hotel di bromo malang

Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata. Kota ini mempunyai banyak tempat wisata yang menarik. Terutama wisata pegunungan maupun perbukitan. Misalnya saja Kawah Ijen, Gunung Raung, Kawah Wurung, Air Terjun Tancak Kembar, dan lain sebagainya.

Mengunjungi tempat wisata Bondowoso akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Karena selain merasakan keasrian dan sejuknya udara, Sedulur juga bisa berfoto di sana. Di tengah perjalanan atau setelah berlibur, singgahlah sejenak untuk beristirahat di Bondowoso agar badan kembali fit dan siap melanjutkan perjalanan.

Beberapa hotel tersebut diketahui terletak di tengah perkotaan di mana Sedulur bisa menginap dekat dengan berbagai tempat wisata. Bagi wisatawan yang mencari akomodasi hemat, Sedulur bisa mencoba berlibur ke Kabupaten Bondowoso dan menikmati berbagai hotel Bondowoso yang menyenangkan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cafe di Bondowoso yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi Hotel di Bondowoso yang Nyaman

Wisatawan luar kota yang berkunjung ke Bondowoso pasti membutuhkan akomodasi seperti hotel untuk bersantai setelah perjalanan. Saat ini, hotel tidak hanya untuk bermalam, tapi juga menawarkan banyak fasilitas yang memanjakan para tamu.

Dikenal dengan keindahan alam dan warisan budayanya yang luar biasa dan menawan, pasti akan membuat pengunjung dan wisatawan terpesona. Selain itu, kota ini juga menawarkan beberapa pilihan penginapan di Bondowoso yang menjadi unggulan.

Jangan khawatir jika Sedulur ingin menghabiskan waktu berlibur di Bondowoso. Karena di sini banyak hotel yang cocok untuk bermalam.  Berikut ini beberapa rekomendasi hotel di Bondowoso.

1. Ijen Bondowoso Homestay 

hotel di bondowoso penginapan dekat stasiun pasar turi
Unsplash/Kam Idris

Ijen Bondowoso Homestay bisa menjadi pilihan pertama untuk mencari penginapan murah dengan suasana yang nyaman. Pasalnya, Sedulur akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Beberapa di antaranya seperti parkir gratis, wi-fi, teh gratis, penyewaan sepeda, transportasi bandara, dan banyak lagi.

Homestay ini juga bisa melayani check-in/check-out cepat. Dalam kamar juga sudah ada AC, lemari besi, ruang duduk, lemari pakaian, dan shower berdiri. Lokasinya Jalan Diponegoro no. 19 Gg. 01 Kotakulon, Bondowoso dengan harga per kamar/malam Rp120 ribuan.

2. Ijen View Hotel & Resort 

Ijen View Hotel & Resort terletak di lokasi yang strategis. Sesuai dengan namanya, akomodasi ini memadukan konsep hotel, resort, dan restoran dalam satu tempat. Kalau Sedulur berwisata di kawasan Ijen, bisa banget menginap di sini.

Hotel bintang 3 ini memiliki kamar yang beragam, mulai dari kamar Ekonomi, Deluxe dan Premium hingga kamar tipe Dormitory. Kamar-kamar ini memiliki AC, kamar mandi, Wi-Fi, TV, dan dapur. Di luar kamar terdapat tempat parkir yang luas, kolam renang dan sarapan gratis.

Jika masih belum kenyang bisa mengunjungi restorannya. Ada berbagai kuliner khas Indonesia beserta Chinese food-nya lho! Bagi yang ingin melihat spot pemandangan indah, tamu hotel ini bisa menikmati indahnya pemandangan dataran tinggi Ijen dari balkon.

Lokasi Ijen View Hotel & Resort berada di Jalan Kis Mangunsarkoro No. 888, Tegalelo, Tamansari, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Lalu jam operasional 24 jam dan harga mulai dari Rp255 ribu per malam.

3. Grand Padis Hotel 

Grand Padis Hotel Bondowoso terletak di Jalan Ahmad Yani No. 28, Potos, Badean, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Salah satu hotel termewah di Bondowoso ini memiliki bangunan 6 lantai. Tarif semalam mulai dari Rp495 ribu. Menginap di Hotel Grand Padis, pengunjung dapat merasakan suasana perkotaan Kabupaten Bondowoso di dalam kamarnya. 

Karena lokasi hotel ini berada di pusat kota dan Alun-alun. Terdapat juga kolam renang untuk anak-anak dan dewasa di lantai 6. Lantai satu juga terdapat tempat bersantai untuk menikmati kopi dan berbagai makanan.

Fasilitasnya cukup mewah dan sempurna. Terdapat ballroom, restoran, dan kolam renang. Hotel ini juga menawarkan layanan penjemputan dan pengantaran bagi pelanggannya.

4. Baratha Hotel & Coffee

Baratha Hotel & Coffee ibarat membaca buku, jadi tidak hanya sampulnya saja yang dilihat tapi juga isinya. Karena hotel ini terletak di Jalan Saliwiryo Pranowo Gg. Taman No.11, Pattian, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso yang berada di kawasan sedikit pemukiman dan diakses melalui jalan kecil.

Namun meski begitu, sesampainya di sana, banyak ulasan yang puas dengan pengalaman menginap mereka. Suasananya damai dan menghadap ke persawahan yang tidak dimiliki oleh banyak hotel lain. Hanya dengan Rp250 ribu, pengunjung dapat dengan mudah menggunakan layanan ngobrol di kafe tersebut. 

Karena hotel ini melarang pelanggannya untuk merokok sembarangan atau di mana pun. Ruang family room juga tersedia untuk keluarga. Ada dapur dengan kulkas. Tidak ada lift di hotel ini, jadi Sedulur harus menaiki tangga selama berolahraga.

5. Bondowoso Ijen Bamboo 

Bondowoso Ijen Bamboo menyediakan Wi-Fi gratis di seluruh areanya. Tempatnya berlantai ubin. Sedulur dapat bersantai di lounge bersama dengan keluarga atau pasangan. Homestay ini lokasinya strategis. Dekat dengan Pasar Hewan Bondowoso yang berjarak 2,1 km dari Penginapan, sedangkan Museum Kereta Api Bondowoso berjarak 1,2 km. 

Properti ini terletak dekat dengan Air Terjun Kali Pahit, 2 km dari pusat kota. Sedulur juga bisa mengunjungi Monumen Gerbong Maut yang hanya berjarak beberapa menit berjalan kaki. Setiap kamar juga sudah tersedia AC, area tempat duduk, dan lemari di kamar. 

Akomodasi ini memiliki dapur kecil dengan peralatan membuat kopi/teh, peralatan dapur dan kompor serta kamar mandi dengan shower. Terdapat juga kompor tanam, peralatan dapur, dan lemari makan yang tersedia di dapur.

Lokasinya di Jalan Kolonel Sugiono No.26, Mandaluki, Kademangan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Harga per kamar/malam mulai Rp135 ribuan.

BACA JUGA: 7 Tempat Makan Populer di Bondowoso, Enak dan Selalu Ramai

6. Grand Hotel Bondowoso

hotel murah di juanda sidoarjo
Unsplash/Andrea Davis

Grand Hotel Bondowoso memiliki suasana yang nyaman. Tinggal di sini seperti di rumah sendiri. Tempatnya bagus dan suasananya tidak terlalu bising. Menariknya, hotel ini juga memiliki tarif terjangkau yang cocok untuk menginap jangka pendek. 

Kamar-kamar di Grand Hotel Bondowoso dilengkapi dengan meja, TV, Wi-Fi, dan kamar mandi pribadi. Selain itu, hotel ini juga menawarkan layanan lounge bersama dan dry cleaning untuk kenyamanan para tamu.

Lokasinya di Jalan KH. Agus Salim, Lumbung, Blindungan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso dengan harga mulai Rp230 ribu per malam.

