Es kopi susu merupakan minuman kekinian yang sedang digandrungi milenial.

Tercatat sejak akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018, tren es kopi susu mulai melonjak naik. Banyak kedai kopi berdiri dengan berbagai jenis variasi dan keunggulannya masing-masing. Banyak masyarakat menjadi pencinta kopi secara mendadak.

Resep kopi susu dari tiap kedai kopi berbeda-beda, jenis kopi untuk kopi susu yang digunakan pun berbeda. Hal tersebut menjadi keunggulan dari masing-masing kedai kopi. Ada yang membuat es kopi susu kental manis dan es kopi gula aren.

Artikel kali ini akan membahas langkah membuat es kopi susu beserta dengan resep kopi susu 1 liter dan juga takaran kopi susu yang umum digunakan. Bisa menjadi referensi dan rekomendasi bagi Sedulur yang ingin membuat usaha es kopi susu atau juga membuatnya sendiri di rumah.

-->

Yuk, langsung saja kita simak ulasannya bagaimana cara mudah membuat es kopi susu di rumah yang bisa membuat kita ketagihan meminumnya.

Baca Juga: Manfaat Susu Bear Brand Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Langkah dan Cara Membuat Es Kopi Susu di Rumah

1. Takaran Kopi dan Cara Menyeduh yang Pas

Takaran Kopi dan Cara Menyeduh yang Pas

Kunci utama dalam menghasilkan kopi yang enak adalah memilih kopi yang sesuai selera dengan takaran yang pas. Selain itu, cara menyeduhnya pun harus benar dan sesuai. Jika memungkinkan memiliki alat-alat yang profesional hal tersebut akan lebih memudahkan lagi.

Namun jika tidak memiliki alat yang profesional, alat seadanya pun tidak jadi masalah. Takaran yang umum digunakan adalah 40 gram kopi hitam yang telah bubuh, atau sekitar tiga sendok teh. Lalu 100 ml air panas, yang telah direbus hingga mencapai titik didih tertinggi.

Usahakan jangan sampai menggunakan volume air yang terlalu banyak, agar kopi yang dihasilkan kental dan nikmat. Cara meracik takaran es kopi susu pertama adalah dengan memasukkan kopi dan air panas ke dalam cangkir atau wadah lainnya.

Jangan diaduk, biarkan kopi menyatu dengan sendirinya untuk mempertahankan aroma kopi. Lalu diamkan selama dua menit, tekan kopi untuk mendorong ampas kopi hingga hilang.

2. Menyiapkan Susu Full Cream

Menyiapkan Susu Full Cream

Langkah membuat es kopi susu  yang kedua adalah menyiapkan susu full cream, usahakan susu full cream telah dipanaskan terlebih dahulu. Jangan langsung campurkan susu dengan kopi, memanaskan susu berfungsi untuk mengurangi kadar air yang ada dalam susu dan menciptakan rasa susu yang gurih.

Langkah menyiapkan susu yang baik adalah pertama gunakan takaran susu full cream sebanyak 200 ml, padankan susu hingga takaran menjadi 100 ml. Lalu angkat dan diamkan susu, dan pindahkan ke dalam gelas.

3. Menyiapkan Gula Aren Sebagai Pemanis

Menyiapkan Gula Aren Sebagai Pemanis

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan gula aren sebagai pemanis dalam kopi susu. Gunakan gula aren sebanyak 30 gr atau bisa lebih tergantung dengan selera manis masing-masing. Karena setiap orang mempunyai standar manis yang berbeda.

Gula aren dapat memberikan rasa manis yang lebih kuat dan lebih khas, dibandingkan dengan menggunakan gula putih biasa.

Baca Juga: 20 Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Minuman Berjuta Manfaat

4. Mengganti Gula Aren dengan Gula Biasa

Mengganti Gula Aren dengan Gula Biasa

Jika gula aren sulit didapatkan atau tidak begitu suka dengan gula aren, kita bisa menggantinya dengan gula putih biasa. Secara kandungan, gula putih biasa memang mengandung glukosa yang lebih tinggi.

Bagi para penderita diabetes atau yang memiliki gula darah tinggi, harap hati-hati meminum es kopi susu yang mengandung kadar gula dengan glukosa tinggi. Bukanya menikmati es kopi susu, kita malah akan memperparah kondisi penyakit yang diderita.

5. Campurkan Semua Bahan

Campurkan Semua Bahan

Langkah selanjutnya dalam cara membuat es kopi susu adalah mencampurkan setiap takaran yang telah dibuat dan disiapkan. Mulai dengan memasukan gula aren ke dalam gelas terlebih dahulu. Fungsinya memasukan pemanis terlebih dahulu adalah sebelum dicampur, kita bisa menikmati rasa asli dari kopi dan susu tanpa pemanis.

Setelah gula aren atau pemanis dimasukan, bahan yang kedua dimasukkan adalah es batu secukupunya atau sesuai selera. Setelah itu baru kita masukkan susu. Kopi dimasukkan terakhir, dan usahakan memasukan kopi setelah gula aren dan susu menjadi dingin terlebih dahulu.

Karena ini akan mempengaruhi rasa dari es kopi susu agar tidak rusak. Kombinasi dari bahan yang disediakan bisa memberikan rasa dari es kopi yang sempurna. Es kopi susu pun telah siap disajikan.

6. Tips Membuat Es Kopi Susu

Tips Membuat Es Kopi Susu

Tips untuk membuat es kopi susu  agar nikmat dan memiliki rasa yang sempurna adalah tidak perlu mencampurkan air saat memasukan dan mencampurkan semua bahan. Hal tersebut karena akan merusak rasa kopi dan kekentalan dari susu.

Juga jangan terlalu banyak menggunakan susu, karena hal tersebut bisa menuntup dan mengalahkan aroma dan rasa dari kopi itu sendiri. Jika hal tersebut terjadi, maka bukan lagi es kopi susu namanya, tapi hanya es susu saja.

Namun hal dari semua proses dan langkah yang telah dijelaskan di atas dalam membuat minuman yang kekinian saat ini, adalah memastikan setiap bahan yang dibutuhkan telah ditakar sesuai ketentuan. Hal ini sangat penting, karena salah satu bahan jika memiliki takaran yang lebih, akan merusak rasa secara keseluruhan.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat kopi susu di atas pun tidak terlalu sulit di dapat. Saat ini telah banyak penjual kopi bubuk aseli karena tren kopi susu yang bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Semoga langkah dan cara membuat es kopi susu  yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur untuk membuatnya sendiri di rumah. Jika kita bisa membuatnya sendiri di rumah, kita bisa menghemat uang lebih banyak.

Agar dapat menghemat uang lebih banyak lagi, Sedulur juga bisa membeli bahan untuk membuat kopi susu di Aplikasi Super. Karena setiap bahan dan barang yang ada di Aplikas Super dijamin lengkap dan memiliki harga murah.

Jika tidak percaya, langsung saja download Aplikasi Super dan cek lalu bandingkan harga dari Aplikasi Super dengan yang lainnya, Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, untuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super.