Belakangan ini usaha angkringan menjamur dan menjadi tempat nongkrong di berbagai daerah.

Angkringan merupakan salah satu usaha yang sedang berkembang belakangan ini. Hal tersebut karena angkringan merupakan bisnis yang memberi jaminan kesuksesan. Karena banyak sekali masyarakat, terutama anak muda yang sangat menyukai kegiatan nongkrong. Anak-anak muda ini merupakan target utama pasar dari usaha angkringan.

Selain itu, modal untuk membuka usaha angkringan juga terbilang murah. Untuk membuat satu gerobak angkringan  biaya yang diperlukan hanya berkisar antara 3-3.5 juta rupiah. Jika kita memiliki persediaan dana sebesar 15 juta rupiah, kita sudah bisa membuat 3 gerobak plus dengan membeli kelengkapan memasaknya.

Meskipun modal yang dikeluarkan cukup murah, jangan sekali-kali meremehkan keuntungan dari usaha angkringan ini. Dalam semalamnya saja minimal satu gerobak bisa meraup keuntungan paling kecil sebesar 200 ribu rupiah. Kalikan saja dalam satu bulan, 6 juta rupiah keuntungan bisa didapat dari usaha ini. Pada awalnya kita hanya bisa menemui penjual angkringan di kota Jogja saja. Namun, akhir-akhir ini penjual angkringan dapat kita temuan di kota-kota lain. Mengingat keuntungan dari usaha ini sangat menggiurkan, tentu saja tidak ada salahnya untuk Sedulur Super juga mencoba usaha ini.

Berikut beberapa tips super agar mendapatkan super untung melimpah saat membuka usaha angkringan. Apa saja tips-nya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Cara Memilih Beras Berkualitas

Tips Membuka Usaha Angkringan Agar Sukses dan Untung

1. Persiapkan Modal

Dalam setiap memulai usaha, tentu langkah awal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan modal. Dalam usaha angkringan modal yang diperlukan hanyalah untuk membuat gerobak, membeli peralatan memasak dan bahan masakan. Namun, jika Sedulur Super berencana untuk merekrut karyawan, siapkan modal tambahan untuk  menggaji karyawan. Kisaran modal yang perlu disiapkan adalah sekitar 4-5 juta rupiah.

Jika Sedulur Super masih kekurangan modal, terdapat beberapa cara yang bisa Sedulur Super lakukan. Yaitu kerjasama dengan beberapa pihak yang berkaitan dengan usaha angkringan. Salah satunya adalah dengan toko kelontong. Jalin kerjasama dengan toko kelontong untuk berhutang terlebih dahulu untuk membeli bahan dan sembako untuk angkringan.

Namun, Sedulur Super juga bisa membeli perlengkapan sembako untuk kepentingan usaha angkringan di Aplikasi Super. Aplikasi Super menjamin harga yang sangat murah, bahkan lebih murah dibanding dengan harga di toko kelontong atau toko sembako lainnya.

2.  Pilih Lokasi yang Strategis

Salah satu kunci sukses dalam usaha angkringan adalah lokasi jualan yang strategis. Dengan lokasi usaha yang strategis tentunya peluang untuk menemukan pembeli menjadi lebih terbuka lebar. Usaha angkringan merupakan usaha yang dibuka pada malam hari sehingga faktor-faktor keamanan harus sangat diperhitungkan.

Faktor yang menarik pembeli adalah kenyamanan lokasi untuk ngobrol dan nongkrong selama mungkin. Semakin lama pembeli nongkrong semakin baik untuk usaha angkringan Sedulur Super. Karena para pembeli akan memesan pesanan di angkringan Sedulur hingga waktu nongkrong mereka selesai.

Selain itu,  usaha angkringan merupakan usaha dengan lokasi tetap, sehingga pembeli lah yang akan mendatangi lokasi tempat kita berjualan. Sebaiknya pilih lokasi yang dekat dengan pusat keramaian. Semakin ramai tentunya akan semakin baik. Lokasi yang dekat dengan jalan raya, pusat pusat keramaian  kota, depan museum, taman kota dan alun-alun kota, dapat menjadi pilihan lokasi untuk berjualan. Dengan lokasi lokasi tersebut anda kemungkinan anda akan dikunjungi oleh banyak orang menjadi lebih besar.

