Simak rekomendasi cara memasak sarden kaleng yang nikmat dan mudah dilakukan di bawah ini.

Walaupun termasuk masakan siap saji dan bisa diolah secara instan, sarden kaleng merupakan salah satu produk yang bisa dimasak dengan berbagai cara. Mulai dari cara memasak sarden kaleng agar tidak amis hingga cara memasak sarden kaleng kecil.

Pabrik sarden kaleng memastikan setiap produk dari sarden kaleng  selalu bisa diolah dengan berbagai resep dan cara masak yang berbeda. Walaupun sarden kaleng murah sebagai bahan makanan, bukan berarti kualitas sarden tidak dipikirkan secara baik,

Para distributor sarden kaleng pasti melakukan beberapa kualitas kontrol pada setiap produk sarden kaling. Oleh karena itu sampai saat ini harga sarden kaleng kecil 1 dus masih termasuk tinggi, karena kualitas dari sarden yang sangat terjaga.

Tersedia beberapa merek sarden kaleng, namun yang paling laku adalah sarden kaleng ABC. Artikel kali ini akan membahas cara memasak ikan sarden kaleng, baik sarden kaleng untuk ibu hamil dan sarden kaleng masyarakat lainnya.

Yuk, langsung saja kita simak berbagai cara masak sarden kaleng di bawah ini. Kita bisa memasak langsung di rumah, karena bahan utamanya yaitu sarden kaleng yang pada umumnya harga sarden kaleng sangat terjangkau untuk dibeli.

Baca Juga: 10 Resep Kue Dari Tepung Beras Yang Mudah Dibuat dan Nagih

Daftar Cara Memasak Sarden Kaleng yang Bisa Kita Lakukan di Rumah

1. Balado Terong dan Sarden

Balado Terong dan Sarden

Resep pertama olahan sarden kaleng adalah dengan menggunakan terong sebagai campuran utamanya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan sarden kaleng di bawah ini adalah 2 kaleng kecil sarden, 2 buah terong, 2 papan pete, 1 buah bawang Bombay, 7 cabai rawit merah, dan 3 lembar daun jeruk.

Jangan lupa juga menyiapkan bumbu yang dihaluskannya yang terdiri dari 6 siung bawang merah, 10 cabai merah keriting, dan 5 cabai rawit merah. Setelah bahan dan bumbu disiapkan, langkah selanjutnya adalah  membuat olahan sarden kaleng satu ini.

Cara membuat sangat mudah, pertama tumis bumbu halus dan masukan daun jeruk hingga harum. Selanjutnya masukan sarden, pete dan terong, dan aduk hingga rata. Terakhir masukan garam, bawang bombai dan irisan cabai rawit lalu kita aduk rata hingga matang.

Jangan lupa untuk cek rasa, jika sudah sesuai selera, resep pertama sarden kaleng sudah siap disajikan dan dinikmati.

2. Ikan Makarel Bumbu Sarden

Ikan Makarel Bumbu Sarden

Resep kedua adalah ikan makarel bumbu sarden, olahan dari sarden kaleng yang bisa kita coba masak sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 kaleng sareng, 1 batang daun bawang, 4 sdm saos tomat, 1 sdt kecap ikan, 1 sdm saos, air secukupnya dan gula, garam, lada bubuk.

Siapkan juga bumbu-bumbu yang harus diiris tipis, yaitu 5 cabai merah keriting, 2 cabai rawit utuh, 3 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 tomat merah potong kotak-kotak kecil, lengkuas geprek,  dan jahe geprek. Setelah semua bahan siap, kita masuk ke cara pembuatannya.

Pertama tumis bumbu iris hingga matang, setelah wangi lalu masukkan ikan sarden, kemudian tambahkan saos tomat, saos sambal, dan air secukupnya. Jangan lupa juga menambahkan gula, garam, lada bubuk dan aduk hingga rata.

