Sedulur belum tahu manfaat gula batu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Mungkin Sedulur jarang mendengar atau bahkan belum tahu bahwa gula batu memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari manfaat gula batu  untuk kesehatan, manfaat gula batu untuk batuk bahkan hingga gula batu untuk diabetes.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan manfaat gula batu yang bisa berkhasiat untuk kesehatan tubuh Sedulur sekalian. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan gula batu yang dapat membuat beberapa bagian dalam tubuh kita menjadi lebih sehat. Yuk, mari, kita langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga: 20+ Manfaat Garam untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Daftar Manfaat Gula Batu yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Menambah Energi

1. Menambah Energi
sipayo.com

Gula mengandung glukosa yang dapat memberikan energi tambahan untuk tubuh. Hal tersebut sekaligus merupakan manfaat pertama dari gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika tubuh Sedulur mulai merasa lemas dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, Sedulur bisa mengkonsumsi gula dengan campuran kopi atau teh.

Selain kaya dengan kandungan glukosa, gula juga kaya akan kandungan karbohidrat yang mampu memberi tambahan tenaga untuk aktifitas sehari-hari. Tubuh akan mendapatkan tambahan energi seketika ketika kita mengkonsumsi gula. Gula yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi glikogen yang kemudian disimpan oleh otot dan berfungsi untuk menambah tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Mengobati Darah Rendah

2.   Mengobati Darah Rendah
gatra.com

Jika melihat gambar gula batu yang berbentuk kotak dan menggumpal keras, Sedulur mungkin berpikir bagaimana gula tersebut bisa larut dalam sebuah minuman atau makanan. Namun, hal tersebut bukan sesuatu yang harus Sedulur persoalkan, karena gula merupakan zat yang mudah larut.

Seperti salah satu manfaat dari gula yang dapat dengan mudah larut dalam darah dan membantu mengatasi permasalahan darah rendah. Gejala darah rendah seperti pusing, mata berkunang-kunang, dan tubuh merasa lemas. Hal tersebut akan berbahaya untuk kesehatan otak dan jantung jika tidak diperhatikan.

Mengkonsumsi gula merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan darah rendah. Karena dengan mengkonsumsi gula batu, glikogen di dalam hati akan ditransfer menuju hipotalamus yang akan mempengaruhi kerja otak dan mengatasi tekanan darah rendah.

3. Dapat Meredakan Nyeri Menstruasi

3.   Dapat Meredakan Nyeri Menstruasi
nakita.co.id

Manfaat gula batu asli selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri menstruasi. Sebagian kaum hawa akan mengalami kesakitan saat menghadapi menstruasi, hal tersebut dikarenakan terjadinya kontraksi otot pada rahim yang disebabkan oleh hormon prostaglandin.

Hal tersebut yang menyebabkan rasa nyeri saat menstruasi. Permasalahan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi gula batu saat mengalami nyeri menstruasi. Kandungan flavonoid pada gula batu bisa efektif untuk meredakan rasa nyeri yang dialami saat menstruasi.

Baca Juga: 9 Manfaat Kunyit Putih yang Wajib Kamu Tahu!

4. Baik untuk Ibu Menyusui

4.   Baik untuk Ibu Menyusui
popmama.com

Manfaat gula selanjutnya akan sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui. Terkadang ada saatnya Ibu Super tidak dapat menghasilkan ASI untuk sang buah hati, hal ini selain membuat Ibu Super nyeri, kondisi mengkhawatirkan pun akan dialami oleh sang buah hati.

Gula diyakini dan dipercaya sangat berguna untuk ibu yang sedang menyusui, karena dapat bekerja sebagai antidepresan yang dapat berdampak positif dalam meningkatkan produksi ASI untuk sang buah hati.

5. Meredakan Stress

5.   Meredakan Stress
heart.org

Kegiatan sehari-hari dan beban pekerjaan seringkali membuat kita mengalami tekanan mental yang berlebih, dan bahkan ada juga yang berpotensi mengalami stress. Jika kondisi tersebut berlangsung secara berlarut-larut, tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan risiko depresi. Cara mudah mengatasi adalah dengan menyeduh minuman dengan menggunakan gula batu.

Gula memiliki manfaat untuk meredakan stress. Hal tersebut dikarenakan kandungan dari gula dapat merangsang hormon yang menghasilkan kebahagiaan bekerja dengan baik dalam tubuh. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam gula juga sangat baik untuk menurunkan ketegangan dalam otak.

6. Menyembuhkan Luka

6.   Menyembuhkan Luka
alodokter.com

Gula juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini sebenarnya telah dilakukan dari sejak peradaban kuno. Salah satu pengobatan tradisional di Mesir yang sudah ada sejak 1700 SM, telah menggunakan gula sebagai bagian dari pengobatan.

Hal ini dikarenakan gula mengandung antimikroba yang ternyata memiliki peran penting untuk menghambat bakteri pada luka serta menurunkan risiko terjadinya pembengkakan yang diakibatkan oleh luka. Cara menggunakannya sangat mudah, Sedulur hanya perlu manaburkan gula di atas luka dan tutup menggunakan perban. Biarkan gula meresap pada luka dan mempercepat proses penyembuhannya.

7. Mencegah Bau Mulut

7.   Mencegah Bau Mulut
alodokter.com

Bagi Sedulur yang memiliki masalah dengan aroma mulut, hal tersebut bisa diatas dengan rajin mengkonsumsi gula. Karena gula dapat menghilangkan bakteri dalam gigi dan gusi yang menjadi penyebab utama bau mulut. Gula juga sekaligus dapat membantu Sedulur menjaga kebersihan mulut secara rutin.

Fungsi gula satu ini sebenarnya mirip seperti permen yang dapat mencegah bau mulut. Namun, jangan terlalu sering mengkonsumsi gula untuk tujuan ini, karena dapat menimbulkan permasalahan gigi dan mulut lainnya.

8. Mengoptimalkan Fungsi Otak

8.   Mengoptimalkan Fungsi Otak
pikiran-rakyat.com

Khasiat gula selanjutnya yaitu sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi otak. Hal ini disebabkan karena zat gula dalam tubuh dapat membuat otak bekerja dengan baik. Saat zat gula tidak mampu mencapai otak maka yang paling parah adalah otak bisa berhenti bekerja bahkan kehilangan kemampuan kerjanya. Itulah mengapa konsumsi gula sangat disarankan setiap harinya, tentu saja dalam porsi yang wajar.

9. Meningkatkan Kondisi Penglihatan

9.   Meningkatkan Kondisi Penglihatan
liputan6.com

Manfaat gula terakhir adalah dapat menjaga kesehatan mata yang juga berpengaruh pada kondisi penglihatan. Gula diklaim bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, maka dari itu orang tua zaman dulu sangat percaya akan hal ini dan menyarankan anak-anaknya untuk rajin mengkonsumsi gula setiap harinya.

Semoga daftar manfaat gula batu di atas bisa menambah wawasan bagi Sedulur Super sekalian. Memang, jika mengkonsumsi gula secara berlebih dapat menimbulkan permasalahan kesehatan. Namun, jika mengkonsumsi gula sesuai aturan dan kebutuhan, gula akan dapat memberikan manfaatnya.

Jangan lupa juga beli gula di Aplikasi Super, bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super bisa klik di sini terlebih dahulu untuk download aplikasinya. Jangan lupa pantengin terus Aplikasi Super, karena akan ada flash sale bernama Super Bohay pada 12.12 dan 12.13 di bulan Desember ini.

Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Super Bohay lebih lanjut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.