apa itu job fair

Job fair atau bursa kerja merupakan salah satu ajang yang ditunggu oleh setiap masyarakat yang mencari kerja, tentu pengertian apa itu job fair sangat erat kaitannya dengan sebuah acara yang mempertemukan antara perusahaan dan pelamar kerja secara langsung.

Nah, dalam kesempatan ini, kita akan kupas tuntas apa itu job fair, serta membahas sisi menarik dari job fair dan juga tips agar sukses mendapatkan pekerjaan dari job fair itu sendiri. Yuk, tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Manfaat, Syarat & Cara Daftar

Pengertian dan Sisi Menarik Job Fair

Borobudur News

Sebagaimana namanya, job fair adalah suatu event dimana berbagai perusahaan berkumpul menjadi satu dalam suatu venue (biasanya terbagi dalam beberapa boot khusus sesuai nama perusahaannya) untuk mencari kandidat-kandidat karyawan yang tepat secara langsung (on the spot).

-->

Adapun apa itu job fair dapat terjawab dari tujuan diselenggarakannya acara tersebut. Berikut ini tujuannya:

  • Job fair menjadi suatu jembatan untuk mempertemukan atau memfasilitasi pihak perusahaan dan pencari kerja.
  • Untuk menempatkan pencari kerja ke dalam posisi pekerjaan yang tepat sesuai bakat, minat, dan kompetensinya. Hal ini sesuai dengan prinsip the right man in the right place.
  • Dari sisi perusahaan, job fair diselenggarakan untuk membantu perusahaan menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Tujuan umumnya sendiri tentu saja untuk meminimalisir angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.

Selain itu, terdapat beberapa sisi menarik dari job fair itu sendiri. Tanpa disadari, dibalik apa yang terjadi dalam job fair, sisi lain yang membuat jobs fair itu menarik adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat puluhan perusahaan berkumpul dalam satu lokasi yang sama.
  2. Proses seleksi, dari mulai pemberkasan hingga wawancara dapat dilakukan dalam satu tempat.
  3. Setiap para pencari kerja, bisa melakukan konsultasi kerja secara gratis kepada setiap konsultan dan para ahli di setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Tentu Sedulur tidak ingin berakhir tanpa mendapatkan satu pun pekerjaan, bukan? Lantas apa itu job fair, jika sama sekali tidak memberikan pekerjaan kepada Sedulur. Nah jika ini mendapatkan manfaat dari job fair, berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan, yaitu:

1. Ketahui perusahaan yang terlibat dalam job fair

apa itu job fair
Republika

Tips pertama, Sedulur perlau mengetahui perusahaan apa saja yang terlibat dalam job fair, pelajari terkait posisi yang dikeluarkan oleh perusahaan dan pastikan posisi yang Sedulur pilih sesuai dengan kemampuan dan portofolio yang selama ini dijalankan.

Jangan sekali-kali sembarangan dalam melamar pekerjaan, pilih pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan kamampuan. Pilih juga perusahaan yang memang Sedulur incar dengan reputasi yang baik.

2. Cari tahu pekerjaan yang tersedia

Sedulur juga harus mencari tahu lowongan pekerjaan apa saja yang tersedia. Setelah Sedulur memiliki list perusahaan yang terlibat dalam job fair, Sedulur juga harus mencari tahu list pekerjaan yang tersedia.

Dalam setiap job fair, akan terlibat banyak perusahaan, dan tentu setiap perusahaan tersebut menawarkan banyak posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri. Sehingga peluang untuk setiap pelamar sangat tinggi untuk diterima.

3. Persiapkan diri dengan matang

apa itu job fair
Sindonews

Sebagai pelamar kerja, Sedulur juga wajib menyiapkan diri dengan matang. Hal ini disebabkan karena dalam job fair banyak perusahaan yang seringkali langsung melakukan walk in interview. Maka dari itu, Sedulur jangan sekali-kali berangkat job fair tidak dengan persiapan yang matang.

Persiapkan segala halnya, sehingga pada saat perusahaan melakukan interview Sedulur sudah sangat siap mengikuti interview. Sehingga peluang untuk diterima pun menjadi lebih tinggi.

