Pemasukan dan pengeluaran Sedulur pasti terganggu dengan adanya Covid-19

Banyak yang berubah selama masa pandemi Covid-19, salah satunya adalah pemasukan bulanan. Hal ini disebabkan karena hampir secara keseluruhan kegiatan ekonomi terhambat, bahkan beberapa usaha banyak yang bangkrut dan gulung tikar. Satu-satunya profesi yang memiliki pemasukan yang aman dan tidak terdampak dengan adanya pandemi virus corona adalah para pegawai negeri sipil.

Walaupun pemasukan tidak terganggu, beberapa pegawai negeri sipil ada yang memotong pemasukan bulanan untuk disalurkan sebagai donasi dan bantuan bagi sebagian masyarakat yang terdampak langsung dengan adanya virus corona ini.

Melihat kondisi tersebut, mengatur keuangan lebih tertib dan disiplin selama pandemi merupakan hal yang wajib Sedulur Super lakukan. Seperti apa cara mengatur keuangan selama masa pandemi Covid-19? Yuk, mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

Cara Mengatur Keuangan Selama Masa Pandemi Covid-19

1. Tidak Menimbun Bahan Makanan

Cara mengatur keuangan selama pandemi Covid-19 yang pertama adalah dengan tidak menimbun bahan makanan. Kondisi ini sering juga disebut dengan istilah panic buying. Panic buying adalah kondisi  masyarakat yang mengalami kepanikan dan memborong bahan makanan dalam jumlah besar, sebagai persediaan selama melakukan isolasi di rumah.

Meskipun baik untuk langkah antisipasi, namun tindakan ini dinilai tidak bijak. Dengan memborong bahan makanan atau kebutuhan lain, bisa menyebabkan bahan pokok yang ada di pasaran semakin langka. Kelangkaan bahan pokok bisa menyebabkan naiknya harga bahan di pasaran. Bukan hanya itu, hal ini juga mengakibatkan sebagian masyarakat tidak akan kebagian bahan-bahan pokok yang ada.

Hal tersebut dapat menyebabkan kondisi keuangan kita akan semakin menipis dan Sedulur akan keteteran mengelola uang selama masa pandemi akibat melakukan punic buying. Belanja kebutuhan sembako secukupnya dan tetap berpikiran tenang. Pemerintah tidak akan tinggal diam melihat kondisi sembako untuk kebutuhan masyarakatnya.

2. Simpan Uang Tunai

Cara selanjutnya dalam mengatur keuangan yang tidak kalah penting adalah menyimpan uang tunai. Hal ini perlu dilakukan bagi Sedulur Super yang sering mengandalkan pembayaran dengan menggunakan kartu, atau mengandalkan pembayaran secara non-tunai.

Sebab di kondisi pandemi seperti saat ini, banyak supermarket yang mulai tutup sehingga tidak jarang Sedulur Super harus berbelanja di toko kelontong atau di pasar tradisional. Dengan begitu, pembayaran dengan uang tunai sangat dibutuhkan untuk transaksi ketika Sedulur berbelanja di toko kelontong atau pasar tradisional. Karena teknologi pembayaran non-tunai belum sampai merata hingga ke toko kelontong dan pasar tradisional. Menyimpan Uang tunai juga bertujuan untuk mempermudah Sedulur Super sekalian, disarankan untuk menyimpan beberapa uang tunai di dompet ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

3. Tulis dan Tentukan Prioritas

Cara lain untuk mengatur keuangan selama masa pandemi virus corona adalah dengan menentukan skala prioritas untuk membeli kebutuhan dan pengeluaran Sedulur Super. Untuk melakukan cara ini, Sedulur Super sangat dianjurkan untuk membuat daftar kebutuhan apa saja yang akan dibeli.

Setelah itu, Sedulur Super bisa mengeliminasi atau mengurangi beberapa keperluan yang tidak begitu penting. Misalnya kebiasaan membeli makanan junk food, nongkrong di kafe, maupun penggunaan internet yang berlebihan selama berada di rumah. Membeli makanan junk food dan nongkrong di cafe bisa dikurangi karena saat ini hal tersebut dilarang untuk mengurangi penyebaran virus corona.

4. Gunakan Uang Darurat

Selanjutnya dalam cara mengatur keuangan selama pandemi Covid-19 adalah dengan menggunakan uang darurat. Bagi Sedulur Super yang sudah menabung untuk alokasi uang darurat, saat ini adalah  waktu yang tepat untuk memanfaatkannya.

Uang darurat bisa digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari yang menjadi prioritas. Harus diingat, walaupun mempunyai cadangan uang darurat, penggunaannya juga perlu dilakukan dengan baik. Tetap hindari pengeluaran yang tidak begitu penting, agar alokasi uang bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat. Selain itu, tetap sisihkan sebagian pemasukan untuk dana darurat setiap bulannya.

5. Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Menghindari penggunaan kartu kredit juga penting untuk dilakukan. Cara mengatur keuangan yang satu ini bertujuan untuk menghindari bengkaknya tagihan yang harus dibayar setiap menggunakan kartu kredit. Seperti yang Sedulur Super ketahui, belanja menggunakan kartu kredit seringkali membuat kalap, bahkan kita seringkali kesulitan menahan hasrat berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Di masa pandemi saat ini, waktu yang tepat untuk membiasakan tidak menggunakan kartu kredit saat berbelanja.

Lebih baik, batasi diri mulai dari sekarang agar tidak terlalu banyak bertransaksi menggunakan kartu kredit. Sebab kondisi seperti sekarang ini, belum dapat dipastikan kapan perekonomian akan kembali normal. Sehingga sangat disarankan untuk Sedulur terus berhemat, dan menggunakan dana pengeluaran sebaik mungkin. Agar mendapatkan untung super melimpah ketika kondisi kembali normal seperti sediakala.

Baca Juga: Memulai Bisnis Dengan Aplikasi Super

6. Mencari Pemasukan Tambahan

Cara terakhir dalam mengatur keuangan selama masa pandemi adalam adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Hal ini dilakukan untuk menambah jumlah pemasukan dalam kebutuhan sehari-hari. Sedulur bisa mulai mencoba usaha online, seperti menjual makanan, berbagai camilan atau minuman, hingga barang-barang kebutuhan pokok lainnya.

Saat ini sudah banyak platform toko online yang bisa digunakan untuk memulai usaha ini. Salah satunya adalah Aplikasi Super. Aplikasi Super memberikan sebuah wadah untuk Sedulur yang membutuhkan pemasukan tambahan, yaitu dengan bergabung menjadi Super Agen. Sedulur dijamin akan mendapatkan untung super melimpah, karena Aplikasi Super menerapkan sistem bagi hasil dengan Super Agen. Banyak testimoni yang disampaikan oleh para Super Agen yang telah merasakan berbagai untung super melimpah dari Aplikasi Super.

Jika Sedulur tertarik untuk mencobanya, Sedulur Super bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan daftar menjadi Super Agen sekarang juga. Selain itu, Sedulur Super juga bisa mulai kulak sembako menggunakan Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super memberikan harga yang jauh lebih murah dan sangat terjangkau.