Sudah tahu cara budidaya kacang panjang? Jika belum, Sedulur wajib simak penjelasannya di bawah ini. Mudah dan super praktis!

Selain bisa Sedulur lakukan sebagai hobi, mengetahui cara menanam kacang panjang penting karena bisa juga dijadikan ide bisnis. Tanaman kacang panjang memiliki daya jual yang tinggi, karena kebutuhan masyarakat terhadap kacang panjang sangat tinggi.

Banyak olahan makanan yang dibuat dari kacang panjang, selain itu juga kandungan dari kacang panjang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk melakukan cara budidaya kacang panjang, Sedulur memerlukan pupuk untuk kacang panjang dan wajib mengetahui cara pemupukan kacang panjang.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan cara budidaya kacang panjang beserta informasi penting lainnya, seperti berapa lama umur kacang panjang untuk siap panen, bagaimana cara merawat kacang panjang, berapa ukuran kebun kacang panjang, seperti apa bibit kacang panjang yang baik, dan informasi lainnya.

-->

Yuk, mending kita langsung saja simak langkah dan cara budidaya kacang panjang yang bisa Sedulur lakukan, bisa untuk hobi sekaligus ide bisnis!

Baca Juga: 15 Ide Usaha Pertanian Rumahan Modal Kecil & Cepat Untung

Langkah dan Cara Budidaya Kacang Panjang yang Super Mudah dan Praktis

1. Persiapkan Lahan

1. Persiapkan Lahan
yentit.com

Langkah pertama dalam cara budidaya kacang panjang adalah mempersiapkan lahan sebagai kebun untuk menanam bibit kacang panjang. Sedulur bisa menyesuaikan ukuran lahan dengan jumlah tanaman kacang panjang yang akan ditanam. Semakin banyak yang ingin ditanam, semakin banyak lahan yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk melakukan penggemburan tanah agar kacang panjang tumbuh dengan sempurna.

2. Beri Pupuk

2. Beri Pupuk Secara Teratur
tabloidbintang.com

Setelah Sedulur memiliki lahan Sedulur harus memberikan pupuk secara teratur sebagai cara budidaya kacang panjang yang baik.  Sedulur disarankan untuk menggunakan pupuk kandang yang dicampur dengan pupuk phonska, kalsium bubuk dan juga insektisida. Campuran pupuk tersebut dapat mencegah serangan larva uret dan hama lainnya. Sekaligus memastikan tanaman tidak kekurangan nutrisi.

3. Tanam Bibit

3. Tanam Bibit
inibaru.id

Langkah selanjutnya dalam cara budidaya kacang panjang adalah menanam bibit. Sedulur disarankan membeli bibit kacang panjang hibrida unggulan di toko pertanian, agar mendapatkan hasil tanaman terbaik. Sebelum ditanam, direndam terlebih dahulu benih dalam air 1 liter yang sudah dicampur dengan ZPT auksin sebanyak 10 teteh, agar pertumbuhan tanaman lebih optimal.

4. Pasang Ajir

4. Pasang Ajir
kampustani.com

Ajir merupakan area rambatan kacang panjang, yang dapat memudahkan kacang panjang tumbuh. Sehingga kacang panjang akan dapat menggantung pada ajir dan juga mempermudah dalam perawatan dan masa panen kelak. Sedulur bisa memasang ajir ketika bibit sudah mulai tumbuh, dan hindari terjadinya luka pada akar tanaman, karena akan mempengaruhi kualitas tanaman.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Pemula

5. Basmi Hama dan Penyakit Tanaman

5. Basmi Hama dan Penyakit Tanaman
infokomputer.grid.id

Walaupun dilakukan pencegahan seperti apapun, hama dan penyakit tanaman akan selalu ada. Oleh karena itu, Sedulur perlu untuk melakukan perawatan. Hama seperti ulat, lalat, dan kutu kebul akan menjadi musuh utama tanaman kacang panjang. Sedulur bisa melakukan perawatan dengan memberikan insektida berbahan aktif metomil dan deltametrin. Agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, dan hama juga penyakit tanaman bisa hilang dari kacang panjang.

6. Lakukan Panen Kacang Panjang

6. Lakukan Panen Kacang Panjang
pertanianku.com

Langkah terakhir dalam cara budidaya kacang panjang adalah memanen hasil tanaman. Panen bisa dilakukan setelah 50 atau 60 hari masa penanaman. Pilih kacang panjang yang belum terlalu tua untuk dipanen. Agar kualitas kacang panjang juga baik dan bisa bertahan lama sebelum diolah.

Sekian informasi dan pembahasan mengenai cara budidaya kacang panjang yang bisa Sedulur lakukan. Semoga informasi di atas bisa menjadi panduan bagi Sedulur yang ingin mencoba menanam kacang panjang. Jangan lupa beli bibit dan bahan pupuk dengan kualitas terbaik.

Namun jika cara budidaya kacang panjang terlalu lama untuk menunggu hasil panen, Sedulur bisa membeli kacang panjang jika ingin segera membuat olahan makanan dari kacang panjang.

Sedulur bisa beli kacang panjang sebagai persediaan di Aplikasi Super. Sedulur bisa langsung klik di sini, untuk melihat kelengkapan bahan makanan yang dimiliki oleh Aplikasi Super dalam SuperEats. Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super, bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk mendownloadnya.