Bisnis yang maju adalah bisnis yang selalu mendapatkan feedback dari pelanggan. Cari tahu cara dapatkan feedback dari pelanggan di sini!

Dalam menjalankan bisnis, tentu saja Sedulur akan mendapatkan feedback dari pelanggan. Jangan khawatir jika Sedulur mendapatkan feedback dari pelanggan, karena dari feedback inilah yang menjadikan bisnis Sedulur semakin berkembang. Apalagi jika feedback yang didapat adalah feedback positif.

Sedulur tidak perlu panik juga jika nyatanya justru mendapat feedback yang negatif. Hal ini bisa dijadikan evaluasi, mana saja yang perlu Sedulur perbaiki berdasarkan komplain pelangganSedulur. 

Selain itu, pelanggan lainnya akan lebih mudah mencari informasi tentang bisnis Sedulur, terlebih lagi jika Sedulur mendapat feedback pelanggan dengan kesan yang positif.

-->

Namun ada juga pelanggan yang tidak memberikan feedback ketika mereka selesai membeli produk atau jasa bisnis Sedulur. tidak sedikit dari mereka yang hanya menjadi pelanggan pasif.

Padahal, feedback ini sangat penting. Jika tidak ada feedback dari pelanggan, tentu akan menyulitkan Sedulur dalam mengembangkan bisnis nantinya. 

Untuk itulah, Sedulur perlu memikirkan cara agar pelanggan tetap memberikan feedback setiap kali membeli produk Sedulur. Kira-kira apa saja yang perlu Sedulur lakukan? Coba deh, simak beberapa tips di bawah ini!

Baca Juga: 18+ Ide dan Peluang Bisnis Online Yang Terbukti Menghasilkan

Membuat Survei Online

cara dapatkan feedback dari pelanggan
pexels.com

Cara pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah membuat survei online. Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, Sedulur perlu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis.

Cara ini banyak digunakan oleh pebisnis lain yang menginginkan feedback dari pelanggan. Selain mudah dan murah, Sedulur tidak perlu lagi repot mencetak banyak kertas karena yang Sedulur perlukan adalah menyebarkan link survei yang sudah dibuat pada pelanggan melalui media sosial maupun website bisnis Sedulur. 

Cantumkan Kolom Komentar di Website

cara dapatkan feedback dari pelanggan
pexels.com

Cara kedua yaitu cantumkan kolom komentar di website. Kolom komentar ini memungkinkan pelanggan untuk memberikan feedback tentang produk atau bisnis Sedulur.

Namun, pastikan Sedulur memfilter komentar yang masuk supaya tidak ada komentar spam. Sedulur bisa memilih komentar mana yang layak ditampilkan dan mana yang sebaiknya dihapus karena merupakan spam atau berisi kata-kata yang tidak benar.

Baca Juga: Bisnis Sampingan yang Super Menguntungkan

Kirim Pesan ke Pelanggan

cara dapatkan feedback dari pelanggan
pexels.com

Cara ketiga, Sedulur bisa mengirimkan pesan kepada pelanggan berupa permintaan penyampaian feedback. Dengan menggunakan cara ini, pelanggan jadi leluasa dalam menuliskan feedbacknya secara detail.

Untuk itu, Sedulur perlu membuat nomor WhatsApp Business khusus customer service sebagai media untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. 

Sedulur bisa juga mengirimkan pesan melalui WhatsApp setelah pelanggan melakukan transaksi pembelian untuk menanyakan kepuasan pelanggan.

Atau, gunakan WhatsApp Business tersebut untuk mengirimkan informasi terbaru seputar bisnis Sedulur.

Berinteraksi dengan Pelanggan di Media Sosial

cara dapatkan feedback dari pelanggan
pexels.com

Cara keempat, manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Media sosial tidak hanya digunakan untuk memposting konten menarik, tetapi juga sebagai media informasi.

Apalagi ketika Sedulur memiliki bisnis, sebisa mungkin untuk membuat media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Hal ini dilakukan agar Sedulur bisa lebih mengenal berbagai karakter pelanggan Sedulur.

Pastikan juga, Sedulur bersikap ramah kepada mereka, agar Sedulur mendapatkan kesan yang positif bagi pelanggan. 

Beri Reward untuk Pelanggan

cara dapatkan feedback dari pelanggan
pexels.com

Salah satu faktor kenapa pelanggan jarang memberikan feedback pada produk kita, karena mereka malu bahkan malas memberitahu pengalaman mereka saat berbelanja.

Beda lagi jika hal itu tentang komplain, pasti mereka akan cenderung lebih menyuarakan keluhan mereka masing-masing. 

Maka dari itu, Sedulur perlu memancing mereka untuk memberikan feedback, misalnya berikan reward berupa promo atau diskon bagi mereka yang memberi feedback positif.

Dengan cara ini, tentu pelanggan Sedulur yang lain akan tertarik karena dengan memberi feedback, otomatis mereka akan mendapatkan promo. 

Lakukan cara ini kurang lebih 1 kali dalam sebulan. Jangan terlalu sering, karena hal ini tidak akan efektif dan bahkan bisa membuat Sedulur mengalami kerugian. 

Baca Juga: Berbagai Macam Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan feedback dari pelanggan. Sedulur bisa terapkan beberapa cara ini dengan baik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Sedulur, ya!