Banyak peluang usaha menarik yang bisa kita coba dan terbukti sangat menguntungkan.

Saat ini banyak sekali peluang usaha yang sangat menjanjikan dan bisa kita coba. Dibandingkan bekerja menjadi karyawan, menjadi pengusaha memungkinkan kita untuk mendapatkan pemasukan yang lebih besar lagi.

Selain itu, dengan banyaknya peluang usaha yang tersedia, membuat kita semakin percaya diri menjadi pengusaha, banyak yang mengakui bahwa pendapatannya meningkat seiring mereka menjalankan usaha sendiri dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan.

Berikut ini terdapat 20 peluang usaha kecil yang terbukti dapat memberikan penghasilan yang besar. Walaupun termasuk jenis usaha kecil dan menengah, namun pemasukan yang didapatkan bisa  melebihi gaji karyawan tetap sebuah perusahaan.

Apa saja daftar peluang usaha terbaru dan terlaris yang banyak dijalani, atau juga apa saja peluang usaha baru yang bisa kita coba? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 18+ Ide dan Peluang Bisnis Online Yang Terbukti Menghasilkan

Daftar Peluang Usaha yang Wajib Kita Coba untuk Menambah Pemasukan

1. Berjualan Kerajinan Tangan

Berjualan Kerajinan Tangan

Jenis usaha satu ini termasuk usaha kecil yang menjanjikan, terutama kerajinan tangan yang kita buat merupakan kerajinan tangan khas yang tidak dimiliki oleh yang lain. Selain itu, menjalankan usaha ini membuat kita bisa memanfaatkan limbah plastik.

Banyak kerajinan tangan yang terbuat dari limbah plastik, hal ini baik untuk lingkungan kita. Plastik yang memberikan dampak buruk bagi lingkungan bisa kita jadikan sebuah kerajinan seperti tas, dompet hingga karpet.

Selain itu, usaha ini juga merupakan peluang usaha yang belum banyak pesaing dan juga merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang bisa memberikan keuntungan yang besar. Terutama jika kita berjualan di daerah wisata, kerajinan tangan kita bisa kita jual sebagai sebuah cinderamata.

2. Ternak Ayam

Ternak Ayam

Usaha satu ini merupakan jenis peluang usaha ternak. Memiliki ternak ayam merupakan sebuah peluang usaha yang bisa mengantarkan keuntungan kepada kita. Selain itu, peluang usaha ini merupakan contoh usaha modal kecil untung besar.

Masyarakat Indonesia sangat menyukai daging ayam, selain itu banyak juga pengusaha makanan yang menjual ayam sebagai salah satu menu makanannya. Kita bisa memanfaatkan ketertarikan masyarakat Indonesia kepada daging ayam agar usaha ternak ayam kita laris manis.

3. Peluang Usaha Rental Mobil

Peluang Usaha Rental Mobil

Peluang usaha satu ini memang membutuhkan modal besar untuk menjalankannya. Terutama sekali kita harus memiliki banyak mobil sebagai modal awal menjalankan rental mobil. Membeli beberapa unit mobil merupakan suatu keharusan agar usaha rental mobil bisa berjalan.

Peluang usaha ini akan sangat strategis jika kita membukanya di daerah wisata. Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata tanpa membawa kendaraan. Membuka usaha rental mobil merupakan suatu peluang usaha yang akan membawa keuntungan besar. Modal besar di awal pun akan cepat tertutup.

4. Wedding Organizer

Wedding Organizer

Membuka wedding organizer merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Banyak pasangan yang akan menikah membutuhkan jasa wedding organizer. Kecenderungan menggunakan wedding organizer saat ini telah menjadi sebuah tren dalam sebuah pernikahan.

Oleh karena itu, wedding organizer bisa menjadi sebuah peluang usaha yang memberikan kita keuntungan yang sangat melimpah. Namun, menjalankan usaha satu ini memerlukan tim yang banyak dengan kerja yang ulet dan disiplin, agar pernikahan bisa sukses terlaksana.

5. Membuka Barbershop

Membuka Barbershop

Membuka barbershop merupakan sebuah peluang usaha terbaru dan terlaris. Namun, tidak bisa sepenuhnya dikatakan sebagai peluang usaha baru, namun lebih kepada memperbaiki konsep dari usaha barbershop atau potong rambut.

Usaha potong rambut telah lama berjalan, banyak orang yang membuka usaha potong rambut. Namun potong rambut dengan konsep barbershop merupakan sesuatu yang baru. Belum lagi jika kita memberikan banyak jenis pelayanan. Hal ini akan semakin menambah daya tarik dari usaha barbershop.

6. Usaha Jasa Penitipan Anak

Usaha jenis satu ini merupakan usaha yang bisa kita coba. Saat ini banyak orangtua muda yang keduanya bekerja untuk mendapatkan pemasukan yang layak. Anak-anak dititipkan kepada saudara atau keluarga.

Ada beberapa orang tua yang kebingungan menitipkan anaknya, oleh karena itu jasa penitipan akan bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menarik. Selain itu, membuka jasa penitipan anak juga merupakan sebuah contoh usaha kecil untung besar.

Selain itu, penitipan anak juga merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Kita hanya membutuhkan ruang yang cukup, dan juga kemampuan untuk mengasuh anak kecil. Jenis usaha ini sangat membantu dan dibutuhkan oleh beberapa pasangan orang tua yang memiliki pekerjaan yang sibuk.

7. Berjualan Makanan Ringan

Berjualan Makanan Ringan

Jenis usaha ini merupakan peluang usaha makanan yang bisa kita coba untuk mendapatkan keuntungan. Peluang usaha menjual makanan ringan sangat tinggi untuk menghasilkan keuntungan. Karena pada dasarnya masyarakat Indonesia sangat menyukai kegiatan nyemil.

Apapun kegiatannya, masyarakat Indonesia sangat senang ditemani dengan cemilan. Baik kegiatan nonton film, hingga kegiatan memasak sekalipun. Selain itu, kita bisa menjalankan peluang usaha satu ini di rumah.

Karena berjualan makanan ringan termasuk jenis usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan. Kita hanya memerlukan satu etalase kecil saja untuk menyimpan aneka makanan ringan yang dijual.

8. Menjalankan Bisnis Waralaba

Menjalankan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang berjalan secara kemitraan. Kita akan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki produk yang sudah dikenal oleh masyarakat. Kita hanya tinggal menjual produk tersebut dengan beberapa kesepakatan dengan perusahaan yang bersangkutan.

Saat ini banyak sekali pilihan bisnis waralaba yang bisa kita pilih untuk dijalankan. Selain itu, bisnis waralaba juga bukan hanya memberikan sebuah barang. Namun produk yang diberikan pun bisa berupa jasa dan lainnya.

9. Jualan Buku Bekas

Jualan Buku Bekas

Punya banyak buku bekas yang berkualitas? Hal tersebut juga bisa dijadikan peluang usaha. Di Indonesia banyak sekali pembaca buku yang sangat menyukai buku-buku bekas. Terutama jika kita memiliki buku lawas dan antik.

Banyak kolektor buku yang mencari buku-buku lawas karena memiliki kecintaan terhadap buku. Menjadikan para kolektor buku sebagai target pasar dan memberi keuntungan dalam menjalankan bisnis satu ini.

10. Penerjemah

Penerjemah

Kemampuan Bahasa menjadi faktor penting untuk menjalankan peluang usaha satu ini. Banyak perusahaan atau para akademisi yang membutuhkan jasa penerjemah untuk urusan mereka masing-masing.

Perusahaan biasanya membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan proposal dan surat menyurat, sedangkan akademisi membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan jurnal atau penelitan yang sedang dilakukan.

Menjadi penerjemah bisa memberikan keuntungan yang sangat besar. Karena kita bisa mematok tarif penerjemahan sesuai keinginan kita. Namun umumnya para penerjemah menarif terjemahannya per lembar atau per halaman.

11. Penulis Lepas

Penulis Lepas

Profesi satu ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Bagi yang memiliki minat dan ketertarikan dalam urusan menulis dan dunia literasi, bisa mencoba profesi satu ini sebagai sebuah usaha yang sangat menguntungkan.

Di tambah lagi saat ini, perusahaan media membutuhkan banyak jasa penulis lepas untuk mengisi konten-konten yang dimiliki. Konon kabarnya, menjadi penulis lepas dalam sebuah media memiliki bayaran yang sangat menggiurkan.

12. Fotografer dan Videografer

Fotografer dan Videografer

Kemapuan atau skill foto dan video saat ini sedang sangat diminati. Banyak pihak yang membutuhkan layanan foto dan video untuk kepentingan dokumentasi. Terutama di era digital seperti saat ini, kebutuhan akan visual sangat tinggi.

Oleh karena itu fotografer dan videografer merupakan peluang usaha yang bisa kita coba untuk menambah pemasukan yang lebih banyak lagi. Banyak kegiatan yang hampir selalu membutuhkan dokumentasi, baik itu foto ataupun video.

Seperti pernikahan, seminar, hingga wisuda. Semua kegiatan hampir membutuhkan dokumentasi, baik sebagai kenangan ataupun sebagai laporan. Oleh karena itu, menjadi fotografer dan videografer merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menggiurkan.

13. Desainer Grafis

Desainer Grafis

Masih berkaitan dengan dunia digital marketing, desainer grafis merupakan salah satu peluang usaha yang tengah disorot beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan akan visual yang saat ini sedang tinggi.

Selain karena kebutuhan visual, era digital juga sangat mempengaruhi lahirnya desainer grafis sebagai sebuah peluang usaha. Bagi yang memiliki kemampuan visual yang baik, bisa menjadikan profesi satu ini sebagai sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan.

14. Reseller Atau Berjualan Online

Reseller Atau Berjualan Online

Menjadi reseller sama seperti membuka bisnis waralaba. Kita bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki produk. Kita menjual produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Keuntungan menjadi reseller adalah kita akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Selain itu, menjadi reseller tidak terlalu sulit, hal tersebut dikarenakan biasanya produk yang kita jual telah dikenal oleh masyarakat banyak. Dan kita tinggal hanya menjualnya saja. Karena itu, menjadi reseller dianggap sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

15. Infulencer

Infulencer

Jika kita tanya kepada anak-anak remaja saat ini, apa cita-cita mereka di masa depan, jawabannya pasti menjadi influencer. Hal tersebut dipengaruhi oleh kekuatan digital yang sedang tumbuh dan berkembang sangat pesat seperti saat ini.

Berbeda dengan anak-anak remaja zaman dulu yang memiliki cita-cita menjadi pilot atau polisi, saat ini anak-anak banyak yang memilih menjadi seorang influencer. Namun faktanya, menjadi influencer di era digital seperti saat ini juga sangat menguntungkan.

Banyak platform yang bisa kita gunakan, seperti Youtube, Instagram dan juga platform lainnya yang dapat memberikan kita pemasukan yang tinggi. Oleh karena itu, menjadi influencer merupakan salah satu peluang usaha yang patut dipertimbangkan.

16. Membuka Usaha Katering

Membuka Usaha Katering

Memiliki sebuah katering juga merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Banyak kegiatan atau event yang membutuhkan jasa katering. Seperti pernikahan, seminar, hingga peresmian sebuah kegiatan atau kantor.

Semuanya membutuhkan jasa katering untuk menjamin konsumsi dalam kegiatan tersebut. Hal ini yang menjadikan usaha katering sebagai sebuah peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Keuntungan yang kita dapat bisa diambil dari setiap porsi makanan yang dipesan. Kita tinggal hitung dengan mengalikan jumlah makanan tiap porsinya. Setiap event biasanya tidak pernah memesan makanan dalam jumlah kecil, paling sedikit sekitar 100 porsi.

17. Perias Pengantin

Perias Pengantin

Menjadi seorang perias, atau yang dalam Bahasa masa kini dikenal dengan nama make up artist, tengah menjadi sebuah tren yang sedang ramai dijalani oleh masyarakat Indonesia. Jika tidak menjadi perias pengantin, kita juga bisa menjadi make up artist untuk setiap kegiatan.

Selain itu juga kemampuan merias kita bisa dimanfaatkan dengan membuat sebuah vlog kecantikan. Akan banyak kemungkinan pemasukan yang akan kita dapatkan. Hal ini menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menggiurkan untuk dicoba.

18. Menjadi Pemandu Wisata

Menjadi Pemandu Wisata

Profesi satu ini juga bisa kita jadikan sebagai sebuah peluang usaha. Jangan salah, menjadi pemandu wisata dapat memberikan kita penghasilan yang tinggi. Selain dari jasa memandu, kita juga akan mendapatkan uang tip dari para wisatawan.

Terutama jika kita mampu menjelaskan setiap objek wisata dengan baik dan membuat para wisatawan terkesan. Akan banyak uang tip yang kita dapatkan dalam sekali perjalanan wisata. Bukan tanpa sebab menjadi pemandu wisata merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan.

19. Membuka Usaha Laundry

Membuka Usaha Laundry

Satu lagi peluang usaha yang sangat menggiurkan yang bisa kita lakukan, yaitu usaha laundry. Terutama jika membuka usaha laundry di wilayah Pendidikan dan pertokoan, banyak mahasiswa atau pegawai yang malas mencuci baju sendiri.

Hal tersebut yang membuat usaha laundry akan sangat menguntungkan untuk dijalankan. Namun memang untuk menjalankan bisnis ini, kita membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli peralatan mesin cuci dan lainnya.

20. Membuka Toko Sembako

Peluang bisnis yang sangat menjanjikan adalah menjual sembako dengan membuka sebuah warung atau toko. Warung merupakan peluang usaha rumahan di desa yang umum kita temui. Hal ini karena sembako merupakan kebutuhan utama masyarakat untuk bertahan hidup.

Membuka toko sembako akan dijamin laris dan tidak akan kekurangan pelanggan. Terutama jika membuka toko sembako di daerah pemukiman masyarakat. Dijamin usaha sembako yang kita jalankan tidak akan kekurangan pelanggan.

Selain itu juga banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat toko sembako semakin laris. Kita bisa melakukan promosi atau kerjasama dengan supplier sembako. Yang paling penting adalah menjalin komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan adalah kunci utama untuk memajukan toko kelontong.

Satu cara lagi yang bisa kita lakukan untuk memajukan toko kelontong adalah dengan bergabung menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan platform digital yang bergerak di bidang sembako.

Aplikasi Super berbasis di Jawa Timur, seperti di Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Kediri, Gresik dan Malang. Wilayah Jawa Timur sudah bisa menikmati layanan dari Aplikasi Super. Aplikasi Super akan memberikan pembinaan kepada setiap pemilik toko dan warung sembako yang telah bergabung menjadi Mitra Super Center.

Pembinaan seperti pelatihan bisnis, promosi gratis di media massa dan juga banyak bonus lainnya. Selain itu Aplikasi Super juga akan memberikan kasir digital kepada setiap toko sembako agar dapat lebih meningkatkan pelayanan.

Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari Aplikasi Super. Segera daftarkan toko kelontong yang dimiliki menjadi Mitra Super Center. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa pelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super. Banyak testimoni dari setiap pihak yang telah merasakan langsung manfaat Aplikasi Super. Jangan sampai kita menjadi orang yang melewatkan kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan. Selamat mencoba dan merasakan langsung manfaat dari Aplikasi Super!