Selain sebagai penyedap rasa, ternyata manfaat garam bisa untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, lho!

Kita semua mungkin sangat akrab dengan garam, namun sebagai bumbu dan penyedap rasa yang biasa kita temui di dapur. Mungkin juga sebagian dari Sedulur tidak menyangka bahwa garam memiliki manfaat untuk kecantikan dan tubuh.

Terlepas dari kandungan positif yang ada pada garam, dengan berbagai cara garam bisa digunakan untuk beberapa tujuan. Seperti perawatan dan kecantikan tubuh. Kali ini Superapp.id akan membahas beberapa manfaat garam, baik untuk kecantikan ataupun untuk kesehatan.

Mulai dari manfaat garam untuk wajah, manfaat garam untuk kecantikan,manfaat garam untuk kesehatan, manfaat garam untuk rambut, hingga manfaat berkumur menggunakan air garam akan dibahas dalam artikel ini.

Apa saja manfaat garam yang bisa Sedulur nikmati dan ambil khasiatnya? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 20+ Manfaat Kentang Untuk Kesehatan & Kecantikan

Daftar Manfaat Garam untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Detoks Kulit

Detoks Kulit

Manfaat garam yang pertama yaitu sebagai detoks kulit. Manfaat air garam selalu digunakan sebagai salah satu bahan campuran di setiap salon kecantikan yang digunakan untuk facial dan perawatan kulit. Hal tersebut dilakukan karena salah satu manfaat yang dimiliki garam adalah untuk detoks kulit.

Garam dipercaya dapat membuat kulit lembab sempurna dan sekaligus dapat menghilangkan bakteri yang dapat menutupi pori-pori kulit. Namun jika Sedulur ingin mencoba perawatan garam di rumah, Sedulur bisa melakukannya dengan mencampurkan secangkir garam dengan ke bak mandi yang telah diisi oleh air hangat.

2. Facial Kulit Wajah

Facial Kulit Wajah

Seperti yang telah disinggung pada poin pertama, bahwa air garam sering digunakan sebagai bahan campuran di salon kecantikan, hal tersebut dikarenakan manfaat garam selanjutnya untuk facial kulit wajah agar lebih sehat dan segar.

Tekstur garam yang agak kasar dapat dimanfaatkan untuk mengelupaskan sel kulit mati yang ada pada wajah. Akan lebih maksimal lagi jika garam dicampurkan dengan minyak wajah atau facial oil. Selanjutnya balur pada wajah dan pijat-pijat agar minyak wajah dengan garam meresap pada pori-pori wajah.

3. Berfungsi Sebagai Toner

Berfungsi Sebagai Toner

Manfaat garam dapur selanjutnya yaitu dapat berfungsi sebagai toner. Selain berfungsi sebagai bahan untuk facial dan detoks kulit, air garam juga dapat bermanfaat dan berfungsi sebagai toner wajah.

Sedulur tinggal mencampurkan garam dengan air hangat dan simpan dalam wadah dengan menggunakan semprotan, lalu siram wajah dengan air garam. Tepuk-tepuk wajah agar air garam meresap pada pori-pori kulit.

4. Membuat Rambut Bergelombang

Membuat Rambut Bergelombang

Bagi Sedulur yang memiliki rambut lurus dan ingin membuatnya bergelombang, Sedulur bisa menggunakan air garam. Caranya tinggal menyemprotkan air garam pada rambut, diamkan sebentar lalu kemudian bilang menggunakan air bersih.

Coba Sedulur perhatikan, jika sehabis berlibur ke pantai rambut kita akan lebih bergelombang tanpa disadari. Hal tersebut karena kandungan garam yang ada pada air laut saat kita bermain di pantai. Manfaat garam untuk rambut satu ini juga sangat ampuh sebagai salah satu jenis fashion rambut bergelombang.

5. Meredakan Jerawat

Meredakan Jerawat

Memiliki jerawat yang mengganggu? Tidak usah khawatir, Sedulur bisa menyembuhkannya dengan menggunakan garam. Tidak usah heboh dan repot membeli skin care, menggunakan garam dan memanfaatkannya secara optimal dapat membuat jerawat pada wajah kita hilang.

Jerawat memang seringkali membuat kita tidak percaya diri, karena sangat mengganggu jika dilihat oleh orang lain. Semprotkan air garam hangat pada wajah setiap sebelum tidur, dan biarkan selama kita tertidur. Ketika bangun, semprotkan kembali lalu kemudian bilas dengan air hangat.

Seringkali jerawat disebabkan bukan oleh polusi atau kotoran, namun oleh bahan kimia yang tidak cocok dengan kulit wajah kita. Air garam akan menetralkan dampak buruk dari bahan kimia tersebut.

6. Mengobati Bibir Pecah

Mengobati Bibir Pecah

Memiliki bibir kering dan pecah-pecah merupakan hal yang sangat mengganggu dan menyebalkan. Menggunakan garam bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. Manfaat garam satu ini akan lebih optimal jika dicampurkan dengan krim untuk bibir.

Campurkan krim untuk bibir dengan tiga sendok garam, aduk hingga rata dan oleskan pada bibir. Tunggu sebentar hingga kulit kering mengelupas dan bibir pecah pun akan sehat kembali dan memiliki bentuk yang sempurna.

Baca Juga: 13 Manfaat Ketumbar untuk Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

7. Scrubbing

Scrubbing

Ingin memiliki kulit halus dengan menggunakan scrubbing alami? Sedulur bisa menggunakan garam. Karena garam bisa berfungsi sebagai scrubbing untuk menghaluskan kulit dan juga menyamarkan kerutan pada kulit wajah.

Walaupun pada saat penggunaannya akan terasa perih, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh luka yang sangat kecil yang ada pada pori-pori kulit. Hal tersebut menandakan bahwa garam sedang bertugas menyembuhkan luka pada wajah.

Akan lebih optimal jika garam dicampurkan dengan menggunakan minyak zaitun, siapkan minyak zaitun dua sendok makan, tambahkan garam satu sendok makan. Campur dan aduk hingga rata. Oleskan scrubbing garam pada wajah.

Tahan rasa perih yang dirasakan, karena hal tersebut menunjukan bahwa garam sedang bekerja untuk menyembuhkan dan menyehatkan kulit wajah.

8. Menghilangkan Mata Bengkak

Menghilangkan Mata Bengkak

Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi garam dapat menyebabkan kegemukan, namun jika digunakan sebagai bahan kecantikan garam dapat membuat wajah menjadi lebih bersinar dan lebih terlihat segar.

Salah satunya yaitu manfaat garam untuk menghilangkan mata bengkak. Mata bengkak sering dialami ketika Sedulur terlalu sering begadang atau kekurangan tidur. Oleskan air garam di sekitar mata dan kantung mata. Maka mata bengkak dan kantung mata yang menggantung akan hilang dengan sendirinya.

9. Menyembuhkan Kaki yang Terinfeksi

Menyembuhkan Kaki yang Terinfeksi

Sedulur pernah mengalami infeksi setelah melakukan perawatan kaki? Jika iya, sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter, Sedulur bisa mencoba ramuan alami untuk menghilangkan infeksi pada kaki dengan bahan dasar garam.

Caranya cukup dengan memasukkan secangkir garam pada air hangat, oleskan air garam tersebut pada kaki yang terinfeksi dan jika bisa endam kaki yang terinfeksi dan tunggu hingga beberapa menit. Karena garam sangat ampuh untuk mengobati luka dan infeksi.

10. Cairan Kumur

Cairan Kumur

Jika Sedulur tidak percaya diri karena bau mulut, Sedulur tidak usah repot memberi obat atau cairan kumur. Sedulur hanya perlu berkumur menggunakan air garam. Karena biasanya aroma bau yang tidak sedap dari mulut disebabkan oleh bakteri sisa makanan yang menempel pada gigi, atau juga gusi yang sedang peradangan.

Dengan air garam, bakteri sisa makanan dan gusi yang infeksi akan menghilang dan sembuh dengan sendirinya. Aroma bau mulut Sedulur pun akan hilang, dan Sedulur akan memiliki aroma mulut yang menyegarkan.

11. Meredakan Sakit Tenggorokan

Meredakan Sakit Tenggorokan

Cairan kumur air garam juga bisa bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan. Jika Sedulur mulai merasakan gejala sakit pada tenggorokan, langsung gunakan cairan kumur garam untuk menyembuhkannya.

Biasanya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri yang ada pada tenggorokan. Garam efektif membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan tenggorokan sakit dan mengalami peradangan. Sakit tenggorokan sangat menyiksa, karena biasanya kita akan mengalami kesakitan ketika menelan makanan atau minuman.

12. Mengatasi Sinus

Mengatasi Sinus

Selanjutnya adalah manfaat dari air garam hangat yaitu dapat mengatasi gejala sinus, pilek, dan alergi. Dengan membersihkan hidung menggunakan air garam akan bisa membantu Sedulur untuk menjaga saluran hidung terbuka sehingga dapat menghilangkan lendir kental yang sudah mengering dan dapat menyebabkan penyakit pernafasan.

Selain itu membersihkan hidung dengan menggunakan air garam juga dapat membersihkan sinus bagi Sedulur yang menderita sinusitis. Bukan hanya sinus, tapi membersihkan hidung dengan menggunakan air hangat juga dapat menghilangkan bakteri berlebih yang ada pada hidung, dan akan membuat hidung terasa lebih nyaman.

13. Mengatasi Dehidrasi

Mengatasi Dehidrasi

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat tubuh lemas dan tidak bisa menjalankan aktivitas apapun. Jika Sedulur rutin meminum air garam dalam jumlah yang normal dan sesuai takaran, Sedulur akan dapat menghindar dari dehidrasi dari dalam tubuh.

Jika mengalami dehidrasi dari dalam tubuh, Sedulur akan mudah untuk terserang penyakit, selain itu dengan mempertahankan cair tubuh dengan cukup akan membantu tubuh Sedulur untuk mempertahankan elastisitas kulit dan menjaganya tetap lembut.

14. Menyembuhkan Penyakit Liver

Menyembuhkan Penyakit Liver

Dengan mengonsumis air garam bagi para penderita sakit liver akan mampu untuk melawan penyakit liver itu sendiri. Air garam ketika masuk dalam tubuh akan mampu untuk meregenerasi sel-sel hati yang rusak karena banyak alasan.

Penyakit liver adalah sebuah penyakit yang mengalami kerusakan hati. Dengan mengonsumsi air garam hangat, sel-sel hati yang rusak akibat sakit liver akan dapat beregenerasi dan membuat kita sembuh dari penyakit liver.

15. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Stress dan kecemasan berlebih dapat membuat tubuh memproduksi kortisol dan adrenalin dalam darah berlebih. Hal tersebut dapat membuat kita kesulitan tidur dan jikapun berhasil tidur, kualitas tidur kita akan buruk.

Dengan mengonsumsi air garam secara cukup dan tidak berlebihan akan mampu dan dapat mengelola tingkat hormon dalam tubuh, yang akan berdampak pada kualitas tidur yang baik dan meningkat tinggi. Jika Sedulur mengalami susah tidur, disarankan minum air garam secukupnya, dan tidak lama Sedulur akan masuk pada tidur nyenyak dengan kualitas yang baik.

16. Melawan Infeksi

Melawan Infeksi

Air garam teruji dengan kemampuannya yang dapat bertarung melawan bakteri dengan menarik kadar air dari sel-sel bakteri itu sendiri. Hal tersebut dapat menyebabkan bakteri hancur seketika.

Oleh karena itu, ketika Sedulur sedang sakit dan mengalami infeksi, sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter dan konsumsi obat-obatan, ada baiknya Sedulur melakukan terapi minum air garam terlebih dahulu. Karena garam bermanfaat untuk melawan infeksi.

17. Mengatasi Edema

Mengatasi Edema

Bagi Sedulur yang belum mengetahui apa itu edema, edema merupakan akumulasi cairan di dalam jaringan tubuh yang dapat menyebabkan tangan, pergelangan kaki, kelopak mata dan bagian tubuh lainnya jadi membengkak.

Edema tersebut dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, kehamilan, retensi garam, alergi dan penyakit serius lainnya. Dengan konsumsi air garam hangat akan sangat efektif untuk menghilangkan edema yang terjadi dalam tubuh.

Oleh karena itu, disarankan bagi Sedulur yang mengalami edema tiba-tiba, untuk mencoba meminum air garam setiap hari  secara rutin.

18. Membantu Sistem Pencernaan

Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat air garam selanjutnya adalah dapat membantu kerja sistem pencernaan. Manfaat ini bisa didapatkan disebabkan kandungan garam yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi enzim tertentu, enzim tersebut bertugas membantu sistem pencernaan dalam bekerja.

Air liur memproduksi enzim amilase. Hal ini biasa dikenal sebagai tahap awal proses pencernaan. Di dalam tubuh, air garam bisa merangsang produksi asam klorida dan enzim yang memiliki kegunaan mengurai makanan menjadi lebih lembut. Hal tersebut akan membantu kerja sistem pencernaan.

Selain itu, garam alami juga dapat membantu untuk stimulus enzim pencernaan yang berupa klorida dan protein di dalam perut. Kedua cairan enzim tersebut sangat baik bagi usus untuk membantu mengurai makanan menjadi lebih lembut.

19. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Jika Sedulur mengalami kesulitan untuk mengontrol berat badan, ada baiknya Sedulur konsumsi garam secara normal sesuai takaran, karena garam berfungsi untuk mengurangi nafsu makan. Jika kandungan garam telah banyak di dalam tubuh, nafsu makan akan semakin berkurang.

Oleh karena itu, bagi Sedulur yang kesulitan mengontrol berat badan, bisa mengonsumsi garam secara normal sesuai takara, agar nafsu makan tidak terlalu berlebihan dan berat badan dapat dikontrol dengan baik.

20. Meredakan Sariawan

Meredakan Sariawan

 Sedulur mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari garam yang satu ini, yaitu dapat meredakan sariawan. Garam sangat mampu membunuh bakteri dan virus yang ada di dalam mulut yang menyebabkan sariawan.

Dengan berkumur menggunakan air garam, sariawan yang Sedulur alami dapat reda dan sembuh dengan sendirinya. Agar hasilnya lebih maksimal, campurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air, lalu berkumurlah 2-3 kali dalam sehari hingga sariawan sembuh.

Semoga daftar manfaat dari garam yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur dan dapat membantu Sedulur memanfaatkan garam dengan baik. Beli garam yang berkualitas di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan dapur, termasuk garam dengan kualitas yang baik dan harga yang murah.

Selain sebagai bumbu dapur dan penyedap rasa, garam juga terbukti memiliki manfaat banyak dengan cara penggunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu menyediakan garam sebagai stok sangat wajib hukumnya.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako dan kebutuhan dapur. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, agar kehidupan sehari-hari dapat dijalani lebih mudah.

Hal tersebut dikarenakan Aplikasi Super berkomitmen untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Hal tersebut bisa Sedulur lihat dari setiap program yang diberikan oleh Aplikasi Super yang sangat menguntungkan.