7. RedDoorz Syariah Bondowoso City Center 

RedDoorz Syariah Bondowoso City Center menjadi rekomendasi hotel dengan budget murah yang bisa Sedulur coba. Meski harganya murah, namun fasilitas hotel ini sempurna lho! Hotel ini memiliki kamar double dengan satu tempat tidur king size atau dua tempat tidur twin yang nyaman dan luas. 

Setiap kamar memiliki kamar mandi, koneksi Wi-Fi, TV, AC, dan meja. Terdapat juga ruang tamu di lobi. Pengunjung dapat menggunakannya untuk menerima tamu. Lokasinya berada di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 3, Blindungan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Harga mulai dari Rp160 per malam.

8. Salsabila Sweet Home and Capsule

Properti ini, Salsabila Sweet Home and Capsule menawarkan kamar standar untuk keluarga dan kamar kapsul. Kamar kapsul, tempat tidur untuk satu orang saja. Jadi mungkin serasa tidur di kost, tapi pelayanannya serasa di hotel. Sedulur hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp144 ribu untuk menginap di sana.

Salsabila Sweet Home And Capsule beralamat di Jalan Khairil Anwar, Badean, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Tempat ini hanya cocok untuk singgah sejenak untuk mengurangi kepenatan dan tidak akan membuat kantong Sedulur tipis. Cocok bagi yang solo traveling.

9. Hotel Palm Bondowoso

Hotel Palm Bondowoso juga masuk dalam daftar hotel di lokasi strategis. Hotel ini terletak di Jalan Ahmad Yani No. 32, Lumbung, Badean, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Hotel berarsitektur kolonial Belanda ini telah direnovasi dengan gaya modern. 

Meski demikian, suasana klasik elegan tetap menjadi ciri khas utamanya. Hotel Palm Bondowoso seperti hotel lainnya juga memiliki kolam renang, mini market, restoran, dan gazebo untuk relaksasi. Sedulur bisa beristirahat di gedung unik ini dengan biaya Rp371 per malam. 

Jika ingin jalan-jalan di luar, tempatnya juga dekat dengan Museum Kereta Api Bondowoso yang berjarak sekitar 2 kilometer. Jadi, Sedulur gak akan bosan ketika menginap di sini karena lokasinya yang strategis.

10. Dreamland Hotel and Lounge

Hotel ini menawarkan pemandangan yang indah dan memiliki kamar standar dan superior. Semua tipe kamar memiliki pemandangan pegunungan yang begitu menawan. Gak heran jika banyak tamu yang betah di sini. Jika ingin menginap di hotel ini, Sedulur bisa memesan melalui aplikasi atau datang langsung ke Jalan Kis Mangunsarkoro No. 999 Bondowoso, Jawa Timur.

Hotel ini menawarkan akomodasi yang nyaman mulai dari Rp460 ribuan. Dengan harga tersebut, sudah dilengkapi dengan fasilitas modern dan terletak dekat beberapa tempat wisata. Dreamland Hotel and Lounge merupakan destinasi hotel yang mewah dengan sentuhan desain kontemporer. 

Hotel ini menawarkan suasana tenang dan nyaman bagi para tamu yang menginginkan pengalaman menginap istimewa. Terletak di kawasan yang tenang, hotel ini menawarkan kedamaian dan privasi bagi tamu yang ingin bersantai.

Layanan kamar dilengkapi dengan fasilitas modern seperti TV layar datar, minibar, dan kamar mandi pribadi dengan perlengkapan mandi mewah. Jadi, hotel ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Sedulur ketika ingin mencari tempat menginap di Bondowoso.

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Hotel di Surabaya Terbaik untuk Staycation

11. Hotel Anugerah

hotel di bromo malang
Unsplash/MK S

Berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo No. 12 Bondowoso, Jawa Timur, hotel ini menawarkan tarif yang cukup terjangkau mulai dari Rp100 ribuan saja. Meski harganya terjangkau, namun review para tamu cukup baik, mulai dari pelayanan staf hotel hingga fasilitas yang tersedia.

