Ketumbar merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sering digunakan dalam keperluan memasak. Dengan menggunakan ketumbar, rasa masakan pun jadi terasa lebih nikmat dengan aroma rempah yang khas.

Selain menambah cita rasa sedap pada masakan, ketumbar juga dikenal sebagai rempah dengan aroma yang menenangkan. Tak jarang juga biji ketumbar digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan aromaterapi.

Di balik fungsi utamanya sebagai bahan keperluan memasak, ketumbar juga ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, ketumbar bisa diolah dengan cara direndam dan dimanfaatkan hasil rendaman airnya. 

Cara membuat air rendaman ketumbar juga terbilang mudah dan praktis. Sedulur Super hanya perlu merendam biji ketumbar semalaman dalam wadah. Selain direndam, Sedulur juga bisa merebus ketumbar yang telah disangrai lalu meminumnya dalam keadaan hangat. 

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai segudang manfaat ketumbar untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Nutrisi dalam Ketumbar

  • Kalori 3,68 gram
  • Protein 0,341 gram
  • Karbohidrat 0,587 gram
  • Lemak 0,083 gram
  • Folat
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Provitamin A
  • Mangan
  • Potasium
  • Choline
  • Beta karoten

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

1. Mencegah Infeksi Bakteri

Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat rendaman air ketumbar ternyata mampu mencegah tubuh terserang infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki senyawa antimikroba yang bisa membantu menangkal berbagai penyakit dan infeksi yang muncul akibat makanan tidak higienis.

Selain itu, dodecenal yang merupakan salah satu senyawa dalam ketumbar mampu mencegah bakteri salmonella yang bisa menyebabkan tifus akibat keracunan makanan.

Tidak hanya menangkal bakteri saja, manfaat air ketumbar juga bisa membuat kita terhindar dari infeksi jamur pada kulit, saluran pernapasan, dan kelenjar getah bening. 

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan antioksidan yang ada pada ketumbar juga mampu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan fungsi dari antioksidan sendiri yang bisa membantu peregangan usus. 

Bahkan manfaat rendaman air ketumbar ini juga bisa mengatasi iritasi pada usus yang menyebabkan perut kembung, diare, cacingan, hingga sembelit. 

3. Menurunkan Kadar Gula Darah (Diabetes)

Menurunkan Kadar Gula Darah (Diabetes)

Menurut penelitian, biji ketumbar mampu menurunkan kadar kolesterol atau diabetes. Hal ini disebabkan adanya senyawa-senyawa dalam ketumbar yang merangsang kelenjar endokrin. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat biji ketumbar mampu mengurangi gula darah dengan mendukung aktivitas enzim yang membantu mengontrol gula dalam darah. Bahkan cara kerjanya mirip dengan proses yang ada pada obat penurun gula darah.

4. Mengobati Peradangan

Mengobati Peradangan

Ada banyak bahan alami yang mampu mengatasi peradangan, salah satunya adalah ketumbar. Kandungan antioksidan dalam ketumbar sangat ampuh mengobati peradangan pada tubuh.

Antioksidan yang ada pada ketumbar juga memperlambat pertumbuhan calon sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, paru-paru, hingga kanker usus. 

5. Mengatasi Nyeri Sendi

Mengatasi Nyeri Sendi

Persendian merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan di usia tua. Namun hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi rendaman air ketumbar yang ternyata dapat mengurangi rasa nyeri dan pegal di bagian persendian. 

Hal ini dikarenakan adanya analgesik yang terdapat pada ketumbar. Selain itu, analgesik  juga bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi dan mampu meredakan penyakit hernia.

6. Melebatkan Rambut

Melebatkan Rambut

Salah satu cara alami untuk melebatkan rambut adalah dengan menggunakan masker ketumbar. Ketumbar dikenal sebagai rempah-rempah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan alami untuk melawan radikal bebas.

Selain itu, masker ketumbar juga bisa menguatkan akar rambut, sehingga rambut jadi tidak mudah rontok. 

7. Mengatasi Wasir atau Ambeien

Mengatasi Wasir atau Ambeien

Selain bisa meredakan nyeri sendi dan nyeri gigi, sifat analgesik pada ketumbar juga ternyata mampu mengatasi ambeien atau wasir. Penyebab munculnya wasir umumnya disebabkan karena adanya konstipasi dan sembelit, kedua hal tersebut dapat dicegah menggunakan rendaman air ketumbar.

