Lumpia merupakan camilan dari Semarang yang memiliki varian aneka resep lumpia yang nikmat.

Banyak masyarakat yang mencari tahu resep lumpia Semarang, hal tersebut dikarenakan Semarang merupakan daerah asal dari camilan lumpia berasal. Mulai dari  resep lumpia sayur,  resep lumpia bihun,  resep lumpia ayam hingga resep lumpia udang.

Lumpia merupakan camilan yang paling banyak varian dan mudah dikreasikan. Hingga akhirnya muncul resep lumpia basah, varian lain dari resep lumpia goreng. Artikel kali ini akan membahas  resep dan cara membuat kulit lumpia dengan berbagai isian yang menarik.

Yuk, langsung saja kita simak penjelasan apa saja resep lumpia, bahan dan cara membuatnya di bawah ini. Karena lumpia merupakan camilan yang bisa kita nikmati kapan saja dengan ditemani minuman apapun.

-->

Baca Juga: 20+ Manfaat Kentang Untuk Kesehatan & Kecantikan

Daftar Resep Lumpia Spesial yang Paling Enak dan Mudah Dibuat

1. Lumpia Isi Ayam

Lumpia Isi Ayam

Resep lumpia yang pertama adalah lumpia isi ayam, bahan yang diperlukan membuat resep lumpia satu ini adalah kulit lumpia, daging ayam yang telah disuwir, tauge, wortel, daun bawang dan bumbu perasa seperti garam, gula dan penyedap rasa.

Cara pertama membuatnya adalah menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari 10 siung bawang merah dan bawang putih yang ditambah dengan bubuk merica. Tumis bumbu halus, masukan ayam suwir, wortel, tauge, daun bawang dan tumis hingga masak.

Siapkan kulit lumpia, isi dengan ayam dan sayuran yang telah ditumis dan gulung. Lalu goreng lumpia hingga kering dan angkat lalu tiriskan. Lumpia isi ayam pun telah rampung dan siap dinikmati.

2. Lumpia Isi Daging

Lumpia Isi Daging

Resep lumpia selanjutnya adalah lumpia isi daging, sama seperti resep lumpia pertama, bahan yang penting dan dibutuhkan adalah bahan untuk isiannya. Pertama daging sapi giling, wortel, jagung manis, tauge dan jamur kuping. Tumis dan masak terlebih dahulu bahan isiannya hingga masak.

Setelah itu, siapkan kulit lumpia, lalu memasukkan isian ke atas kulit lumpia lalu gulung dan goreng lumpia hingga matang. Lumpia isi daging pun siap dinikmati dan resep lumpia satu ini pun telah selesai dilakukan.

3. Lumpia Isi Udang

Lumpia Isi Udang

Selanjutnya adalah lumpia isi udang yang akan sangat menggugah selera para pecinta kuliner daging laut. Bahan isian yang diperlukan adalah udang yang telah dihaluskan, dicampur dengan wortel, tauge dan bawang merah dan bawang putih. Setelah isian udang matang, langsung masukkan ke dalam kulit lumpia.

Gulung kulit lumpia dan goreng hingga kering. Hati-hati terlalu kering akan membuat kulit lumpia gosong dan akan merubah rasa lumpia menjadi tidak begitu nikmat lagi. Jika ingin aman, buat dengan 3 lapisan kulit lumpia, agar ketika digoreng kulit lumpia tidak mudah gosong.

4. Lumpia Isi Tahu dan Udang

Lumpia Isi Tahu dan Udang

Resep lumpia selanjutnya menggunakan tahu dan udang sebagai isiannya. Jika ditambah dengan wortel, akan semakin menambah rasa isian lumpia menjadi lebih nikmat dan menarik. Setelah isian tahu dan udang lumpia masak, tinggal masukan isian ke dalam kulit lumpia.

Bentuk lumpia sesuai selera, dan goreng lumpia hingga kering dan kriuk. Setelah matang, resep lumpia isi tahu dan udang pun siap untuk disajikan.

Baca Juga: 15 Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk Dan Nagih

5. Lumpia Isi Bengkoang

Lumpia Isi Bengkoang

Resep lumpia satu ini menggunakan bengkoang yang dicampur dengan udang ebi sebagai isiannya. Tumis bawang merah dan bawang putih, lalu masukan bengkuang dan ebi. Aduk hingga matang dan beri garam, gula dan penyedap rasa.

Setelah isian masak, masuk dan gulung ke dalam kulit lumpia. Dan goreng kembali lumpia hingga kering dan siap disajikan. Hati-hati jangan sampai lumpia gosong, gunakan saja api kecil untuk menggoreng lumpia isi bengkoang ini.

6. Lumpia Isi Tape

Lumpia Isi Tape

Tape merupakan fermentasi dari singkong yang menggunakan ragi yang memiliki rasa yang manis dan enak. Jika bosan membuat lumpia asin, tapi bisa menjadi pilihan untuk membuat camilan resep lumpia manis.

Sediakan tape yang telah dihancurkan dan halus. Masukan tape ke dalam kulit lumpia. Jika ingin memiliki rasa yang gurih, tambahkan keju dalam kulit lumpia beserta dengan tape. Goreng lumpia hingga kering dan kriuk. Lumpia pun siap disajikan dan dinikmati dengan segelas kopi panas.

7. Lumpia Isi Pisang Coklat

Lumpia Isi Pisang Coklat

Bukan hanya tape yang bisa digunakan sebagai isian resep lumpia manis. Pisang dan coklat juga bisa menjadi pilihan lain. Di beberapa daerah, lumpia pisang coklat dikenal dengan nama picok lumer atau pisang coklat lumer.

Siapkan pisang dan coklat dan masukan ke dalam kulit lumpia. Gulung serapih mungkin, dan goreng kulit lumpia hingga kering dan coklat mencair. Ketika telah matang, lumpia siap disajikan dan dinikmati. Resep lumpia pisang coklat pun selesai dibuat.

Ketika pada gigitan pertama, coklat dalam isian lumpia akan lumer dan menggugah selera. Oleh karena itu oleh sebagai masyarakat dikenal dengan nama pisang coklat lumer.

8. Lumpia Isi Nangka

Lumpia Isi Nangka

Buah nangka yang belum terlalu matang bisa dijadikan isian lumpia manis. Banyak resep lumpia manis yang bisa dicoba dan dimasak sendiri di rumah. Potong dan bersihkan nangka hingga nangka bersih dari getahnya. Karena getah nangka terkenal sangat lengket.

Masukan nangka ke dalam kulit lumpia dan gulung kulit lumpia. Kita bebas berkreasi, nangka bisa ditambahkan dengan keju atau coklat. Lalu goreng lumpia hingga kering dan kriuk. Resep lumpia isi nangka pun telah siap dinikmati dan disajikan sebagai camilan sore hari.

9. Lumpia Isi Kentang Sayur

Lumpia Isi Kentang Sayur

Resep lumpia asin lainnya yaitu menggunakan kentang sayur. Buat terlebih dahulu isiannya yaitu kentang sayur. Tumis bawang merah, bawang putih, dan masukkan wortel, kol, dan kentang yang telah diiris dengan bentuk korek api. Masak hingga matang dengan rasa sesuai selera.

Lalu masukan kentang sayur tersebut ke dalam kulit lumpia. Bentuk sesuai selera, bisa dengan ukuran yang besar, atau ukuran kecil sesuai selera. Goreng lumpia dengan api kecil karena kulit lumpia akan sangat mudah matang dan rawan gosong.

10. Lumpia Isi Bihun

Lumpia Isi Bihun

Apakah Sedulur pernah membuat tumis sayur bihun? Atau membuat bihun sayur goreng? Jika pernah, menu bihun tersebut bisa dijadikan isi lumpia. Masukan bihun sayur atau buhun goreng sayur kedalam lumpia, dan gulung lalu goreng hingga lumpia kering.

Lumpia isi bihun pun di beberapa daerah dikenal dengan nama kroket yang biasa dijual oleh penjual gorengan bersama dengan bakwan, tahu dan juga pisang goreng.

11. Lumpia Telur

Lumpia Telur

Resep lumpia satu ini hampir sama dengan martabak telur. Namun jika martabak telur menggunakan bahan yang berbeda untuk kulitnya, kali ini menggunakan lumpia sebagai kulitnya. Untuk membuatnya kita siapkan telur yang ditambah dengan daun bawang.

