Cara meningkatkan growth sale

Bagi Sedulur yang berkecimpung di dunia bisnis, tentu Sedulur menjalankan berbagai rencana bisnis yang strategis, maka dari itu pasti Sedulur sudah tidak asing lagi dengan bagaimana cara meningkatkan growth sales agar bisa mengalami peningkatan yang signifikan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara meningkatkan growth sales yang bisa Sedulur lakukan, terutama bagi Sedulur yang pemula dalam bisnis. Bisa jadi bahkan Sedulur belum memahami apa itu growth sales itu sendiri. Lantas bagaimana cara meningkatkan growth sales itu sendiri? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian growth sales

Coursera

Sebelum masuk ke cara meningkatkan growth sales, tentu Sedulur harus mengetahui pengertian growth sales itu sendiri. Growth sales atau sales growth adalah pertumbuhan penjualan yang bisa menunjukan perkembangan suatu perusahaan atau pertumbuhan penjualan dari waktu ke waktu.

Growth sales adalah salah satu aspek yang paling penting sehingga harus diperhatikan apa saja perkembangan yang terjadi. Apakah ada kerugian jika tidak ada sales growth? Tentu saja ada, karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sales growth adalah hal penting.

Tanpa adanya pertumbuhan penjualan maka bisa dikatakan suatu bisnis tidak dapat berkembang. Maka dari itu penting untuk mengetahui caranya.

BACA JUGA: Keuntungan Model Bisnis Subscription Bagi Seorang Pengusaha

Tentu setelah mengetahui penjelasan di atas, maka pertanyaannya adalah bagaimana cara meningkatkannya? Nah, Sedulur bisa mengetahuinya dengan menyimak dan memahami penjelasannya di bawah ini:

1. Analisa pasar dan kompetitor

Square Marketing

Cara meningkatkan growth sales yang pertama yaitu dengan menganalisa pasar dan kompetitor. Analisa pasar dapat membantu brand untuk mengidentifikasi tren terbaru di pasar. Dengan mengikuti tren, brand dapat membuat produk dan strategi pemasaran yang lebih relevan dan menarik bagi pelanggan.

Adapun analisa kompetitor dapat membantu brand mengetahui kekuatan dan kelemahan kompetitornya. Dengan mengetahui hal ini, brand dapat membuat strategi bisnis yang jauh lebih baik dan mengambil peluang yang belum dimanfaatkan oleh kompetitor.

2. Menyelaraskan sales dan marketing

Westend

Strategi selanjutnya dalam meningkatkan growth sales adalah dengan menyelaraskan divisi sales dan divisi marketing. Kedua divisi ini sering tertukar atau bahkan disamakan. Meskipun begitu, sales dan marketing adalah dua bidang yang berbeda dan memiliki peran penting bagi bisnis atau perusahaan.

Sales yang didapat tanpa mengoptimalkan marketing akan memakan biaya lebih dan juga meningkatkan efektivitas. Jadi, optimalkan strategi marketing, agar sales dapat terus berkembang dan meningkat secara stabil.

3. Menambahkah rangkaian produk

Unsplash

Selanjutnya dalam cara meningkatkan grwoth sales adalah dengan menambah rangkaian produk. Ini merupakan strategi yang paling sering digunakan untuk mengembangkan sales. Sebagai contoh, Sedulur bekerja di perusahaan yang terkenal memproduksi gadget berkualitas tinggi seperti laptop dan handphone.

Untuk meningkatkan sales growth, Sedulur bisa menggunakan strategi penambahan rangkaian produk komplementer. Apa saja sih, produk yang termasuk kategori tersebut? Dalam konteks contoh ini, produk yang dimaksud antara lain adalah casing handphone, tas laptop, dan aksesoris lainnya.

Dengan reputasi baik perusahaan di bidang gadget, tambahan rangkaian produk pelengkap tersebut bisa membuat pelanggan lebih senang serta meningkatkan brand dan customer loyalty.

4. Investasi pada customer acquisition

Pexels

Strategi selanjutnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan sales growth adalah berinvestasi di customer acquisition. Customer acquisition adalah proses penarikan pelanggan baru lebih dekat ke bisnis. Proses customer acquisition ini harus dibuat menjadi sistematis dan relevan dengan tren terkini.

Mengapa begitu penting? Tentunya agar Sedulur mendatangkan calon pelanggan yang tepat dan berpotensi tinggi. Jika Sedulur berbisnis dan mengeluarkan produk, tentu saja hal tersebut tidak akan berjalan jika produk tersebut tidak memiliki konsumen.

Maka dari itu, dalam rangkaian bisnis penjualan produk, konsumen merupakan bagian penting yang harus dipikirkan. Investasi di bagian customer acquisition merupakan bagian penting yang harus benar-benar dipikirkan oleh Sedulur.

5. Memperluas jaringan penjualan

The Balance

Strategi yang sudah jelas dapat meningkatkan sales growth adalah menjual produk yang dijual di berbagai macam platform, terutama online. Dengan memperluas jaringan penjualan, maka kamu juga meningkatkan kemungkinan pelanggan bertambah secara pesat dan mempengaruhi sales.

Meskipun begitu, pastikan Sedulur memilih platform yang tepat, agar bisa mendapatkan sales qualified lead (SQL) yang lebih berpotensi menjadi pelanggan dari bisnis Sedulur. Jangan sampai mengeluarkan biaya banyak untuk ekspansi penjualan di mana-mana, tetapi ternyata pasarnya tidak tepat.

Jadi, usahakan untuk melakukan market research yang mendalam terlebih dahulu dan pastikan mendapatkan data yang akurat dan dapat diterapkan untuk kebutuhan bisnis Sedulur.

BACA JUGA: 10 Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer, Sangat Menjanjikan!

6. Menerapkan data analitik

The Balance

Data dapat memberikan wawasan yang sangat penting tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan performa penjualan. Oleh karena itu, para leader di bidang marketing dan sales harus memastikan bahwa mereka memanfaatkan data analitik secara efektif. Hal ini mencakup menerapkan data analitik yang tepat dan mengembangkan strategi berdasarkan wawasan data yang diperoleh.

Contohnya dengan menggunakan data Compas Dashboard, Anda dapat mengetahui trend penjualan, performa kompetitor, top product listing, top brand, top seller, dan lainnya.

7. Fokus ke kekuatan bisnis

Microsoft

Bagian terakhir yang bisa dilakukan dalam cara meningkatkan growth sales adalah dengan fokus ke kuatan bisnis. Sedulur harus fokus pada kekuatan bisnis yang Sedulur miliki dan Sedulur harus percaya dan meyakini kekuatan tersebut.

Inovasi memang bisa mendatangkan pelanggan baru, namun fokus ke kekuatan bisnis juga akan ikut menyumbang sales dengan jumlah yang sama besarnya.

Nah itulah penjelasan terkait cara meningkatkan growth sales yang bisa Sedulur jadikan patokan dan referensi untuk diterapkan pada bisnis yang Sedulur jalankan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur dalam menjalankan bisnis, ya!