8. Mengontrol Kadar Kolesterol

Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat ketumbar yang juga tak kalah istimewa adalah ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi yang berisiko menyebabkan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi air rendaman ketumbar, kadar kolesterol dalam darah pun bisa jadi lebih terkontrol.

Mengapa kadar kolesterol dalam tubuh penting untuk dikontrol? Karena kolesterol bisa membuat peredaran darah terhambat sehingga mengganggu fungsi jantung. 

9. Menjaga Daya Ingat

Menjaga Daya Ingat

Penyakit Demensia seperti Parkinson dan Alzheimer sangat erat kaitannya dengan funsi otak. Ketumbar dikenal dengan sifat anti inflamasi, yang berfungsi mengoptimalkan fungsi kerja otak, sehingga bisa terhindar dari penyakit pikun. 

Bahkan sebuah studi juga mengungkapkan bahwa ketumbar berperan penting dalam menurunkan tingkat risiko terkena Alzheimer. 

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menjaga imunitas tubuh itu penting di saat kondisi pandemi seperti sekarang. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh alami adalah dengan mengonsumi ketumbar. Antioksidan di dalam setiap biji ketumbar mampu mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh. 

Siapa sangka selain menambah rasa lezat pada masakan, ketumbar juga bisa mencegah tubuh dari serangan berbagai virus. 

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatkan Nafsu Makan

Ramuan ketumbar ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi kurangnya nafsu makan. Bahkan di Iran, sebagian orang masih menggunakan ekstrak ketumbar sebagai pengobatan tradisional untuk menambah berat badan dengan meningkatkan nafsu makan.

12. Meredakan Kecemasan

Meredakan kecemasan

Ketumbar bisa digunakan sebagai bahan dalam membuat aromaterapi. Aroma yang dikeluarkan ternyata mampu membuat siapapun yang menciumnya menjadi lebih rileks dan merasa tenang, terutama bagi orang yang mengalami kecemasan berlebih.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan fakta bahwa ekstrak biji ketumbar hampir sama fungsinya dengan Diazepam, yang merupakan obat untuk mengatasi kecemasan.

13. Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan Pori-Pori

Merasa terganggu dengan pori-pori besar di wajah? Jangan khawatir, Sedulur bisa menggunakan ketumbar sebagai obat alami untuk mengecilkan pori-pori. Caranya dengan mencampurkan bubuk ketumbar dengan air, lalu oleskan pada area wajah. Diamkan masker ketumbar sampai kering, lalu bilas menggunakan air hangat. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sedulur bisa melakukan cara ini secara rutin setiap minggu. Pori-pori wajah pun mengecil tanpa perlu perawatan mahal. 

Itulah berbagai manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh. Kini sudah tau kan betapa banyaknya khasiat di balik biji ketumbar. Nah, jika Sedulur ingin membeli ketumbar halus untuk kebutuhan memasak, bisa langsung membelinya melalui Aplikasi Super. Lewat aplikasi sembako murah ini, Sedulur bisa belanja kebutuhan dapur lainnya dengan harga terjangkau.

Fitur-fitur yang ditawarkan di Aplikasi Super juga sangat memudahkan para Sedulur untuk memenuhi kebutuhan sembako sehari-hari. Mulai dari bumbu dapur, minyak goreng, beras, aneka frozen food, dan masih banyak lagi.

Ada banyak keuntungan melimpah yang bisa didapatkan Sedulur saat berbelanja di Aplikasi Super. Salah satunya kemudahan dalam berbelanja dan bahan-bahan sembako yang lengkap dengan harga yang murah sehingga sedulur bisa mendapatkan keuntungan melimpah dengan saat berbelanja di Super.

Selain menyediakan berbagai kebutuhan sembako, Aplikasi Super juga menyediakan fitur pembayaran online untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pembayaran listrik pascabayar dan prabayar, pulsa internet, PDAM, dan BPJS Kesehatan.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum download aplikasinya, yuk langsung buka Play Store untuk mendownload Aplikasi Super. Segera dapatkan keuntungan yang melimpah dengan berbelanja di Aplikasi Super.