Jika ingin lebih nikmat lagi bisa ditambahkan dengan tahu atau daging ayam. Kocok telur bersama dengan daun bawang, tahu atau ayam. Masukan ke dalam kulit lumpia dan goreng hingga matang. Resep lumpia satu ini siap untuk dinikmati.

12. Lumpia Isi Mie Goreng

Lumpia Isi Mie Goreng

Yang menjadi isian resep lumpia kali ini adalah lumpia mie goreng. Kita tinggal membuat mie goreng terlebih dahulu, bebas merk apapun. Tergantung selera kita lebih menyukai mie goreng dari merk apa. Usahakan mie goreng jangan terlalu matang, jika bisa mie goreng pun masih keras tidak masalah.

Masukan mie goreng ke dalam lumpia, dan gulung. Kita bisa bebas menentukan ukuran lumpia, jika ingin isian mie yang banyak, berarti ukuran lumpia pun akan semakin besar. Selanjutnya tinggal menggoreng lumpia hingga matang.

13. Lumpia Isi Rebung

Lumpia Isi Rebung

Lumpia khas Semarang memiliki isian rebung. Seperti yang telah diulas di atas, bahwa lumpia merupakan camilan khas Semarang. Siapkan rebung bersama dnegan daging ayam cincang sebagai isian. Masak dengan cara ditumis, jika menyukai pedas, bisa ditambah cabai rawit sesuai selera.

Setelah rebung dan ayam cincang matang, masukkan ke dalam kulit lumpia dan goreng lumpia hingga matang. Resep lumpia satu ini pun telah selesai dibuat. Membuat camilan resep lumpia memang tidak begitu sulit. Bahkan sangat mudah, menyiapkan isiannya pun tidak sulit karena lumpia goreng merupakan camilan paling simpel untuk dibuat.

14. Lumpia Isi Kacang Ijo

Lumpia Isi Kacang Ijo

Salah satu resep lumpia manis lainnya, yaitu menggunakan kacang ijo sebagai isian. Membuat isian kacang ijo, seperti membuat bubur kacang ijo. Namun tidak menggunakan santan. Rebus kacang ijo dan tambahkan gula Jawa sesuai selera. Rebus hingga kacang ijo matang dan gula menyerap pada kacang ijo.

Selanjutnya masukan kacang ijo ke dalam gulungan lumpia, dan goreng lumpia hingga kering dan kriuk. Lumpia isi kacang ijo merupakan salah satu resep lumpia yang menyehatkan, karena kacang ijo mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

15. Lumpia Sayur

Lumpia Sayur

Jika pada resep lumpia sebelumnya sayur seperti kol, wortel, tauge menjadi isian untuk menemani daging dan udang, kali ini sayuran tersebut menjadi isian utama. Cara membuatnya tinggal ditumis dan diberi bumbu perasa. Tidak usah hingga masak sempurna juga tidak masalah, karena ketika digoreng sayuran pun akan menjadi masak.

Masukan isian sayur ke dalam lumpia dan gulung lumpia hingga sempurna. Goreng lumpia dengan api kecil, agar menghindari lumpia gosong dan tidak enak dimakan.

16. Lumpia Isi Ikan Kakap

Lumpia Isi Ikan Kakap

Resep lumpia selanjutnya adalah menggunakan ikan kakap sebagai isian. Pertama buat dulu isiannya dengan menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah dan putih sampai harum, beri sedikit air. Masukkan ikan kakap, bisa ditambah dengan wortel atau kol.

Jangan lupa untuk menambahkan kaldu sapi bubuk, gula dan garam, taburi 1 sdm tepung terigu. Aduk-aduk sampai matang dan angkat lalu tiriskan. Selanjutnya menyiapkan kulit lumpia lalu masukan isian ikan kakap. Lipat sisi kiri kanan kulit lumpia dan goreng hingga kuning keemasan. Lumpia isi ikan kakap pun siap disajikan.

Resep lumpia isi ikan kakap ini juga bisa dijadikan lauk makan, jika sekiranya lumpia ikan kakap kurang mengenyangkan dan tidak cukup menjadi camilan saja.