Kecilkan api dan biarkan sampai air berkurang dan mengental. Cek rasa, dan angkat jika telah sesuai selera dan resep sarden kaleng pun siap disajikan. Jangan lupa taburi daun bawang di atasnya untuk menambah kenikmatan olahan sarden kaleng satu ini.

3. Sarden Kaleng Pedas

Sarden Kaleng Pedas

Resep sarden kaleng satu ini pasti sangat disukai oleh para pecinta pedas. Bumbu dan bahan yang dibutuhkan adalah  1 kaleng sarden extra pedas, 5 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, 6 cabai rawit yang ukuran besar dan 1 daun bawang.

Untuk lebih menambah cita rasa yang kuat, sediakan juga 1 buah tomat, 1 sdm kecap manis, 1 sdt kecap asin, gula dan air secukupnya dan juga jangan lupa minyak untuk menumis. Cara membuat, yang pertama tuang sarden ke piring, cek terlebih dahulu kualitas sarden yang digunakan.

Selanjutnya tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe hingga layu dan lalu masukkan sarden, kecap manis, kecap asin, gula, dan air. Setelah mulai mendidih, masukkan tomat, tunggu hingga benar-benar mendidih. Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat dan resep sarden kaleng pun siap disajikan.

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Surabaya yang Wajib Sedulur Coba

4. Tongkol Sarden

Tongkol Sarden

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini adalah 1 ekor sarden, 3 lembar daun jeruk, 1 serai ambil putihnya geprek, 1 ruas lengkuas geprek, 1 sdm saos tomat, 1 sdm kecap manis. Siapkan juga bumbu yang dihaluskan.

Bahan yang dibutuhkan untuk bumbu halus adalah 4 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 1 cm jahe, 1 buah tomat, 15 cabai merah keriting dan gula, garam secukupnya. Kita langsung saja ke proses pembuatannya.

Pertama, tumis bumbu halus sampai harum lalu tambahkan bumbu iris tumis lagi sampai harum. Kemudian masukkan daun jeruk lengkuas dan sereh aduk rata lalu tambahkan saos dan kecap manis, terakhir masukkan sarden lalu aduk rata dengan tambahkan sedikit air. Tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap. Resep tongkol sarden pun siap dihidangkan.

5. Pindang Sarden

Pindang Sarden

Cara membuat resep sarden kaleng satu ini sangat mudah,yaitu pertama bersihkan kotoran ikan sarden dan buang kepalanya. Lalu cuci bersih dan beri air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan kemudian diamkan sesaat lalu dibilas menggunakan air.

Selanjutnya goreng ikan, dan jangan sampai kering. Goreng ikan hingga setengah matang dan lalu tiriskan. Kemudian juga jangan lupa tumis semua bumbu dan tambahkan saus tomat ,kecap, garam, gula, penyedap jamur.

Selanjutnya masukkan ikan dan masak hingga bumbu meresap. Ketika akan matang, atau menjelang diangkat tambahkan daun bawang merah dan larutan tepung maizena, aduk rata dan didihkan kembali sebentar. Sebelum disajikan, jangan lupa cek rasa.

6. Sarden Cabe Ijo

Sarden Cabe Ijo

Bahan yang dibutuhkan membuat resep ini adalah 1 kaleng ikan sarden, 1 papan pete, ambil bijinya,   sedikit garam, merica bubuk, gula pasir dan kaldu bubuk dan  2 lembar daun salam. Jangan lupa juga sediakan bumbu yang telah diiris.

Yaitu 2 butir bawang putih, 4 butir bawang merah, 1 ruas jahe, 3 buah cabai hijau, 10 buah rawit, dan 1 buah tomat hijau. Cara membuat juga sangat mudah sekali. Pertama tumis bumbu Iris sampai agak layu dan kemudian tambahkan ikan sarden.

Selanjutnya tambahkan daun salam dan kemudian bumbui dengan garam, gula, merica dan kaldu bubuk lalu aduk hingga merata. Terakhir tambahkan pete, namun bagi yang tidak menyukai, bisa tidak menggunakan pete. Cek rasa, dan sarden pun siap disajikan.

7. Sarden Sayur Asin

Sarden Sayur Asin

Di antara semua resep sarden, yang satu ini merupakan resep yang paling mudah. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 kaleng sarden, 2 ikat sayur asin basah yang telah dipotong atau iris-iris,  2 buah tomat, 2-3 siung bawang merah, 2 siung cabai, garam dan air secukupnya.

Masuk ke cara membuatnya, pertama tumis bawang merah dan cabai sampai harum. Kemudian masukkan 1 kaleng sarden, sayur asin dan air secukupnya. Tunggu hingga matang. Selanjutnya masukkan garam sesuai selera dan jangan lupa koreksi rasa. Resep sarden pun telah siap disajikan.

8. Sarden Pete

Sarden Pete

Resep ini sangat disukai bagi pecinta pete, namun bagi yang alergi dengan pete dan tidak menyukai pete, resep satu ini bisa dilewati saja. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 kaleng sarden, 2 papan pete, setengah bawang bombay, 2 siung bawang putih, 8 buah cabai rawit, 1 buah tomat potong-potong.

Jangan lupa juga siapkan kecap asin, dankecap manis secukupnya, siapkan juga garam dan kaldu jamur secukupnya agar rasa sarden pete semakin kuat. Cara membuat pertama masukkan bawang bombai, bawang putih, cabai rawit hingga harum, masukkan pete, tumis bahan tersebut hingga matang dan mengeluarkan harum.

Selanjutnya masukkan sarden, dan tambahka air secukupnya. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit kecap asin, kecap manis, garam, dan kaldu jamur secukupnya. Aduk dan masak sampai mendidih. Masukkan tomat potong sebagai pelengkap. Resep sarden pun siap disajikan.

9. Sarden Cabe Rawit

Sarden Cabe Rawit

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sarden satu ini adalah 1 kaleng sarden ukuran besar, 4 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 ruas jahe, 1 ruas laos, 1 lembar daun jeruk, 1 lembar daun salam, 10 buah cabai rawit, setengah sdt penyedap rasa, setengah sdt gula pasir, garam sesuai selera dan minyak goreng.

Cara membuatnya, pertama goreng ikan sarden, hati-hati saat menggorengnya, usahakan agar ikan sarden tidak hancur. Masukan bawang merah dan bawang putih, kemudian juga masukan semua bahan-bahan bumbu lalu tumis secara bersamaan sebentar saja.

Terakhir, masukan kuah sarden dan cicip rasanya. Setelah rasanya pas. Masukan masukan ikan sarden yang telah digoreng, diamkan hingga bumbu meresap. Saren cabai rawit pun siap disajikan.

Semoga daftar resep dan cara memasak sarden kaleng di atas bisa menjadi rekomendasi Sedulur yang sangat menginginkan memasak ikan sarden. Bumbu-bumbu dari Sembilan resep di atas pun sangat mudah di dapat dan tersedia di berbagai tempat belanja. Mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern sekalipun.

Atau Sedulur juga bisa beli di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan bahan sembako lengkap. Termasuk bumbu-bumbu dan ikan sarden kemasan. Harga barang di Aplikasi Super juga lebih murah dibanding yang lainnya.

Jika tidak percaya, Sedulur bisa langsung membuktikannya sendiri, dan download Aplikasi Super dan cek langsung untuk membandingkan harga. Selain itu, belanja di Aplikasi Super juga sangat mudah, kita tidak usah repot keluar rumah untuk belanja. Cukup menggunakan smartphone dan setiap kebutuhan Sedulur sudah dapat dipenuhi.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini. Banyak tersedia program dari Aplikasi Super yang telah terbukti menguntungkan dan membantu masyarakat. Sedulur bisa cek langsung di laman Aplikasi Super.