Usaha pecel lele merupakan usaha yang menguntungkan.

Sedulur Super mungkin sudah tidak asing lagi dengan pecel lele, warung makan kaki lima yang umum ditemui di sisi jalan. Pecel lele merupakan warung makan yang sangat sederhana, walaupun hanya bermodalkan gerobak di sisi jalan namun warung makan pecel lele ini siap untuk menghilangkan rasa lapar Sedulur Super sekalian.

Biasanya, warung makan pecel lele ini buka pada malam hari, diperuntukan para pengendara jalan yang merasakan lapar di tengah perjalanan pulang dari bekerja. Melihat banyak sekali warung makan pecel lele, mungkin ada sebagian dari Sedulur Super yang bertanya, berapa keuntungan yang didapatkan dari usaha pecel lele?

Pertanyaan tersebut tentu saja menunjukan bahwa Sedulur Super tertarik terhadap usaha pecel lele. Berikut ini ada beberapa tips membuka usaha pecel lele bagi Sedulur Super yang tertarik. Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Manfaat Sembako untuk Kehidupan

Tips Membuka Usaha Pecel Lele

1. Perhatikan Lokasi

Tips memulai usaha pecel lele yang pertama kali harus diperhatikan adalah lokasi usaha pecel lele. Seperti yang Sedulur Super ketahui, bahwa pecel lele biasanya selalu bertempat di pinggir jalan dalam bentuk gerobak sederhana. Tidak seperti warung makan lainnya yang berbentuk bangunan, warung makan pecel lele hanya bermodalkan gerobak di sisi jalan.

Tips memulai usaha pecel lele ini juga patut diperhatikan bagi usaha kuliner lainnya. Lokasi sebuah usaha kuliner, termasuk usaha pecel lele adalah lokasi yang strategis. Selain itu, kelebihan usaha pecel lele adalah gerobaknya yang menunjukan kesederhanaan. Hal ini akan menarik para pembeli tanpa ragu untuk makan di warung pecel lele.

Selain lokasi di jalan raya atau jalan utama, ada baiknya Sedulur Super mempertimbangkan lokasi di sekitar pemukiman warga, terutama yang menjalankan usaha pecel lele untuk pemula. Karena dengan berada di sekitar pemukiman warga akan membuat usaha pecel lele untuk pemula menjadi lebih ramai dikunjungi.

2. Tentukan Waktu Berjualan yang Tepat

Usaha pecel lele untuk pemula membutuhkan berbagai macam pengetahuan, termasuk pengetahuan berkaitan dengan waktu berjualan pecel lele yang tepat. Seperti yang Sedulur ketahui, biasanya warung pecel lele mulai buka dan melayani pesanan pada sore hingga malam hari. Hal ini perlu Sedulur Super ketahui.

Alasan mengapa warung makan pecel lele buka pada malam hari adalah karena sebagian masyarakat jarang yang memasak pada malam hari. Hal tersebut dilihat sebagai peluang oleh para pelaku usaha pecel lele sebagai sebuah kesempatan. Jika usaha pecel lele Sedulur Super berada di sekitar pemukiman masyarakat, hal tersebut akan membuat usaha Sedulur Super menjadi untung super melimpah.

Selain itu, warung makan pecel lele buka pada malam hari untuk menarik pelanggan yang pulang dari bekerja. Ini juga menjadi jawaban mengapa usaha pecel lele kebanyakan berada di sisi jalan utama atau jalan raya. Karena mengincar para pelanggan yang kelaparan di tengah jalan pulang.

3. Perhatikan Menu

Pada umumnya, warung makan pecel lele memiliki menu ikan lele goreng, ayam goreng, bebek goreng dan sate jeroan. Ditambah tahu dan tempe sebagai pelengkap. Daya tarik dari warung makan pecel lele adalah menawarkan menu yang dekat dengan menu makan masyarakat.

Menu yang ada di usaha pecel lele juga dapat membantu Sedulur Super untuk menentukan modal usaha pecel lele yang dibutuhkan. Selain perangkat seperti gerobak, bahan makanan juga merupakan modal usaha pecel lele yang harus diperhatikan oleh Sedulur Super.

Buat ciri khas menu warung makan pecel lele Sedulur Super. Para pelaku usaha pecel lele biasanya bertarung dari rasa sambal pecel lele yang khas. Karena menu makanan yang ada di warung pecel lele sudah lumrah dan umum digunakan. Maka dari itu, yang bisa menjadi andalan dari usaha pecel lele adalah sambal sebagai pelengkap menu makanan.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Toko Kelontong

4. Harga Menu Makan

Alasan utama banyak yang membeli pecel lele adalah menu makan yang sederhana seperti menu makan rumahan, selain itu alasan lain adalah harga yang murah dan terjangkau. Jangan sampai Sedulur Super mematok harga yang terlalu mahal untuk setiap menu makan.

Sebagai pemula dalam usaha pecel lele, ambil keuntungan sewajarnya saja. Baru setelah berjalan cukup lama, secara perlahan dan bertahap Sedulur Super bisa menaikan harga menu makan di warung pecel lele Sedulur Super untuk mendapatkan untung super melimpah.

5. Kebersihan Warung Pecel Lele

Walaupun sederhana dan terletak di samping jalan, namun Sedulur Super harus senantiasa memperhatikan kebersihan warung makan pecel lele milik Sedulur. Karena ini akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan dan menentukan apakah pelanggan tersebut akan datang lagi ke warung makan pecel lele milik Sedulur atau tidak.

Sebagian pelanggan sangat perhatian dengan masalah kebersihan. Jika Sedulur abai dengan kebersihan pada warung pecel lele, bukan tidak mungkin mereka akan memutuskan tidak kembali ke tempat usaha Sedulur.

Untuk tetap menjaga kebersihan, Sedulur Super bisa langsung membersihkan peralatan makan pengunjung sesaat setelah mereka meninggalkan tempat.  Tidak hanya itu, kebersihan juga berhubungan dengan higienitas makanan. Dengan demikian, kebersihan tempat masak, tempat memajang makanan, tempat mencuci peralatan memasak dan peralatan makan, sampai kebersihan cara memasak, perlu diperhatikan. Kesan kotor dan jorok harus hilang dari tempat usaha pecel lele Sedulur, agar pengunjung tetap nyaman saat melahap makanan.

Tips memulai usaha pecel lele yang telah disampaikan di atas, akan lebih lengkap dan sempurna jika Sedulur Super menggunakan Aplikasi Super untuk membeli bahan belanja kebutuhan usaha pecel lele. Aplikasi Super merupakan platform digital yang memungkinkan Sedulur kulak sembako secara mudah dan murah.

Setiap bahan makanan yang ada di warung makan pecel lele tersedia di Aplikasi Super. Sedulur Super bisa mendapatkan untung super melimpah dengan menggunakan Aplikasi Super. Yuk, klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan rasakan langsung untung super melimpah dari Aplikasi Super.