Toko sembako merupakan bisnis yang menggiurkan karena bisa mendatangkan untung gede!

Menyadari peluang kerja yang semakin sulit dan banyaknya pesaing yang mencari kerja, ditambah terbatasnya lapangan pekerjaan, membuat banyak masyarakat yang berbisnis dan menjadikan wirausaha sebagai ladang penghasilannya.

Salah satu sektor bisnis yang dilihat oleh masyarakat adalah toko sembako. Toko sembako merupakan bisnis yang menggiurkan karena bisa mendatangkan keuntungan besar hanya dengan modal kecil saja. Selain itu, kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi.

Berikut terdapat beberapa cara dan tips usaha toko sembako agar dapat sukses berjalan dan memberikan keuntungan yang besar di setiap harinya. Yuk, mari kita simak pembahasannya.

-->

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Grosir Sembako Online

Tips Usaha Sembako Agar Untung Super Melimpah

1. Cari Supplier yang Tepat

Sebelum Sedulur memulai bisnis toko sembako, pastikan Sedulur sudah memiliki supplier yang tepat untuk keberlangsungan toko sembako Sedulur. Cari supplier yang menjual bahan sembako secara sistem grosir.

Yang artinya, semakin banyak barang yang Sedulur beli, semakin murah harganya. Hal ini bisa memberikan keuntungan untuk toko sembako yang Sedulur jalani. Pastikan juga toko supplier tidak jauh dari toko sembako Sedulur.

Namun, jika Sedulur ingin hal yang mudah sekaligus memberikan keuntungan, Sedulur bisa membeli stok sembako untuk toko sembako Sedulur di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super memberikan harga yang murah untuk Sedulur.

Selain itu, Aplikasi Super juga akan mengantar setiap stok barang dan sembako yang telah Sedulur kulak di Aplikasi Super dengan biaya ongkos kirim gratis. Tentu saja toko atau warung sembako Sedulur akan berlimpah keuntungan karena ini.

2. Riset Harga Jual Sembako

Menjalankan bisnis toko sembako sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Riset dilakukan agar toko sembako Sedulur mendapatkan untung super melimpah. Terlebih hal ini juga akan baik untuk daya saring toko sembako Sedulur.

Jangan sampai Sedulur menjual dengan harga sembako yang terlalu murah atau terlalu mahal karena keduanya akan mengakibatkan kerugian yang tidak bisa dihindarkan. Ambil harga tengah, seperti contoh saat menjual harga minyak goreng.

Jika harga pasaran minyak goreng adalah Rp. 15 ribu per satu liter. Toko sembako Sedulur Super bisa menjual minyak gorengan per satu liter dengan harga Rp. 14 ribu.

3. Beli Barang-barang untuk Membangun Toko Sembako

Setelah Sedulur Super melakukan riset dan survei terkait harga jual, selanjutnya Sedulur memikirkan untuk membangun ruang bagi pengembang toko sembako Sedulur.  Barang-barang penting seperti etalase, meja, rak kayu/besi, rak berdiri dan kalkulator besar, wajib Sedulur miliki.

Hal tersebut agar toko sembako Sedulur dapat melayani pembeli dengan kualitas pelayanan optimal dan dapat membuat pembeli nyaman yang dapat membuat pembeli kembali datang ke toko sembako yang Sedulur jalani.

Selain itu, cari tempat yang bisa menjual barang-barang warung per paket, Sedulur bisa mendapatkannya di depo bangunan atau pasar besar khusus peralatan dan barang-barang dagang.

Kisaran modal yang Sedulur butuhkan untuk alat-alat bagi kepentingan toko sembako Sedulur tidak begitu besar. Kurang lebih Sedulur Super membutuhkan modal sekitar Rp. 3 juta untuk kepentingan toko sembako Sedulur satu ini.

4. Pilih Sembako yang Berkualitas

Jangan asal pilih sembako untuk warung atau toko sembako Sedulur. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas sembako di toko sembako Sedulur. Pelanggan kulakan sembako ingin mendapatkan sembako dengan kualitas terbaik.

Jika toko sembako Sedulur bisa memberikan kualitas terbaik, hal tersebut bisa memberikan nilai plus bagi toko sembako yang Sedulur Super jalani. Sedulur Super bisa membeli kebutuhan sembako di Aplikasi Super.

Karena Aplikasi Super juga memberikan kualitas barang yang baik dengan harga yang sangat murah. Sedulur bisa klik di sini untuk cek secara langsung bagaimana Aplikasi Super memiliki komitmen tinggi dalam memberikan kualitas sembako.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Toko Kelontong

5. Lakukan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah cara Sedulur mempromosikan toko sembako yang Sedulur jalani agar menarik pelanggan sebanyak mungkin. Sedulur bisa melakukan cara seperti membuat pamflet, menggunakan media sosial, atau bahkan strategi mulut ke mulut, dan lain-lain.

Sedulur Super juga bisa menerapkan diskon atau promo spesial untuk sebulan pertama, anggap saja sebagai strategi dari pembukaan toko sembako Sedulur untuk menarik banyak pelanggan. Pastikan juga Sedulur memberikan pelayanan prima dan pelayanan terbaik.

Jangan lupa untuk selalu senyum dan mengucapkan terima kasih  dalam setiap transaksi yang selesai dilakukan. Para pelanggan yang senang karena kualitas bahan yang bagus ditambah pelayanan terbaik pasti akan datang lagi ke toko sembako Sedulur Super.

6. Buka Toko Sembako di Rumah

Membuka warung sembako tidak harus membutuhkan tempat yang bagus, hal tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan ruang kosong di halaman rumah atau garasi rumah. Sedulur Super sudah bisa membuka warung sembako sendiri.

Beritahu tetangga sekitar jika Sedulur membuka toko yang menjual sembako sehingga tanpa perlu modal yang besar untuk tempat, bisnis sembako tetap akan berjalan karena bagi pembeli yang terpenting adalah kebutuhan sembakonya, bukan tempatnya yang bagus.

Selain itu, yang terpenting dari toko sembako adalah kebersihan tempat karena hal tersebut menyangkut bahan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh.

7. Perbanyak Variasi Produk

Sembako hanya terdiri dari sembilan jenis saja, namun masyarakat tentu tidak hanya membeli sembako saja saat berkunjung ke toko sembako. Sediakan bahan penunjang lainnya, seperti bahan untuk membuat bumbu, aneka rempah, produk-produk kebutuhan rumah tangga seperti teh dan kopi.

Jika perlu, Sedulur siapkan produk kebersihan peralatan rumah tangga di toko sembako yang Sedulur Super jalankan. Sedulur juga bisa menjual produk-produk yang dibutuhkan ibu rumah tangga, karena pembeli toko sembako kebanyakan adalah ibu rumah tangga yang mengurus rumah secara mandiri.

8. Perhatikan Kenyamanan Pembeli

Sudah menjadi hal umum bahwa sesama ibu rumah tangga akan bergosip dengan ibu-ibu lainnya saat mereka bertemu. Sediakan tempat seperti meja atau kursi secukupnya agar ibu-ibu bisa semakin lama berada di toko sembako Sedulur.

Selain mengobrol, mereka bisa memutuskan untuk menambah belanjaan dari bahan obrolan yang dibicarakan. Selain itu, biasanya keramaian akan menimbulkan keramaian lain. Ibu-ibu lain yang melihat banyak yang berkumpul di warung Sedulur akan tertarik untuk datang.

Hal tersebut akan semakin baik jika disambut dengan pelayanan ramah dan barang yang lengkap, mereka akan menjadi pelanggan tetap toko sembako yang Sedulur jalani. Ini yang membedakan belanja di toko sembako dengan supermarket, pembeli bisa saling berinteraksi.

