Yuk simak daftar manfaat daun singkong untuk ibu hamil di bawah ini. Agar ibu dan janin selalu sehat!

Banyak anggapan bahwa ibu hamil tidak boleh memakan daun singkong, namun sebaliknya justru daun singkong untuk ibu hamil sangat disarankan karena baik untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan daun singkon mengandung segudang nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

Ketika ibu hamil makan daun singkong, nutrisi dalam kandungan daun singkong akan mampu menyempurnakan kesehatan ibu hamil. Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral, dan asam amino esensial. Nutrisi tersebut bagus untuk kesehatan tulang dan membantu meningkatkan daya ingat.

Singkong untuk ibu hamil juga baik untuk memperlancar metabolisme tubuh. Klorofil dalam daun singkong juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas dan kanker. Hal tersebut yang menyebabkan makan daun singkong saat hamil akan memberikan dampak baik.

-->

Baik itu daun singkong rebus ata olahan lainnya, daun singkong untuk ibu hamil sangat disarankan karena manfaat dan khasiatnya. Berikut ini manfaat daun singkong untuk ibu hamil lainnya yang perlu diketahui para Ibu Super yang sedang hamil. Yuk, simak ulasan dari Superapp.id di bawah ini.

Baca Juga: 20+ Manfaat Singkong Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Daftar Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Super yang Sedang Hamil

1. Dapat Meningkatkan Sistem Imun dan Kekebalan Tubuh

1.   Dapat Meningkatkan Sistem Imun dan Kekebalan Tubuh
kompas.com

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang pertama adalah dalam meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil yang rentan terkena penyakit. Vitamin dalam singkong juga membantu tubuh untuk dapat menyerap zat besi lebih baik sehingga dapat mencegah risiko anemia.

Tidak hanya dapat mencegah risiko anemia, daun singkong akan mencegah jabang bayi terkena penyakit. Ketika Ibu hamil sehat, makan janin dan jabang bayi pun akan ikut sehat.

2. Mengobati Diare

2.   Mengobati Diare
nakita.id

Air rebusan daun singkong juga dapat bermanfaat untuk mengobati diare. Hal ini dikarenakan manfaat daun singkong untuk ibu hamil dapat mengobati hingga mencegah diara. Gunakan 7 lembar daun singkong, dan rebus selama dua menit. Saring air rebusan, dan minum setidaknya dua kali sehari saat Ibu Super sedang mengalami diare. Hal ini juga baik untuk meningkatkan sistem imun bagi Ibu Super sekalian.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

3.   Meningkatkan Nafsu Makan
parenting.orami.co.id

Ibu Super yang sedang hamil harus memiliki nafsu makan yang baik. Hal ini akan bermanfaat untuk kesehatan jabang bayi, bukan hanya kesehatan Ibu Super saja. Olahan daun singkong yang ditumis dapat berperan menjadi jamu alami untuk meningkatkan nafsu makan.

Biasakan untuk mengkonsumsi daun singkon rebus sebelum makan, atau menumis daun singkong agar nafsu makan Ibu semakin meningkat dan dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan Ibu dan Janin.

Baca Juga: 20+ Manfaat Kentang Untuk Kesehatan & Kecantikan

4. Menambah Energi

4.   Menambah Energi
alodokter.com

Ibu hamil harus memiliki energi tubuh dua kali lipat, hal tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daun singkong. Karena manfaat daun singkong untuk ibu hamil salah satunya dapat menambah energi.

Jumlah kalori yang terdapat pada setiap umbi-umbian akan dapat memberikan energi bagi tubuh. Terutama energi untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Kandungan daun singkong yang tinggi kalori tersebut bisa membuat stamina tubuh tetap bertahan, walaupun banyak pekerjaan yang telah dilakukan. Hal tersebut juga dimiliki oleh kandungan dari singkong itu sendiri.

5. Menguatkan Tulang

5.   Menguatkan Tulang
health.detik.com

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat menguatkan tulang. Hal ini semakin memperkuat keyakinan bahwa para ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi daun singkong dan singkong sebagai pengganti nasi. Karena ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan seiring perkembangan

Terlebih, mengkonsumsi nasi secara berlebihan juga akan dapat memberikan dampak yang buruk. Hal tersebut bisa Sedulur selangi dengan mengkonsumsi singkong agar seimbang. Kandungan magnesium, kalsium, fosfor dan kalium yang terdapat dalam singkong dapat membuat tulang Ibu Super lebih sehat setiap harinya.

6. Meredakan Demam

6.   Meredakan Demam
parenting.orami.co.id

Air sisa rebusan daun singkong dapat secara ampuh untuk meredakan demam. Hal ini sudah dilakukan sejak dari zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Ibu Super bisa merebus singkong untuk dikonsumsi dan menyisihkan airnya sebagai bahan kompres untuk meredakan demam. Selain itu, daun rebusannya juga bisa Ibu Super gunakan untuk bahan kompres.

Atau Ibu Super juga bisa merebus daun singkong, dan menggunakan air rebusannya sebagai bahan kompres. Baik daging atau daun, keduanya sama-sama memiliki kandungan yang dapat secara efektif meredakan demam pada tubuh.

7. Menyembuhkan Luka

7.   Menyembuhkan Luka
suara.com

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat menyembuhkan luka, Daun singkong merupakan salah satu penyembuh luka alami. Jika Ibu Super mengalami luka dan tidak memiliki alat P3K, Ibu bisa menggunakan daun singkong yang ada di sekitar Sedulur dan dijadikan perban sementara untuk menyembuhkan luka.

Sedulur tinggal ambil daun singkong, hancurkan dan remas-remas hingga mengeluarkan getah dan cairan, tempelkan daun singkong tersebut di atas luka yang Ibu alami. Daun singkong tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

8.   Melancarkan Sistem Pencernaan
bidanku.com

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil lainnya yaitu dapat melancarkan sisitem pencernaan. Jika Ibu Super termasuk yang tidak toleran terhadap laktosa, mengkonsumsi singkong dapat dilakukan sebagai alternatif. Karena singkong dapat mencegah kondisi pencernaan menjadi buruk, bahkan singkong juga dapat menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan dari singkong dapat menumbuhkan mikrobiota baik dalam usus yang akan menjaga usus selalu sehat. Usus yang sehat merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bagi Sedulur yang ingin menyembuhkan gangguan pencernaan bisa mulai mengkonsumsi singkong.

Untuk menjaga kesehatan tubuh Ibu selama hamil dan juga kesehatan jabang bayi, mengkonsumsi daun singkong secara rutin merupakan pilihan yang tepat.

Semoga penjelasan terkait manfaat daun singkong untuk ibu hamil bisa menambah pengetahuan bagi Ibu Super yang tengah hamil. Jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Super untuk setiap keperluan Ibu Super dalam menghadapi kehamil dan menjelang waktu kelahiran.

Jangan lupa juga untuk pantengin terus Aplikasi Super, karena sebentar lagi Aplikasi Super akan meluncurkan Super Bohay. Super Bohay merupakan flash sale akhir tahun dari Aplikasi Super yang diadakan pada tanggal 12-13 Desember. Banyak sembako yang dijual dengan harga super murah, seperti minyak goreng, mie instan, tepung serbaguna, sarden dan banyak lagi.

Klik di sini bagi yang tertarik untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan jangan lupa untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super agar hari-hari Sedulur lebih mudah dijalani. Jangan lupa juga untuk ikuti flash sale Super Bohay 12.12 dan 12.13. Super Borong Habis, Shay!