Ingin tahu resep gule kambing agar lezat dan nikmat? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Resep gule kambing sangat dibutuhkan mengingat masih dalam rangka suasana Idul Adha dengan melimpahnya daging kambing sebagai daging kurban. Pilihan yang tepat mengolah daging kambing menjadi sajian gule yang sangat nikmat.

Terdapat beberapa resep daging kambin yang bisa diolah, di antaranya yaitu resep gulai kambing tanpa santan, resep gulai kambing Madura, resep gulai kambing Jawa Timur resep gulai kambing Arab, resep gulai kambing Padang, resep gulai kambing Solo dan masih banyak lagi.

Namun resep yang akan disuguhkan kali ini merupakan resep gulai kambing sederhana yang biasa disajikan dan diolah oleh masyarakat di Indonesia. Walaupun sederhana, resep ini memiliki bumbu gulai kambing spesial.

Seperti apa saja resep gule kambing yang dimaksud? Yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Ide Resep Masakan Ala Anak Kos Ini Patut Sedulur Super Coba. Lebih Hemat!

Resep Gulai Kambing dan Cara Membuatnya

1. Bahan yang Dibutuhkan Membuat Gule Kambing

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat gule kambing adalah bumbu yang umum digunakan. Kita tidak akan kesulitan mencari bumbu dalam resep gule kambing. Berikut bumbu-bumbu yang dibutuhkan dalam membuat gule kambing:

  • 500 gr daging kambing
  • 5 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • 3 buah serai
  • Gula garam

Setelah menyediakan bahan di atas, jangan lupa juga kita menyiapkan bumbu-bumbu dalam resep membuat gule kambing. Bumbu-bumbu ini harus dihaluskan dan termasuk mudah untuk ditemui. Bumbu-bumbu yang dimaksud adalah:

  • 4 buah cabe merah atau sesuai selera
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri disangrai
  • 4 cm jahe iris kecil-kecil
  • 4 cm lengkuas potong kecil-kecil
  • 2 sdt ebi yang sudah dihaluskan
  • Minyak goreng secukupnya

Daftar bumbu-bumbu di atas harus dihaluskan dan disatukan menjadi satu. Haluskan menggunakan blender atau alat lain yang bisa membuat semua bumbu di atas menjadi sangat halus. Usahakan bumbu yang dihaluskan sangat lembut dan tidak ada yang terlihat masih kasar.

Bumbu dianjurkan sangat halus karena akan berpengaruh kepada daya serap bumbu kepada daging kambing saat dimasak nantinya. Selanjutnya adalah cara pembuatan resep gule kambing, simak penjelasannya secara seksama di bawah ini.

2. Siapkan Kambing sebagai Bahan Utama Gule Kambing

Dalam resep gule kambing, sudah pasti daging kambing menjadi bahan utama dalam pembuatan gule. Siapkan daging kambing secukupnya, disarankan menyiapkan daging kambing sebanyak 500gr, namun jika di rumah Sedulur terdiri dari banyak orang, bisa menambahkan daging kambing lebih banyak.

Bersihkan daging kambing hingga benar-benar bersih tidak mengandung darah yang tersisa, dan juga bau amis dari daging kambing telah sedikit berkurang. Potong dan iris daging kambing sesuai selera. Penting sekali memotong daging kambing dalam resep gule kambing.

Setelah dicuci bersih dan dipotong-potong, jika Sedulur ingin memiliki daging kambing dengan rasa yang lebih keluar, bisa mencampurkan daging kambing dengan bawang putih dan lada bubuk. Balur daging kambing dengan bawang putih dan lada. Rebus daging sebentar.

Rebus daging hingga daging kambing empuk atau mengeluarkan minyak dari daging. Setelah dirasa cukup, tiriskan daging kambing yang telah direbus. Langkah selanjutnya dalam resep gule kambing adalah menyiapkan bumbu-bumbunya.

3. Tumis Bumbu Resep Gule Kambing

Bumbu-bumbu yang disiapkan untuk dihaluskan tadi, di antaranya yaitu 4 buah cabe merah atau sesuai selera, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 buah kemiri disangrai, 4 cm jahe iris kecil-kecil, 4 cm lengkuas potong kecil-kecil, 2 sdt ebi yang sudah dihaluskan, dan minyak goreng secukupnya.

Setelah bumbu-bumbu di atas halus, tumis bumbu tersebut hingga mengeluarkan aroma wangi dan warna bumbu yang berubah menunjukan tingkat kematangan bumbu. Setelahnya, masukan air secukupnya. Tunggu hingga air hingga mendidih sebelum daging kambing dimasukan.

Baca Juga: 8 Ide Resep Jamur Crispy Buat Sedulur di Rumah!

4. Masukkan Daging Kambing ke Dalam Kuah dan Bumbu

Setelah itu masukkan daging kambing ke dalam bumbu yang telah dicampur air tersebut. Dalam resep gule kambing, masukkan daging dengan sendok stainless. Sendok stainless dipercaya dapat menyalurkan panas air dan dapat membuat daging empuk merata.

Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa lainnya sesuai selera. Masak daging kambing agak lama sampai daging kambing empuk. Sedulur bisa mengukur empuk daging kambing dengan menusuknya dengan garpu.

Agar bumbu semakin meresap kepada daging kambing juga, Sedulur bisa mengolahnya agak lama. Dalam resep gule kambing. Mengolah daging dan bumbu agak lama adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan, agar mendapatkan rasa yang lebih sempurna.

Resep gule kambing pun selesai dengan sempurna, dan gule kambing pun siap disajikan. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah menyiapkan segala bahan dalam resep gule kambing. Sedulur bisa mendapatkan bahan untuk resep gule kambing di warung atau toko sembako.

Atau jika Sedulur menginginkan harga bahan dan bumbu lebih murah, Sedulur bisa kulakan di Aplikasi Super. Yuk, mulai kulakan bahan kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super mulai dari saat ini juga.

5. Belanja Bahan Gule Kambing di Aplikasi Super

Karena belanja di warung atau toko sembako membutuhkan waktu dan energi khusus, Sedulur Super bisa mendapatkan resep gule kambing di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan sembako yang bisa kulakan secara online.

Selain harga murah, kulakan di Aplikasi Super juga sangat mudah, yang akhirnya bisa memberikan keuntungan bagi Sedulur yang membutuhkannya. Aplikasi kulakan ini juga tidak hanya menyediakan sembako super, namun juga program dan fitur yang menguntungkan.

Programnya yaitu Super Agen, dengan bergabung menjadi Super Agen, Sedulur bisa mendapatkan pemasukan tambahan dan juga bisa mendapatkan pekerjaan bagi yang membutuhkan pekerjaan. Aplikasi Super menerapkan sistem pembagian hasil yang adil kepada setiap Super Agen.

Aplikasi toko kelontong ini juga baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang bernama Toko Saya. Toko Saya merupakan fitur dari Aplikasi Super untuk lebih memudahkan para pengusaha toko kelontong dalam mengatur dan mengelola sembako dan keuangan toko kelontong.

Semua kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super dilakukan dalam rangka mewujudkan misi Aplikasi Super yang ingin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat di Indonesia.

Berangkat dari misi tersebut, Aplikasi Super berkomitmen tinggi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidupnya. Download Aplikasi Super sekarang juga, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang bisa menguntungkan Sedulur Super.

Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super, agar Sedulur bisa merasakan program dari Aplikasi Super yang sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.