Telur ayam merupakan prospek bisnis yang menguntungkan.

Hampir di setiap rumah di Indonesia, pasti memiliki persediaan telur ayam di dapurnya. Telur ayam merupakan makanan yang super murah dan hampir disukai oleh siapapun. Selain itu, telur ayam juga sangat variatif, bisa diolah menjadi makanan mewah dan sederhana. Hal tersebut yang menyebabkan telur ayam sangat disukai hampir oleh setiap kalangan.

Selain itu, jika kita lihat setiap jajanan, kebanyakan menggunakan telur ayam sebagai bahannya. Hal ini menunjukan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap telur ayam sangat tinggi. Ini berarti, telur ayam merupakan salah satu prospek bisnis yang menjanjikan dan dapat memberikan kita untung super melimpah.

Bagi Sedulur Super yang tertaring untuk memulai bisnis telur ayam, berikut ada beberapa tips yang bisa disimak dan diikuti. Tidak perlu khawatir hanya memiliki modal kecil, memulai bisnis ayam tidak memerlukan modal yang besar, kok.

Baca Juga: Perbedaan Mentega dan Margarin

Tips Super Memulai Bisnis Telur Ayam

1.   Tentukan Jenis Telur Ayam yang Akan Dijual

Sebelum Sedulur Super mulai menjalankan bisnis telur ayam, sebaiknya Sedulur harus mencari tahu lebih dulu jenis telur apa yang paling diminati di daerah tempat Sedulur akan berjualan. Telur yang dimaksud disini adalah telur ayam kampung atau telur ayam ras, atau yang umum dikenal dengan nama telur ayam negeri.

Secara umum dan keseluruhan, telur ayam kampung tentu akan lebih disukai oleh para konsumen karena meskipun bentuknya sedikit lebih kecil, namun memiliki cita rasa yang lebih enak dibanding telur ayam jenis lain. Hanya saja harganya yang cukup mahal dan susah didapatkan dalam jumlah banyak, menjadikan telur ayam kampung sebagai barang jualan utama tentu tidak pas.

Lebih disarankan untuk Sedulur memulai dengan menjual telur ayam negeri, karena jenis ini harga jualnya cukup terjangkau dan lebih mudah untuk mendapatkannya. Jika dihitung secara keseluruhan, hampir 65% masyarakat Indonesia sangat membutuhkan telur ayam negeri. Hal menjadikan telur ayam negeri sebagai salah satu sembako yang dibutuhkan secara nasional.

Namun, tidak ada salahnya juga Sedulur Super menyediakan jenis telur lain sebagai pelengkap, bisa telur bebek atau telur ayam kampung. Sedulur juga bisa menjual telur-telur lain seperti telur puyuh., karena pasti ada saja masyarakat yang mencari telur-telur selain telur ayam negeri.

2. Tentukan Cara Berjualan Telur Ayam

Karena tentu saja sudah sangat banyak yang menjalankan bisnis telur ayam, Sedulur Super harus punya strategi pemasaran yang efektif dan berbeda agar bisnis telur ayam Sedulur Super laku dan bisa bersaing dengan pedagang yang sudah lama eksis. Bisnis Sedulur Super harus memiliki metode dan strategi tersendiri dalam memasarkan telur ke konsumen. Cara jualan ini nantinya akan berpengaruh pada manajemen bisnis dan jalannya bisnis telur ayam yang Sedulur kelola.

Contohnya, sejauh ini terdapat beberapa cara dalam menjual telur ayam. Pertama, Sedulur Super bisa menyewa lapak di pasar atau membuka toko sendiri untuk jualan telur ayam. Jika Sedulur membuka toko sendiri, usahakan cari tempat yang ramai seperti pinggir jalan agar potensi datangnya konsumen lebih besar. Kedua, Sedulur Super bisa sebagai pemasok telur ayam yang disimpan di setiap toko kelontong atau ke pasar tradisional.

3. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Jika akhirnya Sedulur Super memilih untuk menjalankan bisnis telur ayam dengan membuka toko sendiri, pastikan lokasi toko telur ayam Sedulur Super sangat strategis. Pilih lokasi yang dapat dengan mudah dijangkau masyarakat, seperti di pinggir jalan utama atau jalan raya. Dan pastikan setiap konsumen yang ada di sekitar toko telur ayam Sedulur Super merupakan konsumen yang sangat membutuhkan telur ayam.

Segala aspek yang berkaitan dengan lokasi penjualan telur ayam akan mempengaruhi perkembangan bisnis telur ayam yang Sedulur jalankan. Jangan lupa juga untuk melakukan komunikasi yang teratur agar konsumen nyaman belanja telur ayam di toko Sedulur.

4. Pastikan Kualitas Telur Ayam yang Dijual Terjamin

Menyediakan barang yang berkualitas tentu menjadi kewajiban seorang penjual. Oleh sebab itu, meskipun telah menjalin kerjasama dengan berbagai agen terpercaya yang menyediakan telur berkualitas baik. Sedulur harus tetap harus memperhatikan kondisi telur ayam saat sudah berada di toko telur Sedulur.

Pastikan telur ayam dalam keadaan bagus dengan cangkang utuh dan tidak terkena kotoran, tidak berbau busuk, tidak bersuara saat di kocak-kocak dan juga tidak memiliki cacat sekecil apapun. Kualitas telur yang Sedulur Super jual akan sangat mempengaruhi pelanggan. Jika telur yang Sedulur tawarkan selalu berkualitas baik, maka kemungkinan pembeli untuk datang kembali bahkan menjadi pelanggan setia akan semakin besar. Untuk itu, sebagai pemula Sedulur harus mempelajari dan mengetahui mana telur yang berkualitas baik dan mana telur yang sudah tidak layak dikonsumsi.

Baca Juga: Bersama Aplikasi Super Bisa Untung Super Melimpah

5.   Kerjasama dengan Agen atau Pemasok Telur Terpercaya

Setelah mantap menentukan semua poin di atas, langkah selanjutnya dan sekaligus menjadi langkah yang paling penting, adalah mencari agen untuk memasok telur untuk usaha yang Sedulur jalankan. Untuk tips dan langkah ini, berusahalah mencari agen penyedia telur yang sudah besar dan berpengalaman serta berani memberikan harga miring dan juga yang paling penting agen pemasok tersebut memiliki kualitas terpercaya.

 Pertimbangkan juga jarak antara lokasi agen dengan tempat usaha. Baiknya cari yang jaraknya dekat agar memudahkan mobilitasnya. Jika perlu carilah agen pemasok telur yang mau mengantarkan telur ke tempat usaha Sedulur. Sehingga Sedulur tidak perlu repot-repot mengambil telurnya sendiri.

Berkaitan dengan itu, Sedulur Super juga bisa kulak telur ayam dalam jumlah besar untuk keperluan toko telur ayam Sedulur di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai kebutuhan sembako super murah, termasuk juga telur ayam. Menggunakan Aplikasi Super sebagai pemasok utama toko telur ayam adalah keputusan yang tepat. Karena Aplikasi Super memberikan barang kualitas tinggi dengan harga super murah. Hal tersebut bisa membuat Sedulur untung super melimpah.

Klik di sini bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Kulak telur ayam di Aplikasi Super bagi Sedulur Super yang mulai tertarik untuk berbisnis telur ayam dan mendapatkan pasokan telur ayam di Aplikasi Super. Dijamin Aplikasi Super memberikan kualitas telur ayam terbaik.