4. Usahakan bertemu langsung dengan Manajer HR

Agar peluang lebih tinggi untuk diterima, maka Sedulur harus berusaha dapat berbicara dengan HR manajer perusahaan tersebut. Jika memungkinkan untuk berbicara pada anggota senior atau manajer HR saat acara job fair, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Setiap anggota tim HR pastinya dapat memberikan Sedulur  segala informasi tentang perusahaan dan apa yang perusahaan cari. Sedangkan manajer HR adalah orang yang memiliki pengaruh besar. Dengan menununjukkan secara langsung pada manajer HR tentang potensi diri kamu yang dibutuhkan oleh perusahaan, tentunya kamu akan lebih diperhitungkan.

5. Tunjukan antusiasme Sedulur

apa itu job fair
Golife

Apa itu job fair tidak akan berarti apa-apa, jika Sedulur tidak menunjukan ketertarikan sedikit pun. Maka dari itu, antusiasme mempengaruhi semangat yang tinggi sehingga bisa melebarkan kemungkinan Sedulur untuk diterima.

Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan tunjukkan antusiasme kamu pada perekrut.  Ketika kamu bertanya pada perekrut tentang perusahaan, denagarkan penjelasannya dengan baik.  Menunjukkan antusiasme dan semangatmu akan meninggalkan kesan baik pada perekrut.

Dalam apa itu job fair, akan terjadi banyak hal yang terdiri dari banyak orang. Maka dari itu, untuk setiap kesempatan, penting untuk meninggalkan kesan pertama. Ini akan mempengaruhi Sedulur dapat menang dibandingkan dengan pencari kerja lainnya.

6. Pikirkan rute yang efektif

Sedulur sudah mengetahui penjelasan apa itu job fair, sebuah bursa yang berisi banyak perusahaan dan pelamar. Biasanya diadakan di sebuah tempat yang besar. Nah, Sedulur sebagai pelamar juga wajib mengetahui rute pejalanan paling efektif untuk menuju job fair.

Bukan hanya rute perjalanan, rute di dalam job fair pun perlu Sedulur ketahui. Karena dalam job fair Sedulur akan menghadapi akan menghadapi situasi yang amat crowded bersama para job seeker lainnya. Maka dari itu, menentukan rute adalah yang sangat penting.

Sedulur bisa melihat denah yang biasanya sudah disediakan oleh penyelenggara di pintu masuk.  Setelah melihat denah, kamu bisa menentukan urutan stan perusahaan yang akan kamu kunjungi. Dengan menenukan rute yang efektif sejak awal, kamu akan lebih menghemat waktu dan lebih fokus untuk melamar pekerjaan yang sudah direncanakan.

7. Gali potensi diri

Tips sukses melamar pekerjaan saat job fair yaitu dengan senantiasa menggali potensi diri. Apa itu job fair akan dapat menjadi lebih optimal jika Sedulur mengetahui apa potensi diri Sedulur. Sebelum Sedulur melamar pekerjaan, tentunya Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa potensi yang bisa ditunjukkan, begitu juga ketika melamar kerja di job fair.

Sedulur harus mempesiapkan perkenalan singkat tentang diri dan latar belakang. Dalam perkenalan yang singkat tersebut, Sedulur harus bisa membuat perekrut tertarik dengan keunikan dan potensi yang ada dalam diri Sedulur.

8. Bangun jaringan

Blog Karir

Dalam dunia karir dan pekerjaan, penting bagi Sedulur untuk menjalin jaringan. Jaringan atau networking merupakan hal yang sangat penting. Sebagaimana yang dijelaskan dalam penjelasan di atas terkait apa itu job fair, yang terdiri dari banyak perusahaan dan banyak pelamar.

Itu artinya, job fair merupakan tempat yang tepat untuk Sedulur meluaskan jaringan Sedulur itu sendiri. Datang ke job fair adalah salah satu kesempatan untuk meperluas jaringan. Pastikan Sedulur mendapatkan kartu nama dari setiap orang dari perusahaan yang standnya didatangi di job fair. Kartu nama ini akan sangat berguna ketika Sedulur perlu menindaklanjuti informasi  tentang lowongan pekerjaan dari perusahaan tersebut.

