Sayur merupakan salah satu sumber vitamin dan nutrisi yang penting untuk tubuh.

Apakah Sedulur Super tahu perbedaan sayuran segar dan sayuran yang biasa saja? Atau mungkin Sedulur Super menganggap bahwa semua sayuran adalah sayuran yang segar karena kandungan dan berbagai manfaat yang ada di dalam sayuran? Ternyata sayuran pun sama seperti buah-buahan, ada yang segar dan ada yang biasa saja.

Biasanya sayuran yang segar adalah sayuran yang proses penanamannya tidak menggunakan bahan kimia. Bukan berarti sayuran yang menggunakan bahan kimia dalam proses penanamannya tidak segar, namun sayuran yang lebih organik tanpa bahan kimia biasanya memiliki kualitas sayuran yang segar. Lantas, bagaimana tips memilih sayur yang segar? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini. Agar Sedulur mengetahui lebih jauh tentang sayuran yang segar.

Baca Juga: Mengenal Beras Ketan dan Berbagai Manfaatnya

Tips Memilih Sayur yang Segar

Ternyata jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah bukan sayur yang terlihat mulus dan utuh. Mungkin Sedulur ada yang berpikiran bahwa sayur yang mulus dan utuh merupakan sayuran yang segar karena tidak dimakan oleh hama ulat dan lain sebagainya. Namun, berpikiran seperti itu ternyata adalah sebuah kesalahan.

Biasanya di dalam sayuran terdapat ulat kecil yang suka memakan daun-daun sayuran, sehingga menyebabkan daun pada sayuran tidak utuh dan sempurna lagi. Akan tetapi, hal tersebut ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh Sedulur Super sekalian. Sebab, jika daun pada sayuran dimakan ulat, itu menandakan bahwa sayuran tersebut merupakan sayuran segar dan bebas dari pestisida. Oleh sebab itu, ketika memilih sayuran, Sedulur Super disarankan memilih sayuran yang memiliki daun tidak utuh, alias bolong-bolong. Untuk dapat membedakan, ciri sayuran yang disemprot pestisida akan terlihat bercak putih yang mengering pada permukaan daunnya. Pestisida memang khusus disemprotkan untuk mengusir hama ulat.

2. Sayuran yang Belum Dibersihkan

Salah satu cara memilih sayuran yang baik dan segar selanjutnya adalah carilah sayuran yang masih berakar dan belum dicuci oleh pedagang sayur. Hal ini dikarenakan sayuran yang masih belum dibersihkan cenderung lebih segar dan tidak mudah layu dan busuk. Selain itu, kandungan air di dalamnya juga masih tetap terjaga dengan baik.

Sedulur jangan takut untuk membeli sayuran yang kotor, karena kotor yang terdapat pada sayur merupakan hal yang wajar, justru sayuran yang kotor pertanda baik, bahwa sayuran tersebut ternyata baru dicabut dari tanah. Justru, jika melihat sayuran yang bersih dan mulus harus Sedulur curigai, tanya kepada pedangannya kapan sayuran ini dipanen. Karena jika tidak, khawatir akan membusuk setelah tidak lama Sedulur beli.

3. Belanja Sayur di Pasar Petani

Berbelanja sayuran di supermarket jelas teruji kelayakannya, karena biasanya supermarket mematok beberapa prosedur dan standar kualitas untuk sayuran yang bisa masuk dan dijual di supermarket. Namun,  belanja di pasar petani juga merupakan hal yang bagus dan tidak kalah baik kualitasnya dari sayur yang ada di supermarket. Karena, sayuran yang ada di pasar petani langsung mereka petik dari kebun atau ladang. Dari sisi harga, para petani biasanya menjual harga sayur yang jauh lebih murah.

Tidak hanya itu, belanja sayuran di pasar petani lebih terjamin kesegarannya karena baru saja di panen dari ladang. Keuntungan lainnya, sayuran yang didapatkan secara langsung dari petani memiliki waktu pembusukan lebih lama. Belanja sayur di pasar petani sangat baik untuk Sedulur Super yang memang berniat stok sayur untuk kebutuhan di rumah.

4. Sayur di Pasar Saat Pagi Hari

Tips untuk mendapatkan sayuran yang masih segar adalah belanja sayur sepagi mungkin. Jika bisa, Sedulur Super belanja sayur di pasar saat matahari belum terbit. Biasanya, sayuran yang akan dijual di pasar akan datang pada malam harinya. Ketika Sedulur Super berbelanja di pagi hari bahkan di waktu subuh, kualitas dan kesegaran sayur masih optimal.

Selain itu, Sedulur juga bisa sambil berolahraga pagi sebelum belanja ke pasar untuk membeli sayuran yang masih segar. Apapun barang dagangan di pasar, baik itu sayur, buah, daging dan lainnya yang berunsur nabati dan hewani, kualitasnya akan semakin baik ketika dibeli sepagi mungkin.

Baca Juga: Mengenal Gandum dan Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Pilih Sayur Organik

Mengonsumsi sayuran organik tentu lebih menyehatkan, karena bebas dari paparan pestisida yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Berikut beberapa tips yang harus Sedulur ingat dan pahami tentang bagaimana memilih sayuran organik.

Pertama, pilih sayuran yang bolong dan banyak bekas gigitan ulat, artinya sayuran terbebas dari cairan pestisida. Kedua, sayur organik memiliki warna yang lebih cerah dari sayuran yang non-organik. Ketiga, tidak ada bercak putih pada sayuran yang organik, bercak putih biasanya adalah cairan pestisida atau bahan kimia pengusir hama. Pahami ketiga tips ini untuk membeli sayuran organik. Karena sayuran organik selain lebih segar, juga lebih menyehatkan untuk tubuh kita.

Namun, jika Sedulur Super ingin cara yang lebih mudah. Sedulur Super tinggal kulak sayur di Aplikasi Super saja. Karena, Aplikasi Super merupakan platform digital yang menyediakan layanan kulak sembako, termasuk kulak sayuran di dalamnya. Selain itu, aplikasi Super juga sangat konsisten terhadap kualitas, dan juga Sedulur akan sangat mudah untuk kulak sayuran di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super telah membuat beberapa kategori bahan dan sembako yang siap dikulak oleh setiap masyarakat. Klik di sini bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super mulai saat ini untuk setiap kulak sembako kebutuhan rumah Sedulur Super sekalian.