Hotel Anugerah Bondowoso merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan yang menginginkan kenyamanan dan fasilitas modern. Hotel ini menawarkan berbagai kamar yang luas dan nyaman. Lokasinya terletak di pusat kota dan menawarkan akses mudah ke berbagai tempat wisata.

Kamar-kamarnya memiliki AC, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi dengan perlengkapan mandi gratis. Hotel Anugerah Bondowoso menawarkan kenyamanan superior, fasilitas modern, dan lokasi yang strategis.

12. Riverside Homestay

Riverside Homestay adalah pilihan tepat bagi Sedulur yang ingin tetap dekat dengan alam. Penginapan tepi sungai ini menawarkan kedamaian dan keindahan alam. Lokasinya terletak di sebelah sungai dan menawarkan suasana alam yang begitu asri.

Layanan kamar cukup sederhana, namun nyaman dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur, kipas angin, dan kamar mandi bersama. Kelebihan Riverside Homestay menawarkan kedamaian, kedekatan dengan alam, dan suasana hangat. 

Harga per kamar ini mulai dari Rp450 ribua. Homestay ini menawarkan akomodasi unik di tepi sungai yang sempurna untuk bersantai dan menikmati alam sekitar. Pasti akan membuat Sedulur lebih fresh.

13. Catimore Homestay Blawan

Berlokasi di Plalangan II, Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Catimore Homestay Blawan bisa menjadi pilihan Sedulur selanjutnya. Pasalnya, akomodasi ini dekat dengan beberapa tempat wisata. Beberapa di antaranya seperti Air Terjun Little Niagara, Goa Kapur Belawan hingga Kebun Strawberry Kalisat. Rata-rata jaraknya tidak sampai 3 km dari hotel.

Selain itu, menginap di sini Sedulur juga akan menikmati berbagai fasilitas yang memanjakan. Di antaranya seperti restoran, kolam renang, parkir, WiFi, dan masih banyak lagi. Hotel Catimor bisa menjadi rekomendasi untuk Sedulur yang seorang backpacker yang mengutamakan kenyamanan istirahat.

Hotel Catimor bisa menjadi pilihan tepat bagi Sedulur yang ingin menginap dengan harga. Untuk harga per malam atau kamar mulai dari Rp100 ribuan.

14. SPOT ON 92665 Yoko Kost

Guest House ini menjadi pilihan menginap dengan harga terjangkau di Bondowoso. Dengan harga mulai Rp166 ribuan, kamar-kamarnya sudah memberikan kenyamanan. Lokasinya berada di Rsud Bondo, Jalan Kapten Jalan Piere Tendean No.31, Lumbung, Dabasah, Bondowoso.

Resepsionisnya buka 24 jam dan siap melayani Sedulur kapan saja. Lokasinya strategis dekat dengan Alun-alun Bondowoso dan Terminal Bondowoso. Rata-rata jaraknya tidak lebih dari 2 km. Penginapan ini bisa menjadi pilihan untuk mencari akomodasi murah di Bondowoso.

15. Hotel Arabica 

Berlokasi di Kebun Kalisat Jampit Sempol, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, Hotel Arabica bisa menjadi tempat istirahat yang tepat. Pasalnya, suasana di sini masih sangat astri dengan latar belakang pegunungan. Jadi, membuat Sedulur dekat dengan alam.

Fasilitasnya juga cukup baik, mulai dari kolam renang, restoran hingga wifi. Lokasinya strategis karena dekat dengan tempat wisata seperti Bukit Jabal Kirmit, Kawah Wurung, Kawah Ilalang, dan Air Terjun Busa. Untuk harga per kamar mulai dari Rp395 ribu per malam.

Itulah tadi beberapa rekomendasi hotel di Situbondo dari harga yang murah hingga mewah. Jadi, Sedulur memiliki banyak pilihan untuk mencari tempat istirahat sempurna. Semoga informasi ini membantu ya.

Oia, agar suasana menginap di hotel tidak membosankan, Sedulur bisa mencoba cemilan krezi terbaik seperti YumiKrez untuk dijadikan bekal perjalanan. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman bepergian yang asik, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.