9. Apply dan follow up

Tips terakhir yaitu untuk melamar atau apply. Tentu tujuan Sedulur datang pertama kali je job fair adalah untuk melamar. Sedulur bisa mengirimkan surat lamaran kepada manajer HR dan menjelaskan bahwa Sedulur telah mendapatkan berbagai penjelasan tentang perusahaan saat di job fair.

Sedulur juga bisa menjelaskan bahwa Sedulur mengetahui dan memahami apa yang perusahaan cari dan butuhkan. Jelaskan juga bahwa itu alasan Sedulur melamar. Lalu Sedulur paparkan dan jelaskan segala potensi diri yang layak untuk mengisi posisi yang dibutuhkan tersebut.

Lalu ditutup dengan follow up atau menindaklanjuti. Terutama saat di job fair ada perusahaan yang meminta Sedulur untuk menghubungi kembali. Sedulur bisa follow up melalui email, telepon atau mendatangi perusahaannya langsung. Jelaskan kondisi mengapa Sedulur melakukan hal tersebut.

Pada akhirnya, jika perusahaan tersebut adalah jodoh karir Sedulur, seperti apapun perjalanan dan kesulitannya, Sedulur akan mendapatkan kemudahan untuk bekerja di tempat tersebut.

BACA JUGA: Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Manfaat, Syarat & Cara Daftar

Manfaat Ikut Job Fair

Seperti dijelaskan sebelumnya, job fair adalah sebuah pameran yang menghubungkan perekrut dan pelamar kerja. Maka jika Sedulur bertanya apa sebenarnya tujuan dan manfaat mengikuti job fair, tentu saja salah satu jawabannya adalah untuk mendapatkan pekerjaan.

Bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan saja, namun tentu saja untuk membuka peluang lebih lebar untuk mendapatkan pekerjaan, jaringan, pertemanan dan hal-hal lainnya. Nah, lebih lengkapnya, Sedulur bisa menyimak apa saja manfaat mengikuti job fair di bawah ini:

1. Konsultasi karier gratis

Manfaat dan keuntungan mengikuti job fair yang pertama adalah mendapatkan konsultasi karier secara cuma-cuma. Di acara job fair, biasanya perusahaan-perusahaan akan membuka sesi konsultasi karier gratis pada masyarakat umum.

Bagi Sedulur yang baru fresh graduate, tentu konsultasi karier gratis bisa memandu Sedulur untuk menentukan karir dan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan passion serta kesukaan Sedulur Selain itu, membuat juga dapat membuat Sedulur lebih yakin menentukan pilihan karier, Sedulur juga bisa mengenal profil perusahaan yang akan Sedulur lamar dengan baik.

2. Melamar kerja langsung

Keuntungan dan manfaat kedua yaitu dapat melamar kerja secara langsung on the sport. Pada kesempatan mengikuti job fair ini, Sedulur bisa melamar kerja secara on-the-spot. Jadi Sedulur tidak perlu repot-repot kirim CV, surat lamaran, dan berkas lainnya lewat e-mail atau kantor pos. Di event job fair Sedulur bisa langsung mendapatkan resposn dan follow up dari perusahaan yang Sedulur lamar. Waktu yang Sedulur miliki pun jadi lebih efisien.

3. Bertemu dengan banyak perusahaan

Di acara job fair, tentu saja Sedulur akan bertemu dengan banyak perusahaan dengan berbagai jaringan dan prestasinya.  Puluhan perusahaan berkumpul dalam satu lokasi yang sama, bisa dibayangkan Sedulur hanya perlu mengelilingi satu lokasi untuk dapat bertemu dengan perusahaan yang mungkin saja kantornya tersebar di seluruh Indonesia.

4. Bisa membandingkan dan memilih perusahaan

Banyaknya perusahaan yang hadir dalam job fair membuatmu dapat menggali lebih jauh mengenai perusahaan-perusahaan tersebut. Sedulur mendapat kesempatan untuk membandingkan dan mencari perusahaan mana yang paling cocok dengan skill dan pendidikanmu.

Nah itulah tadi penjelasan terkait apa itu job fair dan sisi menarik serta tips agar Sedulur bisa mendapatkan pekerjaan saat mengikuti job fair. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur ya, terutama bagi Sedulur yang tengah mencari pekerjaan.