Rambut Sedulur kusam dan tidak sehat? Yuk, simak manfaat minyak kemiri untuk rambut di bawah ini!

Minyak kemiri memang terkenal dengan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk bagian tubuh yang paling penting bagi setiap orang, yaitu rambut. Selain dapat menjaga rambut tetap sehat, manfaat lain minyak kemiri untuk rambut rontok. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan minyak kemiri.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut, termasuk cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut rontok, cara menumbuhkan rambut dengan kemiri, cara merawat rambut dengan kemiri. Bukan hanya lidah buaya yang memiliki manfaat untuk rambut, minyak kemiri juga demikian. Yuk, kita langsung saja simak manfaat minyak kemiri untuk rambut di bawah ini.

Baca Juga: 9 Manfaat Kunyit Putih yang Wajib Kamu Tahu!

-->

Daftar Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut Sehat dan Kinclong!

1. Menumbuhkan Rambut

1. Menumbuhkan Rambut
halodoc.com

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama adalah dapat menumbuhkan rambut bagi Sedulur yang mengalami kerontokan. Bagi Sedulur yang mengalami masalah kerontokan, atau masalah pertumbuhan rambut yang lama, atau memiliki rambut yang tipis dan ingin menebalkannya, Sedulur bisa menggunakan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini telah terbukti khasiatnya, karena minyak kemiri dapat merangsang kulit kepala untuk menumbuhkan rambut secara efektif. Selain itu, akar rambut juga akan semakin kuat karena minyak kemiri mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh akar rambut.

2. Melebatkan Batang Rambut

2. Melebatkan Batang Rambut
nakita.grid.id

Bagi Sedulur yang kurang pede dengan rambut yang tipis, Sedulur bisa rajin mengoleskan minyak pada rambut Sedulur. Hal tersebut karena manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya yaitu dapat melebatkan batang rambut. Karena, masalah utama yang membut rambut terlihat tipis adalah batang rambut yang patah.

Setelah pertumbuhan rambut dirangsang oleh manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama. Penggunaan minyak kemiri secara teratur juga dapat mencegah rambut rontok yang menyebabkan rambut terlihat tipis. Selain itu, yang paling penting adalah batang rambut akan terlihat lebih lebat dan rambut Sedulur pun akan tebal.

3. Mencegah Rambut Kering

3. Mencegah Rambut Kering
detik.com

Karena manfaat minyak kemiri untuk rambut disebabkan oleh berbagai kandungannya, sudah pasti persoalan rambut kering pun bisa diatasi dengan mudah. Kandungan minyak kemiri yang kaya akan asam amino dan asam lemak esensial dapat menembus hingga ke lapisan kulit kepala.

Hal tersebut yang dapat membuat rambut Sedulur tetap sehat karena dapat mempertahankan kelembabannya. Salah satu cara untuk mencegah rambut kering adalah dengan mengoleskan minyak kemiri secara teratur, Sedulur juga bisa sambil memijat-mijat kulit kepala agar minyak kemiri menyerap cepat pada kulit kepala Sedulur.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Tetap Sehat, Lembut & Berkilau

4. Membuat Rambut Lebih Berkilau

4. Membuat Rambut Lebih Berkilau
liputan6.com

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya adalah dapat membuat rambut Sedulur lebih berkilau. Selain dapat mencegah rambut kering, manfaat lainnya yaitu dapat membuat rambut Sedulur tetap lembab. Hal tersebut yang membuat rambut Sedulur akan bertahan lebih lama dan tetap berkilau.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari minyak kemiri yang mengandung asam gamma-linolenic yang dapat berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut Sedulur. Selain itu, kandungan tersebut juga berfungsi untuk mengembalikan kelembaban rambut hingga terlihat lebih mengkilap dan tampak sehat.

5. Menguatkan Rambut

5. Menguatkan Rambut
halodoc.com

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya adalah dapat menguatkan rambut atau menguatkan akar rambut. Minyak kemiri bisa Sedulur gunakan sebagai masker rambut yang dapat bermanfaat dan membuat rambut sedulur menjadi lebih kuat. Persoalan rambut rontok biasanya disebabkan oleh akar rambut yang tidak kuat.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari asam linoleic dan linolenic yang terdapat pada minyak kemiri yang mampu melapisi, memberikan nutrisi dan melembabkan rambut. Selain itu, manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu dapat memperbaikai rambut yang bercabang.

