Ingin buka toko sembako tapi bingung berapa modal yang dibutuhkan? Ingin lihat rincian modal untuk setiap itemnya? Yuk cek infonya di sini!

Usaha sembako merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Seperti yang Sedulur Super ketahui, bahwa sembako adalah kebutuhan primer bagi sebagian besar orang, termasuk masyarakat Indonesia.

Untuk itulah, banyak pengusaha kecil yang mencoba mendapat keuntungan berlipat dengan membuka usaha toko sembako.

Meski keberadaan toko kelontong hampir tergeser dengan adanya toko sembako modern seperti minimarket dan supermarket, tidak menyurutkan semangat pengusaha kecil untuk membuka usaha toko kelontong. Toko kelontong tidak akan pernah mati, itulah yang mereka yakini.

-->

Selain itu, beberapa orang lebih suka berbelanja ke warung atau toko kelontong karena biasanya menawarkan harga murah dibandingkan saat berbelanja di minimarket maupun supermarket.

Sedulur tertarik buka toko sembako namun belum tahu berapa modal yang harus dikeluarkan? Tidak perlu khawatir, kali ini Super membagikan ulasan rincian modal untuk membuka usaha sembako. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Rincian Modal Usaha Sembako di Rumah

modal awal usaha sembako

Sebelum benar-benar membuka toko sembako, Sedulur Super perlu memperhitungkan secara rinci modal yang harus dikeluarkan terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan budget yang Sedulur keluarkan tidak membengkak.

Berikut rincian modal usaha yang perlu Sedulur Super ketahui:

–          Meja kasir dan etalase toko seharga Rp. 1.500.000

–          Kalkulator seharga Rp. 40.000

–          Mesin kasir seharga Rp. 1.500.000

–          Rak besi siku seharga Rp. 600.000

–          Barang-barang sembako Rp. 5.000.000

Nah itulah rincian modal usaha sembako yang bisa Sedulur persiapkan dari sekarang. Meski begitu, Sedulur bisa membeli isi warung sembako modal 1 juta saja dengan membeli paket usaha sembako. Pintar-pintar bagaimana Sedulur mengaturnya, deh.

Biaya operasional:

–          Listrik, air dll Rp. 500.000

–          Transportasi (untuk keperluan pengiriman barang) Rp. 700.000

Dengan begitu, paling tidak Sedulur membutuhkan dana sebesar Rp. 9.840.000 untuk membuka toko sembako, terutama di rumah. Namun jika Sedulur tidak memiliki lahan yang cukup di rumah untuk dijadikan toko, Sedulur bisa menyewa sebuah kios, yang tentu membutuhkan biaya tambahan.

Perkiraan Pendapatan

modal awal usaha sembako

Apabila diasumsikan pemasukan Sedulur per hari sebesar Rp400.000. Jumlah ini kemudian dikalikan selama 30 hari. Total pemasukan dalam satu bulan sebesar Rp12.000.000.

Dengan perhitungan di atas, artinya Sedulur bisa balik modal di bulan pertama penjualan dengan keuntungan bersih sebesar Rp. 700.000.

Keuntungan yang Sedulur dapatkan

modal awal usaha sembako

Keuntungan warung sembako dihitung dari pengurangan pendapatan per bulan dikurang biaya operasional bulanan. Artinya:

Rp. 12.000.000 – Rp 1.200.000 = Rp10.800.000

Perhitungan yang sebenarnya tergantung pada barang yang dibeli dan keuntungan harian.

Semakin banyak barang yang Sedulur jual di toko kelontong, tentu semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan. 

Untuk mendapatkan keuntungan toko kelontong yang maksimal, Sedulur bisa menyusun strategi pemasaran.

Misalnya dengan memasang spanduk di depan toko, memberikan promosi berupa diskon atau produk gratis untuk pembelian sekian rupiah, atau mempromosikan toko Sedulur melalui WhatsApp.

Ide barang yang bisa dijual di toko sembako Sedulur

modal awal usaha sembako

Berbicara mengenai ide barang yang dijual di toko sembako, Sedulur bisa menambahkan varian produk untuk dijual. Hal ini akan menguntungkan Sedulur nantinya, karena pelanggan pada umumnya lebih suka berbelanja di tempat yang memiliki barang bervariasi. Selain itu akan membuat toko Sedulur tampak lengkap.

Misalnya seperti alat tulis, gas elpiji, jual pulsa. pembayaran PDAM dan BPJS. Dijamin, barang-barang tersebut banyak yang membutuhkan.

Sedulur Super pun tahu, keuntungan yang akan didapatkan dari membuka usaha toko kelontong ini tidak selamanya besar. Ada pula saat-saat tertentu yang membuat omset Sedulur jadi turun.

Belanja di Aplikasi Super

Sedulur, kini belanja kebutuhan toko sembako bisa melalui Aplikasi Super, lho. Dengan menggunakan Aplikasi Super, Sedulur tidak perlu repot lagi kulakan sembako di luar rumah. Hanya tinggal pesan melalui Aplikasi Super, pesanan Sedulur akan diantar keesokan harinya.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Sedulur Super dapatkan jika belanja sembako di Aplikasi Super, terutama jika Sedulur bergabung menjadi Mitra SuperCenter seperti:

1.   Jaminan Harga Murah

Sedulur Super tidak perlu khawatir kulakan sembako dengan harga mahal. Super akan menjamin Sedulur Super kulakan sembako dengan mendapatkan harga lebih murah dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo menarik lainnya.

2.   Prioritas Membeli Barang di Aplikasi Super

Sedulur Super tidak perlu khawatir kehabisan stok karena Super akan memprioritaskan Sedulur Super untuk belanja atau kulakan barang sembako melalui Aplikasi Super. Jadi, Sedulur Super bisa lebih fokus kulakan dan melayani pelanggan dengan maksimal, deh!

3.   Kasir Digital untuk Menunjang Performa

Dengan bergabung jadi Mitra SuperCenter, Sedulur Super juga akan mendapat fasilitas berupa mesin kasir digital seperti scanner dan printer. Diharapkan dengan adanya kasir digital ini, proses jualan Sedulur Super jadi mudah dan lebih canggih.

4.   Gabung Komunitas & Ikut Program Pelatihan Gratis!

Sedulur Super bisa bergabung dengan komunitas sesama pengusaha toko dan berhak ikut program-program pelatihan bisnis, yang nantinya program ini bisa Sedulur Super terapkan untuk mengelola toko kelontong jadi lebih baik dan sukses.

5.   Dukungan Promosi

Super akan melakukan promosi secara rutin di media massa seperti TV, radio, billboard, dan media sosial. Jadi, secara tidak langsung toko Sedulur Super akan lebih dikenal dan diharapkan bisa meningkatkan penjualan.

Bagaimana Sedulur Super? Berniat untuk membangun toko kelontong di rumah? Jangan lupa untuk membuat perhitungan modal dengan matang agar toko sembako milik Sedulur berjalan lancar! Sedulur bisa download Aplikasi Super melalui Playstore atau klik link di sini.