Intip Cara Jitu Jadi Distributor Minyak Goreng. Untung Terus!

Tertarik menjalankan usaha minyak goreng? Yuk, simak tips dan cara menjadi distributor minyak goreng agar sukses dan untung melimpah!

Minyak goreng merupakan salah satu sembako yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, urusan dapur dan makanan tidak akan bisa berlangsung jika tidak memiliki minyak goreng. Hal tersebut yang membuat bisnis minyak goreng memiliki potensi yang sangat tinggi untuk memberikan keuntungan. Yaitu kebutuhan masyarakat yang tinggi.

Salah satu usaha minyak goreng yang bisa dilakukan adalah menjadi distributor minyak goreng, baik itu distributor minyak goreng kemasan, distributor minyak goreng kemasan murah, atau menjadi agen minyak goreng sekaligus. Namun untuk menjalankan bisnis, tentu saja Sedulur memerlukan tips dan kiat-kiat sukses.

Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas bagaimana langkah dan cara bisnis minyak goreng agar sukses dan laku. Termasuk juga beberapa syarat menjadi distributor minyak goreng dan menjadi supplier minyak goreng, agar bisnis minyak goreng kemasan yang Sedulur jalankan sukses mendapatkan untung melimpah. Yuk, mari langsung saja kita simak tips dan cara jitunya di bawah ini.

Baca Juga: Tips Sukses Usaha Singkong Keju Rumahan 2020

Tips dan Cara Jitu Menjadi Distributor Minyak Goreng yang Sukses!

1. Memiliki Badan Usaha dan Izin Dagang

1.       Memiliki Badan Usaha dan Izin Dagang

Salah satu tips penting agar dapat menjadi distributor minyak goreng yang sukses adalah memiliki badan usaha dan izin dagang, hal ini bertujuan untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti munculnya anggapan bahwa kita menimbun minyak atau juga berusaha menyelundupkan agar harga minyak menjadi tinggi.

Memiliki badan usaha dan izin dagang secara resmi juga bisa menjadikan usaha kita menjadi legal dan tercatat. Selain itu, dengan izin usaha dan memiliki badan usaha, Sedulur pun akan dengan mudah melakukan kerjasama, baik dengan toko kelontong atau dengan produsen dari minyak goreng itu sendiri.

2. Pilih Produsen Minyak Goreng yang Terpercaya

2.       Pilih Produsen Minyak Goreng yang Terpercaya

Tips jitu menjadi distributor minyak goreng selanjutnya agar sukses dan mendapatkan keuntungan besar adalah memilih produsen minyak goreng yang terpercaya. Terdapat beberapa daftar produsen atau perusahaan minyak goreng yang terpercaya yang bisa Sedulur hubungi untuk menjalin kerjasama, beberapa daftar perusahaan minyak goreng tersebut adalah:

  1. PT. Multimas Nabati Asahan
  2. PT. Sinar Alam Permai
  3. PT. Wilmar Nabati Indonesia
  4. PT. Multi Nabati
  5. PT. Agrindo Indah Persada
  6. PT. Musim Mas
  7. PT. Inti Benua Perkasa Tama
  8. PT. Mega Surya Mas
  9. PT. Agro Makmur Raya
  10. PT. Mikie Oleo Nabati Industri
  11. PT. Indokarya Internusa
  12. PT. Permata Hijau Sawit
  13. PT. Nagamas Palm Oil Lestari
  14. PT. Nubika Jaya
  15. PT. Smart tbk (Sinarmas)
  16. PT. Salim Ivomas Pratama
  17. PT. Bina Karya Prima
  18. PT. Tunas Baru Lampung
  19. PT. Berlian Eka Sakti Tangguh
  20. PT. Pasifik Palm Oil Industry
  21. PT. Asian Agro Agung Jaya

3. Lakukan Pembukuan dan Pencatatan Stok yang Benar

2. Kerjasama Dengan Distributor Atau Supplier Sembako

Menjalankan usaha atau berdagang akan sangat bergantung pada pencatatan stok dan pembukuan yang benar. Termasuk juga ketika menjadi distributor minyak goreng, Sedulur harus melakukan pencatatan yang benar terkait barang masuk dan keluar. Sedulur juga harus melakukan pembukuan terkait uang yang masuk dan uang yang keluar.

Di zaman serba digital saat ini, sudah banyak aplikasi dan juga software yang bisa membantu Sedulur untuk melakukan pencatatan tersebut. Namun, jika Sedulur lebih nyaman melakukan pencatatan dan pembukuan secara manual, sekaligus agar dapat mengontrol segala sesuatunya, lakukan apa yang menjadi keyakinan Sedulur. Karena tekad dan keyakinan merupakan bagian penting dalam menjalankan usaha.

Baca Juga: 10 Tips Memulai Usaha Frozen Food Untuk Pemula

4. Pilih Lokasi yang Strategis

4.       Pilih Lokasi yang Strategis

Agar usaha minyak goreng Sedulur semakin ramai dan banyak toko kelontong dan warung yang belanja minyak goreng di toko Sedulur, Sedulur wajib memiliki lokasi yang strategis. Lokasi seperti berada di jalan raya, yang memiliki akses jalan yang luas dan lancar, atau juga berada di lingkungan bisnis dan industri, seperti pasar dan tempat-tempat lainnya yang menguntungkan secara ekonomi.

5. Perhatikan Kebersihan Lingkungan

5.       Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Salah satu tips agar usaha minyak goreng Sedulur sukses dan mendapatkan simpati dan dukungan dari para pelanggan adalah Sedulur wajib memperhatikan kebersihan lingkungan. Menjalankan usaha minyak goreng akan banyak minyak goreng yang terbuang dalam beberapa proses yang Sedulur jalankan.

Perhatikan untuk membuat sisa minyak goreng yang menjadi limbah. Sedulur jangan membuangnya ke sembarang tempat, selain akan mencemari lingkungan, hal tersebut juga akan memperburuk hubungan Sedulur dengan warga sekitar. Sedulur harus sadar akan lingkungan yang sehat dan bersih, agar Sedulur bisa mendapatkan simpati warga dan juga dapat bekerjasama dengan warga.

6. Cari Reseller yang Tepat

6.       Cari Reseller yang Tepat

Reseller atau penjual lanjutan seperti warung dan toko sembako merupakan pihak yang harus Sedulur cari dan menjalin kerjasama. Hal ini bertujuan agar usaha distributor minyak goreng yang Sedulur jalankan bisa memiliki dsitribusi dagang yang baik. Sedulur bisa langsung mendatangi warung dan toko satu per satu untuk membahas kerjasama, atau menghubungi via telepon atau online.

Namun jika Sedulur ingin cara yang lebih mudah dalam mendistribusikan minyak goreng, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super dan bergabung menjadi Mitra Super Center. Karena Aplikasi Super memiliki beberapa program yang dapat menguntungkan setiap pengusaha UMKM, termasuk usaha minyak goreng.

Sedulur bisa klik disini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut lagi, termasuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya.