Lomba Agustusan sebentar lagi tiba, perhatikan hal penting dalam persiapan lomba Agustusan di bawah ini, agar lomba terselenggara dengan sukses.

Kemeriahan hari kemerdekaan Indonesia semakin ramai dengan adanya berbagai jenis perlombaan yang melibatkan setiap elemen masyarakat. Masyarakat dari berbagai usia, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Perlombaan Agustusan yang terjadi tiap satu tahun sekali ini juga menjadi ajang untuk lebih merekatkan hubungan antar masyarakat, sebagaimana yang dicita-citakan dalam Pancasila dan Undang-undang Dasar negara Indonesia.

Sebelum melaksanakan lomba Agustusan, ada beberapa hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang harus diperhatikan. Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang harus diperhatikan tersebut merupakan langkah-langkah agar lomba bisa sukses terselenggara.

-->

Seperti apa saja hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang harus diperhatikan, yuk mari kita simak dengan seksama penjelasannya. Hal penting yang dimaksud juga merupakan sebuah langkah dan tahapan yang harus dilakukan.

Baca Juga: 17 Agustus, Inilah Barang yang Biasa Dicari untuk Lomba

Daftar Hal Penting dalam Persiapan Lomba Agustusan yang Harus Dilakukan

1. Membentuk Kepanitiaan

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan pertama adalah membentuk kepanitiaan. Panitia pelaksana lomba 17 Agustus ini dibuat untuk mengatur beberapa hal tentang jalannya lomba, dari mulai rencana, memastikan materi lomba, waktu serta tempat penyelenggaraan.

Selain itu, kepanitiaan yang dibentuk juga akan melakukan penggalangan dana untuk pelaksanaan. Termasuk juga memikirkan  penerapan lomba, penyerahan hadian serta pelajari jalannya lomba dan satu rangkaian acara yang utuh

Banyak minimal panitia yang akan diikutsertakan dalam penyelenggaraan lomba 17 Agustus benar-benar bergantung dari kecil besarnya lomba yang akan diselenggarakan. Semakin besar rasio lomba, maka semakin banyak juga panitia yang akan diikutsertakan.

Susunan panitia pelaksana umumnya terbagi dalam ketua, sekretaris, bendahara, serta seksi-seksi lomba yang lain. Jumlahnya lomba yang akan diselenggarakan akan mempengaruhi jumlahnya panitia yang akan diikutsertakan. Membentuk panitia merupakan hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang pertama dipikirkan.

2. Menentukan Jenis Perlombaan

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang kedua adalah menentukan jenis perlombaan yang akan dilaksanakan. Hal ini sangat penting, karena jenis lomba merupakan kegiatan utama dari pelaksanaan lomba itu sendiri.

Terdapat beberapa jenis lomba 17 Agustus yang seringkali diadakan saat Agustusan. Walau terdapat beberapa pilihan lomba, tetapi tetapkan jenis lomba itu berdasar minat dan kesenangan masyarakat sekitar.

Lakukan beberapa survey. Tanyakan kepada beberapa tokoh masyarakat, sebab penentuan jenis lomba akan mempengaruhi keperluan permodalan, usia serta jumlahnya calon peserta, dan tempat penyelenggaraan lomba.

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang berkaitan dengan menentukan jenis perlombaan, akan mempengaruhi keseluruhan pelaksanaan acara lomba. Hal ini yang membuat penentuan jenis lomba menjadi penting.

3. Memastikan Waktu dan Tempat Perlombaan

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang ketiga adalah menentukan waktu dan tempat pelaksanaan lomba Agustusan. Waktu penyelenggaraan lomba 17 Agustus semakin baik jika diadakan sebelum 17 Agustus.

Hal ini dikarenakan saat 17 Agustus agar masyarakat fokus dengan kegiatan lain, seperti pawai dan karnaval memeriahkan hari kemerdekaan. Mengenai waktu penerapan lomba akan lebih baik diadakan pada sore hari sesudah beberapa anak pulang sekolah atau manfaatkan waktu libur sekolah.

Penyelenggaraan lomba yang dikerjakan sebelum tanggal 17 Agustus ditujukan supaya penyerahan hadiah dapat dikerjakan di sela-sela waktu upacara bendera atau waktu malam tirakatan. Tempat untuk penyelenggaraan lomba 17 Agustus seharusnya dalam tempat terbuka seperti misalnya di lapangan.

Atau jika tidak ada lapangan, perlombaan juga bisa diadakan di pelataran balai desa/kelurahan. Jika tempat terbuka tidak ada dapat memakai jalan kampung, tetapi ketentuannya harus ada jalan pilihan bila sangat terpaksa penyelenggaraan lomba harus tutup jalan.

Waktu dan tempat perlombaan juga menjadi salah satu hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang harus dengan baik dipikirkan. Hal ini bisa menentukan kesuksesan sebuah perlombaan terlaksana.

4. Publikasi dan Registrasi Peserta Lomba

Publikasi dan registrasi perlombaan juga menjadi hal penting dalam persiapan lomba Agustusan. Segala peraturan tentang lomba, jenis lomba dan peserta untuk registrasi harus dipikirkan skema pelaksanaanya.

Skema registrasi lomba 17 Agustus dapat dikerjakan dengan cara-cara yang dapat ditempuh. Panitia pelaksana dapat mencatat langsung siapapun yang direncanakan bisa ikuti perlombaan, selanjutnya menghubungi orang berkaitan untuk pastikan kesediaannya untuk ikuti lomba.

Langkah selanjutnya dalam poin ini adalah dengan membuat pengumuman yang ditempel di papan-papan info. Langkah ketiga yaitu dengan menginformasikan pekerjaan lomba 17 Agustus di acara ibu-ibu PKK, acara kelompok RT, serta acara-acara yang lain.

Dengan cara tersebut setiap komponen masyarakat ikut terlibat dalam pelaksanaan persiapan lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

5. Perizinan Kegiatan Lomba

Walaupun hanya acara lomba 17 Agustus, akan lebih baik jika acara itu mengantongi izin sah dari pemangku kebijakan di lingkungan sekitar. Bisa diawali dengan mengantongi izin dari ketua RT/RW, Lurah/Kepala Desa, atau kepolisian setempat.

Usahakan perizinan yang didapat bukan dalam bentuk lisan saja, namun juga tercatat dalam bentuk surat izin penyelenggaraan acara. Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan ini sangat berperan besar bagi keberlangsungan acara lomba.

Sebab tidak hanya bermanfaat untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan di luar rencana, perizinan ini juga bermanfaat untuk lampiran proposal pekerjaan jika ingin mengajukan sponsor untuk dukungan acara lomba.

6. Menyiapkan Tempat Sarana Informasi

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan selanjutnya adalah memiliki tempat sebagai markas dan juga saran informasi. Sesudah semua persiapan telah dipastikan berjalan lancar, satu hal yang tidak kalah penting adalah membuat beberapa fasilitas informasi terkait pekerjaan lomba 17 Agustus.

Fasilitas informasi lomba ini dapat berbentuk tulisan atau spanduk untuk menerangkan beberapa hal yang tersangkut keperluan lomba, seperti contoh papan penunjuk tempat parkir, tempat pendaftaran, toilet, tempat lomba, nomor peserta, ID card panitia, dan lain-lain.

Informasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk memudahkan kebanyakan orang yang membutuhkan beberapa hal seputar lomba. Hal ini juga menjadi sangat penting sebagai hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang harus dilakukan.

7. Menentukan Hadiah Lomba

Bukan rahasia lagi jika hadiah lomba adalah daya tarik paling ampuh untuk menarik ketertarikan peserta lomba. Makin tinggi nilai hadiah yang disiapkan, pasti makin banyak peserta yang bersedia terjebak di acara itu.

Nilai satu hadiah sebetulnya bukan sekedar seberapa uang banyak yang disiapkan panitia. Tetapi jenis penghargaan itu dapat berupa beberapa macam. Dari mulai hadiah berbentuk barang, merchandise, uang, piala, piagam, dan gengsi acara tersebut.

Memastikan besaran hadiah lomba umumnya dipastikan berdasar tingkat kesulitan jenis lomba yang diadakan, usia peserta yang diikutsertakan, serta pasti jumlahnya dana yang ada. Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan ini menjadi sangat penting dipikirkan.

Paling mudah yaitu menyiapkan hadiah lomba sembako untuk peserta lomba orang dewasa yang ikut lomba. Sembako merupakan sesuatu yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Banyak sembako yang bisa dijadikan sebagai hadiah lomba.

Beli sembako dengan harga murah, cari tempat yang menjual sembako dengan harga murah agar tidak menyulitkan panitia. Hal tersebut bisa didapat dengan membeli sembako sebagai hadiah lomba di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menjual harga sembako super kualitas tinggi dengan harga murah dan pelayanan sangat mudah. Kita bisa kulak sembako di rumah aja, hanya dengan menggunakan smartphone kita. Jika tertarik menggunakan Aplikasi Super, kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari lebih lanjut.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, download Aplikasi Super sekarang juga dan segera manfaatkan kemudahan yang diberikan oleh Aplikasi Super. Jangan lupa juga pelajari cara daftar Aplikasi Super agar bisa menikmati berbagai kemudahan dari Aplikasi Super.