Sebagai orang tua yang baik, Sedulur harus mengetahui gejala dan tanda dehidrasi pada bayi. Agar kebutuhan cairan tubuh pada bayi selalu terpenuhi.

Usia bayi merupakan usia rawan yang rentan akan penyakit dan virus. Sedulur yang memiliki bayi dianjurkan untuk sangat teliti dan disiplin dalam memperhatikan kesehatan dan kebersihan sang bayi. Salah satu hal yang patut diperhatikan adalah asupan yang wajib dipenuhi untuk tubuh bayi.

Terutama asupan cairan tubuh, bayi yang masih belum bisa mengkonsumsi makanan, biasanya akan mengandalkan ASI sebagai asupan utamanya. Jika bayi mengalami asupan yang kurang, salah satu kemungkinan buruk yang akan dialami oleh bayi adalah dehidrasi.

Penyebab dehidrasi pada bayi biasanya karena kekurangan asupan makanan dan kekurangan cairan tubuh yang dibutuhkan. Salah satu cara mengatasi dehidrasi pada bayi yang sangat efektif adalah dengan mengetahui tanda yang saat bayi mengalami dehidrasi.

-->

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa gejala dan tanda dehidrasi pada bayi yang wajib Sedulur ketahui agar dapat menentukan cara mengatasinya. Seperti apa saja gejala dan tanda dehidrasi pada bayi yang dimaksud? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: MPASI Tips: Cara Membuat Kaldu Ayam Untuk Bayi 6 Bulan

Gejala dan Tanda Dehidrasi Pada Bayi yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Bayi Mengantuk dan Terlihat Lemas

1.   Bayi Mengantuk dan Terlihat Lemas

Salah satu gejala dehidrasi yang bisa terlihat dengan jelas pada bayi adalah bayi akan sering mengantuk dan terlihat lemas. Sedulur patut diwaspadai ketika bayi sering terlihat menguap dan mengantuk, terutama jika bayi juga terlihat begitu lemas.

Bias jadi bayi dengan mengalami dehidrasi. Salah satu cara mengatasinya, Sedulur bisa memberikan asupan cairan yang cukup, seperti memberikan cairan tubuh dan segera memberikan asupan ASI pada bayi.

2. Hipersensitif dan Mudah Menangis

2.   Hipersensitif dan Mudah Menangis

Salah satu dampak dehidrasi adalah rasa sakit dan perih dalam perut, hal ini bisa menyebabkan bayi hipersensitif dan mudah menangis karena rasa nyeri yang dirasakan. Sedulur harus mulai waspadai jika bayi terlalu mudah menangis, bisa jadi bayi sedang mengalami dehidrasi.

3. Mata Tampak Cekung

3.   Mata Tampak Cekung

Salah satu tanda dehidrasi pada bayi adalah mata cekung pada bayi. Jika Sedulur menemukan mata pada bayi Sedulur tampak cekung, Sedulur perlu mengatasi sesegera mungkin. Sedulur juga bisa cek bagian ubun-ubun bayi, jika ubun-ubun bayi juga tampak cekung, berarti bayi Sedulur sudah bisa dipastikan sedang mengalami dehidrasi.

Sedulur bisa memberikan bayi asupan cairan dan nutrisi yang cukup, agar bayi lekas sembuh dari dehidrasi yang dialami dan tidak lagi merasakan sakit akibat dehidrasi.

Baca Juga: 20+ Perlengkapan Bayi Baru Lahir Ini Wajib Disiapkan!

4. Kulit Bayi Menjadi Tidak Elastis

4.   Kulit Bayi Menjadi Tidak Elastis

Salah satu ciri bayi yang sehat dan terhindar dari dehidrasi adalah memiliki kulit yang elastis dan kenyal. Juga memiliki kulit yang sehat. Jika kulit bayi Sedulur ketika dicubit tidak segera kembali pada bentuknya semula, bisa jadi kulit bayi sedang tidak elastis, yang menunjukan bahwa sang bayi sedang mengalami dehidrasi. Sedulur harus mengatasinya dengan segera.

5. Sering Haus dan Menyusu

5.   Sering Haus dan Menyusu

Ketika sang bayi sering meminta untuk menyusu dalam waktu yang berdekatan, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh bayi yang merasakan haus yang berlebih. Haus berlebihan bisa menjadi salah satu faktor atau tanda dehidrasi pada bayi.

6. Mulut Kering

6.   Mulut Kering

Salah satu tanda dehidrasi pada bayi selanjutnya adalah mengalami mulut kering. Mulut kering dan bibir pecah-pecah juga merupakan gejala dehidrasi yang dialami oleh orang dewasa. Sedulur juga harus mulai mewaspadai ketika sang bayi memiliki mulut kering. Bisa jadi sang bayi sedang mengalami dehidrasi.

7. Popok Bayi Kering Karena Jarang Pipis

7.   Popok Bayi Kering Karena Jarang Pipis

Kekurangan cairan pada tubuh bisa menyebabkan dehidrasi, salah satu tanda dehidrasi adalah jarang mengeluarkan urine. Pada bayi juga hal ini bisa dilihat dengan popok bayi yang kering karena bayi jarang mengeluarkan urine alias jarang pipis.

Semoga daftar tanda dehidrasi pada bayi di atas bisa cukup memberikan pengetahuan pada Sedulur berkaitan dengan cara merawat bayi yang baik. Jangan lupa untuk membeli segala kebutuhan nutrisi bagi bayi dan juga perlengkapannya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menjual setiap kebutuhan Sedulur dengan lengkap dan super murah. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super sekarang juga, agar hidup Sedulur bisa lebih mudah dan menguntungkan.