Simak dan pelajari resep es pisang ijo di bawah ini, agar kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bagi Sedulur yang sangat menyukai es pisang ijo namun bosan dengan pisang ijo yang dijual, Sedulur tidak usah khawatir, karena terdapat berbagai resep es pisang ijo yang bisa Sedulur buat sendiri. Mulai dari resep es pisang ijo spesial, resep es pisang ijo khas Makassar yang berbeda hingga kreasi resep membuat es pisang ijo lainnya.

Artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai macam resep es pisang ijo paling enak. Mengingat di tengah musim kemarau saat ini, mengatahui cara membuat dan resep es pisang ijo enak adalah sebuah keuntungan. Karena Sedulur bisa bebas membuatnya kapan saja, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya.

Yuk, mari langsung saja kita simak daftar resep es pisang ijo yang bisa kita buat sendiri di rumah.

-->

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Es Kopi Susu di Rumah, Bikin Nagih

Daftar Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar yang Lezat dan Menyegarkan

1. Es Pisang Ijo Lembut

Es Pisang Ijo Lembut

Resep es pisang ijo yang pertama adalah es pisang ijo lembut. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep es pisang ijo lembut adalah:

  • 8 buah pisang raja yang telah dikukus selama 10 menit lalu kupas
  • 150 gram tepung terigu
  • 300 ml santan kental
  • 3 tetes pasta pandan
  • 150 gram tepung beras
  • 60 gram gula pasir
  • 250 ml air perasan daun pandan

Setelah bahan di atas disediakan, jangan lupa juga menyediakan bahan untuk membuat vla, yang terdiri dari:

  • 500 ml santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram tepung beras
  • 2 ikat daun pandan
  • Setengah sdt garam

Cara membuatnya, pertama haluskan pandan dengan menggunakan air secukupnya, lalu blender dan peras sambil disaring. Kemudian tambahkan santan kental, tepung beras, tepung terigu ke dalam air perasan pandan. Aduk rata hingga menggumpal. Kemudian tambahkan gula dan pasta pandan lalu aduk rata kembali. Kukus adonan selama 20 menit.

Setelah matang dikukus, ambil adonan sekitar satu sendok, lalu uleni dan bentuk pipih, masukkan pisang yang telah dikukus dan lalu guling. Kukus kembali selama 10 menit. Angkat dan tiriskan. Setelah itu membuat vla dari bahan campuran yang telah disediakan. Cara membuatnya sangat mudah, tinggal mencampurkan semua bahan dan didihkan hingga mengental.

Resep es pisang ijo pun telah selesai dilakukan dan siap untuk disantap.

2. Es Pisang Ijo Keju

Es Pisang Ijo Keju

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es pisang ijo satu ini adalah

  • 50 gram tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 6 buah pisang raja matang
  • 175 gram tepung beras, ayak
  • 100 ml air daun suji
  • 300 ml air.

Setelah bahan terkumpul, siapkan bahan tambahan lain sebagai pelengkap, yaitu susu kental manis, keju, sirup, meses coklat dan es serut. Buat adonan untuk membalut pisang dengan bahan di atas. Setelah adonan siap, uleni dan bentuk pipih, masukkan pisang di atas adonan dan kukus selama 10 menit.

Lalu siapkan serutan es dan sirup. Masukkan pisang dan taburi dengan keju dan meses coklat. Jika berkenan, Sedulur bisa menambahkan susu kental manis untuk menambah rasa es pisang ijo agar semakin manis dan nikmat.

3. Es Pisang Ijo Khas Makassar

Es Pisang Ijo Khas Makassar

Kali ini resep es pisang ijo yang berasal dari tempat asal mula es pisang ijo, yaitu Makassar. Cara membuat es pisang ijo khas Makassar pertama adalah membuat bahan kulit terlebih dahulu. Pertama haluskan pandan dengan blender, lalu gunakan airnya setelah ampas pandan disaring. Tambahkan tepung beras, tepung terigu, santan kental, gula pasir dan lalu aduk hingga membentuk adonan.

Bentuk adonan hingga pipih, lalu masukkan pisang raja ke dalam adonan, dan kukus selama 20 menit. Sambil menunggu matang, siapkan vla dengan bahan yang terbuat dari susu kental manis, tepung beras, garam, dan gula pasir. Rebus hingga mendidih dan mengental, masukkan daun pandan dan terus diaduk rata hingga vla mengental.

Angkat adonan pisang ijo, dan siram dengan adonan vla yang telah siap. Sedulur juga bisa menambahkan pisang ijo dengan sirup pisang ambon dan menambah es batu juga susu kental manis. Es pisang ijo khas Makassar pun siap dinikmati.

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Jus Buah Rumahan

4. Es Pisang Ijo Pelangi

Es Pisang Ijo Pelangi

Cara membuat resep es pisang ijo pelangi satu ini sama dengan membuat es pisang ijo lainnya. Hanya saja perbedaanya, penggunaan pewarna makanan dalam membuat adonan pisang ijo, gunakan beberapa pewarna makanan, seperti warna kuning, merah, dan biru.

Setelah pisang ijo beraneka warna tersebut matang, masukkan es pisang ijo dalam wadah, siram dengan vla. Dan bisa ditaburi dengan keju atau kacang tanah. Es pisang ijo pelangi pun telah siap dinikmati untuk menghilangkan dahaga.

