Dijamin Berhasil! Ini 11 Cara Mudah Memulai Usaha Kuliner

Agar bisnis kuliner berjalan lancar dan sukses, simak cara memulai usaha kuliner ini dengan seksama!

Salah satu jenis bisnis yang bisa mengantarkan keuntungan adalah menjalankan usaha kuliner. Terdapat beberapa jenis kuliner yang mungkin bisa menjadi usaha yang cocok untuk pemula atau bagi Sedulur yang baru dalam menekuni dunia bisnis.

Memulai usaha kuliner memang tidak mudah, dalam memulai semua jenis usaha dan jenis bisnis memang butuh perjuangan dan butuh beberapa pengetahuan dan tips agar lebih mudah menjalankannya. Termasuk juga dalam menjalankan usaha kuliner, butuh tips usaha kuliner untuk pemula sebagai panduan.

Terdapat beberapa langkah awal memulai usaha kuliner yang perlu Sedulur ketahui, hal tersebut akan disampaikan dalam artikel kali ini. Superapp.id akan menyanmpaikan beberapa tips dan cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil atau tips membuka usaha kuliner lainnya yang perlu Sedulur ketahui.

Bisnis kuliner termasuk dalam kategori usaha mudah untuk pemula yang baru terjun di dunia bisnis, karena kuliner berkaitan dengan kebutuhan makan manusia, hal itu yang membuat kuliner menjadi usaha yang cocok bagi pemula atau juga usaha kecil untuk pemula. Tentu saja, Sedulur harus mengetahui beberapa informasi penting, salah satunya informasi berkaitan dengan peluang usaha untuk pemula.

Yuk, mari, langsung saja simak cara memulai usaha kuliner yang mudah dan bisa membuat usaha kuliner Sedulur maju dan berkembang pesat dalam penjelasan di bawah.

Baca Juga: Tips Sukses Usaha Singkong Keju Rumahan 2020

Daftar Langkah dan Cara Memulai Usaha Kuliner Agar Maju dan Berkembang!

1. Tentukan Bisnis Kuliner yang Dijalani

1.   Tentukan Bisnis Kuliner yang Dijalani
Sumber: blog.roomme.com

Cara memulai usaha kuliner yang pertama adalah menentukan kuliner apa yang akan digeluti sebagai bisnis yang akan dijalankan. Usaha kuliner merupakan sebuah bisnis yang memiliki cakupan yang luas. Sebab di Indonesia terdapat beberapa bisnis kuliner yang sukses dengan menjajakan aneka jenis kuliner dari berbagai daerah, atau bahkan kuliner internasional.

Untuk itu, sebaiknya Sedulur menentukan terlebih dahulu kuliner apa yang akan dijual. Apakah Sedulur akan menjual kuliner daerah, nasional atau internasional. Atau apakah Sedeulu akan menjual makanan berat, atau hanya menjual camilan. Setiap hal tersebut memiliki keunikan dan konsekuensinya masing-masing.

2. Menghitung Modal yang Dibutuhkan

2.   Menghitung Modal yang Dibutuhkan
Sumber: economy.okezone.com

Langka dan cara memulai usaha kuliner selanjutnya adalah menyiapkan modal yang dibutuhkan. Layaknya bisnis lainnya, dalam memulai bisnis kuliner pun memerlukan modal. Seberapa besar bisnis yang ingin Sedulur rintis akan menentukan jumlah modal yang harus Sedulur persiapkan.

Apabila Sedulur ingin terjun langsung dalam industri restoran, tentu saja membutuhkan modal yang beda dengan sebuah warung makan yang sederhana. Setiap modal yang dibutuhkan berbeda-beda dengan tergantung bisnis kuliner yang digeluti.

Baca Juga: 12 Cara dan Tips Usaha Toko Sembako Agar Untung Gede dengan Modal Kecil7. rep

3. Pertimbangkan Lokasi Bisnis yang Dijalani

3. Menarik Pelanggan atau Pembeli
Sumber: superapp.id

Bagi bisnis kuliner, lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan. Hal ini disebabkan, jika Sedulur Memilih lokasi yang terlalu terpencil, semakin sedikit orang yang tahu usaha kuliner Sedulur. Kecuali jika memang konsep bisnis Sedulur memang menawarkan keintiman dan eksklusifitas.

Namun Sedulur juga perlu ingat, jika memang Sedulur ingin menjalankan usaha kuliner yang terpencil, intim dan eksklusif, maka kegiatan pemasaran harus gencar dilakukan. Jangan samakan dengan bisnis kuliner legendaris yang meskipun berada di tempat terpencil namun tetap diburu oleh konsumen.

Namun, persoalan lokasi saat ini bisa diatasi dengan beberapa teknologi digital. Cara memulai usaha kuliner yang juga penting adalah memanfaatkan media sosial dan berjualan secara online,

4. Menentukan Supplier yang Cocok untuk Bisnis Kuliner Sedulur

4.   Menentukan Supplier yang Cocok untuk Bisnis Kuliner Sedulur
Sumber: superapp.id

Menjalankan usaha kuliner berarti membutuhkan supplier atau pemasok bahan baku. Menentukan supplier yang cocok merupakan salah satu cara memulai usaha kuliner agar berjalan lancar dan sukses. Bagi Sedulur yang masih pemula, mungkin bisa melakukan sendiri dengan berbelanja ke pasar.

