Tips membuat toko menjadi menarik sangat penting. Salah satunya yang harus diperhatikan adalah tata letak barang.

Tips membuat toko menjadi menarik sangat penting, hal tersebut karena akan semakin menarik pelanggan dan membuat pelanggan menjadi nyaman. Hal ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan toko kelontong yang kita jalani.

Mengelola barang agar rapi dan disukai pelanggan merupakan hal yang penting dalam tips membuat toko kelontong menjadi menari. Bukan hanya itu, pengaturan lainnya juga tidak kalah pentingnya dalam memberi faktor agar membuat toko kelontong menjadi menarik.

Berikut ini ada beberapa tips membuat toko menjadi menarik agar toko kelontong kita semakin ramai dikunjungi oleh pelanggan dan memberikan kita berbagai macam keuntungan. Yuk mari kita simak.

Baca Juga: Toko Saya: Fitur Baru Aplikasi Super, Kelola Penjualan Sembako Lebih Mudah!

Tips Membuat Toko Menjadi Menarik, Wajib Dipraktikan!

1. Hindari Gantungan Minuman Sachet di Depan Toko

Tips membuat toko menjadi menarik yang harus diperhatikan adalah menghindari menggantung minuman sachet di depan toko. Secara artistik saja, menggantung minuman sachet sudah sangat tidak nyaman dipandang.

Selain itu, menggantungkan barang dagang di depan toko dapat menghalangi pandangan kita dalam mengawasi pelanggan yang berkunjung ke toko kelontong. Hal ini bisa memberikan kesempatan kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hindari gantungan minuman dan lainnya merupakan cara yang paling tepat untuk membuat toko menjadi lebih menarik.

2. Pencahayaan dan Warna Ruangan

Tipe membuat toko agar semakin menarik yang kedua adalah dengan membuat pencahayaan dan warna ruangan.  Pengaturan cahaya lampu dalam ruangan yang tepat akan membuat pelanggan merasa nyaman dalam mencari barang pelanggan merasa tidak akan terlalu silau atau pun terlalu remang.

Untuk membantu pencahayaan yang bagus, maka warna putih pada tembok, lantai, dan atap plafon adalah pilihan yang tepat. Mengapa lebih cenderung menggunakan warna putih sebagai elemen pokok pada ruang toko dan mengapa harus memiliki pencahayaan yang sangat terang?

Hal tersebut karena dapat menarik perhatian pelanggan untuk berbelanja dan akan membuat pelanggan nyaman saat berbelanja. Seperti yang Sedulur ketahui, di setiap minimarket atau supermarket, pencahayaan dan warna ruangan sangat terang dan identik dengan warna putih.

Metode ini sangat ampuh untuk menarik pelanggan, oleh karena itu hal ini wajib dicoba di toko kelontong Sedulur. Selain itu, kesan rapi dan bersih pun akan otomatis tertanam di benak para pelanggan.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Telur Ayam dengan Modal Kecil

3. Penempatan Rak Barang

Penempatan rak juga menjadi bagian penting dalam tips membuat toko menjadi menarik. Secara umum, peletakan rak dengan posisi yang sejajar adalah yang terbaik. Selain terlihat rapi, para pembeli juga mudah berlalu lintas dan memilih barang.

Selain itu, kita sebagai pemilik toko akan mudah mengawasi tingkah laku para pelanggan saat berbelanja. Rak-rak yang saling menyilang ataupun saling menutupi satu dengan lainnya hanya akan membuat semuanya terlihat berantakan dan tidak rapi.

Jika Sedulur mempunyai rak yang berbentuk bundar, maka lebih baik ditempatkan sejajar dengan rak yang panjang dengan memberi jarak sekitar 1-1,5 meter untuk keindahan dan efektifitas dari rak tersebut.

Letakkan rak bundar tersebut lebih awal dari pintu masuk agar lebih tampak elegan. Jika toko kelontong Sedulur juga terdapat rak-rak yang tinggi, maka sebaiknya posisinya menempel/berhimpitan dengan dinding agar ruangan tetap terkesan lega.