5. Es Pisang Ijo Oatmeal

Es Pisang Ijo Oatmeal

Untuk membuat resep es pisang ijo satu ini, jangan lupa untuk menyiapkan oatmeal dan bahan lainnya yaitu:

  • 4 sdm quaker oat warna merah
  • Seperempat buah buah naga
  • 1 buah pisang
  • Setengah kotak susu low fat
  • Sedikit pasta pandan

Cara membuatnya adalah masukkan dua sendok makan oat dan tambah air panas, lalu tambahkan pasta pandan dan aduk rata. Tambah 2 sendok makan oatmeal kembali dan aduk adonan hingga kalis, dan ratakan dengan plastik.

Simpan pisang di atas adonan dan gulung kemudian cetak menggunakan tangan. Kukus selama 10 menit dan setelah matang tiriskan dan lalu potong-potong. Siapkan wadah, tata pisang ijo yang telah dipotong-potong, siram dengan susu low fat, dan tambahkan batu es dan hiasi dengan potongan buah naga agar es pisang ijo satu ini semakin berwarna.

6. Es Pisang Ijo Oreo

Es Pisang Ijo Oreo

Resep es pisang ijo lainnya yang bisa dengan mudah kita buat adalah es pisang ijo oreo. Bahan yang dibutuhkan adalah

  • Pasta pandan secukupnya
  • 2 sdm peres tepung beras
  • 200 gram tepung terigu
  • Pisang raja yang matang
  • Oreo yang telah dibubukan
  • 500 ml santan
  • 2 sdm minyak sayur

Siapkan juga beberapa bahan untuk membuat bubur sumsum yaitu:

  • 1 bungkus kara
  • 600 ml santan
  • 2 sdm munjung tepung beras
  • 1 bungkus vanili
  • Setengah sdt garam
  • 3 sdm gula pasir
  • Sirup cocopandan

Cara pertama adalah siapkan teflon untuk mendadar bahan kulit pisang ijo. Buat adonan pisang ijo dari tepung beras, tepung terigu, santan aduk hingga halus dan merata. Dadar adonan menggunakan teflon dan setelah matang tiriskan adonan. Masukkan pisang dan bubuk oreo ke dalam adonan dan bungkus menggunakan plastik lalu kukus selama 10 menit.

Selanjutnya buat bubur sumsum dengan bahan yang tersedia di atas. Setelah bubur sumsum selesai, siapkan pisang ijo oreo yang telah dikukus, masukkan ke dalam wadah, lalu siram dengan bubur sumsum dan tambahkan air es. Tambahkan juga sirup untuk membuat rasa menjadi lebih manis dan warna bubur sumsum menjadi lebih sempurna.

7. Es Krim Pisang Ijo

Es Krim Pisang Ijo

Salah satu resep es pisang ijo yang paling mudah dibuat adalah es krim pisang ijo. Sedulur hanya perlu menyiapkan pisang ijo sebagaimana cara dan resep yang telah diulas di atas. Lalu beli es krim, bisa merk apapun sesuai selera.

Siapkan wadah, masukkan potongan es pisang ijo, lalu masukkan es krim sesuai selera. Siram dengan sirup dan tambahkan susu kental manis dan juga taburan meses coklat. Es krim pisang ijo pun siap dinikmati. Sajian ini sangat cocok menemani buka puasa bagi yang tidak ingin menu yang ribet.

Semoga daftar resep es pisang ijo di atas bisa membantu Sedulur yang ingin membuat Es pisang ijo, Berikut ini adalah tips memilih pisang yang akan digunakan dalam membuat es pisang ijo agar tidak gagal dalam proses pembuatan es pisang ijo.

8. Jenis Pisang dalam Es Pisang Ijo

Jenis Pisang dalam Es Pisang Ijo

Banyak jenis pisang yang bisa digunakan dalam membuat resep es pisang ijo, jenis pisang yang paling umum digunakan adalah pisang ambon, pisang tanduk, pisang raja, pisang kepok, pisang nangka, dan pisang susu.

Tekstur dan rasa dari keenam jenis pisang di atas sangat cocok untuk dijadikan dalam bahan membuat es pisang ijo. Karena jenis pisang lain tidak sesuai, entah akan menjadi terlalu lembek, atau akan hancur ketika dikukus. Jadi, berhati-hati memilih jenis pisang yang digunakan yaa.

9. Beli Bahan Membuat Es Pisang Ijo di Aplikasi Super

Beli Bahan Es Pisang Ijo di Aplikasi Super

Agar dapat lebih mudah dan lebih murah mendapatkan bahan untuk membuat resep es pisang ijo, Sedulur bisa mendapatkannya dengan membeli di Aplikasi Super. Di Aplikasi Super berbagai macam jenis kebutuhan tersedia lengkap, mulai dari sembako, buah-buahan, sayuran, daging, hingga makanan beku.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja kebutuhan sehari-hari. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Terutama, di tengah kondisi pandemi virus corona seperti saat ini, membeli sembako di rumah aja merupakan salah satu yang dianjurkan oleh pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona. Aplikasi Super menyediakan layanan antar barang dengan biaya ongkos kirim gratis. Hal tersebut tentu saja akan sangat menguntungkan.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Jangan lupa download Aplikasi Super bagi Sedulur Super yang belum download aplikasinya. Segera gunakan Aplikasi Super untuk kulak sembako dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan keuntungan dan manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk memudahkan Sedulur dalam melengkapi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.

Klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, kenali Aplikasi Super lebih dekat, dan pelajari cara daftar dan menggunakan Aplikasi Super agar Sedulur bisa berkemungkinan mendapatkan keuntungan super melimpah.