cara mendapatkan uang dari pinterest

Pinterest merupakan platform media sosial yang cukup unik. Memiliki kemiripin dengan Instagram, Pinterest mampu menjadi tempat untuk membagikan foto-foto indah dengan kualitas terbaik oleh para penggunanya di seluruh dunia. Meskipun tidak sepopuler media lain, ternyata ada cara mendapatkan uang dari Pinterest yang membuat orang tertarik menggunakannya.

Bagi Sedulur yang tertarik, tentu Sedulur harus mengetahui seperti apa tips dan cara mendapatkan uang dari Pinterest. Hal tersebut akan kita bahas dalam kesempatan kali ini. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Tugas Creative Design dan Bedanya dengan Graphic Design

Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest

apa itu side hustle
Forbes

Pinterest merupakan salah satu platform yang menarik untuk digunakan oleh para visual content creator. Tak hanya membantu dalam menemukan inspirasi, platform ini juga memberikan kesempatan pada para penggunanya untuk bisa menjalankan sebuah bisnis yang menguntungkan.

-->

Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui cara mendapatkan uang dari Pinterest. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Akun dengan tema sesuai passion

Cara mendapatkan uang dari Pinterest yang pertama adalah dengan Signup lalu membuat akun yang sesuai dengan passion. Perlu Sedulur ketahui, Pinterest akan menampilkan konten-konten dengan tema yang sama atau seragam berdasarkan minat dari pencarinya

2. Menggunakan fitur Pinterest for Business

Cara dapat uang dari Pinterest yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur Pinterest for Business. Seiring berkembangnya pengguna Pinterest di seluruh dunia dan terbukti beberapa perusahaan besar telah menggunakannya untuk kepentingan bisnis.

3. Ciptakan pasar dengan konten menarik

Cara selanjutnya adalah dengan membuat konten yang menarik. Sama dengan peraturan di media sosial pada umumnya, mulailah dengan membuat konten yang menarik. Setidaknya mulailah membuat konten-konten yang menurut Sedulur menarik dan ajak orang untuk merespon konten tersebut.

4. Membuat infografis yang edukatif

Salah satu kekuatan dari konten bergambar adalah informasi yang didapatkan bisa terserap dengan sangat baik dibandingkan informasi yang ditulis dalam beberapa paragraf. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk membuat konten infografis yang edukatif. Pinterest sangat menyukai konten infografis karena dinilai sangat tepat dan efektif.

5. Mengunggah konten secara konsisten

Konten yang diunggah secara konsisten tetap penting, percuma saja Sedulur menyiapkan konten edukatif dan menarik tapi tidak konsisten. Ya, konsisten adalah salah satu cara atau kunci untuk bisa mendapatkan uang dari internet.

6. Menggunakan tagar agar mudah dicari

cara mendapatkan uang dari pinterest
Teachable

Setiap hari ada jutaan konten dengan berbagai tema unik yang diposting di Pinterest. Lalu bagaimana cara mengklasifikasikan kontenmu terhadap pengguna tertentu? Cara terbaik adalah dengan memikirkan tema dan tag agar setiap orang bisa dengan mudah mencari dan menemukan konten yang sesuai seperti pin yang Sedulur posting

7. Kolaborasi dengan perusahaan atau brand

Pada tahap ini, pastikan Sedulur sudah memilih tema yang tepat sesuai dengan minatmu, dan konsisten memposting foto atau konten yang berkaitan di Pinterest. Jika kedua hal ini Sedulur lakukan, maka bisa jadi Sedulur sekarang sudah mendapatkan banyak followers yang menyukai hal yang sama.

8. Menyediakan media promosi atau sponsorship

Tidak ada yang menyangka bahwa Pinterest dapat menjadi salah satu aplikasi penghasil uang. Salah satu cara mendapatkan uang di Pinterest adalah dengan menyediakan media promosi atau sponsorship. Sedulur bebas membuat konten sesuai tema yang telah Sedulur bangun dari awal.

9. Promosi dengan tautan produk afiliasi

Salah satu cara mendapatkan uang dari platform visual ini adalah dengan melakukan promosi tautan produk afiliasi. Jadi Sedulur akan mendapatkan uang dari produk yang terjual berkat tautan yang Sedulur sematkan di postingan Pinterest.

10. Menggunakan fitur one-tap promote pins

Selain meluncurkan fitur Pinterest for Business, dalam perkembangannya Pinterest juga meluncurkan sebuah fitur iklan yang dinamai One-Tap Promote Pins. One-Tap Promote Pin merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari Pinterest.

BACA JUGA: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok, Anti Ribet untuk Pemula

11. Menggunakan strategi SEO

kata sapaan
Pexels

Untuk bisa menjangkau lebih banyak orang, Sedulur harus bekerjasama dengan platform lain seperti Google untuk mendapatkan atensi para pengguna internet. Dengan memperhatikan apa yang bisa Google lakukan dengan SEO-nya, Sedulur bisa menautkan akun Pinterest agar bisa dilihat oleh pengguna Google

12. Membuat kontes di Pinterest

Cara mendapatkan uang dari Pinterest selanjutnya adalah dengan membuat kontes. Pinterest memiliki fitur Pin to Win yang memungkinkan Sedulur membuat kontes yang akan diikuti oleh pengguna Pinterest lainnya.

14. Iklankan produk atau jasa desain

Salah satu konten menarik yang sering dijumpai di Pinterest adalah tutorial membuat kerajinan tangan unik. Jika Sedulur adalah salah satu seniman dengan karya-karya handmade yang menarik, maka Sedulur bisa menjual produk di Pinterest dan mendapatkan atensi yang luar biasa dibandingkan dengan beriklan di media sosial lainnya.

15. Pamerkan produkmu dengan video

Cara mendapatkan uang dari Pinterest selanjutnya adalah dengan memamerkan produk dengan promoted video. Perlu Sedulur ketahui bahwa fitur di Pinterest tidak hanya memungkinkan Sedulur untuk memposting foto saja, tapi juga video singkat yang bisa menarik perhatian para pengguna Pinterest.

16. Melakukan re-pin orang lain

ASN pemprov DKI jakarta mulai WFH
Unsplash

Cara mendapatkan uang dari Pinterest yang lain adalah melakukan re-pin. Jika Sedulur belum memiliki ide konten terbaru untuk akun Pinterest-mu, maka Sedulur juga bisa melakukan re-pin postingan orang lain.

Re-pin bisa dipahami sebagai memposting ulang pin yang ada di Pinterest dengan tema dan minat yang sama sesuai dengan akun Pinterest-mu. Cara ini terbukti efektif untuk tetap aktif di Pinterest dan tetap terkoneksi dengan followers Sedulur tanpa merusak algoritma yang sudah dibuat.

Nah itulah beberapa cara mendapatkan cara mendapatkan uang dari Pinterest yang bisa Sedulur lakukan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Sedulur, ya!