Sering mengalami mata perih saat mengupas bawang merah? Yuk, simak tips berikut ini

Siapapun pasti pernah mengalami perih mata saat mengupas bawang merah, bahkan banyak yang hingga menangis termehek-mehek. Bukan karena sedih, tapi memang bawang merah sangat mudah membuat mata perih saat mengupas atau mengirisnya.

Ternyata hal tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh kandungan enzim dan senyawa sulfur yang ada bawang. Atau kedua kandungan tersebut lebih sering kita kenal dengan sebutan belerang. Kandungan belerang tersebut akan bereaksi dan menghasilkan gas yang mudah menguap saat bawang merah dikupas atau dipotong. Gas tersebutlah yang akan menimbulkan rasa perih jika mengenai mata. Dan hal tersebut yang menyebabkan banyak dari kita menangis saat mengupas bawang.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Sedulur gunakan agar tidak perih mata dan menangis saat mengupas bawang. Seperti apa saja tips-nya? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Tips Bisnis Kuliner di Tengah Pandemi

Tips Mengupas Bawang Merah Agar Mata Tidak Perih

1.  Potong Mulai dari Bagian Atas Bawang Merah

Saat akan mengupas bawang merah, usahakan untuk tidak mulai memotong dari bagian bawahnya. Hal ini karena kandungan gas dalam bawang terkonsentrasi di bagian bawah bawang. Sehingga jika memotong mulai dari bagian bawahnya, mata Sedulur Super otomatis akan terasa perih karena ada lebih banyak gas yang menguap.

Mengupas bawang merah dari bagian atas juga merupakan cara agar bawang yang terkelupas memiliki pola dan bentuk yang lebih rapi. Tekstur bawang merah yang terdiri dari lapisan-lapisan akan lebih utuh jika mulai dipotong dari atas. Selain mata tidak perih, bawang yang terkelupas pun memiliki bentuk yang sempurna.

2. Dinginkan Bawang Merah Sebelum Dipotong

Sedulur Super juga bisa menyimpan bawang merah di lemari es beberapa saat sebelum dikupas dan dipotong. Proses pendinginan tersebut dapat memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang mulai dikupas dan dipotong.

Jadi, setelah bawang merah didinginkan terlebih dahulu, kandungan belerang yang terdapat dalam bawang merah tidak akan langsung bereaksi mengeluarkan gas yang akan menyebabkan mata kita perih saat mengupas dan memotongnya. Mendinginkan bawang merah bukan berarti menghilangkan kandungan belerang yang ada di dalam bawang merah, hanya memperlambat proses kandungan yang terdapat di dalam bawang bereaksi saat dikupas dan dipotong.

3.  Gunakan Pisau yang Tajam

Tips selanjutnya agar mata tidak perih saat mengupas bawang merah adalah dengan menggunakan pisau yang tajam. Sebaiknya Sedulur menggunakan pisau dengan bilah yang tajam saat akan mengupas bawang. Pisau yang tajam akan mengurangi frekuensi gesekan besi dengan lapisan bawang. Sehingga dapat membantu mengurangi penguapan zat belerang dalam bawang yang bisa membuat mata perih.

Gesekan yang berlebihan pada bawang akibat penggunaan pisau yang tumpul akan memperbanyak gas yang keluar, sehingga mata Sedulur pun terasa perih. Sederhananya, semakin tajam pisau yang digunakan untuk mengupas dan memotong bawang, akan semakin kecil resiko mata perih saat melakukannya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Toko Kelontong

4. Gunakan Kipas Angin

Hal ini merupakan tips yang paling umum digunakan oleh setiap orang saat mengupas bawang merah. Selain cara-cara di atas yang juga wajib Sedulur Super coba, cara ini juga bisa digunakan sebagai alternatif agar mata tidak perih. Dengan menyalakan kipas angin di dekat Sedulur saat mengupas dan memotong bawang merah, angin yang dihasilkan oleh kipas angin akan mengusir gas yang menguap dalam bawang merah sebelum naik mengenai mata dan membuatnya perih.

Salah satu tips lain juga, jangan biarkan mata Sedulur terlalu dekat dengan bawang saat mengupas dan memotongnya. Beri jarak sejauh mungkin agar gas yang dikeluarkan oleh bawang tidak menyebabkan mata perih.

5. Biarkan Akar Bawang Merah

Menurut penelitian para ahli bahwa membiarkan akar pada bawang merah adalah salah satu cara agar mata terhindar dari perih saat mengupas dan memotongnya. Hal tersebut terjadi karena ujung akar bawang merah memiliki kandungan terbesar senyawa belerang yang menjadi penyebab mata pedih.

Jika Sedulur Super membiarkan akar pada bawang merah tersebut dan tidak memotongnya, maka kemungkinan senyawa belerang menguap akan berkurang. Jadi, seperti yang telah disampaikan pada tips yang ada pada poin nomor 1, yang menyampaikan tips untuk memulai mengupas bawah dan memotongnya dari bagian atasnya.

Selain akan menghasilkan tekstur bawang yang lebih rapi saat dikelupas, mata Sedulur Super pun akan terhindar dari perih akibat gas yang dikeluarkan oleh kandungan bawang merah. Harap diperhatikan betul setiap tips yang telah diulas di atas, agar proses memasak yang Sedulur Super lakukan pun tidak terhambat karena mata perih saat mengupas bawang merah.

Jangan lupa juga untuk selalu membeli bawang merah dengan kualitas terbaik. Pilih kualitas bawang merah yang masih utuh dan juga berwarna merah segar. Jangan sampai memilih bawang yang telah membusuk bagian dalamnya. Atau jika Sedulur Super ingin cara yang mudah, beli bawang merah di Aplikasi Super saja. Karena setiap kualitas sembako yang ada di Aplikasi Super sangat terjamin kualitasnya.

Klik di sini bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super. Kulak sembako di Aplikasi Super mulai dari sekarang, dan rasakan berbagai kemudahan dan untung super melimpah yang diberikan oleh Aplikasi Super. Buktikan bahwa pelayanan prima yang diberikan oleh Aplikasi Super bukan sekedar wacana belaka, namun adalah sebuah kenyataan.