Tapi jika bisnis Sedulur sudah besar dan berkembang, maka Sedulur bisa membeli langsung ke supplier atau produsen dan menjalin kerjasama secara profesional dan resmi menggunakan dokumen kerjasama. Jangan lupa juga, bahwa kerjasama dengan supplier yang tepat akan sangat membantu dan menunjang usaha Sedulur.

5. Memiliki Cita Rasa Kuliner yang Istimewa

5.   Memiliki Cita Rasa Kuliner yang Istimewa
Sumber: hot.liputan6.com

Berkaitan dengan cara memulai usaha kuliner dalam hal teknis, yaitu berkaitan dengan cita rasa dari kuliner yang dijual. Hal ini juga sekaligus akan menjadi pembeda dan membuat para pelanggan Sedulur berkesan. Karena menjalankan usaha kuliner sangat berkaitan erat dengan rasa dan kualitas makananan.

Jika memang ingin mendirikan bisnis kuliner yang menguntungkan, maka Sedulur perlu perhatikan betul kualitas rasa. Sedulur bisa melakukan uji coba terlebih dahulu ke orang-orang terdekat, untuk mengetahui menu apa yang cocok dengan lidah dan selera masyarakat. Hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam cara memulai usaha kuliner.

6. Menentukan Target Pasar Usaha Kuliner

6.   Menentukan Target Pasar Usaha Kuliner
Sumber: bisnisukm.com

Target pasar akan sangat mempengaruhi perkembangan usaha kuliner apa yang akan Sedulur jalani. Jikan Sedulur mengincar kalangan ekonomi menengah ke atas, tentu saja kuliner yang disajikan lebih dari sekedar kuliner rumahan. Ini akan berkaitan pula dengan belanja modal yang akan Sedulur keluarkan nantinya.

Target pasar akan mempengaruhi berbagai aspek lainnya dalam menjalankan usaha kuliner. Oleh karena itu, hal ini sangat penting dalam cara memulai usaha kuliner.

7. Rekrut Tenaga Tambahan

Sumber: republika.co.id

Dalam menjalankan usaha kuliner, biasanya membutuhkan dua atau tiga orang untuk beberapa pekerjaan masing-masing. Terlebih usaha kuliner berkaitan dengan makanan, ada yang menyiapkan makanan, minuman dan sajian lainnya. Belum lagi yang mengatur keuangan dan menerima pesanan pembeli.

Hal ini terlihat sepele, namun jika usaha kuliner dari Sedulur semakin berkembang dan maju, tenaga tambahan harus selalu dipikirkan. Karena berkaitan dengan distribusi makanan dalam usaha kuliner yang dijalankan.

8. Berikan Promo Menarik di Awal Usaha

8.   Berikan Promo Menarik di Awal Usaha
Sumber: superapp.id

Wajar belaka dalam sebuah usaha kuliner kadang usaha sangat ramai, kadang juga sangat sepi. Ketika memasuki masa-masa sepi pengunjung, dalam momen tersebut Sedulur bisa menjalankan promo menarik untuk menjaring pembeli-pembeli baru. Cara memulai usaha kuliner ini sangat ampuh untuk menarik pelanggan, karena setiap pelanggan sudah pasti sangat menyukai promo dan harga diskon.

9. Gunakan Media Sosial Secara Maksimal

9.   Gunakan Media Sosial Secara Maksimal
Sumber: superapp.id

Di era digital saat ini, media sosial merupakan jantung utama segala aktivitas manusia. Termasuk dalam menjalankan bisnis. Dengan menggunakan media sosial secara aktif dan profesional, dapat juga meningkatkan daya beli usaha kuliner itu sendiri. Media sosial adalah langkah efektif dalam cara memulai usaha kuliner atau usaha apapun itu.

10. Miliki Ciri Khas Unik yang Berbeda

4. Bihun Goreng
Sumber: masakapahariini

Menjalankan bisnis kuliner membutuhkan keunikan dan ciri khas dari jenis kuliner yang ditawarkan. Karena hal ini yang akan membedakan usaha kuliner Sedulur dengan usaha-usaha kuliner lainnya yang telah ada. Hal tersebut tentu saja membutuhkan eksperimen dan beberapa percobaan lainnya. Hal ini bukan menjadi masalah, karena jika telah memiliki ciri khas dan keunikan, kesuksesan usaha kuliner tidak akan lama akan menghampiri bisnis Sedulur.

11. Belanja di Aplikasi Super untuk Keperluan Bisnis Kuliner

11.   Belanja di Aplikasi Super untuk Keperluan Bisnis Kuliner
Sumber: sumperapp.id

Langkah terakhir dalam cara memulai usaha kuliner adalah dengan memilih supplier atau tempat belanja bahan baku yang murah dengan kualitas terbaik. Hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan belanja di Aplikasi Super.

Selain itu basis Aplikasi Super juga melalui media sosial dan digital, bagi Sedulur yang membutuhkan sembako untuk bisnis kulinernya bisa mulai mencoba Aplikasi Super untuk kulak barang dengan mudah dan mendapatkan harga murah.

Dalam menjalankan usaha kuliner, satu hal yang perlu Sedulur ingat, bahwa selama masyarakat masih butuh untuk makan, selama itu juga bisnis kuliner akan tetap bertahan. Selalu ingat juga untuk gunakan Aplikasi Super dalam setiap kebutuhan Sedulur. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum download. Pelajari juga cara daftar Aplikasi Super saat mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, bagi Sedulur yang tertarik dan ingin mengembangkan bisnis kuliner.