4. Klasifikasi Barang Dagang

Tips membuat toko menjadi menarik selanjutnya adalah membuat klasifikasi barang dagang. Memisahkan barang atau produk yang dijual dalam toko kelontong merupakan hal yang sudah umum.

Produk kecantikan, produk makanan, barang mainan anak-anak, alat tulis kantor, sembako, dan sebagainya harus ditaruh sesuai dengan klasifikasi dan jenisnya. Tujuannya tentu membuat pelanggan lebih mudah mencari apa yang akan mereka beli.

Barang-barang yang sering dibeli, seperti sembako, sabun mandi, pasta gigi, buku tulis, dan lain sebagainya bisa diletakkan pada bagian rak yang mudah dijangkau, sedangkan produk-produk yang jarang dibeli orang ditempatkan pada bagian yang agak tinggi.

Barang-barang yang memiliki kesan tidak terlalu dibutuhkan seperti keset, lap pel, sikat WC, dsb, diletakkan pada bagian dasar rak. Jika toko kelontong Sedulur menyediakan sembako  kebutuhan dapur seperti misalnya bawang, telur, kacang, dsb, maka jauhkan posisinya dengan produk kecantikan.

Hal tersebut bertujuan  agar tidak terkesan bertabrakan, dan akan membuat masyarakat menjadi lebih nyaman dalam belanja di toko kelontong Sedulur.

5. Jalur Lalu Lintas Pelanggan

Atur posisi lalu lintas para pelanggan di toko kelontong Sedulur. Jika perlu tambahkan sekat atau berikan ruang antar rak agar para pelanggan mudah mencapai tempat dan rak barang yang akan mereka beli. Perhatikan juga lalu lintas pelanggan yang masuk dan keluar di pintu toko kelontong.

Jika sering terjadi tabrakan saat keluar masuk, maka Sedulur Super harus mendesain ulang lebar pintu tersebut. Distribusi dan lalu lintas pelanggan keluar dan masuk toko kelontong juga menjadi faktor penting yang akan menentukan toko kelontong Sedulur Super ramai dikunjungi oleh pembeli.

Karena jika toko kelontong Sedulur tidak memikirkan lalu lintas pelanggan saat berbelanja, dan pelanggan pun banyak yang bertabrakan saat berbelanja, hal ini akan menjadi poin minus bagi toko kelontong Sedulur.

Kenyamanan pelanggan dalam berbelanja menjadi poin penting dalam tips membuat toko kelontong semakin menarik. Jangan sampai pelanggan mendapatkan kesan buruk saat belanja di toko kelontong Sedulur.

6. Lokasi Meja Kasir

Lokasi tempat pembayaran atau kasir, biasanya terletak tidak terlalu jauh dari pintu keluar. Tujuannya untuk memberikan ruang lega di dalam ruang toko kelontong Sedulur. Ada baiknya juga Sedulur menambahkan rak mini di dekat kasir untuk memajang produk-produk aksesoris.

Aksesori seperti gantungan kunci, hiasan kalung imitasi, jepit rambut, dan pernak-pernik lainnya. Hal tersebut bertujuan agar menghilangkan rasa jemu ketika pelanggan sedang mengantri di meja kasir.

Pastikan juga meja kasir terletak di dekat pintu keluar, hal ini bertujuan agar Sedulur sebagai pemilik toko kelontong dapat memantau pelanggan jika dikhawatirkan ada pelanggan yang berbuat hal-hal buruk.

Selain perihal pengaturan dan pengelolaan barang di toko kelontong Sedulur, satu hal yang harus Sedulur perhatikan sebagai pemilik toko kelontong adalah ketersediaan barang dan sembako yang Sedulur jual.

Pastikan untuk membuat toko selalu bersih dan menarik, karena hal ini akan menjadi poin plus bagi toko kelontong Sedulur. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan barang dan sembako yang lengkap agar pelanggan selalu datang ke toko Sedulur.

Ada baiknya Sedulur Super bergabung di Aplikasi Super, yang siap sedia menyediakan berbagai barang dan sembako untuk kebutuhan dagang Sedulur. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa download Aplikasi Super sekarang juga.