Simak daftar cara mengusir nyamuk di bawah ini, agar waktu istirahat Sedulur tidak terganggu.

Kita semua akrab dengan serangga yang bernama nyamuk satu ini. Hampir di setiap tempat, keberadaan nyamuk selalu ada dan seringkali mengganggu. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan nyamuk yang menggigit dan menghisap darah manusia.

Efek digigit nyamuk, membuat kulit kita gatal dan bentol-bentol. Karena itu banyak yang menganggap bahwa nyamuk merupakan musuh abadi manusia. Selain itu, beberapa jenis nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit yang mematikan, yaitu demam berdarah.

Superapp.id kali ini akan membahas daftar cara mengusir nyamuk secara alami yang bisa Sedulur Super lakukan dan aplikasikan di rumah. Karena dengan mengetahui cara alami mengusir nyamuk, akan lebih aman dan terhindar dari risiko lainnya.

-->

Seperti apa saja cara ampuh mengusir nyamuk secara alami? Yuk, mari kita langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menghitung Tagihan Listrik yang Benar dan Akurat

Daftar Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami dan Efektif

1. Membersihkan Lingkungan Sekitar

1.   Membersihkan Lingkungan Sekitar

Ketika di sekitar Sedulur banyak terdapat nyamuk, hal tersebut menandakan bahwa di daerah sekitar Sedulur sedang kotor dan tidak bersih. Karena nyamuk bisa berkembang biak dengan cepat di tempat yang kotor.

Rajin membersihkan lingkungan sekitar dapat menekan perkembangbiakan nyamuk menjadi lebih berkurang, walaupun tidak seratus persen hilang, namun cara ini patut dicoba sebagai cara mengusir nyamuk di kamar dan rumah. Selain itu, memiliki lingkungan bersih juga tidak ada ruginya.

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

2.   Menggunakan Minyak Kayu Putih

Walaupun banyak merk obat nyamuk terbaik, namun menggunakan minyak kayu putih merupakan cara ampuh untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Sekaligus juga minyak kayu putih sangat mujarab sebagai obat untuk menyembuhkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

Aroma minyak kayu putih sangat tidak disukai oleh nyamuk, membuat cara ini sangat wajib dicoba. Agar lebih efektif, Sedulur bisa mencampur minyak kayu putih dengan air dan simpan di botol semprot yang sudah tidak terpakai. Semprotkan minyak kayu putih di ruangan, agar nyamuk terusir

3. Minyak Lavender

3.   Minyak Lavender

Apa cara mengusir nyamuk tanpa obat nyamuk yang paling ampuh? Jawabannya sudah pasti menggunakan minyak lavender. Lavender merupakan tanaman yang berwarna biru atau ungu, yang mengeluarkan aroma sangat wangi.

Lavender juga sering digunakan sebagai aroma terapi yang dapat membuat tubuh dan pikiran rileks. Namun, aroma dari lavender yang wangi sangat tidak disukai nyamuk. Menggunakan minyak lavender dan mengoleskannya pada tubuh akan sangat efektif mengusir nyamuk.

4. Menggunakan Dindin Berwarna Kuning atau Orange

4.   Menggunakan Dindin Berwarna Kuning atau Orange

Kombinasi warna kuning dan orange akan sangat ampuh mengusir nyamuk. Karena, nyamuk tidak nyaman dengan kedua warna terang tersebut. Nyamuk biasanya bersarang di tempat gelap yang lembab, mengubah warna dinding menggunakan warna terang akan membuat nyamuk tidak nyaman bersarang di tempat kita.

Kombinasikan warna dinding dan warna gorden dengan kedua warna tersebut, agar tidak dijadikan sangar nyamuk dan membuat nyamuk menjadi tidak betah.

5. Daun dan Batang Serai

5.   Daun dan Batang Serai

Selain sangat nikmat digunakan sebagai bumbu makanan, daun dan batang serai juga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Karena nyamuk tidak begitu menyukai aroma dari daun serai dan batang serai. Sedulur bisa membuat obat pengusir nyamuk dari daun dan batang serai.

Caranya sangat mudah, Sedulur haluskan terlebih dahulu batang serai hingga sangat lembut. Lalu masukkan dalam wadah, dan kocok dengan campuran air. Siapkan penyemprot, masukkan air batang serang dan semprot ke ruangan Sedulur. Di jamin nyamuk tidak akan betah berada di ruangan Sedulur.

Baca Juga: 5 Tips Fokus Dalam Berbisnis

6. Kulit Jeruk

6.   Kulit Jeruk

Salah satu aroma yang tidak disukai oleh nyamuk adalah aroma yang dikeluarkan oleh kulit jeruk. Selain aromanya yang wangi dan menyengat, warna dari kulit jeruk juga tidak disukai oleh nyamuk. Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk sangat mudah sekali.

Sedulur tingga menyimpan beberapa potongan kulit jeruk di setiap sudut ruangan Sedulur, biarkan aroma kulit jeruk menguap dan nyamuk pun akan merasa tidak nyaman dan pergi dari ruan Sedulur. Jika ingin kulit jeruk bertahan lebih lama, Sedulur bisa menjemur kulit jeruk terlebih dahulu hingga kering, dan baru simpan kulit jeruk di ruangan Sedulur.

7. Menggunakan Bunga

7.   Menggunakan Bunga

Aroma yang tidak disukai nyamuk dan sangat cocok digunakan sebagai cara mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan bunga. Terutama jika Sedulur menggunakan bunga rosemary, bunga geramary dan bunga krisan.

Sedulur bisa coba menanam ketiga jenis bunga tersebut, simpan di dalam ruangan Sedulur dan aroma dari bunga tersebut akan membuat nyamuk tidak nyaman dan terusir dari tempat Sedulur Super sekalian.

8. Buah Lemon

8.   Buah Lemon

Buah lemon adalah zat yang sangat terkenal sebagai antiseptik sekaligus juga menjadi buah yang sangat tidak disukai banyak serangga dan termasuk nyamuk. Hal tersebut bisa memberikan manfaat bagi Sedulur untuk dapat menggunakan buah lemon dalam cara mengusir nyamuk.

Terdapat dua cara mengusir nyamuk menggunakan buah lemon, pertama Sedulur bisa memeras buah lemon dan menggunakan air perasan sebagai semprotan, dan semprot di ruangan Sedulur. Atau Sedulur juga bisa mengiris buah lemon dan menyimpannya di sudut ruangan Sedulur dan membiarkan aromanya buah lemon menguap dan membuat nyamuk tidak nyaman berada di ruangan.

9. Bawang Putih

9.   Bawang Putih

Cara mengusir nyamuk selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib digunakan dalam setiap masakan. Namun di sisi lain,  ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Hal tersebut disebabkan karena bawang putih memiliki aroma yang sangat menyengat dan yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Sedulur dapat membuat pengusir nyamuk dari bawang putih dan menjadikannya sebagai cara mengusir nyamuk yang paling ampuh.

10. Menggunakan Bubuk Kopi

10.   Menggunakan Bubuk Kopi

Bubuk kopi menjadi kesukaan banyak masyarakat karena sering dijadikan sebagai minuman untuk menemani waktu santai kita di rumah. Namun ternyata bubuk kopi pun dapat digunakan sebagai bahan untuk mengusir nyamuk.

Sedulur juga dapat membuatnya di rumah karena memang sangat mudah, mengingat bubuk kopi tidak sulit untuk mendapatkannya. Taburkan bubuk kopi di genangan air yang ada di sekitar rumah Sedulur, dengan adanya bubuk kopi, telur-telur nyamuk yang berada di genangan air akan mati karena kekurangan oksigen.

11. Menggunakan Kapur Barus

11.   Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus terkenal dengan aroma atau bau yang sangat menyengat, hal tersebut yang membuat nyamuk sangat tidak menyukai kapur barus. Menjadikan kapur barus sebagai cara mengusir nyamuk sangat mudah.

Sedulur hanya perlu menghancurkan kapur barus hingga bubuk, dan menghaluskannya menggunakan air. Aduk kapur barus dengan air dalam gelas hingga rata, dan simpan gelas di sudut ruangan Sedulur. Biarkan aromanya menguap di dalam ruangan dan nyamuk akan pergi dengan sendirinya.

12. Lilin Aroma Terapi

12.   Lilin Aroma Terapi

Cara mengusir nyamuk yang paling ramah dengan ruangan adalah menggunakan lilin aroma terapi. Terutama menggunakan lilin aroma terapi dengan aroma lavender. Selain mampu membuat tubuh dan pikiran rileks, menggunakan lilin aroma terapi lavender sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

Sedulur tidak usah repot membuat lilin aroma terapi, karena banyak tempat yang menjualnya dengan harga yang sangat murah.

13. Bunga Peppermint

13.   Bunga Peppermint

Bunga peppermint merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu, Sedulur bisa menggunakan bunga peppermint untuk mengusir nyamuk yaitu dengan menjadikannya cairan penyemprot.

Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal memetik beberapa bunga peppermint, dan merebusnya hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan dingin, dan masukkan dalam wadah penyemprot. Sedulur tinggal menyemprotkan di ruangan Sedulur.

14. Gula Merah Cair

14.   Gula Merah Cair

Cara ini bukan cara mengusir nyamuk, namun lebih tepatnnya sebagai cara menjebak nyamuk. Pertama Sedulur cairkan terlebih dahulu gula merah dari dua keping gula merah. Setelah mencair, Sedulur siapkan wadah dari botol plastik bekas.

Potong botol plastik menjadi dua, simpan gula merah cair dalam bagian wadah botol, dan simpan secara terbalik bagian corong botol agar menutupi gula merah cari. Simpan di ruangan Sedulur, dan tunggu beberapa jam, Sedulur akan melihat banyak nyamuk yang terperangkap.

15. Menggunakan Minyak dan Plastik

15.   Menggunakan Minyak dan Plastik

Cara menjebak nyamuk lainnya adalah dengan menggunakan minyak dan plastik. Cara ini juga ampuh bukan hanya sebagai cara mengusir nyamuk, namun juga ampuh untuk serangga lainnya. Sedulur hanya tinggal menyiapkan plastik yang biasa digunakan untuk membuat es batu dan minyak goreng biasa.

Ikat plastik dengan tali dan gantungan di ruangan Sedulur, lalu oleskan minyak pada permukaan plastik dan tunggu beberapa saat. Akan banyak nyamuk yang menempel pada plastik tersebut, bukan hanya nyamuk, dan namun serangga lain seperti lalat juga akan ikut terjebak.

16. Memelihara Ikan

16.   Memelihara Ikan

Ikan merupakan hewan yang menyukai dengan adanya nyamuk, terutama jentik nyamuk. Karena jentik nyamuk merupakan makanan utama bagi ikan. Maka dari itu, dengan Sedulur memelihara ikan maka dapat dipastikan jumlah jumlah nyamuk yang berterbangan di rumah Sedulur akan berkurang.

Tapi jika Sedulur masih menggunakan bak di dalam kamar mandi, Sedulur bisa meletakan ikan satu atau dua ekor di dalam bak mandi Sedulur. Tidak usah diberi makan, ikan akan tetap hidup karena memakan jentik nyamuk.

17. Melakukan Pengasapan

17.   Melakukan Pengasapan

Cara yang sangat ampuh mengusir nyamuk adalah dengan melakukan pengasapan. Terutama jika nyamuk penyebab demam berdarah tengah beredar, pengasapan menjadi salah satu program pemerintah, bahkan hingga tingkat Desa dan RT/RW.

Asap sangat ampuh untuk membunuh nyamuk, karena nyamuk sangat tidak menyukai keberadaan asap dan akan mengganggu nyamuk bahkan bisa membunuh nyamuk. Oleh karena itu pengasapan hampir menjadi program rutin pemerintah jika penderita demam berdarah sudah semakin banyak.

18. Kotak Bekas Telur

18 Kotak Bekas Telur

Apakah Sedulur tahu kotak bekas telur? Sedulur bisa menggunakan kotak bekas telur sebagai cara mengusir nyamuk selanjutnya. Jika Sedulur tidak bisa melakukan pengasapan karena membutuhkan biaya yang lumayan, Sedulur bisa menggunakan kotak bekas telur.

Sedulur tinggal membakar kota bekas telur, dan menyebarkan asapnya di sekitar tempat tinggal Sedulur. Asap dari kotak bekas telur dapat mengusir nyamuk. Cara ini merupakan cara sederhana dari pengasapan untuk mengusir nyamuk.

19. Menggunakan Raket Nyamuk

19.   Menggunakan Raket Nyamuk

Raket yang digunakan sebagai pembunuh nyamuk sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat, alatnya punt sangat mudah untuk digunakan. Sedulur hanya perlu menggerakkan raket listrik pada area yang banyak terdapat nyamuk.

Agar lebih optimal, Sedulur jangkau area seperti kolong meja, kolong lemar, gorden dan tempat gelap dan lembab lainnya. Jika raket berbunyi, tandanya nyamuk telah terkena raket listrik dan jumlah nyamuk pun berkurang.

20. Menanam Tanaman Lavender

20.   Menanam Tanaman Lavender

Jika ini cara mengusir nyamuk yang sangat mudah dan tidak repot, pertama Sedulur harus sangat rajin menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kemudian tanam tumbuhan lavender dan tanaman lainnya yang aromanya sangat tidak disukai nyamuk.

Tanpa harus menggunakan cara apapun untuk mengusir nyamuk, keberadaan nyamuk sudah dipastikan dapat berkurang dan bahkan tidak akan Sedulur temukan di sekitar rumah Sedulur. Karena selain bersih, rumah Sedulur pun wangi dan terbebas dari nyamuk.

Semoga penjelasan di atas bisa memberi informasi bagi Sedulur yang sedang membutuhkan cara mengusir nyamuk. Jangan lupa untuk mempersiapkan setiap bahan untuk mengusir nyamuk di atas. Beberapa bahan juga bisa Sedulur beli di Aplikasi Super.

Aplikasi Super sangat lengkap menyediakan peralatan kebutuhan rumah tangga, salah satunya untuk mengusir nyamuk. Banyak merk obat nyamuk juga yang tersedia di Aplikasi Super dan bisa Sedulur bisa. Aplikasi Super sangat mempertimbangkan segala aspek kehidupan masyarakat.

Hal ini karena Aplikasi Super memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan dan tingkat perekonomian masyarakat. Maka dari itu sudah sangat pasti Aplikasi Super mempertimbangkan setiap aspek kehidupan masyarakat dalam setiap programnya.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Maka dari itu, alangkah lebih bijak dan lebih baik untuk menggunakan Aplikasi Super mulai dari saat ini juga. Aplikasi Super dapat digunakan untuk setiap kebutuhan Sedulur, mulai dari kebutuhan dapur dan sembako, kebutuhan rumah hingga Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super untuk membayar tagihan online dan membeli pulsa juga bisa dikalukan di Aplikasi Super.

Jangan lupa untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Rasakan langsung setiap kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super, jangan sampai Sedulur menyia-nyiakan kesempatan emas yang disediakan.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih dekat, dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.