Ingin menikmati rendang dengan sensasi berbeda? Yuk, simak resep rendang jengkol di bawah ini!

Walaupun terkenal dengan daging sapi yang nikmat, rendang memiliki varian lain. Bisa dimasak menggunakan daging ayam, atau juga jengkol. Bagi para pecinta jengkol, resep rendang jengkol pedas ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati bumbu nikmat khas rendang.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara buat rendang jengkol serta resep masakan rendang jengkol. Salah satu varian resep jengkol ini memang yang paling banyak dimasak, karena cita rasa bumbu rendang jengkol pedas bisa menutupi aroma tidak sedap dari jengkol itu sendiri.

Cara masak rendang jengkol hampir sama dengan memasak rendang, hanya waktu yang dibutuhkan tidak selama memasak rendang daging sapi. Memasak jengkol rendang sangat mudah dan bahan yang dibutuhkannya pun sederhana. Yuk, mari kita langsung saja simak cara membuat rendang jengkol santan atau rendang jengkol padang dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Resep Sup Ikan Salmon Super Nikmat & Praktis. Wajib Coba!

Cara Membuat dan Resep Rendang Jengkol yang Mudah Dibuat dan Bisa Bikin Nagih!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan
idntimes.com

Resep rendang jengkol membutuhkan bahan:

  • 250 gram jengkol
  • 300 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 1 ruas lengkuas
  • secukupnya gula, garam
  • jika suka penyedap
  • 1 sdt lada bubuk

Sedulur juga harus menyiapkan bahan untuk bumbu halus yaitu:

  • 3 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar

2. Rebus Jengkol dan Bersihkan

2.   Rebus Jengkol dan Bersihkan
sajian-sedap.grid.id

Langkah pertama dalam resep rendang jengkol adalah merebus jengkol terlebih dahulu hingga matang. Sedulur juga bisa menambahkan 1 sendok makan kopi agar aroma jengkol yang dikeluarkan saat merebusnya tidak begitu bau. Setelah jengkol empuk, kupas kulitnya lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya Sedulur tinggal memarkan jengkol hingga pipih.

3. Tumis Bumbu Halus

3.   Tumis Bumbu Halus
bukalapak.com

Langkah selanjutnya dalam resep rendang jengkol adalah menumis bumbu halus. Sedulur tumis bumbu halus yang telah disiapkan, lalu tambahkan batang serai, daun jeruk dan lengkuas. Tumis hingga matang dan mengeluarkan aroma wangi.

4. Masukkan Jengkol

4.   Masukkan Jengkol
masak-anti-ribet-netlify.app

Selanjutnya Sedulur tinggal memasukkan jengkol pada tumisan dan aduk rata jengkol hingga bumbu tumis meresap pada jengkol. Perhatikan penggunaan api saat menumis bumbu dan jengkol. Sedulur harus menggunakan api yang sangat kecil, agar bumbu dan jengkol yang sedang ditumis tidak gosong.

Baca Juga: Resep Sup Ikan Salmon Super Nikmat & Praktis. Wajib Coba!

5. Masukkan Santan

5.   Masukkan Santan
cookpad.com

Selanjutnya dalam resep rendang jengkol, Sedulur tinggal masukkan santan dan selalu aduk secara perlahan agar santan tidak pecah. Lalu masukkan gula, garam, lada dan penyedap rasa, sambil Sedulur koreksi rasa sesuai selera Sedulur. Selanjutnya, Sedulur tinggal memasak terus dan mengaduk hingga bumbu kuah menyusut dan agak mengental. Resep rendang jengkol pun telah selesai dilakukan

6. Rendang Jengkol Siap Disajikan

6.   Rendang Jengkol Siap Disajikan
thegorbalsla.com

Resep rendang jengkol telah selesai dilakukan dan Sedulur bisa menikmati rendang jengkol dengan sepiring nasi panas. Sedulur juga bisa menambahkan kerupuk atau juga lauk lain dalam menikmati rendang jengkol. Rasanya yang pedas dan bumbunya yang nikmat dijamin bisa membuat Sedulur ketagihan.

Sedulur juga jangan lupa untuk membeli bahan untuk membuat rendang jengkol di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan barang kebutuhan dapur dan memasak dengan lengkap dan murah. Kualitas barang dan bahan dari Aplikasi Super juga tidak usah diragukan lagi. Bisa membuat Sedulur untung super melimpah.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super. Selain itu, terdapat beberapa program menarik bagi setiap pelaku usaha dan bisnis UMKM yang bisa dinikmati. Program tersebut bisa membuat usaha yang dijalankan semakin maju dan berkembang.

Aplikasi Super juga menyediakan program pelatihan bisnis untuk setiap Sedulur yang bergabung dengan komunitas Aplikasi Super yang bernama Mitra Super Center. Banyak keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk setiap pelanggan dan pengguna setia Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur yang tertarik untuk mempelajari Aplikasi Super. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya. Gunakan Aplikasi Super agar kehidupan sehari-hari Sedulur semakin mudah dan menguntungkan.