Bagi sedang kehilangan semangat karena pandemi dan PHK, simak tips dan cara memulai usaha yang dapat membangkitkan kembali semangat yang hilang.

Pandemi virus corona di tahun 2020 ini memang membuat banyak orang terpukul. Para karyawan banyak yang di-PHK dan para pengusaha banyak yang gulung tikar. Bukan hanya kesehatan tubuh yang terancam, namun kesehatan mental juga ikut diuji oleh virus corona.

Walaupun berat, namun kita harus tetap selalu berusaha. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju roma, banyak juga cara untuk keluar dari kondisi yang menyulitkan saat ini. Artikel kali ini akan membahas mengenai tips dan cara memulai usaha bagi pemula dan kita yang sudah terlampau malas.

Mulai dari cara memulai usaha kuliner, cara memulai usaha baru bagi pemula, cara memulai usaha pakaian, cara memulai usaha tanpa modal dan banyak lainnya. Apa saja cara memulai usaha yang bisa kita ikuti? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Ingin Jadi Pengusaha Toko Kelontong? Ikuti Tips Ini, Dijamin Sukses!

Daftar Cara Memulai Usaha Bagi Pengusaha Pemula

1. Meminta Dukungan Keluarga

Meminta Dukungan Keluarga

Paling pertama yang harus dilakukan adalah meminta dukungan dan restu dari keluarga. Bisa kepada orangtua, istri/suami, adik dan kakak, juga anak-anak kita. Dalam memulai apapun, dukungan keluarga adalah hal penting. Sebelum masuk pada pembahasan cara memulai usaha, dukungan dan restu harus sudah kita kantongi terlebih dahulu.

Keluarga menjadi faktor kunci sebelum memulai usaha, terutama bagi kita sebagai pengusaha baru yang akan merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari berbagai aspek. Jika sampai keluarga tidak mendukung, usaha yang kita tekuni akan sulit untuk berkembang.

Pasalnya dukungan moral dan pendampingan adalah faktor kunci yang dapat membuat cara memulai bisnis dari nol yang kita tekuni semakin berkembang dan maju. Karena keluarga bisa memberi evaluasi dan masukin bagi setiap tantangan yang nantinya akan kita hadapi.

2. Pelajari Seluk Beluk Administrasi

Pelajari Seluk Beluk Administrasi

Mempelajari administrasi adalah cara memulai usaha yang selanjutnya harus kita lakukan setelah kita mengantongi restu dan dukungan dari keluarga. Cara memulai usaha dengan modal kecil atau tanpa modal sama sekali, akan dapat kita tempuh dengan kuat.

Karena administrasi akan berkaitan dengan pembukuan dan penghitungan keuntungan dan modal, juga akan menentukan kerjasama kita dengan pihak lain. Semakin baik administrasi yang kita jalankan, akan semakin menguatkan berbagai pihak kepada kita sebagai pengusaha.

Administrasi merupakan salah satu pondasi dalam keberlangsungan bisnis yang akan kita jalani. Apapun bisa kita lakukan, jika administrasi bisa kita kuasai termasuk cara memulai usaha dari nol tanpa modal sama sekali.

3. Hindari Memikirkan Sebuah Kegagalan

Hindari Memikirkan Sebuah Kegagalan

Mempertimbangkan kegagalan adalah hal yang wajib dilakukan, namun menjadikannya sebuah ketakutan yang akan terpikirkan terus menerus adalah sebuah kesalahan. Cara memulai usaha apapun tidak akan bisa kita jalankan, jika kegagalan sudah menghantui pikiran kita sebagai pebisnis.

Sebagai pebisnis pemula kita harus selalu optimis. Banyak contoh dan cara yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan kesuksesan. Banyak juga pengusaha sukses yang menjalankan cara memulai bisnis dari nol dengan ketekunan dan semangat yang mereka miliki.

Memikirkan kegagalan hanya akan menghambat kesuksesan yang telah menanti kita di masa depan. Tidak usah terlalu mengkhawatir kegagalan, maju dan terus melangkah adalah pilihan satu-satunya dalam menjalankan bisnis.

4. Harus Memiliki Visi dan Misi

Harus Memiliki Visi dan Misi

Baik itu cara memulai usaha online atau dalam cara memulai bisnis apapun, visi dan misi harus kita miliki agar dapat mencapai kesuksesan. Penting hukumnya untuk menentukan visi dan misi agar kita dapat menentukan arah tujuan bisnis ke depannya.

Tujuan adalah hal harus kita miliki untuk mencapai sesuatu, termasuk dalam cara memulai usaha. Visi dan misi menjadi tujuan penting agar kita bisa mencapai kesuksesan sebagai pengusaha. Usaha dalam bidang apapun. Visi dan misi adalah bagian penting di dalamnya.

5. Perhitungkan Modal Secara Tepat

Perhitungkan Modal Secara Tepat

Cara memulai usaha selanjutnya adalah menghitung modal secara tepat. Hal ini agar kita tidak kehilangan kendali di awal menjalankan bisnis. Agar kita tidak terlalu berlebihan dalam mengeluarkan modal, dan pergerakan keuangan usaha kita pun akan lebih stabil dan efisien untuk dikendalikan.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitar kita secara optimal. Seperti memanfaatkan halaman depan rumah, memanfaatkan peralatan dapur dan peralatan masak yang kita miliki untuk menekan modal demi mendapatkan keuntungan yang besar.

6. Menentukan Bidang Usaha Sesuai Kesenangan

Menentukan Bidang Usaha Sesuai Kesenangan

Cara memulai usaha yang paling penting adalah menentukan bidang usaha. Seperti usaha di bidang kuliner, otomotif, kecantikan, atau sembako. Banyak bidang usaha yang bisa kita pilih untuk jalani, namun sulit menemukan bidang usaha yang sesuai dengan kesenangan kita.

Pasalnya, jika kita gagal dalam menentukan bidang usaha yang tidak sesuai dengan kesenangan kita, nantinya kita akan kesulitan untuk menghadapi masalah yang akan kita temui ketika sedang menjalankan bisnis.

Jika bidang usaha yang kita tekuni sesuai dengan passion atau kesenangan kita, seberapa berat dan seberapa sulit apapun masalah dan tantangan yang dihadapi, kita akan selalu bisa mencari jalan keluarnya. Karena bidang yang kita jalani merupakan kesenangan kita.

7. Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Menentukan waktu untuk memulai usaha adalah hal penting untuk mulai menjalankan usaha. Seperti contoh, jika di masa pandemi saat ini banyak yang kesulitan dan kita malah memulai usaha, jangan harapkan usaha kita akan sukses.

Tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha. Sesuaikan dengan momentum pribadi yang sangat krusial dengan kehidupan kita. Apakah ketika setelah dipecat dari perusahaan, atau setelah mendapatkan pesangon. Hal tersebut tergantung momentum kita untuk memulainya.

Menentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha akan mempengaruhi kesuksesan usaha yang akan kita jalani.

8. Cari Keunikan Bisnis yang Dijalani

Cari Keunikan Bisnis yang Dijalani

Dalam cara memulai usaha, memiliki sebuah keunikan merupakan faktor pembeda yang sangat berpengaruh. Jika kita menjual jasa atau produk, memiliki keunikan dari pelayanan yang dilakukan adalah hal yang sangat penting.

Kita juga tidak akan terlalu kesulitan untuk melakukan promosi dan strategi, karena kita telah memiliki faktor kunci yaitu keunikan produk yang kita miliki.

9. Pilih Strategi yang Tepat

Pilih Strategi yang Tepat

Di era digital saat ini, strategi penjualan digital adalah hal yang umum dilakukan. Digital marketing dianggap sebagai sebuah langkah penting untuk menggapai kesuksesan karena saat ini setiap orang ada di dunia digital.

Platform dan media sosial seperti instagram, whatsaap dan lain sebagainya ramai dijadikan strategi dalam menjalankan bisnis. Jangan asal ikut saja, pahami dan pelajari apa strategi marketing yang tepat yang bisa kita jalani. Jika digital marketing adalah jawabannya makan jangan ragu untuk melakukannya.

Jika kita memilih memulai sebuah bisnis di bidang sembako, kita bisa memanfaatkan keberadaan Aplikasi Super secara maksimal. Karena beberapa program Aplikasi Super dapat menunjang dan membantu setiap pengusaha di bidang sembako.

Memanfaatkan Aplikasi Super merupakan cara memulai usaha sembako yang wajib kita coba. Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super dan cari tahu langsung bagaimana cara daftar Aplikasi Super.