua jenis konten selalu laris dan diminati banyak orang. Terdapat beberapa jenis konten yang selalu laris dan diminati.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi jenis konten yang selalu laris dan banyak diminati. Apa saja jenis kontennya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Penasara Gaji Youtuber? Begini Cara Hitungnya, Bikin Melongo!

1. Daily vlog

ide konten youtube
Cosmopolitan

Jenis konten yang paling laris dan dijamin diminati oleh banyak orang yang pertama yaitu daily vlog. Sedulur bisa mencoba jenis konten ini dengan membuat konsep seperti video blog. Konten ini berisi tentang video kehidupan sehari-hari dari para vlogger.

Kegiatan yang bisa jadi bahan konten seperti, jalan-jalan, pekerjaan, aktivitas rumah, dan lainnya. Konten vlog biasanya secara tidak sengaja bisa menginspirasi penonton banyak hal. Seperti, tentang bagaimana menghadapi sebuah situasi, mensyukuri hidup, dan hal positif lainnya.

2. Video tutorial

Rekomendasi jenis konten yang selalu laris yang kedua yaitu konten video tutorial. Hampir semua orang pernah mencari video tutorial, baik itu tutorial memasak, instal aplikasi, make-up, memakai hijab, dan lainnya. Paling populer yaitu konten video tutorial game dan alat musik.

Selain bisa mengedukasi penonton, video tutorial bisa menunjukkan Sedulur memang ahli di bidang tertentu.  Akhirnya, kredibilitas Sedulur semakin diakui. Selain sebagai konten, dengan membuat video tutorial juga bisa Sedulur gunakan dan manfaatkan sebagai portofolio dalam bentuk video.

Contoh, jika Sedulur seorang desainer, Sedulur bisa membuat video tutorial membuat desain. Video-video tersebut bisa Sedulur tawarkan kepada klien untuk menggunakan desain yang Sedulur buat.

3. Video review produk

Rekomendasi jenis konten yang selalu laris selanjutnya yaitu konten video review produk. Review produk juga menjadi konten yang banyak dicari orang terutama yang berhubungan dengan skincare dan makeup. Ada banyak orang yang memikirkan kecocokan saat ingin membeli produk baru.

Biasanya, video berisikan tentang kelebihan dan manfaat produk yang dibahas langsung oleh creator. Ada beberapa juga yang menyampaikan kekurangan dan risiko menggunakan produk yang di review. Sebagian besar orang mencari review produk melalui Youtube.

Ini menjadi ide konten yang bisa mendatangkan subscriber dan viewer cukup besar. Salah satu alasan yang kuat kenapa konten ini selalu laris, karena penonton tidak ingin salah membeli produk yang sesuai kebutuhan dan tentu saja tidak ingin tertipu oleh produk.

4. Konten musik

jenis konten yang selalu laris
Neal Schaffer

Video tentang musik juga menjadi salah satu konten Youtube paling laris. Jika Sedulur suka dengan musik, bisa coba membuat channel yang berisikan tentang musik, baik video musik, reaction music video, atau cover lagu.

Saat ini sudah banyak sekali muncul penyanyi baru yang awalnya hanya cover lagu di Youtube. Sedulur menyanyikan lagu sesuai versi Sedulur, lalu dapatkan izin dari penyanyi asli, supaya konten Sedulur tidak terkena copyright.

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, konten tentang musik juga sangat laris, terutama yang berkaitan dengan konten tutorial memainkan lagu untuk sebuah alat musik.

5. Video kuliner

Siapa sih yang tidak suka mencoba berbagai jenis makanan baru yang unik dan menarik? Makanya tidak heran kalau konten tentang memasak atau kuliner menjadi salah satu konten yang paling banyak dicari orang.

Konten yang dibuat bisa berbagai macam, seperti review makanan, masak-memasak, mencari makanan khas daerah, dan sebagainya. Video kuliner memiliki pasar yang cukup besar sebagai konten untuk menarik banyak subscriber.

6. Konten fashion & beauty

Fashion and beauty menjadi konten Youtube paling laris dengan jumlah penonton yang banyak. Para creator yang terjun ke konten ini, biasanya memiliki jumlah subscriber yang tidak sedikit. Kiat dan trik mode menjadi daya tertarik utama jenis konten ini.

Jika direkap dan disurvey, banyak sekali konten dari seorang creator yang membuat konten tentang fashion dan beauty. Tentu banyak perempuan yang ingin tampil cantik dan fashionable, nah konten ini bisa jadi cara para perempuan untuk tampil cantik dan penuh gaya.

7. Konten tentang game

ide konten youtube
Printify

Konten tentang game memiliki tempat tersendiri bagi para penggemarnya. Ada beberapa creator Youtube yang sukses dengan channel tentang game yang dibangunnya.

Biasanya, konten yang disuguhkan adalah live streaming saat melakukan permainan atau bertanding. Sebagian membuat konten walkthrough. Penonton akan mendapatkan wawasan tentang cara bermain yang lebih baik, atau hanya sekedar bentuk hiburan.

8. Konten traveling

Konten tentang traveling atau jalan-jalan juga jenis konten yang menarik. Biasanya membahas tentang tips travelling, review destinasi wisata, bahkan sampai membahas berapa budget yang disiapkan untuk melakukan travelling.

Nah, terkait budget bisa jadi daya tarik utama bagi penonton. Karena banyak penonton konten yang ingin berlibur dan traveling, namun seringkali tidak jadi bukan karena tidak memiliki uang, namun minimnya pengetahuan tentang budget yang harus disiapkan.

Selain itu, banyak juga yang kebingungan menentukan tempat untuk berlibur. Jadi Sedulur bisa fokus dalam mengembangkan pembahasan terkait destinasi wisata dalam konten tentang traveling.

9. Konten tips & trik

jenis konten yang selalu laris
Unsplash

Jika Sedulur seseorang yang memiliki kemampuan khusus di satu bidang, bisa coba buat channel yang membahas tips dan trik.  Konten yang dibuat bisa berisi tips, trik, dan berbagi pengetahuan. Kemas video semenarik mungkin dan menghibur agar konten tetap terlihat seru meskipun Sedulur harus terus berbicara di sepanjang video.

Untuk berjaga-jaga bisa juga menambahkan subtitle. Konten tips dan trik ini memiliki kesamaan dengan tutorial, namun konten ini lebih mengutamakan tentang pengetahuan dan mengedepankan nilai edukasi dari sebuah konten itu sendiri.

10. Konten DIY

Konten yang paling laris yang bisa Sedulur coba selanjutnya adalah DIY dan lifehack. Jenis konten yang satu ini dapat Anda jadikan alternatif jika ingin membuat konten tanpa menunjukkan wajah. Video lifehack dan DIY merupakan konten yang bisa Sedulur coba dan cukup banyak dicari oleh pengguna YouTube.

Jenis konten YouTube yang satu ini memiliki penonton yang cukup luas dari berbagai golongan usia dan domisili. Selain itu, konten DIY akan selalu trending dan bisa Sedulur buat untuk jangka panjang.

11. Konten tentang kebutuhan harian

Konten sederhana yang bisa mendatangkan banyak viewer yaitu konten tentang kebutuhan harian. Tentu saja konten ini akan sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga yang ingin memenuhi kebutuhan rumah dan keluarga.

Sedulur bisa membahas tentang kebutuhan dapur atau kebutuhan harian lainnya, terutama kebutuhan tentang kamar mandi dan lainnya.

12. Health & lifestyle

women gym jakarta
Pinterest

Health & lifestyle bisa menjadi pilihan konten menarik dengan target orang-orang yang mulai sadar tentang menjaga kesehatan dengan baik. Setiap individu yang tertarik untuk tetap bugar dan menjalani gaya hidup sehat akan mencari konten seperti ini.

Melihat perkembangan zaman dan banyak yang semakin peduli tentang kesehatan, jenis konten ini cukup menjanjikan untuk menarik subscriber yang banyak. Jadi, konten tentang kesehatan dan gaya hidup bisa jadi rekomendasi konten bagi Sedulur.

Nah itulah daftar jenis konten yang selalu laris dan banyak diminati orang atau penonton konten, terutama penonton konten di Indonesia. Semoga dari penjelasan di atas, dapat memberikan inspirasi bagi Sedulur yang akan memulai menjadi konten creator.