Yuk simak manfaat daun salam untuk kesehatan, agar tubuh Sedulur tetap bugar!

Bagi Sedulur yang hobi masak, pasti sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Daun salam yang memiliki manfaat untuk membuat olahan makanan menjadi semakin lezat ini, juga memiliki khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan.

Mulai dari manfaat rebusan daun salam, manfaat minum daun salam, manfaat daun salam untuk wanita, hingga manfaat daun salam untuk diabetes. Khasiat dari daun salam tersebut berasal dari kandungan daun salam yang membuat air rebusan daun salam begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Yuk, kita langsung saja simak penjelasan mengenai manfaat daun salam untuk kesehatan beserta dengan pembahasan mengenai cara membuat rebusan daun salam dan manfaatnya dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: 9 Manfaat Kunyit Putih yang Wajib Kamu Tahu!

Daftar Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Menyehatkan Pencernaan

1. Menyehatkan Pencernaan
kompas.com

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menyehatkan sistem pencernaan. Daun salam memiliki dampak yang baik dan sangat kuat untuk sistem pencernaan kita. Kandungan dari daun salam dapat membantu Sedulur untuk melancarkan buang air kecil, serta menurunkan kadar racun dalam pencernaan Sedulur.

Selain itu, daun salam juga dapat secara efektif meredakan sakit perut bagi Sedulur yang sering mengalami sakit perut. Kandungan yang terdapat dalam rebusan air daun salam juga sangat efektif untuk mengatasi iritasi usus besar dan mengurangi gejala penyakit celiac yang merupakan penyakit autoimun akibat konsumsi gluten.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

2. Menjaga Kesehatan Jantung
liputan6.com

Selanjutnya manfaat daun salam untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Bagi Sedulur yang memasuki usia 50 tahun, mulai mengkonsumsi air rebusan daun salam adalah pilihan yang tepat. Karena, air rebusan daun salam mengandung asam caffeic dan senyawa organik yang penting yang mampu meningkatkan kesehatan jantung secara efektif.

Sedulur bisa mengkonsumsi rebusan air daun salam secara rutin, ketika bangun tidur dan akan tidur. Hal tersebut dapat memperkuat dinding kapiler di jantung dan juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada sistem kardiovaskular di tubuh kita.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Tetap Sehat, Lembut & Berkilau

3. Menangkal Penyakit Kanker

3. Menangkal Penyakit Kanker
alodokter.com

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu dapat menangkal penyakit kanker. Hal tersebut disebabkan oleh kombinasi antioksidan dan senyawa organik yang terdapat dalam daun salam. Termasuk di dalamnya yaitu fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide.

Kandungan dan senyawa tersebut telah terbukti secara ilmiah mampu untuk menahan perkembangbiakan sel kanker serviks dan membantu tubuh terlindung dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat membuat sel sehat bermutasi menjadi sel kanker, dan daun salam secara efektif ampuh mencegah hal tersebut terjadi.

4. Bersifat Antiinflamasi

4. Bersifat Antiinflamasi
dictio.id

Salah satu manfaat daun salam untuk kesehatan yang paling penting adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Daun salam memiliki kandungan fitonutrien unik yang bernama parthenolide yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi yang terjadi, baik di dalam tubuh maupun di luar tubuh.

Senyawa atau kandungan tersebut akan bekerja saat dioleskan ke area yang mengalami peradangan, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena artritis. Efek ini juga bisa didapatkan melalui konsumsi daun salam dalam bumbu masakan, atau Sedulur dapat merebus daun salam dan meminumnya secara rutin. Manfaat daun salam untuk kesehatan satu ini sangat penting bagi tubuh.

5. Mengatasi Kecemasan dan Stress

5. Mengatasi Kecemasan dan Stress
halodoc.com

Salah satu manfaat daun salam untuk kesehatan yang unik lainnya adalah dapat membantu menurunkan tingkat hormon stress yang diproduksi tubuh. Terutama jika daun salam digunakan sebagai aromaterapi. Menggunakan daun salam sebagai aromaterapi sangat cocok, terutama bagi Sedulur yang bekerja di kota metropolitan dengan beban kerja yang berat.

