Belum tahu langkah dan cara daftar BPJS Kesehatan Online? Yuk simak ulasannya

Masyarakat sangat menyambut baik adanya program BPJS Kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini. Karena dengan adanya BPJS, masyarakat yang memiliki pemasukan ekonomi menengah ke bawah dapat menikmati layanan kesehatan secara maksimal.

Namun masih ada masyarakat yang belum mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan Online 2020, masyarakat umumnya hanya mengetahui cara daftar BPJS secara langsung atau offline. Itupun ada sebagian masyarakat yang masih sering salah melakukan proses pendaftaran.

Selain itu, BPJS bisa didaftarkan melalui aplikasi daftar BPJS Kesehatan online. Dalam aplikasi tersebut juga terdapat beberapa jawaban dari pertanyaan yang paling umum, biasanya pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah daftar bpjs online tanpa npwp bisakah.

-->

Cara daftar BPJS online keluarga saat ini sudah jauh lebih mudah dibanding sebelumnya, termasuk juga cara daftar BPJS Ketenagakerjaan online. Kita bisa daftar BPJS perorangan atau juga untuk sekeluarga dalam kartu keluarga.

Asalkan syarat daftar BPJS dapat dipenuhi, diantaranya mampu membayar iuran BPJS kesehatan dan jangan sampai telat karena akan mendapatkan denda dan sanksi. Sedulur Super harus memahami dengan baik cara bayar BPJS dan cara cek saldo.

Jangan sungkan dan ragu untuk menanyakan ke call center BPJS kesehatan jika ada hal yang tidak dimengerti, termasuk cek saldo BPJS, cara cek tagihan BPJS dan hal lain yang berkaitan dengan pembayaran.

Berikut akan dijelaskan cara daftar BPJS yang dapat dilakukan. Sebelumnya, perlu Sedulur Super ketahui, terdapat dua cara untuk mendaftarkan BPJS, pertama secara offline dengan langsung mendatangi kantor BPJS, kedua secara Online. Bagaimana langkah dan caranya? Yuk mari kita simak penjelasannya.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan BPJS yang Harus Sedulur Ketahui

Cara Daftar BPJS Secara Langsung atau Offline

Pertama yang harus dilakukan adalah siapkan persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar, seperti fotokopi KK, KTP, foto terbaru 3×4 sebanyak 1 lembar, dan iuran bulan pertama sesuai dengan kelas yang Dipilih. Besarannya adalah sebagai berikut:

  • Sebesar Rp 25.500 per orang per bulan untuk ruang perawatan Kelas III.
  • Sebesar Rp 51.000 per orang per bulan untuk ruang perawatan Kelas II.
  • Sebesar Rp 80.000 per orang per bulan untuk ruang perawatan Kelas I.

Selanjutnya, datangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dari rumah kita. Jika memungkinkan daftarlah secara kolektif dengan koordinasi dari Ketua RT agar lebih mudah.

Sesampainya di kantor BPJS Kesehatan, Kita  akan diberikan formulir pendaftaran. Isilah dengan cermat dan teliti, jangan sampai melakukan penulisan yang salah dari dokumen yang kita miliki. Jika hal ini terjadi, akan memberikan masalah kepada kita saat menggunakan BPJS di kemudian hari.

Bukan hanya daftar langsung atau secara offline. Saat ini juga kita bisa mendaftar BPJS dengan dilakukan secara online. Bagaimana saja caranya? Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Cara Daftar BPJS Online

Kemajuan teknologi informatika dapat membantu kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Termasuk juga cara mendaftar BPJS untuk kesehatan kita, yang bisa dilakukan lebih mudah dengan daftar secara online.

Cara daftar BPJS Online bisa Sedulur lakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang akan disampaikan pada poin-poin di bawah ini:

  • Untuk konfirmasi pendaftaran, kita harus mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), kartu NPWP, serta alamat email serta nomor handphone aktif.
  • Setelah itu buka halaman website BPJS  Kesehatan dari smartphone atau laptop.
  • Isi data yang telah disediakan dengan benar, mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan, dan lainnya.
  • Pilih biaya iuran yang sesuai dengan kebutuhan yang kita sanggupi.
  • Simpan data diri yang telah diisi, serta tunggu email notifikasi nomor registrasi dikirim. Setelah mendapatkan nomor registrasi, print lembar virtual account tersebut.
  • Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk, seperti BNI, BRI, dan Bank Mandiri.
  • Setelah menyerahkan uang dan nomor virtual pada teller bank, nanti kita akan mendapatkan bukti pembayaran.
  • BPJS Kesehatan kita pun sudah aktif, silakan cek email karena kita akan mendapatkan balasan dari BPJS Kesehatan, berupa E-ID Card BPJS yang bisa kita cetak sendiri.
  • Kita juga bisa print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Untuk melakukan ini, langsung saja ke bagian print kartu BPJS Kesehatan. Cukup memberikan semua data sebelumnya, formulir isiannya, virtual account, serta bukti pembayaran.

Pilih Cara Daftar BPJS Sesuai dengan Kenyamanan

Hal yang tidak kalah penting adalah pilih cara daftar BPJS Kesehatan yang sesuai dengan kenyamanan kita. Sebagai perbandingan, bagi yang mengutamakan efisiensi waktu serta minim biaya operasional, kita dapat memilih pendaftaran secara online. 

Namun jika kita memerlukan informasi lebih mengenai BPJS Kesehatan, sangat disarankan mendaftar secara langsung. Dengan begitu kita dapat dengan leluasa menanyakan kepada petugas BPJS Kesehatan mengenai informasi yang kita butuhkan.

BPJS merupakan kebijakan pemerintah yang akan sangat membantu kita dalam mendapatkan setiap pelayanan dan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kesehatan, terutama di tengah pandemi seperti saat ini.

Sediakan segala sesuatu makanan dan asupan nutrisi yang cukup agar terhindar dari penyakit. Kita bisa mendapatkannya dengan membeli di warung, toko atau pasar saat kulakan sembako. Atau juga kita bisa mendapatkan setiap asupan nutrisi dan vitamin dengan belanja di Aplikasi Super.

Belanja di Aplikasi Super memberikan harga murah dengan pelayanan yang sangat mudah. Hal ini juga akan memberikan kita keuntungan yang super melimpah. Belum lagi program dari Aplikasi Super seperti Super Agen, Supercenter dan juga Toko Saya yang akan semakin memudahkan kita belanja.

Klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi yang belum mempunyai aplikasi kulakan ini. Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dan dapatkan sembako super dengan harga yang sangat murah hanya di Aplikasi Super.