6. Mengatasi Ketombe

6. Mengatasi Ketombe
detik.com

Manfaat minyak kemiri untuk rambut kali ini pasti dibutuhkan oleh setiap orang, karena ketombe merupakan masalah bersama. Minyak kemiri sangat ampuh dan sudah digunakan sejak lama sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga dipercaya efektif dalam menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah, untuk mengatasi ketombe menggunakan minyak kemiri.

Sedulur disarankan menggunakan minyak kemiri sebelum keramas. Oleskan minyak kemiri kepada seluruh rambut Sedulur, disarankan hingga mengenai kulit kepala. Selanjutnya, Sedulur bisa mendiamkannya selama 30 menit. Lalu, Sedulur bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

7. Atasi Gejala Psoriasis

7. Atasi Gejala Psoriasis
kumparan.com

Gejala psoriasis adalah masalah rambut yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik pada kulit kepala, gatal, dan rambut rontok. Hal tersebut menunjukan bahwa rambut dan kulit kepala Sedulur sedang mengalami masalah dan sedang dalam keadaan yang tidak sehat.

Gejala tersebut bisa dihilangkan dengan manfaat minyak kemiri untuk rambut. Gejala tersebut umumnya disebabkan oleh peradangan dan kulit kepala yang kotor. Minyak kemiri dapat mengatasi semuanya secara perlahan dan dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan lebih kuat lagi.

8. Aman bagi Kulit Sensitif

8. Aman bagi Kulit Sensitif
liputan6.com

Bagi sebagian Sedulur ada yang merasa tidak cocok dengan setiap produk kecantikan dan kesehatan untuk rambut. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kulit kepala Sedulur yang sensitif, dan membutuhkan beberapa produk yang memiliki kandungan yang benar-benar cocok.

Namun, jika Sedulur kelelahan mencari produk rambut dan malah semakin membuat kondisi rambut dan kulit kepala Sedulur memburuk, Sedulur tinggal menggunakan minyak kemiri saja. Karena minyak kemiri dipastikan sangat aman bagi kulit kepala yang sensitif, dan tentu saja lebih alami.

9. Melembabkan Kulit Kepala

9. Melembabkan Kulit Kepala
suara.com

Minyak kemiri mengandung tanin yang merupakan antioksidan yang dapat membantu kulit kepala tetap lembab. Dengan kulit kepala yang tetap lembab, Sedulur dapat terhindar dari berbagai permasalahan rambut. Seperti rambut kering atau rambut rontok yang membuat rambut menjadi tidak sehat.

Selain itu, minyak kemiri yang mengandung vitamin E juga dapat menjaga rambut dan mencegah kerusakan rambut akibat terkena paparan sinar matahari. Karena vitamin E pada rambut dapat bekerja untuk menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membrane dari kerusakan akibat sinar matahari.

10. Meluruskan Rambut

10. Meluruskan Rambut
jawapos.com

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang terakhir adalah dapat meluruskan rambut. Selain dapat membantu pertumbuhan rambut, minyak kemiri juga dapat membantu meluruskan rambut. Rambut yang lurus disebabkan oleh penggunaan minyak kemiri tentu saja tidak sama dengan hasil rebonding atau catok.

Namun, rambut lurus yang dihasilkan akan lebih tampak alami dan terlihat indah. Gunakan minyak kemiri setelah keramas dengan mengoleskannya pada akar rambut dan kulit kepala, sehingga minyak kemiri bisa tersalurkan dengan sempurna ke setiap ujung rambut.

Sekian penjelasan berkaitan dengan manfaat minyak kemiri untuk rambut. Semoga dapat memberi informasi untuk melakukan perawatan rambut dan kulit kepala. Jangan lupa juga untuk membeli obat dan nutrisi untuk rambut di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan barang dan perawatan kecantikan, termasuk untuk menjaga kesehatan rambut.

Sedulur bisa download Aplikasi Super terlebih dahulu dengan klik di sini. Dan juga, Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.