Yuk simak cara mengolah dan memasak scallop yang benar dalam penjelasan di bawah ini!

Scallop adalah jenis kerang yang menjadi salah satu bahan olahan makanan laut atau seafood. Scallop atau yang dikenal dengan nama kerang kapak ini juga bisa memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh Sedulur, lho. Tentu saja jika scallop diolah dengan cara yang sehat dan benar.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara mengolah scallop yang baik dan benar, hal tersebut meliputi tips memasak kerang, cara memasak kerang laut, cara memasak kerang yang enak, cara masak kerang goreng, hingga kemudian mengolah dan memasaknya menjadi makanan scallop. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Resep & Cara Membuat Frozen Food Mudah dan Lezat

-->

Cara Jitu Mengolah dan Memasak Scallop yang Baik dan Menyehatkan

1. Pilih Scallop yang Masih Segar

1.   Pilih Scallop yang Masih Segar

Cara pertama yang harus Sedulur lakukan sebelum mengolahnya menjadi scallop goreng atau bakar, Sedulur wajib memilih kerang kapak yang masih segar. Kerang kapak yang segar biasanya merupakan kerang yang basah. Scallop basah masih utuh dengan cangkangnya dan disimpan di dalam wadah berisi air.

Dengan memilih yang masih segar, Sedulur akan merasakan nutrisi dan kandungan tinggi pada scallop. Karena semakin segar kondisinya, semakin tinggi dan semakin banyak kandungan nutrisinya.

2. Bersihkan Scallop dengan Benar

2.   Bersihkan Scallop dengan Benar

Setelah memilih yang segar, Sedulur juga wajib mengetahui cara membersihkannya. Cara Sedulur cukup dengan merendam kerang dalam wadah berisi air dan goyangkan wadah tersebut untuk mengeluarkan pasir yang terperangkap dalam cangkang kerang.

Lalu Sedulur buka cangkangnya dan buang bagian yang tidak perlu hingga benar-benar menyisakan daging kerang yang berwarna putih. Bilas daging kerang dengan menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar bersih. Bukan hanya menghilangkan sisa kotoran, membersihkan dengan cara yang benar juga dapat menghilangkan kandungan garam dalam daging kerang.

Baca Juga: 10 Tips Memulai Usaha Frozen Food Untuk Pemula

3. Pilihan Cara Memasak Scallop

3.   Pilihan Cara Memasak Scallop

Terdapat banyak cara memasak atau cara mengolah kerang kapak satu ini. Cara mengolah yang paling umum adalah direbus, dipanggang, dibakar dan ditumis. Merebus kerang kapak bisa membuat daging kerang matang dengan sempurna, sehingga daging akan terasa kenyal dan berisi.

Memanggang, menumis dan membakarnya bisa membuat bagian luar daging akan matang dan renyah, namun bagian dalamnya tetap lembut dan nikmat. Sedulur tinggal memilih cara mengolahnya sesuai dengan keinginan dan selera Sedulur.

4. Gunakan Bumbu atau Rempah yang Sesuai

4.   Gunakan Bumbu atau Rempah yang Sesuai

Memperhatikan penggunaan bumbu dan rempah yang sesuai juga merupakan salah satu cara jitu menggolah kerang scallop. Kerang kampak yang hidup di laut  sudah menggandung kadar garam yang tinggi.

Untuk menghindari asupan garam berlebihan, Sedulur wajib mencuci kerang sekaligus membatasi penggunaan garam saat memasaknya. Sedulur juga bisa menggantinya dnegan menggunakan rempah seperti lada bubuk, bawang merah, bawang putih dan kemiri, untuk menyeimbangkan kandungan garam dalam kerang kapak.

5. Sajikan dengan Tambahan Sayur

5.   Sajikan dengan Tambahan Sayur

Tentu saja, cara sehat dan baik mengolah kerang kapak adalah dengan menambahkan sayuran, baik jagung, sawi atau sayuran lainnya akan semakin menambah nutrisi dari kerang kapak ketika Sedulur konsumsi. Sedulur juga bisa menambahkan bunci, wortel, kacang kapri, tomat, jamur, brokoli atau paprika.

6. Kandungan Gizi Scallop

Berikut beberapa kandungan gizi dari scallop yang akan memberikan manfaat untuk tubuh:

  • Karbohidrat: 5 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Asam lemak omega-3: 333 miligram
  • Selenium: 18,5 mikrogram
  • Fosfor: 362 miligram

Bukan hanya itu, kerang kapak juga diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B12, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, zat besi, tembaga, zinc, magnesium, kalsium, dan kalium, yang bisa menambah asupan gizi Sedulur tiap harinya.

Setelah Sedulur menyimak cara jitu mengolah kerang kapak di atas, semoga Sedulur bisa mempraktikannya dengan lancar dan aman di rumah. Sedulur juga bisa membeli scallop dan beberapa bahan untuk mengolahnya dengan membeli di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super memiliki kualitas barang yang bagus dengan harga yang murah.

Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu, jika Sedulur tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Banyak informasi terkait Aplikasi Super yang bisa Sedulur pelajari di laman Aplikasi Super.

Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kegiatan Sedulur, jalani hari dengan mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super