9. Utamakan Pelanggan Loyal

Mengambil untung tinggi dari sembako yang sudah pasti akan dibeli memang sangat menggiurkan, tapi hal tersebut hanya membuat pelanggan tidak akan kembali lagi dengan alasan harga yang terlalu mahal. Sebaiknya Sedulur pasang harga sewajarnya.

Tidak masalah jika Sedulur mendapatkan untung kecil, namun dengan pembeli yang datang membeli secara terus menerus maka keuntungan besar akan tetap didapatkan, dan keuntungan itu akan stabil mengalir daripada Sedulur memasang harga tinggi namun pembeli hanya sekali datang untuk kulakan.

10. Melakukan Pembukuan yang Baik

Sedulur Super jangan sampai lupa untuk membuat pembukuan untuk toko kelontong Sedulur. Jangan sampai karena terlalu asik berdagang, Sedulur lupa melakukan pembukuan. Pembukuan merupakan hal penting dalam mengelola keuangan.

Catat setiap pengeluaran dan pendapatan yang didapatkan. Sedulur bisa memanfaatkan teknologi seperti ponsel atau laptop. Namun, jika Sedulur lebih nyam untuk membuat pembukuan secara manual, tidak ada masalah. Lakukan pembukuan senyaman mungkin.

Yang paling penting, keuangan yang masuk dan keluar tercatat dengan baik di pembukuan yang Sedulur Super miliki. Hal ini dapat membantu Sedulur menghitung keuntungan toko sembako yang Sedulur jalani.

11. Cari Keunggulan Toko Sembako

Bersaing dengan para pesaing tidak selalu pada harga barang saja. Namun persaingan juga bisa dilakukan dengan keunggulan dari toko sembako. Jika toko sembako pesaing Sedulur unggul pada produk beras, Sedulur harus memikirkan keunggulan toko sembako Sedulur.

Sedulur bisa menentukan untuk fokus unggul dalam salah satu produk sembako, seperti minyak, gula atau tepung terigu misalnya. Atau juga Sedulur bisa fokus dalam mengembangkan keunggulan toko sembako Sedulur dalam hal pelayanan.

Penting sekali memiliki keunggulan untuk kebaikan warung atau toko sembako Sedulur, agar masyarakat atau pembeli dapat kulakan sembako secara spesifik. Dan hal ini juga dapat membantu Sedulur menentukan target pasar Sedulur.

12.   Gunakan Aplikasi Super dan Gabung di Mitra Super Center

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menggunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan sembako toko Sedulur merupakan keputusan tepat yang akan membuat Sedulur Super untung Super melimpah.

Hal tersebut dikarenakan Aplikasi Super memiliki harga yang murah yang akan memberi keuntungan toko sembako Sedulur. Dan juga layanan jasa antar barang yang telah Sedulur kulak di Aplikasi Super akan memudahkan sirkulasi stok barang Sedulur.

Sedulur Super juga bisa bergabung di Mitra Super Center agar toko sembako Sedulur lebih berkembang lagi. Mitra Super Center merupakan sebuah wadah yang dibangun oleh Aplikasi Super untuk membina toko sembako atau toko kelontong dari Sedulur Super.

Banyak bonus dan keuntungan dengan bergabung dalam Mitra Super Center, salah satunya yang paling dibutuhkan adalah pelatihan bisnis untuk pengembangan toko sembako yang Sedulur jalani.

Hal tersebut dilakukan Aplikasi Super untuk mewujudkan misinya yaitu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka dari itu, Aplikasi Super berkomitmen tinggi dalam setiap program yang dijalankan.

Klik di sini bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super. Rasakan langsung berbagai manfaat dan kemudahan dari Aplikasi Super dan juga buktikan secara langsung bahwa Mitra Super Center dapat meningkatkan perkembangan toko sembako Sedulur.