17. Lumpia Panggang Isi Bihun

Lumpia Panggang Isi Bihun

Berbeda dengan lumpia sebelumnya, resep lumpia satu ini tidak digoreng melainkan dipanggang. Cara membuatnya yang pertama adalah campur tepung terigu, tepung beras dan garam dan lada lalu masukkan telur dan lanjut tuang bahan cair sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga adonan rata dan licin. Lalu saring adonan agar mendapatkan adonan yang lembut.

Diamkan adonan selama 15 menit dan siapkan lalu panaskan teflon tanpa diolesi dengan minyak. Gunakan api sedang cenderung kecil, jika sudah panas angkat teflon dan tuang 1 sendok sayur adonan kulit putar teflon masak hingga matang. Kulit lumpia pun selesai dibuat.

Untuk membuat lumpia panggang mengharuskan kita membuat lumpia sendiri agar ketebalan lumpiah bisa diatur. Bihun sebagai isiannya menggunakan bawang putih, kemiri dan bihun yang ditumis. Dan gulung ke dalam lumpia yang dibuat sendiri.

Gulung lumpia dengan isian bihun, jika lumpia tidak rekat menggunakan air, gunakan telur untuk merekatkan gulungan lumpia. Susun ke dalam teflon dan masukkan ke dalam oven. Panggang lumpia selama 10 menit, dan lumpia panggang pun siap disajikan.

18. Lumpia Isi Ubi

Lumpia Isi Ubi

Resep lumpia selanjutnya adalah menggunakan ubi dan coklat sebagai isiannya. Disarankan menggunakan ubi Cilembu agar mendapatkan rasa ubi yang manis alami. Rebus terlebih dahulu ubi dan hancurkan ubi lalu campur dengan coklat cair.

Masukan ubi dan coklat yang telah diaduk ke dalam kulit lumpia, dan goreng lumpia hingga matang dan berwarna keemasan. Satu lagi lumpia rasa manis untuk menemani sore hari kita sambil beristirahat.

19. Lumpia Isi Nanas

Lumpia Isi Nanas

Lumpia manis lainnya bisa menggunakan nanas sebagai isian. Nanas dikenal dengan rasa yang manis dan asam sekaligus. Agar lebih nikmat dan gurih, oles margarin di kulit lumpia dan masukan nanas di atasnya. Goreng lumpia hingga kuning keemasan, lumpia nanas pun siap disajikan.

20. Lumpia Isi Tahu

Lumpia Isi Tahu

Lumpia isi tahu merupakan resep lumpia yang mudah untuk dilakukan. Tinggal goreng tahu hingga setengah matang, hancurkan tahu tambahkan daun bawang dan seledri. Beri garam dan penyedap rasa pada tahu. Masukkan tahu pada kulit lumpia, dan goreng lumpia hingga matang. Tahu isi lumpia pun siap kita nikmati.

21. Lumpia Basah

Lumpia Basah

Resep lumpia terakhir adala lumpia basah. Lumpia basah merupakan camilan unik karena lumpia tidak digoreng sama sekali. Justru bahan isiannya yang harus digoreng hingga benar-benar matang. Siapkan bawang bombay dan bawang putih yang telah dihaluskan.

Tumis bumbu halus, hingga mengeluarkan aroma harum, goreng telur dan orak-arik hingga menjadi butiran-butiran kecil. Masukkan tauge dan aduk rata dengan tumisan. Masukan irisan bengkoang yang telah direbus terlebih dahulu.

Beri bumbu garam, penyedap rasa dan gula sesuai selera. Masak hingga tauge dan bengkuang matang. Siapkan kulit lumpia dan beri gula sebagai perekat dan penyeimbang rasa, masukan isian yang telah ditumis ke atas kulit lumpia dan gulung serapi mungkin. Lumpia basah pun telah siap dinikmati.

Semoga daftar resep dari aneka camilan lumpia di atas bisa memberi inspirasi untuk memasak sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membeli semua bahan membuat lumpia di atas di Aplikasi Super. Banyak sembako dan barang yang tersedia di Aplikasi Super.

Selain lengkap, Aplikasi Super juga memiliki harga barang dan sembako yang murah. Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasinya