Banyak manfaat daging sapi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yuk mari kita simak penjelasannya.

Salah satu sumber protein untuk tubuh manusia didapat dari mengkonsumsi daging sapi. Daging sapi merupakan sumber protein tinggi yang juga memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Hampir sebagian banyak masyarakat Indonesia merupakan pemakan daging sapi.

Selain nikmat dan lezat, daging sapi juga memiliki sejumlah manfaat. Mulai dari manfaat daging sapi untuk ibu hamil, manfaat daging sapi untuk anak dan manfaat daging sapi bagi kesehatan secara keseluruhan. Hal tersebut disebabkan karena manfaat dan kandungan gizi daging sapi sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menjadi lebih sehat.

Artikel kali ini akan membahas berbagai manfaat makan daging sapi, yang dibutuhkan oleh manusia dalam berbagai kondisi. Yuk, tanpa berlama-lama, langsung saja kita simak penjelasan berbagai manfaat daging sapi di bawah ini.

-->

Baca Juga: 15 Resep dan Cara Buat Rendang Daging Dijamin Empuk & Enak

Daftar Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan dan Stamina Tubuh

1. Mempertahankan Massa Otot

Mempertahankan Massa Otot

Protein merupakan nutrisi utama yang membuat massa otot tubuh dapat bertahan dalam kondisi yang prima. Mengkonsumsi daging sapi secara rutin dapat membantu mempertahankan massa otot tubuh dalam kondisi terbaiknya.

Seiring bertambahnya umur dan usia, manusia pasti mengalami perubahan bentuk tubuh. Perubahan bentuk tubuh ini semakin berumur semakin mengarah pada bentuk yang tidak sehat, katakan seperti perut buncit, otot bergelambir dan penimbunan massa lemak lainnya.

Hal tersebut dapat dicegah dengan berolahraga secara rutin dan mempertahankan asupan protein yang cukup dari konsumsi daging sapi secara rutin. Karena manfaat daging sapi dapat mempertahankan massa otot dan mencegah tubuh berubah menjadi tidak sehat.

2. Meningkatkan Kinerja Otot

Meningkatkan Kinerja Otot

Bukan hanya dapat mempertahankan massa otot, namun dengan mengkonsumsi daging sapi secara rutin juga dapat meningkatkan kinerja otot menjadi lebih baik lagi. Manfaat daging sapi satu ini disebabkan oleh senyawa carnosine yang terdapat dalam daging sapi dan sangat berperan penting bagi fungsi otot.

Carnosine dapat dibentuk dalam tubuh dari beta alanine dan asam amino yang banyak ditemukan pada daging sapi dan daging ikan. Dengan mengkonsumsi daging sapi secara rutin dapat memenuhi kebutuhan beta alanine untuk meningkatkan kadar carnosine dalam otot yang akan meningkatkan kinerja otot tubuh itu sendiri.

Bagi Sedulur yang memiliki pekerjaan berkaitan dengan penggunaan otot dan tenaga, sangat disarankan untuk konsumsi daging sapi secara rutin, karena memiliki carnosine tinggi pada otot dapat mempertahankan kerja otot dan mencegah kelelahan dini..

3. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

Manfaat daging sapi yang dipercaya oleh masyarakat secara umum adalah dapat mencegah anemia. Hal tersebut juga setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, kebenarannya memang terbukti dan tidak dapat dibantahkan lagi.

Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang paling umum sering diderita oleh masyarakat. Manfaat daging sapi adalah menyediakan sumber zat besi yang cukup bagi tubuh. Selain itu, manfaat daging sai juga dapat membantu penyerapan zat besi yang berasal dari sumber asupan nabati.

Dengan mengkonsumsi daging sapi secara rutin dapat meningkatkan kandungan zat besi secara efektid dan juga sekaligus mencegah anemia yang akan diderita oleh tubuh.

Baca Juga: 20+ Manfaat Kentang Untuk Kesehatan & Kecantikan

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes merupakan manfaat daging sapi selanjutnya. Kandungan asam linoleat akan terkonjugasi dalam daging sapi yang dapat meningkatkan fungsi insulin lebih sensitif.

Selain itu, daging sapi juga memiliki senyawa yang disebut L-Carnitine, sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa asupan L-carnitine dapat membantu memperbaiki kadar glukosa dan profil kolesterol keseluruhan pada setiap pasien penderita diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, untuk mencegah diabetes bisa didapatkan dari mengkonsumsi daging sapi secara rutin, karena manfaat daging sapi yang memiliki senyawa yang dapat mencegah diabetes lebih parah.

5. Mempertahankan Berat Tubuh Ideal

Mempertahankan Berat Tubuh Ideal

Kandungan senyawa asam linoleat yang terkonjugasi dan kandungan l-carnitine dapat mempertahankan berat tubuh ideal. Hal ini sekaligus mematahkan mitos bahwa mengkonsumsi daging sapi dapat meningkatkan berat tubuh, bukan sebaliknya.

Hal ini justru akan tidak berlaku jika kita mengkonsumsi lemak sapi dan jeroannya. Lemak dan jeroan sapi mengandung kadar lemak tinggi yang dapat meningkatkan berat tubuh dan juga merusak bentuk tubuh yang ideal.

Selain itu, kandungan lemak jahat dalam lemak dan jeroan sapi juga akan sangat berbahaya bagi tubuh, bisa memicu berbagai penyakit kronis, termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan stroke. Disarankan konsumsi daging sapi secara utuh, tanpa mengkonsumsi lemak dan jeroannya, agar berat badan tetap ideal dan tubuh pun tetap sehat.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak jenuh dalam lemak dan jeroan sapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, kita bisa mendapatkan manfaat lebih maksimal untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak.

Karena daging sapi murni tanpa lemak memiliki kandungan vitamin B kompleks dan antioksidan yang terkandung yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Biasakan konsumsi daging sapi tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

7. Sumber Vitamin B Kompleks

Sumber Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks memang terbukti memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Vitamin B kompleks juga dibutuhkan untuk menjaga kinerja tubuh agar bekerja sesuai fungsinya.

Sumber vitamin B Kompleks yang tinggi adalah daging sapi, sistem saraf, sistem pencernaan dan kesehatan kulit juga kesehatan mata dapat dipertahankan dengan baik ketika membutuhkan asupan vitamin B kompleks.

Dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks, kesehatan mata, kesehatan kulit, sistem pencernaan dan kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik.

8. Sumber Antioksidan

Sumber Antioksidan

Kandungan daging sapi seperti glutathione merupakan senyawa utama yang dibutuhkan sebagai antioksidan dalam tubuh. Manfaat glutathione dapat berfungsi dengan baik untuk mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Dengan memiliki sumber antioksidan yang cukup dari kandungan daging sapi,  manfaat daging sapi dapat lebih berperan untuk kesehatan tubuh. Terutama bagi yang tinggal di kota besar dengan polusi yang tinggi, memiliki antioksidan merupakan sebuah keharusan.

9. Manfaat Daging Sapi untuk Ibu Hamil

Manfaat Daging Sapi untuk Ibu Hamil

Bagi para ibu hamil, manfaat daging sapi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa di antara manfaat daging sapi untuk ibu hamil adalah pertama sebagai sumber protein alami, kedua dapat membentuk sel darah merah untuk janin, ketika dapat meningkatkan kekebalan tubuh, keempat dapat berperan penting sebagai sumber energi.

Ibu hamil membutuhkan pasokan nutrisi dan energi yang lebih , hal ini sangat baik untuk kesehatan janin selama masa hamil. Dengan keempat manfaat daging sapi yang telah dijelaskan di atas, ibu hamil akan bisa menjaga kesehatannya dan kesehatan janin itu sendiri hingga proses kelahiran.

10. Manfaat Daging Sapi untuk Anak

 Daging Sapi untuk Anak

Manfaat daging sapi terakhir adalah dapat menjadi asupan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Mafaat daging sapi untuk anak adalah dapat berperan sebagai protein dan lemak untuk pertumbuhan, zat besi untuk pembentukan sel darah merah yang juga dapat mencegah kekurangan zat besi dalam masa pertumbuhan.

Anak-anak merupakan usia yang sedang membutuhkan banyak asupan gizi untuk kepentingan pertumbuhan. Dengan rutin memberikan asupan, akan sangat baik untuk masa pertumbuhan anak, dan anak akan terhindar dari risiko kelainan dari pertumbuhan yang diakibatkan kekurangan asupan gizi.

Daftar manfaat daging sapi di atas bisa muncul dikarenakan oleh kandungan yang sangat baik yang terdapat dalam daging sapi. Berikut beberapa kandungan daging sapi yang berperan penting dalam peningkatan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh:

  • Kalori: 176
  • Air: 69,5 g
  • Protein: 20 g
  • Karbohidrat: 0
  • Gula: 0
  • Serat: 0
  • Lemak: 10 g
  • Kolesterol: 65 mg
  • Vitamin B2: 0,2 mg
  • Vitamin B3: 5,1 g
  • Vitamin B6: 0,4 mg
  • Folat: 6,0 mcg
  • Vitamin B12: 2,2 mcg
  • Zat besi: 2,2 mg
  • Magnesium: 20 mg
  • Fosfor: 184 mg
  • Kalium: 321 mg
  • Sodium: 66 mg
  • Zinc: 4,8 mg
  •  Selenium: 16,6 mcg

Kandungan daging sapi di atas merupakan kandungan daging sapi mentah sebelum adanya proses perubahan yang terjadi saat pengolahan, perubahan dapat terjadi pada jumlah nutrisi setelah daging sapi diolah.

Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral yang telah dipaparkan dalam poin di atas, daging sapi juga memiliki kandungan zat bioaktif dan juga antioksidan yang tentunya juga tidak kalah baik untuk menjaga asupan untuk kesehatan tubuh. Senyawa yang kandungannya cukup banyak dalam daging sapi meliputi creatine, carnosine, taurine, glutathione, dan asam linoleat terkonjugasi.

Dengan berbagai manfaat daging sapi yang telah dijelaskan di atas, sudah pasti kita harus menyediakan daging sapi sebagai stok makanan utama di rumah. Karena kita bisa memberikan asupan yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara mudah untuk mendapatkan daging sapi dengan kualitas tinggi dan higienitas yang terjamin yaitu dengan membeli daging sapi di Aplikasi Super. Saat ini Aplikasi Super telah menyediakan kategori makanan beku dengan kualitas terbaik.

Salah satu makanan beku yang tersedia di Aplikasi Super dan juga banyak dibeli oleh Sedulur Super adalah daging sapi. Membeli makanan beku di Aplikasi Super akan memberikan keuntungan karena harga makanan beku di Aplikasi Super dijamin super murah dibandingkan di tempat lain.

Selain itu, menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja makanan beku saja. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super merupakan platform digital yang memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal tersebut yang menjadi dasar pemilihan sembako yang menjadi objek utama dari Aplikasi Super.

Namun tidak selesai hanya dengan sembako dan makanan beku saja, Aplikasi Super juga melebarkan pelayanannya dengan menyediakan fitur pembayaran online untuk setiap kebutuhan, seperti membeli pulsa, internet dan membayar tagihan online lainnya.

Klik di sini untuk mengenal lebih jauh tentang Aplikasi Super. Bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super, segera download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan sehari-hari.