Manfaatkan Instagram untuk Berbisnis

Manfaatkan media sosial instagram untuk mengembangkan bisnis Sedulur Super. Poin terakhir paling penting, lho!

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan, dari remaja hingga orang dewasa. Instagram menawarkan fitur-fitur yang mengesankan bagi penggunanya, tidak jarang mereka menghabiskan waktu luangnya untuk membuka dan mencoba fitur yang ada di dalamnya. Selain digunakan untuk membagikan foto dan video pribadi, Instagram juga dimanfaatkan sebagian orang sebagai wadah untuk berbisnis.

Para pebisnis berbondong-bondong mengenalkan bisnisnya melalui platform ini. Sebelum memulai mempromosikan bisnis di Instagram, ada kalanya Sedulur Super melengkapi profil bisnis terlebih dulu di Instagram. Untuk yang belum memiliki akun Instagram dan belum mengetahui cara meng-install-nya, Sedulur Super bisa ikuti cara ini terlebih dulu:

Cara mendaftar akun Instagram

instagram untuk bisnis
photo by freepik

Pertama, persiapkan email dan nomor telepon yang terdaftar di handphone-mu

-->

Kedua, download aplikasi Instagram melalui Google Playstore jika Sedulur merupakan pengguna Android.

Ketiga, setelah berhasil men-download aplikasi Instagram dari smartphone, ketuk gambar aplikasi untuk melakukan instalasi atau pemasangan.

Keempat, Langkah selanjutnya adalah klik pilihan Daftar dengan email atau nomor telepon. Kemudian masukkan alamat email atau nomor telepon yang sudah Sedulur Super persiapkan tadi pada kolom isian yang tersedia.

Kelima, setelah memasukkan alamat email atau nomor telepon, klik tombol “Berikutnya”. Pilihan lain untuk mendaftar di Instagram selain menggunakan alamat email atau nomor telepon, adalah dengan opsi masuk dengan Facebook. Opsi ini memudahkan Sedulur Super agar terdaftar secara otomatis di Instagram dengan akun Facebook-mu. Tetapi ini hanyalah opsi. Jika tidak memiliki akun Facebook, Sedulur Super bisa menggunakan email atau nomor telepon saja.

Membuat Nama Pengguna

instagram untuk bisnis
photo by freepik

1. Langkah berikutnya dalam cara daftar Instagram adalah membuat nama pengguna dan kata sandi yang akan Sedulur Super gunakan untuk akun barumu. Jika Sedulur Super membuat akun instagram untuk digunakan secara pribadi, bisa menggunakan konfigurasi dari namamu. Tetapi jika Sedulur Super membuat Instagram untuk bisnis, maka cantumkan nama bisnis yang Sedulur Super jalankan. Perlu diingat bahwa nama akun yang disertai tanda centang warna hijau yang bisa digunakan. Jika tanda tersebut tidak muncul, maka Sedulur Super harus mencari konfigurasi nama akun lain karena berarti nama tersebut sudah ada di Instagram.

2. Gunakan username yang unik tapi mudah untuk diingat oleh banyak orang. Gunakan nama brand atau bisnis yang akan/sedang Sedulur Super jalankan saat ini.

3. Setelah nama akun dan kata sandi sudah dibuat, akan ada opsi untuk menghubungkan dengan Facebook atau tidak. Jika Sedulur Super memilih untuk menghubungkan, maka segala aktivitas yang Sedulur Super lakukan di instagram akan diunggah juga pada akun Facebook-mu. Jika tidak menginginkan hal ini, maka Sedulur Super bisa lewati saja dengan klik opsi Lewati atau Skip.

4. Langkah terakhir adalah melengkapi profil Instagram. Sedulur Super bisa mulai menambahkan foto profil dan memasukkan info pribadi seperti nomor telepon, bio, website dan lain-lain pada opsi Edit Profile.

Cara di atas adalah cara mudah untuk mendaftar akun dan melengkapi data diri di Instagram. Nah selanjutnya adalah membahas cara untuk mengembangkan bisnis dengan membuat konten yang menarik perhatian audience.

Instagram Bisnis

instagram untuk bisnis
photo by freepik

Mengubah akun menjadi akun bisnis

Jika akun Sedulur masih menjadi akun personal, Sedulur Super bisa mengubahnya menjadi akun bisnis. Caranya adalah masuk akun instagram, lalu klik Settings, scroll ke bawah hingga Sedulur Super menemukan menu Account lalu pilih “Switch to Professional Account” dan klik Business. Setelah berhasil mengubah akun menjadi akun bisnis, masukkan informasi penting seperti waktu bisnis, alamat bisnis, nomor telepon bisnis dan sambungkan ke Facebook agar akunmu lebih mudah ditemukan oleh audience.

Promote

Agar akun Sedulur mendapat audience dengan jangkauan yang luas dan sesuai dengan target pasar Sedulur, maka Sedulur Super perlu menghubungkan akun Instagram dengan dengan Facebook.

Share to Share

Saat ini Instagram memiliki fitur repost dan tagging. Fitur yang sangat berguna untuk membantu mempromosikan bisnis Sedulur. Sedulur Super bisa meminta partner bisnis untuk melakukan promosi produk melalui fitur ini.

Profile Photo

Gunakan foto profil bisnismu dengan foto yang menarik namun masih terlihat dengan jelas. Jika menggunakan nama brand, pastikan huruf tersebut terbaca dengan cukup jelas.

Follow Akun instagram lain

Jangan lupa untuk mem-follow akun lain, atau mem-followback Hal ini dilakukan untuk membuat audience semakin bersemangat dan tertarik mengikuti konten Sedulur setiap saat.

Strategi Konten Instagram

instagram untuk bisnis
photo by freepik

Waktu Posting

Ketika memposting foto dan video di instagram, ada baiknya Sedulur Super memperhitungkan kapan foto dan video tersebut diposting. Jika hal itu tidak dilakukan, maka bisa saja postinganmu

Tema Konten

Sebelum memposting sesuatu, ada kalanya Sedulur Super juga memikirkan konten apa yang kira-kira menarik audience atau target pasar Sedulur. Misalnya Sedulur Super berjualan produk sembako, buatlah konten menarik untuk meningkatkan brand awareness dengan membuat konten tulisan atau games seputar ekonomi. Karena Instagram ini didesain untuk visual, maka Sedulur Super bisa juga membuat cerita atau storyboard yang berhubungan dengan brand atau produk yang Sedulur Super punya. Perhatikan pula kualitas konten. Jangan sampai konten yang Sedulur Super buat tidak menarik audience.

Posting Konten secara Berkala

Konten yang baik adalah konten yang selalu up to date. Postinglah konten minimal 3 kali perhari pada jam-jam tertentu. Untuk mengetahui hal itu, Sedulur Super perlu membuat riset terlebih dulu, pada waktu kapan kira-kira audience-mu meluangkan waktu untuk beristirahat.

Gunakan Hashtag yang Sesuai dengan Nama Bisnis

Salah satu cara yang baik untuk memperkenalkan brand atau produkmu adalah dengan cara menggunakan branded hashtag. Teknik ini digunakan sebagai lambang untuk mempresentasikan bisnis Sedulur. 

Berinteraksi dengan Audience

Cara berinteraksi dengan audience adalah dengan membuat kuis, menjawab komentar, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar mereka sebagai audience merasa dihargai, dan tentu saja akan membuat mereka senang dan menganggap Sedulur sebagai pemilik bisnis merupakan sosok yang ramah. Tahukah Sedulur Super? Penilaian audience ini sangat penting, lho. Jangan dilewatkan begitu saja, ya!

Manfaatkan Instagram Story

Fitur instagram story atau instastory ini juga memiliki peran yang cukup penting. Dari fitur inilah Sedulur Super bisa lebih leluasa memperkenalkan atau mempromosikan produk Sedulur pada audience. Buatlah instastory yang menarik.  

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Sedulur Super lakukan untuk mengembangkan bisnis melalui Instagram. Seperti yang Sedulur ketahui, Instagram merupakan platform yang banyak digunakan oleh beberapa pebisnis agar produknya semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

Berbicara soal mengembangkan bisnis melalui platform media sosial, Sedulur juga bisa lho mengembangkan bisnis dengan baik, apalagi jika Sedulur adalah pemilik toko kelontong. Ingin toko kelontong Sedulur jadi berkembang dan dikenal oleh banyak orang? Bergabung jadi Mitra Super Center solusinya! Yuk Sedulur, jadilah pebisnis yang meraup banyak keuntungan dengan bergabung jadi Mitra Super Center sekarang!