Hal ini juga akan sangat baik bagi aroma dalam rumah, dan akan mempengaruhi mood Sedulur ketika berada di dalam rumah seharian. Tentu saja, hal tersebut akan secara efektif mempengaruhi dalam mengurangi kecemasan dan stress.

6. Menjaga Fungsi Saraf

6. Menjaga Fungsi Saraf
halodoc.com

Air rebusan daun salam mengandung vitamin C, asam folat, vitamin A, antioksidan alami, serat, dan vitamin B. Vitamin B seperti niasin, piridoksin, asam pantotenat dan riboflavin dapat menjaga kesehatan dan fungsi saraf Sedulur bekerja secara normal. Sedulur bisa mengkonsumsi 4 hingga 5 daun salam secara teratur, hal tersebut dapat membantu fungsi sistem saran, sintesis enzim dan mengatur metabolisme tubuh agar tetap seimbang.

7. Mengobati Diabetes

7. Mengobati Diabetes
diabetes.co.uk

Manfaat daun salam untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu untuk mengobati diabetes. Daun salam bermanfaat untuk secara efektif menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2, dan juga menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh tersebut, Sedulur  bisa mengeringkan daunnya dan menjadikannya bubuk, kemudian mengkonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam air sebanyak 200 ml. Selain itu  Antioksidan dalam daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien.

8. Menghilangkan Rasa Sakit

8. Menghilangkan Rasa Sakit
tempo.co

Selanjutnya, manfaat daun salam untuk kesehatan adalah dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut disebabkan oleh minyak atsiri daun salam bernama Eugenol dan Methyl chavicol yang mampu membunuh bakteri dan jamur. Juga sangat baik untuk mengobati peradangan dan nyeri umum seperti keseleo, artritis dan rematik.

Memijat tubuh dan kulit kepala dengan minyak daun salam juga diketahui dapat membantu meredakan migrain dan sakit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rasa nyaman. Dan tentu saja dapat menghilangkan rasa sakit secara ampuh dan cepat.

9. Menjaga Kebersihan Gigi

9. Menjaga Kebersihan Gigi
detik.com

Bagi Sedulur yang memiliki masalah dengan kesehatan gigi, mengkonsumsi daun salam secara teratur merupakan hal yang tepat. Karena manfaat daun salam untuk kesehatan satu ini dapat menjaga kebersihan gigi yang dapat mengurangi resiko gigi terkena gangguan.

Sedulur bisa memanfaatkan bubuk daun salam selama tiga kali sehari dan mengkonsumsinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menjaga kesehatan gigi.

10. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

10. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
klikdokter.com

Manfaat daun salam untuk kesehatan terakhir adalah dapat membuat tidur Sedulur menjadi lebih nyenyak. Hali disebabkan oleh kandungan daun salam yang dapat memberikan efek penenang yang dapat membantu Sedulur untuk dapat tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Bagi Sedulur yang mengalami insomnia, hal ini bisa Secara efektif membantu Sedulur untuk kembali mendapatkan waktu tidur yang normal, dan membuat tidur Sedulur menjadi lebih nyenyak.

Sekian penjelasan mengenai manfaat daun salam untuk kesehatan di atas. Sedulur wajib menyediakan daun salam, baik sebagai bumbu masakan atau juga untuk menjaga tubuh Sedulur agar tetap sehat. Sedulur bisa membeli daun salam sebagai persediaan di Aplikasi Super, agar Sedulur lebih untung super melimpah. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan setiap bahan yang berkualitas dengan harga murah. Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan menguntungkan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa terus pantengin Aplikasi Super untuk mendapatkan kesempatan yang menguntungkan tersebut.

Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk panting Aplikasi Super karena akan banyak bonus dan kejutan menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super yang akan membuat Sedulur semakin untung.