Yuk, simak resep bakso goreng ayam, mudah dan praktis, lho. Bisa juga jadi ide bisnis!

Cara membuat bakso goreng ayam tidak begitu sulit, hal tersebut juga sangat menguntungkan Sedulur jika berminat menjadikan bakso goreng ayam sebagai salah satu ide bisnis. Mengingat bakso goreng merupakan jajanan yang sangat diminati dan juga cukup mengenyangkan.

Bakso goreng ayam juga tidak membutuhkan bahan pembuatan yang sulit, Sedulur juga bisa menambahkan dengan daging lain seperti udang. Resep bakso goreng ayam udang juga merupakan pilihan lain resep camilan bakso goreng lainnya.

Superapp.id akan menjelaskan cara membuat bakso goreng dalam artikel kali ini, berikut dengan bahan yang dibutuhkan dan langkah apa saja yang harus dilakukan. Yuk, mari kita langsung saja simak bagaimana cara membuat bakso goreng renyah dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Resep Tahu Bakso Crispy Ini Wajib Kamu Coba di Rumah!

Daftar Cara Membuat dan Resep Bakso Goreng Ayam

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
Sumber: bogasari.com

Dalam resep bakso ayam, Sedulur membutuhkan bahan-bahan berikut ini:

  • 400 gr fillet dada ayam
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 4 siung bawang merah (iris)
  • 3 sdm tepung tapioka atau sagu
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang (iris)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya

2. Siapkan Bumbu-bumbu

2.   Siapkan Bumbu-bumbu
Sumber: cnnindonesia.com

Setelah bahan membuat bakso ayam resep di atas, Sedulur harus menyiapkan bumbu-bumbu yang telah disiapkan. Seperti menghaluskan bawang putih, mengiris tipis bawang merah dan bawang daun. Cara yang berbeda dalam pengolahan bumbu tersebut akan mempengaruhi kualitas rasa dan adonan dalam resep bakso goreng ayam.

3. Buat Adonan Bakso Goreng

3.   Buat Adonan Bakso Goreng
Sumber: idntimes.com

Setelah bawang putih dihaluskan dan bawang merah dan bawang daun diiris tipis, Sedulur harus menyiapkan adonan bakso goreng. Siapkan mangkuk atau wadah yang agak besar, lalu masukkan daging ayam yang telah halus, tepung terigu, tepung sagu dan garam, gula, merica secukupnya.

Tambahkan air, dan aduk adonan hingga kenyal. Lalu tambahkan bawang putih, bawang merah dan bawang daun, dan aduk kembali hingga rata. Hingga adonan kenyal dan tekstur adonan tidak terlalu lembek dan juga tidak terlalu keras. Adonan bakso goreng yang baik adalah yang kenyal, lengket dan juga lembut.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Salmon Super Enak & Mudah Dibuat

4. Cetak Bakso Goreng

4.   Cetak Bakso Goreng
Sumber: id.aliexpress.com

Cara selanjutnya dalam resep bakso goreng ayam adalah membuat cetakan bakso. Setelah adonan bakso goreng kenyal dan rasa sudah pas sesuai selera Sedulur, Sedulur tinggal membuat cetakan bakso goreng dengan bentuk bulat. Terdapat dua cara membuat cetakan bakso goreng.

Pertama Sedulur bisa menggunakan dua buah sendok untuk membuat cetakan bakso goreng ayam. Satu sendok mengambil adonan, satu sendok lain membuatnya menjadi bulat. Atau cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan satu buah sendok dan tangan. Caranya, Sedulur ambil adonan dengan kepalan tangan, lalu tekan adonan dan akan keluar di atas kepalan tangan, dan ambil menggunakan sendok. Adonan bakso goreng pun akan bulat sempurna.

Namun umumnya, banyak yang menggunakan kedua tangan tanpa menggunakan sendok dalam membuat adonan bakso. Cara ini paling mudah, namun resikonya tangan akan dipenuhi adonan bakso yang lengket dan akan banyak adonan yang terbuang dalam menggunakan cara ini.

5. Goreng Bakso Hingga Kering

5.   Goreng Bakso Hingga Kering
Sumber: idntimes.com

Resep bakso goreng ayam selanjutnya adalah menggoreng bakso goreng hingga kering dan renyah. Menggorengnya harus menggunakan minyak yang banyak dan telah dipanaskan, serta menggunakan api yang sedang. Metode menggoreng ini dikenal dengan nama deep frying.

Dalam resep bakso goreng ayam, menggunakan metode deep frying akan menghasilkan bakso goreng yang kering di luar dan lembur bagian dalam. Metode penggorengan ini juga bukan hanya digunakan dalam resep bakso goreng ayam saja, namun juga dalam menggoreng kentang dan ayam tepung metode penggorengan ini digunakan.

Setelah bakso goreng ayam kering dan berubah warna, Sedulur tinggal angkat bakso goreng dan tiriskan terlebih dahulu. Bakso goreng ayam pun telah selesai dilakukan dan resep bakso goreng ayam telah selesai dilakukan. Sedulur bisa ngemil langsung bakso goreng selagi hangat. Jika bakso goreng Sedulur enak dan berpotensi untuk dijual, Sedulur juga bisa menjual bakso goreng ini.

Akan semakin menguntungkan jika Sedulur membeli bahan bakso goreng di Aplikasi Super. Tersedia bahan dan barang yang lengkap di Aplikasi Super. Terlebih lagi Aplikasi Super memiliki beberapa program menarik yang bisa meningkatkan setiap bisnis dari para pengusaha.

Jika Sedulur tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Sedulur bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti, yang bisa memberikan keuntungan untuk bisnis yang Sedulur jalankan. Yuk, mari langsung saja cek laman Aplikasi Super, dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur.