Ingin penghasilan tambahan hingga jutaan? Mulai darimana? Apa saja yang diperlukan? Maunya kerja di rumah pake hp? Simak tipsnya disini.

Kebutuhan sehari-hari selalu saja meningkat, belum lagi semuanya serba mahal. Listrik, cicilan rumah, biaya pendidikan anak, juga kebutuhan mendesak lainnya.

Jika hanya mengandalkan gaji utama, belum tentu cukup meng-cover semuanya. Hal inilah yang mau tidak mau, Sedulur perlu mencari penghasilan tambahan agar kebutuhan sehari-hari terpenuhi dengan baik.

Sedulur, mencari penghasilan tambahan sangat mudah dilakukan, lho. Berbekal handphone dan koneksi internet, Sedulur pun bisa punya penghasilan tambahan.

-->

Nah, kali ini Superapp.id akan membagikan cara mencari penghasilan tambahan bagi Sedulur Super. Yuk Sedulur, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Cari Penghasilan Tambahan dari Rumah

1. Jualan Online Shop

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang pertama yaitu jualan online shop. Sedulur Super, berjualan online shop bisa jadi salah satu cara cari penghasilan tambahan.

Berjualan online shop juga tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan meski tanpa modal sekalipun lho, Sedulur Super.

Sebelum memulai jualan online shop, tentu Sedulur harus mencari jenis bisnis yang cocok untuk Sedulur kelola, seperti bisnis fashion, makanan, dan lainnya.

Setelah itu, baru deh, Sedulur membuat akun di berbagai platform media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter. Sedulur juga bisa membuat akun di marketplace.

Tahukah Sedulur Super? Dengan memanfaatkan media sosial, bisnis online shop yang Sedulur buat akan dikenal oleh banyak orang. Terlebih lagi, berbisnis di media sosial bisa menaikkan omset penjualan, lho! Jadi, jangan lupa manfaatkan media sosial ya, Sedulur Super!

2. Freelancer Penulis

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang kedua yaitu menjadi freelance penulis. Sedulur hobi menulis atau ahli merangkai tulisan indah? Sedulur bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer penulis atau content writer.

Tahukah Sedulur? Pada era digital seperti saat ini, pekerjaan sebagai penulis konten sangat diminati oleh sebagian orang karena banyak perusahaan yang membutuhkan skill penulis untuk brand awareness dan meningkatkan omset bisnis.

Menjadi seorang freelancer penulis memang sangat menguntungkan. Jam kerjanya pun bebas dan bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, Sedulur juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk jadi seorang freelancer penulis, yang Sedulur lakukan hanyalah laptop atau gadget lainnya dan koneksi internet. Cari penghasilan tambahan jadi gampang, kan?

3. Jadi Blogger dan Vlogger

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang ketiga yaitu jadi blogger atau vlogger. Siapa yang menyangka kalau ternyata Sedulur bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi blogger maupun vlogger? Zaman teknologi seperti sekarang ini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya mengunjungi internet, sekadar untuk membaca artikel berita maupun video receh.

Nah, ini kesempatan bagi Sedulur untuk mencari pundi-pundi uang dari menulis blog dan membuat konten di YouTube. Jika tertarik menjadi blogger, tentu Sedulur harus membuat akun blog terlebih dulu. Ada berbagai situs blog yang bisa Sedulur coba seperti Blogspot.com, WordPress.com, Medium.com, dan situs blog lain yang sesuai dengan karakter Sedulur.

Begitu pula dengan menjadi vlogger di YouTube, tentu yang pertama yang harus Sedulur lakukan adalah membuat akun. Cara cari penghasilan gampang, kok! Bagaimana? Sedulur tertarik jadi blogger maupun vlogger?

4. Buka Les Privat

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang keempat yaitu membuka jasa les privat. Sedulur, di tengah pandemi sekarang ini kegiatan belajar mengajar hanya bisa dilakukan dari rumah saja. Kondisi seperti inilah yang membuat siswa-siswa kesulitan belajar karena masih ada yang belum memahami materi yang diberikan oleh guru.

Nah, ini bisa jadi kesempatan bagi Sedulur untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi guru les privat. Sedulur bisa menyuruh anak didik tersebut datang ke rumah Sedulur untuk belajar dan mengerjakan tugas. Namun bisa juga Sedulur membantu mereka melalui video call. Semua akan jadi lebih mudah.

Menjadi seorang guru privat juga menjadi peluang bisnis yang menguntungkan lho, Sedulur Super. Tertarik mencobanya?

5. Membuat dan Menjual Makanan

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang kelima yaitu membuat dan menjual makanan buatan sendiri. Sedulur hobi membuat aneka resep masakan?

Nah, ini kesempatan yang tepat bagi Sedulur untuk mencoba peruntungan berbisnis. Sedulur bisa mempromosikannya di media sosial. Seperti yang sudah Sedulur ketahui pada poin pertama, berjualan di media sosial akan memberikan banyak keuntungan bagi Sedulur, salah satunya untuk menaikkan omset dan membuat bisnis Sedulur dikenal oleh banyak orang.

6. Jual barang bekas layak pakai

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang keenam yaitu menjual barang bekas layak pakai. Sedulur punya barang bekas layak pakai seperti baju dan aksesoris lainnya? Saatnya buat itu jadi cuan! Sedulur Super bisa membuka bisnis thrift shop. Tidak hanya menjualnya melalui media sosial, Sedulur pun bisa menjualnya di jalan-jalan yang ramai dilalui orang.

Jika Sedulur tidak punya baju bekas layak pakai di rumah, Sedulur bisa mencarinya di pasar-pasar atau toko grosir. Biasanya mereka menjual baju bekas dengan harga yang murah. Sedulur bisa menjual kembali baju-baju tersebut sesuai dengan harga yang Sedulur inginkan. Meski menjual barang bekas, nyatanya keuntungan yang didapat cukup besar lho, Sedulur Super. Bagaimana? Tertarik mencoba?

7. Buka Jasa Titip

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang ketujuh adalah membuka jasa titip. Selain bisnis online shop dan jual barang bekas layak pakai, jenis bisnis jasa titip ini bisa Sedulur coba, kok. Sedulur pun tidak membutuhkan banyak modal.

Hanya bermodal mencari barang yang customer inginkan, Sedulur akan mendapatkan fee yang sudah Sedulur tentukan sendiri. Fee ini adalah ongkos dari jasa titip Sedulur. Fee yang Sedulur dapatkan bisa sekitar 5 ribu hingga 15 ribu, tergantung tingkat kemudahan atau kesulitan mendapatkan barang yang diinginkan. Sedulur bisa mempromosikan bisnis jastip ini di media sosial. Cari penghasilan tambahan sekarang jadi gampang, bukan?

8. Mengisi Survei Online

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang kedelapan adalah mengisi survei online. Siapa bilang mengisi survei tanpa dibayar? Sekarang ini banyak survei-survei online yang bisa Sedulur kerjakan kapan pun dan di mana pun Sedulur berada.

Mengisi survei online pun juga cukup mudah dan pengerjaannya pun hanya memakan waktu sekitar 5 hingga 30 menit, tergantung permintaan. Fee yang akan Sedulur dapatkan juga bervariasi, tergantung dari durasi pengerjaan dan berapa banyak survei yang sudah Sedulur kerjakan. Cari penghasilan tambahan dari rumah? Mengisi survei online, salah satunya!

9. Investasi Reksadana

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah, yang kesembilan adalah investasi reksadana. Sedulur ingin bersantai ria di rumah tapi tetap dapat uang? Investasi reksadana jawabannya! Dengan berinvestasi, Sedulur tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga untuk menjamin Sedulur di hari tua. Ada banyak instrument reksadana yang bisa Sedulur pilih berdasarkan profil risiko.

Jika Sedulur ingin berinvestasi dalam jangka pendek, Sedulur bisa memilih reksadana Pasar Uang dan Obligasi. Namun jika Sedulur ingin berinvestasi dalam jangka panjang, Sedulur bisa memilih reksadana Saham. Yuk Sedulur, sisihkan uangmu untuk berinvestasi!

10.  Jadi Fotografer

Man using professional camera in the studio

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah yang kesepuluh adalah menjadi fotografer. Sedulur punya hobi memotret? Nah ini saat yang tepat bagi Sedulur menyalurkan hobi untuk mencari penghasilan tambahan. Apalagi sekarang ini banyak orang yang membutuhkan fotografer tidak hanya untuk acara pernikahan, tetapi juga untuk foto produk bisnis, lho.

Sedulur bisa mengunggah hasil foto di media sosial untuk mendapatkan banyak customer. Ada yang bilang, “pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar”, betul tidak nih, Sedulur? Jadi jangan ragu memanfaatkan hobi untuk mendapat penghasilan tambahan, ya!

11.  Buka Toko Sembako Sederhana

Cara cari penghasilan tambahan dari rumah yang kesebelas adalah membuka toko sembako sederhana. Siapa sih orang yang tidak membutuhkan sembako? Seperti yang Sedulur ketahui, sembako merupakan kebutuhan pokok, khususnya masyarakat Indonesia. Hampir setiap hari orang-orang pergi ke toko sembako hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bisnis sembako memiliki perputaran uang yang cepat dan keuntungan yang melimpah. Itulah mengapa kini banyak pebisnis yang mulai mencoba peruntungan dengan berjualan sembako.

Sedulur, mencari agen sembako murah pun mudah. Kini banyak aplikasi yang membantu Sedulur kulakan sembako tanpa harus keluar rumah dan dapat harga paling murah. Pakai Aplikasi Super, salah satunya. Tidak hanya dapat harga murah, Sedulur akan mendapatkan berbagai program pelatihan agar bisnis sembako Sedulur bisa berkembang dengan baik. Belum percaya? Cobain Aplikasi Super sekarang aja!

Nah, itulah beberapa cara cari penghasilan tambahan yang bisa Sedulur Super lakukan. Mencari penghasilan tambahan sangat mudah, asalkan Sedulur punya tekad yang kuat. Semangat mencari cuan, Sedulur Super!