Siapa bilang pempek dos harus selalu menggunakan ikan? Yuk, simak resep pempek dos tanpa ikan di bawah ini. Mudah dan super praktis!

Makanan khas Palembang satu ini memang memiliki rasa yang enak dan tekstur yang unik. Melihat bentuk dan teksturnya, banyak orang yang berpikir bahwa membuat pempek adalah hal yang sulit. Namun resep pempek palembang tidak sesulit itu. Terusama cara membuat pempek tanpa ikan.

Resep pempek tanpa ikan beserta dengan cara membuat pempek tanpa ikan sangat mudah dan super praktis. Selain itu, pempek tanpa ikan juga sangat cocok dijadikan camilan nikmat. Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas cara membuat empek empek dos tanpa ikan. Sedulur tinggal menyimak dan menyiapkan bahan pempek dos tanpa ikan. Yuk, mari kita langsung saja simak penjelasannya.

Baca Juga: 10 Resep Pempek Palembang Paling Enak. Bisa Jadi Bisnis!

-->

Resep Pempek Dos Tanpa Ikan yang Super Mudah dan Praktis!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
detik.com

Dalam resep pempek dos tanpa ikan, bahan yang Sedulur butuhkan sangat sederhana, yaitu:

  • Garam secukupnya
  • 50 gram terigu
  • 375 ml air
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • 180 gram tepung sagu

2. Ayak Terigu dan Sagu

2. Ayak Terigu dan Sagu
id.qoura

Langkah selanjutnya yang harus Sedulur lakukan adalah mengayak terlebih dahulu tepung terigu dan tepung sagu. Hal ini bertujuan agar pempek dos yang dihasilkan sangat lembut. Mengingat resep pempek dos kali ini tidak menggunakan ikan, makan tepung terigu dan tepung sagu yang digunakan harus selembut mungkin. Setelah selesai diayak, Sedulur bisa menyisihkannya terlebih dahulu.

3. Haluskan Bawang Putih

3. Haluskan Bawang Putih
hipwee.com

Setelah tepung terigu dan tepung sagu diayak, selanjutnya Sedulur harus menghaluskan bawang putih. Sedulur disarankan menggunakan cobek untuk menghaluskan bawang putih. Agar bawang putih yang dihasilkan halus dan lembut. Jika menggunakan blender, dengan jumlah bawang putih 5 siung tidak akan lembut sempurna. Maka menggunakan cobek merupakan cara yang paling tepat.

4. Membuat Adonan Pempek Dos

4. Membuat Adonan Pempek Dos
suluh.co

Langkah selanjutnya dalam resep pempek dos tanpa ikan adalah dengan membuat adonan pempek. Pertama Sedulur harus memasak tepung terigu, bawang putih halus dan air hingga menjadi seperti bubur. Lalu, aduk hingga rata dan tambahkan tepung sagu. Selanjutnya Sedulur tinggal membentuk memanjang atau bentuk lain sesuai selera Sedulur. Rebus pempek hingga mengapung angkat dan tiriskan.

Baca Juga: Ide Resep Pempek Ikan Enak, Sederhana & Mudah Dibuat

5. Goreng Pempek

5. Goreng Pempek
youtube.com

Langkah terakhir dalam resep pempek dos tanpa ikan adalah menggorengnya. Sedulur tinggal menggoreng pempek sesuai selera Sedulur. Jika Sedulur menyukai kering, Sedulur bisa menggorengnya hingga kering. Jika Sedulur menyukai agak basah, Sedulur bisa menggoreng setengah matang. Jangan lupa juga menyediakan cuko sebagai saus pempek yang nikmat.

Sekian penjelasan dan resep pempek dos di atas. Menyimak penjelasan di atas, cara membuat pempek dalam resep pempek dos tanpa ikan tidak begitu sulit dilakukan. Sedulur tinggal membutuhkan bahan-bahan yang juga sangat sederhana. Agar lebih memudahkan dan menguntungkan Sedulur. Sedulur bisa membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Jangan lupa untuk memantau terus Aplikasi Super karena banyak bonus yang menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan setiap bahan yang berkualitas dengan harga murah. Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan menguntungkan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa terus pantengin Aplikasi Super untuk mendapatkan kesempatan yang menguntungkan tersebut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi.