Sedulur ibu rumah tangga dan merasa memiliki waktu luang? Yuk, simak daftar bisnis untuk ibu rumah tangga di bawah ini.

Menjadi ibu rumah tangga merupakan sebuah pekerjaan yang sulit. Setiap ibu rumah tangga mengabdikan waktu dan tenaganya untuk mengurus rumah, memastikan segala sesuatu di rumah terkendali dan juga sekaligus merawat anak dan suami.

Namun, siapa bilang menjadi ibu rumah tangga tidak dapat berpenghasilan? Saat ini banyak ibu rumah tangga yang juga menjalankan bisnis sambil tetap memperhatikan setiap kewajibannya. Banyak bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dan sangat menggiurkan.

Kali ini Superapp.id akan membahas daftar usaha rumahan ibu rumah tangga yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Sedulur yang juga seorang ibu rumah tangga. Bisnis ibu rumah tangga bisa bermacam-macam, oleh karena itu yuk mari kita langsung saja simak ulasannya.

-->

Baca Juga: 6 Inspirasi Usaha Kecil Menengah yang Cepat Dapat Untung

Daftar Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Menjadi Reseller

Menjadi Reseller

Ide bisnis pertama adalah menjadi reseller. Bahkan untuk menjalankan bisnis ini, setiap ibu rumah tangga tidak membutuhkan modal sama sekali. Salah satu ide bisnis ibu rumah tangga dengan modal kecil ini sangat menggiurkan untuk dicoba.

Sedulur bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi reseller toko online sambil tidak meninggalkan kewajiban menjadi ibu rumah tangga. Dengan maraknya bermunculan toko online saat ini, menjadikan ide bisnis ini sebagai salah satu rekomendasi bagi ibu rumah tangga. Sedulur tidak perlu menyewa tempat untuk menjalankan bisnis ini, karena bisa dijalankan di rumah.

2. Menjual Makanan Atau Camilan

2.   Menjual Makanan Atau Camilan

Ibu rumah tangga sudah pasti memiliki kemampuan masak yang baik. Kemampuan masak tersebut alangkah lebih baiknya jika dimanfaatkan untuk berbisnis. Salah satu bisnis murah meriah untuk ibu rumah tangga adalah menjual makanan atau camilan.

Ide bisnis ibu rumah tangga ini tidak membutuhkan modal besar, tinggal menjual masakan yang biasa dimasak untuk keperluan rumah, Sedulur akan otomatis melakukan dua kegiatan sekaligus. Memasak untuk rumah dan juga menjualnya sebagai sebuah usaha.

3. Menjual Kerajinan Tangan

3.       Menjual Kerajinan Tangan

Sudah tidak usah diragukan lagi, setiap ibu rumah tangga pasti memiliki keterampilan yang tinggi. Keterampilan tersebut bisa dimanfaatkan dengan membuat kerajinan tangan rumahan. Seperti tempat sampah, hiasan dindin atau karpet plastik.

Semuanya dibuat dari bahan daur ulang yang bisa dikumpulkan. Hasil dari kerajinan tangan bisa dijual kepada tetangga rumah atau ke kampung sebelah. Sedulur juga bisa mengajak ibu rumah tangga lainnya dan bisa membantu ikut meningkatkan perekonomian daerah Sedulur.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Pertanian Rumahan Modal Kecil & Cepat Untung

4. Usaha Katering

4.       Usaha Katering

Jika Sedulur sebagai ibu rumah tangga dan bisa menggerakan dan mengkoordinir para ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar rumah Sedulur, Sedulur bisa membuat usaha katering yang dijalankan bersama-sama dengan ibu rumah tangga lainnya.

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga ini sangat cocok untuk dijalankan, mengingat memasak merupakan kemampuan utama dari setiap ibu rumah tangga. Manfaatkan kemampuan dan potensi dengan maksimal sehingga bisa memberikan pemasukan yang melimpah.

5. Jasa Rias Wajah

5.       Jasa Rias Wajah

Hal satu ini juga sudah menjadi hal yang sangat identik dengan ibu rumah tangga. Setiap ibu rumah tangga akan sibuk merias diri ketika hendak ke luar rumah. Bahkan hanya sekedar ke pasar pun, setiap ibu rumah tangga akan merias diri dengan maksimal.

Kebiasaan ini bisa dimanfaatkan sebagai sebuah ide bisnis untuk ibu rumah tangga. Buka jasa rias wajah, baik untuk acara pernikahan atau untuk acara lainnya yang membutuhkan perias wajah. Berikan tarif yang bersahabat, sebagai usaha untuk menarik pelanggan yang lebih luas.

6. Usaha Laundry

6.       Usaha Laundry

Satu lagi jenis usaha lain yang bisa dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga adalah membuka usaha laundry. Dengan menjalankan usaha ini, setiap ibu rumah tangga juga bisa sekaligus mencuci pakaian orang rumah.

Mengurus rumah tidak ditinggalkan sekaligus bisa menghasilkan uang. Terutama jika Sedulur sebagai ibu rumah tangga yang memiliki rumah di daerah pendidikan atau perkantoran. Membuka usaha ini akan mengantarkan keuntungan, karena mahasiswa atau pekerja biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

7. Membuka Toko Sembako

7.       Membuka Toko Sembako

Ide  bisnis untuk ibu rumah tangga yang biasa dan sudah banyak dilakukan adalah membuka toko sembako. Sementara sang suami bekerja, para ibu rumah tangga yang memiliki toko sembako bisa menjaga toko sekaligus mengurus rumah.

Kelebihan usaha ini adalah bisa dilakukan di depan rumah, dengan menggunakan sedikit bagian depan halaman rumah sebagai toko. Terutama jika toko sembako ada di wilayah ramai penduduk, bisa-bisa toko sembako akan selalu ramai.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat toko sembako semakin laris. Sedulur bisa melakukan promosi atau kerjasama dengan supplier sembako. Yang paling penting adalah menjalin komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan merupakan kunci utama untuk memajukan toko kelontong.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memajukan toko kelontong adalah dengan bergabung menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan platform digital yang bergerak di bidang sembako. Walaupun toko sembako merupakan usaha kecil yang dilakukan di tengah waktu senggang sebagai ibu rumah tangga, namun tetap bisa mengantarkan keuntungan.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa pelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super. Banyak testimoni dari setiap pihak yang telah merasakan langsung manfaat Aplikasi Super.

Jangan sampai melewatkan kesempatan emas dari Aplikasi untuk mendapatkan keuntungan. Selamat mencoba dan merasakan langsung manfaat dari Aplikasi Super!