3. Sesuaikan Produk Jualan dengan Konsumen

Apa yang menjadi produk utama atau produk unggulan dari angkringan Sedulur? Hal ini harus dipikirkan. Sesuaikan juga produk dengan konsumen yang sering datang ke angkringan Sedulur Super. Bukan hanya memikirkan rasa yang enak dan harga yang terjangkau, tapi juga produk dan jenis yang dijual pun harus dipikirkan.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui selera konsumen? Apakah harus melakukan wawancara atau survei? Tentu saja tidak perlu.  Karena hal tersebut terlalu repot dan menghabiskan banyak waktu.  Cukup dengan melakukan tes pasar, yaitu Sedulur Super harus mencoba terlebih dahulu beberapa jenis hidangan yang dijual. Baru kemudian Sedulur Super bisa memutuskan untuk menjual hidangan yang paling laris.

Keberhasilan tes pasar ini akan mempengaruhi kelangsungan usaha anda selanjutnya. Karena selera orang terhadap makanan jarang berubah. Sehingga jika anda telah menemukan hidangan yang laris dijual maka pertahankan untuk terus menjualnya.

Baca Juga: Ketahui Beras Ketan Berserta dengan Manfaatnya

4.  Tentukan Harga Jual dan Menu Andalan

Salah satu cara untuk menarik perhatian calon konsumen adalah dengan menyajikan menu istimewa. Menu istimewa ini akan menjadi ciri khas dari usaha angkringan yang Sedulur jalankan, dan sekaligus menjadi daya tarik khas yang hanya dimiliki oleh angkringan Sedulur.

Untuk itu, Sedulur sangat wajib menentukan menu andalan. Menu ini harus memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dari usaha-usaha angkringan yang lainnya. Selain menu andalan tentunya yang menjadi daya tarik dari usaha ini adalah harga yang ditawarkan cukup murah. Harga yang ditawarkan sesuai dengan porsi hidangan yang relatif sedikit. Sedulur bisa menawarkan promo atau kupon yang menarik. Misal dengan memberikan promo gratis tambahan lauk jika nominal pembelian diatas 50 ribu. Tentunya hal ini akan dapat membuat pelanggan tertarik untuk terus membeli setiap dagangan di angkringan yang Sedulur jalankan.

5.  Tujukan Kesederhanaan di Angkringan Sedulur

Angkringan sangat erat dengan kesan kesederhanaan yang melekat. Kesederhanaan inilah yang menjadi nilai jual sekaligus daya tarik dari usaha jenis ini. Jika Sedulur Super membuat usaha ini menjadi modern dan berkelas tentunya akan menghilangkan citra sederhana dan bisa membuat pembeli malas untuk berkunjung. Hal tersebut malah akan membuat usaha angkringan Sedulur Super merugi dan jauh dari untung super melimpah.

Oleh karena itu, sudah barang tentu sangat penting untuk mempertahankan kesan sederhana dalam menjalankan usaha angkringan untuk menarik pembeli. Pembeli mengenal angkringan karena kesederhanaannya, setiap menu yang ada di angkringan pun adalah menu yang dicari pembeli karena kesederhanaannya. Jangan khawatir usaha sederhana tidak dapat bersaing dan mendapatkan untung super melimpah, justru sebaliknya. Dari usaha sederhana, bisa menjadi sukses dan untung super melimpah.

Sedulur Super juga wajib membeli persediaan untuk angkringan di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menawarkan kemudahan dengan harga yang super murah. Hal ini akan sangat menguntungkan dan membantu usaha angkringan Sedulur Super. Klik di sini bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Buktikan secara langsung bahwa Aplikasi Super bisa mengantarkan setiap usaha Sedulur mendapatkan super untung melimpah.