8 Peluang Bisnis yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

Bisnis warung kopi hingga toko kelontong bisa Sedulur jadikan cuan, lho!

Berbicara tentang peluang bisnis, setiap tahun pasti ada banyak bisnis baru yang bermunculan. Tentu saja, setiap orang memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis. Namun beberapa dari mereka menghindari memulai bisnis dan memilih untuk berada di zona nyaman karena takut bisnis yang dijalani akan mengalami kegagalan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa 8 persen bisnis cenderung mengalami kegagalan di 2 tahun pertama. Padahal bisnis adalah salah satu cara yang mudah untuk menambah pemasukan. Sedulur tertarik membuka bisnis namun masih bingung peluang bisnis apa saja yang menguntungkan dan mudah? Nah, agar Sedulur tidak bingung mencari peluang bisnis apa yang bagus, berikut ini beberapa ide peluang bisnis beserta strategi pemasaran yang bisa Sedulur coba.

1. Bisnis Warung Kopi

photo by freepik

Dengan modal usaha yang tidak begitu besar, warung kopi sederhana adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dengan syarat Sedulur bisa melihat dan mempelajari strategi yang dibutuhkan.Jika Sedulur amati, hampir di setiap daerah mulai perkampungan hingga kawasan perkotaan Sedulur akan menjumpai banyak warung kopi dengan berbagai nama brand yang unik bahkan terlihat estetik. Namun sebelum Sedulur memulai bisnis warung kopi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisnis warung kopi Sedulur bisa berjalan sesuai rencana dan tentunya akan membawa keuntungan.

Tentukan Target Pasar

Masyarakat  Umum

Warung kopi yang paling tepat untuk target konsumen ini adalah seperti di lokasi pasar, pinggiran pasar atau daerah sekitar terminal atau stasiun. Cukup dengan model warung tenda atau semi permanen sudah dapat dijadikan lahan bisnis. Karena mereka yang singgah kebanyakan hanyalah bersifat mampir ngopi dan tidak bisa ditarget sebagai pelanggan tetap.

Pemuda

Ini yang akan jauh berbeda dengan target pertama. Saat ini acara ngopi sudah bukan untuk bapak-bapak atau orang tua, kenyataannya banyak pemuda yang juga sudah gemar ngopi sambil nongkrong berlama-lama. Untuk warung kopi dengan target kalangan ini maka harus dibuat fasilitas lebih menarik meskipun konsepnya tetap warung kopi sederhana, karena mereka cenderung menyukai hal yang berbau kreatif. Misalnya berupa WiFi, musik dan desain tempat yang fancy untuk memberikan kesan santai bagi pengunjung. Bahkan ketika warung kopi Sedulur memiliki fasilitas dan desain yang unik serta instagram-able, mereka akan mempromosikan warung kopi Sedulur melalui social media dengan sukarela.

Masyarakat Sekitar

Jika akan membuka warung kopi sebagai bisnis rumahan dengan target konsumen hanya sebatas warga sekitar rumah atau kampung tetangga maka Sedulur cukup menggunakan fasilitas di rumah seperti memanfaatkan teras rumah atau membuat kedai kecil kecilan di sekitar rumah.

Biasanya warung kopi model rumahan ini hanya ramai pada jam jam tertentu setelah masyarakat sudah lepas dari jam sibuk. Mereka akan memanfaatkan waktu ngopi sambil mengobrol bersama tetangga. Nah maka dari itu, Sedulur perlu memberikan fasilitas tambahan agar pelaanggan Sedulur betah berkunjung ke warung kopi Sedulur, seperti fasilitas hiburan. Untuk fasilitas hiburan cukup disediakan TV dan memutar chanel berita akan lebih digemari oleh bapak bapak yang sedang bersantai sambil ngopi.

2. Bisnis Fashion

photo by freepik

Peluang bisnis di bidang fashion memang cukup menguntungkan dan mudah dilakukan karena produk ini akan selalu dibutuhkan dan sangat mudah diserap oleh masyarakat secara luas sehingga tidak terlalu sulit untuk mencari pasar.

Pakaian beserta aksesoris tidak menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk dipenuhi oleh sebagian besar orang. Selain menambah rasa percaya diri juga terlihat lebih rapi dan menarik untuk dipandang.

Fashion sangat menarik untuk diikuti dan digunakan sebagai ajang eksplorasi dalam memadupadankan apa yang akan digunakan, bentuk, motif serta warna. Sehingga atas dasar inilah yang membuat industri di bidang fashion selalu berkembang dan tidak pernah berhenti sampai kapanpun. Ini  bisa menjadi sebuah peluang besar bagi Sedulur yang akan memulai untuk membuka bisnis yang mudah untuk dijalankan.

3. Bisnis Produk Kosmetik dan Skincare

photo by freepik

Kosmetik dan skincare kini sudah menjadi kebutuhan utama bagi perempuan. Selain untuk mempercantik penampilan, skincare juga digunakan untuk menjaga dan melindungi kulit mereka dari sinar UV. Menjalankan bisnis ini banyak meraup keuntungan karena kedua produk ini tidak mengenal musiman, serta banyak dicari oleh kaum perempuan. Kini semakin banyak produk kosmetik dan skincare yang beredar di pasaran dan setiap saat mereka mengembangkan produknya agar brandnya semakin dikenal. Jika Sedulur ingin mencari peluang bisnis yang tidak pernah sepi pembeli, tidak ada salahnya Sedulur mencoba bisnis ini.

4. Bisnis Custom Case

photo by freepik

Bisnis custom case ini juga tidak kalah menarik karena beberapa pengguna gadget membeli aksesoris untuk melindungi dan mempercantik tampilan gadget miliknya. Custom case kini menjadi tren terutama di kalangan remaja yang gemar dengan gadget dan yang ingin perangkatnya terlihat berbeda dari yang lain. Dengan kelebihannya yang bisa dibuat dengan gambar, foto ataupun tulisan sesuai dengan permintaan konsumen, membuatnya tidak sekedar hanya menjadi casing atau pelindung hpnya tapi juga untuk mempercantik tampilan sehingga mereka tampil percaya diri.

Melihat tren yang berkembang saat ini, produk ini terbukti memiliki pasarnya tersendiri yang sebagian besar adalah anak muda, dan bisa diserap oleh pasar dengan baik. Bahkan diawal dikenalkannya custom case sekarang ini, telah banyak pelaku usahanya yang sukses membukukan omset yang besar. Ini bisa menjadi salah satu sinyal bahwa bisnis ini potensinya cukup bagus di masa yang akan datang. Menjalankan bisnis ini juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal, karena Sedulur bisa menjual dengan menjadi reseller maupun dropshipper.

5. Bisnis Desain Logo dan Ilustrasi

photo by freepik

Desain logo dan ilustrasi merupakan hal yang paling penting dalam suatu bisnis, karena dengan adanya logo, maka setiap orang akan lebih mudah mengenal brand atau produk karena hal itu merepresentasikan suatu bisnis. Jika Sedulur memiliki bakat dalam pembuatan logo dan ilustrasi, Sedulur bisa mencoba peluang bisnis ini. Modal yang dikeluarkan juga tidak banyak, bahkan Sedulur tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun karena yang Sedulur butuhkan hanya software atau aplikasi yang mendukung bisnis Sedulur seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw, dan lainnya.

6. Bisnis Jasa Pembuatan Website

photo by freepik

Pada masa kini, beberapa pekerjaan membutuhkan teknologi internet. Salah satu bidang dimana internet semakin banyak digunakan dan memberikan peran adalah bidang perekonomian atau bisnis. Ada semakin banyak pengusaha yang memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan mulai dari promosi atau pemasaran hingga kebutuhan pencitraan produk, merek ataupun perusahaan. Hal ini pula yang menjadikan jasa pembuatan website semakin populer dan banyak diminati. Website digunakan oleh pebisnis untuk memperkenalkan produk atau brand bisnisnya. Semakin Sedulur memiliki portfolio yang bagus, maka pebisnis lain akan berbondong-bondong menggunakan jasa Sedulur.

7. Bisnis Cuci Sepatu

photo by freepik

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis cuci sepatu mulai populer dikalangan remaja. Namun pengusaha yang memulai bisnis ini masih tergolong sedikit, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi Sedulur untuk memulai bisnis ini dan meraup keuntungan. Kenapa bisnis ini bisa membuat Sedulur untung? Jawabannya adalah peminat sepatu bermerek mahal yang semakin bertambah.

Dengan harga sepatu yang mahal, mereka tentu berhati-hati dalam merawatnya. Agar meminimalisir resiko kerusakan, pemilik sepatu biasanya lebih memilih jasa laundry sepatu yang profesional. Memulai bisnis inipun juga tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan modal 3-5 juta, Sedulur sudah bisa memulai membuka peluang bisnis ini.  

8. Bisnis Toko Kelontong

photo by aplikasi super

Mengingat kebutuhan masyarakat akan sembako semakin banyak dan tidak ada habisnya. Bahkan setiap tahun kebutuhan sembako semakin meningkat. Peningkatan ini berkaitan dengan jumlah pertumbuhan penduduk di Indonesia.  Hal itulah yang membuat bisnis toko kelontong semakin banyak peminatnya, terlebih oleh kalangan ibu-ibu.

Mengapa prospek bisnis ini terbilang menguntungkan dan mudah dilakukan? Karena Sedulur harus mengingat, karena kebutuhan pokok sembako akan selalu dibutuhkan, setiap hari dan kapan pun. Untuk membuka bisnis toko kelontong ini, tentunya Sedulur harus memilih supplier atau distributor yang memiliki pelayanan yang baik. Pastikan Sedulur kulak barang sembako dengan harga murah dan mudah dijangkau. Apalagi di situasi seperti sekarang, tidak memungkinkan Sedulur untuk keluar rumah hanya untuk kulak barang sembako, bukan?

Nah, kini saatnya Sedulur memilih supplier yang murah dan mudah. Yaitu dengan bergabung bersama Super Agen atau Mitra Super Center. Caranya pun cukup mudah, Sedulur bisa download Aplikasi Super melalui Playstore, dan rasakan manfaat kulak barang kebutuhan pokok dengan mudah dan harga murah.

Nah itulah beberapa ide peluang bisnis yang bisa Sedulur coba. Jangan lupa niatkan hati terlebih dulu sebelum memulai sesuatu, apalagi sebuah bisnis. Bisnis akan berjalan dengan lancar apabila diawali dengan niat dan usaha yang maksimal. Selamat dan semangat berbisnis, Sedulur!