Es krim khas Indonesia yang telah ada sejak dari dulu ini, merupakan hasil inovasi warga Indonesia. Karena tidak mampu membeli susu sapi untuk membuat es krim, masyarakat Indonesia akhirnya menggunakan santan kelapa dan terciptalah es puter.

Salah satu es puter legendaris terdapat di kota Surabaya. Dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar es puter Surabaya. Yang menjadi legenda Surabaya salah satunya adalah es puter Pak Min Surabaya.

-->

Banyak kedai es krim yang jual es puter, namun yang menjadi legenda hanya beberapa saja. Keunikan dan ciri khas dari es puter berasal dari cara bikin es puter, resep es puter sederhana, dan ciri khas rasa dari es puter itu sendiri. Karena cara membuat es puter bisa turut mengubah rasa dari es puter itu sendiri.

Baik dalam resep es puter coklat hingga resep es puter durian. Yuk, langsung saja kita simak daftar kedai es puter legendari di Surabaya dalam penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Gampang Banget! Ini Dia Resep Es Krim Lembut dan Murah

1. Kedai Es Ryan

1. Kedai Es Ryan
Line Today

Kedai ini memiliki cara membuat es krim puter yang khas, sehingga menghasilkan rasa yang berkualitas dan menjadikan kedai es krim ini melegenda di Surabaya. Mahasiswa Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya pasti sangat mengenal kedai es ini, karena letaknya yang ada di sekitar kampus UKP. Kedai ini buka dari jam 10.00 -21.00 WIB. Alamat lengkapnya adalah Jalan Siwalankerto VII No. 4, Dukuh Menanggal, Gayunan, Surabaya.

  • Alamat: Jalan Siwalankerto VII No. 4, Dukuh Menanggal, Gayunan, Surabaya
  • Harga: Rp5rb-10rb
  • Jam buka: 10.00 – 21.00 WIB

2. Kedai Es Pak Iwan

2.   Kedai Es Pak Iwan
Hock.id

Kedai es ini beralamat di Jalan Raya Darmo Permai 1, Surabaya. Menikmati es krim dari kedai ini membantu Sedulur menghilangkan dahaga di siang bolong. Namun, bagi Sedulur yang ngidam makan es di malam hari, kedai es ini juga masi beroprasi, karena kedai ini buka hingga jam 2 dini hari, lho!

Kedai es puter ini telah berjualan sejak lama, yaitu dari tahun 1990-an. Kini pun kedai es ini diteruskan oleh generasi penerusnya. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung menu yang dipesan. Dari yang paling murah RP9.000 hingga yang paling mahal Rp18.000.

  • Alamat: Jl. Darmo permai 1, Surabaya (seberang Madame Chang)
  • Harga : Rp. 9.000 – Rp. 18.000
  • Jam buka: Setiap hari dari pukul 19.00 – 23.30 WIB

BACA JUGA: 5 Resep Brownies Kukus Simple & Enak – Bikin Nagih!

3. Kedai Es Pak Min

3.   Kedai Es Pak Min
Julajuli

Kedai es ini yang paling legendaris di Surabaya, beralamat di Jalan Manyar Kertoarjo V, Nomor 35 Surabaya, persis di seberang IBC atau dekat Bakso Bonnet. Sudah beroperasi dan melayani kebutuhan makan es krim masyarakat Surabaya sejak tahun 1992, kedai es Pak Min menjadi pilihan pertama masyarakat Surabaya yang ingin menikmati es krim.

Es Puter Pak Min buka mulai pukul 17.00 WIB sore setiap harinya. Tetapi hanya berselang waktu dua jam saja, jualan pun sudah habis. Jija Sedulur ingin menikmati es puter ini, Sedulur harus tiba sebelum kedai buka. Harga untuk satu porsi dibanderol sebesar Rp15.000.

  • Alamat: Jl. Manyar Kertoarjo V No. 35, Surabaya (depan Trihamas Finance) dan Jl. Genteng Kali No. 31, Surabaya (cabang baru)
  • Jam buka: 17.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Rp15.000

4. Box Telu Mbak Tri

4.   Box Telu Mbak Tri
Happytime Stories

Harga yang murah dan rasa yang enak merupakan keunggulan dari kedai es Mbak Tri. Harga es krim yang murah, mulai dari Rp. 7500 hingga Rp. 10.000 menjadi alasan masyarakat untuk jajan es di kedai ini. Bukan hanya murah, namun juga rasanya nikmat dari berbagai sari buah-buahan yaitu durian, alpukat, coklat, strawberry, nangka dan lainnya.

  • Alamat: Jl. Raya Darmo Harapan, Surabaya (dekat Tepi Kolam)
  • Jam buka: 10.00 – 17.00 WIB
  • Harga: Rp7.500-Rp10.000

5. Rujak Es Krim Pak Pay

Tribunnews

Kedai es krim ini beralamat di Perumahan Pondok Benowo Indah, Surabaya. Rujak es krim mungkin terbilang baru, namun makanan ini langsung melejit karena rasanya yang nikmat dan unik. Kolaborasi dari rasa rujak dan es krim menghasilkan cita rasa yang luar biasa menyegarkan. Sedulur wajib coba.

  • Alamat: Perumahan Pondok Benowo Indah, Surabaya
  • Jam buka: Sekitar siang menuju sore:
  • Harga: Rp5000 – Rp10.000

Nikmatnya es puter, bikin adem!

Es puter dikenal juga dengan nama es dung-dung. Di Indonesia dikenal sebagai es krim untuk pencuci mulut. Sebagaimana bisa Sedulur lihat di atas, bahwa bahan dasarnya adalah santan sebagai pengganti susu. Hal ini juga yang membuat teksturnya lebih kasar dibanding es krim lain.

Penamaan es puter juga berdasarkan proses pembuatannya. Adonan yang diputar-putar di dalam alat pembuat es sehingga akhirnya mengkristal. Pemberian nama es dung-dung juga dari onomatope suara yang keluar dari gong yang dipukul oleh penjual es.

Es puter terbukti ampuh memuat tenggorokan adem dan tubuh kembali menjadi segar. Penyasian es juga sangat sederhana, dengan cone berbentuk kerucut atau juga diapit oleh dua sisi roti tawar, dengan ditambah topping kacang, ketan, coklat hingga potongan buah nangka.

Nah itulah daftar rekomendasi es puter di Surabaya yang bisa Sedulur kunjungi. Ketika dahaga menyerang ditengah terik siang, daftar kedai es puter legendaris di atas bisa jadi solusi dan wajib untuk segera dikunjungi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.