Tertarik memulai bisnis sembako online? Simak tipsnya di bawah ini.

Berbisnis merupakan salah satu pekerjaan yang bisa membuat Sedulur Super mendapatkan penghasilan. Peluang untuk membuat dan membangun bisnis kecil-kecilan sangat besar, sehingga Sedulur bisa menghindari dari status pengangguran

Untuk memulai berbisnis tentu saja harus menyiapkan beberapa kelengkapan seperti tempat, barang dan lain-lain. Namun, jika saat ini Sedulur Super sudah berniat untuk mendirikan bisnis sendiri tetapi belum memiliki tempat atau lahan yang akan dijadikan sebagai lapak. Tidak usah khawatir.

Saat ini, di era serba digital, tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena teknologi pada zaman sekarang sudah sangat canggih. Sedulur bisa menggunakannya untuk memulai berbisnis online. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan bisnis sembako online.

-->

Dengan demikian rencana berbisnis yang sudah dipersiapkan akan segera terwujud. Hal yang perlu disediakan dalam berbisnis online tersebut hanya membutuhkan alat seperti smartphone atau laptop, kuota internet dan sedikit modal.

Setelah itu, Sedulur bisa mengambil beberapa gambar sembako dan memasarkannya secara online. Tidak memerlukan warung, toko atau gudang sembako. Hal ini menjawab bahwa pertanyaan perlukah gudang sembako. Di era digital ini, gudang tidak begitu diperlukan.

Mudah bukan untuk berbisnis online? Nah, untuk memajukan tingkat perekonomian bangsa yuk, ciptakan lapangan pekerjaan baru. Untuk lebih jelasnya mengenai bisnis sembako online tersebut, simaklah ulasan berikut ini.

Baca Juga: Belanja Untung Super Melimpah ke Mitra Super Center

Tips Memulai Bisnis Sembako Online untuk Pengusaha Toko Kelontong

1. Menganalisa Kebutuhan Pasar

Cara jualan sembako online dan tips menjalankan bisnis sembako online yang pertama adalah menganalisa kebutuhan pasar. Untuk memulainya, terlebih lagi bisnis sembako, hal pertama yang harus Sedulur lakukan adalah menganalisa kebutuhan pasar.

Hal ini dilakukan agar sebelum berbisnis Sedulur sudah memiliki perencanaan yang matang. Termasuk salah satunya kerjasama dengan grosir sembako online, atau kerjasama distributor sembako. 

Selanjutnya yang perlu dianalisa yaitu mengetahui minat masyarakat untuk berbelanja secara online. Kemudian perhatikan harga yang akan digunakan untuk menjual barang. Jangan sampai harga tersebut lebih mahal dari toko yang ada di pasaran. Gunakan harga yang standar dan dapat menarik konsumen.

Hal ini harus dilakukan agar para konsumen berminat dan tertarik untuk berbelanja secara online. Berikan beberapa kemudahan pada konsumen. Seperti pengiriman barang yang cepat dan lain-lain.

2. Membangun Sistem

Setelah mengetahui berbagai kebutuhan pasar hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membangun sistem, yang merupakan salah satu cara untuk melihat kondisi dari sembako yang akan dijual. Seperti misalnya sembako yang akan dijual didapatkan dari mana dan berapa harganya.

Selain itu, bagaimana cara memesan sembako tersebut dan cara pengiriman sembako tersebut serta bagaimana pembukuannya. Semua itu harus dipikirkan dan jalankan sesuai rencana awal.

Tanpa adanya sistem yang bagus, bisnis yang akan dijalankan tidak akan berjalan dengan lancar. Banyak sekali orang yang menyepelekan akan hal ini dan cenderung gegabah dalam memulai sesuatu, sehingga tak heran jika banyak orang yang mengalami kerugian dini.

3. Menyediakan Barang

Langkah berikutnya untuk menjadi pelaku bisnis sembako online adalah menyediakan barang atau bisa disebut dengan istilah stok barang. Sedulur Super bisa menyediakan barang yang akan dijual tersebut di rumah atau ruangan yang tidak terpakai.

Ketersediaan barang sangatlah penting bagi para penjual meskipun Sedulur berjualan secara online. Jangan sampai saat banyak pesanan akan tetapi barang yang dipesan tidak ada. Hal ini akan menyebabkan pembeli kecewa.

Biasanya para pembeli yang sudah terlanjur kecewa, mereka tidak akan belanja di toko kita lagi. Selain stok barang yang harus ada, yang juga harus diperhatikan adalah kelengkapan dari produk tersebut. Kelengkapan produk bisa menjadi nilai lebih bagi toko kelontong kita untuk bisa bersaing.

4. Pemasaran Produk

Untuk memasarkan sembako secara online ini berbeda dengan cara konvensional. Caranya lebih banyak dan lebih unik. Anda bisa menggunakan beberapa media sosial seperti Facebook, WhatsApp, instagram dan lain-lain untuk memasarkan produk yang akan dijual.

Sembako merupakan produk yang sudah banyak diketahui oleh orang, sehingga Anda tidak perlu menjelaskan secara detail mengenai sembako tersebut, yang harus dilakukan adalah menawarkan sistem pembelian online yang lebih mudah dan praktis.

Bila perlu, jual sembako dengan harga yang lebih murah daripada toko yang lain atau toko offline. Berikan beberapa kemudahan untuk pembeli dan promosikan juga keuntungan yang akan didapat jika berbelanja secara online.

Jika Anda mampu meyakinkan masyarakat untuk berbelanja secara online, maka bisnis yang akan dijalankan ini bisa berjalan dengan lancar. Tahap inilah biasanya yang sering kali orang kesulitan untuk promosi, sehingga para konsumen lebih memilih belanja dengan cara lama.

5. Gabung di Aplikasi Super

Tips menjalankan bisnis sembako online selanjutnya adalah gabung di Aplikasi Super. Keempat tips yang dijelaskan di atas tidak perlu repot untuk dilakukan jika Sedulur Super bergabung menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super.

Aplikasi Super telah menjaring banyak grosir sembako Surabaya. Oleh karena itu, Aplikasi Super juga selalu siap menyediakan sembako dengan harga murah dan juga dengan cara yang jauh lebih mudah. Hal ini memberikan banyak keuntungan bagi kita.

Selain itu, pelayanan sembako online yang dipesan akan dikirim secara cepat dan tepat dengan oleh Aplikasi Super, berikut dengan biaya ongkos kirim yang gratis. Hal ini karena terdapat partner dari Aplikasi Super yang dikenal dengan nama Super Agen.

Aplikasi toko kelontong ini juga menyediakan sembako super dengan beberapa fitur yang memudahkan kita. Salah satu fiturnya adalah Toko Saya. Fitur Toko Saya ibaratkan aplikasi manajemen toko yang memudahkan kita mengelola toko kelontong secara digital.

Aplikasi pos atau aplikasi kulakan ini akan membantu toko kelontong Sedulur untuk lebih berkembang lagi. Download Aplikasi Super dengan klik di sini, dan jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super untuk mengetahui cara daftar Aplikasi Super.

Setelah mengetahui bahwa belanja sembako online lebih mudah, jangan lagi bertanya di mana toko grosir sembako terdekat? Online aja cukup untuk memenuhi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.