Yuk, mari kita simak cara dan resep membuat lumpia udang yang mudah dengan rasa yang nikmat!

Lumpia udang merupakan camilan khas Semarang. Bagi Sedulur yang pernah berkunjung ke Semarang dan berwisata di sana, sudah pasti pernah mencicipi langsung lumpia isi udang khas Semarang. Namun, Sedulur tidak perlu jauh-jauh ke Semarang untuk merasakan lumpia isi udang, karena Sedulur bisa membuatnya Sendiri di rumah, lho!

Cara membuat lumpia udang sangat mudah, Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas cara membuat dan resep lumpia udang. Lumpia memang merupakan olahan makanan yang memiliki berbagai isian. Aneka isi lumpia bermacam-macam, salah satu yang paling nikmat adalah lumpia udang. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Kreasi Resep Lumpia Rebung – Mudah & Praktis

Resep dan Langkah Membuat Lumpia Udang yang Mudah Dibuat dengan Rasa yang Super Enak

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat lumpia udang, Sedulur harus menyiapkan beberapa bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 175 gr udang basah
  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya, cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 50 ml air
  • 10 lembar kulit lumpia, siap beli
  • 1 putih telur
  • Minyak untuk menggoreng

2. Cek Kelengkapan Bahan yang Dibutuhkan

2.       Cek Kelengkapan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum masuk ke langkah dan cara pembuatannya, Sedulur wajib membersihkan setiap bahan-bahan di atas. Terutama daging udang basah sebagai bahan utamanya. Pastikan udang telah bersih dan tidak berbau amis. Jangan lupa juga untuk cek kembali setiap kelengkapan bahan-bahan lainnya membuat lumpia udang khas Semarang di atas.

Pastikan kulit lumpia telah dipisah terlebih dahulu, dan jangan menggunakan kulit lumpia yang terlalu tebal dan berlapis-lapis. Gunakan kulit lumpia secukupnya, karena jika terlalu tebal akan mempengaruhi kematangan isian lumpia saat proses penggorengan dilakukan.

3. Membuat Isian Lumpia Udang

3.       Membuat Isian Lumpia Udang

Hal selanjutnya yang harus Sedulur buat adalah isian udang dalam resep lumpia satu ini. Cara membuatnya sangat mudah, pertama siapkan udang yang telah dibersihkan dan dicincang halus. Masak  udang dengan cara ditumis menggunakan bawang dan bumbu rempah lainnya.

Jika Sedulur menyukai pedas, Sedulur bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera. Setelah tumis udang matang, Sedulur matikan kompor dan angkat udang. Tunggu udang hingga dingin terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Kerupuk Kulit Lumpia yang Lezat, Gurih & Renyah

4. Goreng Lumpia Isi Udang Hingga Matang

4.       Goreng Lumpia Isi Udang Hingga Matang

Langkah selanjutnya adalah menggoreng lumpia udang hingga matang dan kering. Namun sebelumnya, Sedulur juga harus membuat lumpia isi udang dengan cara, pertama masukkan udang yang telah ditumis ke dalam kulit lumpia. Masukkan udang sesuai selera Sedulur. Jika ingin lumpia berukuran besar, Sedulur tinggal menambahkan isinya agak banyak, begitu juga jika Sedulur ingin ukuran lumpia yang sedang.

Setelah tersedia beberapa lumpia, Sedulur siapkan minyak panas dan gunakan api kecil. Tunggu minyak hingga panas dan goreng lumpia hingga matang. Jika Sedulur menyukai lumpia yang renyah dan kering, Sedulur bisa menggorengnya sedikit agak lama. Dan juga, sebelum lumpia digoreng, Sedulur bisa mencelupkannya ke dalam adonan terigu basah agar mendapatkan kerenyahan yang sempurna.

Menggoreng lumpia yang baik adalah menggunakan metode menggoreng yang bernama deep frying. Metode menggoreng ini membutuhkan minyak yang banyak agar lumpia yang digoreng terendam dalam minyak. Keunggulan menggunakan metode menggoreng ini akan memberikan bagian luar lumpia yang kering dan bagian dalam yang lembut dan tidak gosong.

5. Lumpia Isi Udang Siap Dinikmati

5.       Lumpia Isi Udang Siap Dinikmati

Setelah lumpiah matang dan kering sesuai selera, angkat lumpia dan tiriskan. Sedulur bisa menyajikan lumpia isi udang bersama dengan sambal kecap atau saus tomat. Jangan lupa juga menyiapkan teh manis atau kopi sebagai teman untuk menikmati lumpia.

Semoga resep dan cara membuat lumpia isi udang di atas bisa memberikan panduan untuk Sedulur yang ingin membuat lumpia goreng sendiri. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan untuk membuat lumpia isi udang, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan barang kebutuhan rumah tangga secara lengkap.

Termasuk bahan kebutuhan masak dan kebutuhan dapur. Selain itu, harga bahan dan barang yang ada di Aplikasi Super dijamin murah dan akan membuat Sedulur dapat berhemat. Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya.

Mulai gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan sehari-hari Sedulur, agar hidup Sedulur menjadi lebih mudah dan lebih berwarna dalam menjalankannya. Selamat mencoba!